CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 9 Jenis Sukulen Aeonium yang Cantik dan Cara Merawatnya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

9 Jenis Sukulen Aeonium yang Cantik dan Cara Merawatnya

gambar Sukulen Aeonium
Sumber gambar : pixabay/TuJardínDesdeCero
Healty99 - Aeonium adalah nama umum untuk penyebutan tanaman jenis sukulen berdaun tebal yang memiliki bentuk seperti roset. Ini adalah jenis tanaman yang menyukai panas dan mudah di rawat sehingga tidak memerlukan banyak penyiraman.

Bentuk roset sendiri melekat karena Aenonium memiliki susunan daun yang melingkar serta rapat berimpitan, terlebih lagi saat ia mekar akan memiliki bentuk yang cantik sekaligus terlihat padat. 

Diketahui ada sekitar 35 spesies Aenonium yang tersebar di beberapa belahan dunia, namun semuanya dapat dibedakan hanya dengan melihat ciri-ciri daun, bentuk batang dan warna coraknya.

Baca juga :

Cara Agar Daun Sukulen Tetap Cerah

Jika kamu ingin memiliki tanaman satu ini di rumah, mungkin saya bisa merekomendasikan beberapa jenis dari Aenonium buat kamu, berikut di antaranya :

Jenis Sukulen Aeonium

1. Aeonium kiwi

Aeonium kiwi
Sumber gambar : istockphoto
Yang pertama ada Aeonium kiwi, jenis ini memiliki bentuk daun cukup lebar, tebal dan terlihat membulat dengan ujung sedikit runcing, selain itu jenis satu ini dapat tumbuh dengan lebat pada satu tangkainya.

Kiwi memiliki warna yang di dominasi hijau dengan pinggiran merah pink serta warna kuning terang pada bagian tengahnya.

2. Aeonium suncup

Aeonium suncup
Sumber gambar : cactusjungle
Suncup memiliki bentuk yang hampir mirip dengan kiwi di atas, hanya saja daunnya sedikit memanjang serta pada bagian ujung daun tumpul membulat.

Ia memiliki corak warna daun yang tak beraturan dengan di dominasi warna hijau, putih dan kuning cerah. 

3. Dinner plate

aeonium dinner plate
Sumber gambar : flowerpower
Dinner plate merupakan jenis sukulen Aeonium yang memiliki bentuk daun roset paling padat, bahkan saat daunya telah rimbun akan sulit untuk melihat celah atau bagian pangkal daun.

Ciri khasnya ialah daunya tersusun rapi melingkar tidak terlalu tinggi, berwarna hijau dan hijau cerah serta memiliki bulu-bulu halus di sekeliling daun. 

Banyak orang tertarik untuk memilikinya karena bentuk susunan daun yang memukau.

4. Black rose

Sumber gambar : istockphoto
Black rose, sesuai namanya ia adalah jenis Aeonium yang memiliki warna hitam pekat dengan sedikit merah hati pada bagian tegahnya.

Sekilas warnanya sangat mirip dengan echeveria black prince namun ini jauh lebih gelap. Selain itu daunnya lebih mirip kepada jenis suncup ditasa, yaitu oval dengan bagian membulat pada ujung daun.

Jika kamu menyukai sukulen yang berwana gelap, mungkin satu ini bisa cocok dengan kamu.

5. Luteovariegatum 

aeonium luteovariegatum
Sumber gambar : mld-succulents
Berikutnya ada jenis luteovariegatum, dengan bentuk daun yang lebih lebar dari suncup namun sedikit keriting.

Daunnya tersusun rapi mirip dengan daun kol, hanya saja ia memiliki warna yang di dominasi kuning hijau, lebih tepatnya kuning dengan garis hijau lebar pada bagian tengahnya.

6. Sunburst crested 

aeonium sunburst crested
Sumber gambar : succulents.us
Sunburst crested Aeonium saat masih kecil memiliki susunan daun melingkar yang rapis dengan warna hijau, kuning, pink bergaris merah. 

Namun jika sudah berumur ia memilik batang yang cukup keras dan bentuk daun yang tak beraturan dengan warna hijau, kuning terang serta merah mudah. Walau begitu ia akan terlehat elegan, terlebih lagi jika daunya rimbun pada bagian atas.

 7. Aeonium lily pad

aeonium Aeonium lily pad
Sumber foto : rayagarden
Aeonium lily pad merupakan sukulen dengan bentuk yang cukup mungil, namun bisa tumbuh dengan rimbun pada satu tangkai batang.

Baca juga :

Cara Budidaya Tanaman Sukulen 

Lily pad memiliki daun yang cukup pendek tetutama dari jenis suncup, hanya saja ia sedikit lebar dan di dominasi warna hijau keseluruhan. Namun jika kamu runtin merawat dan menjemurnya lily pad bisa mengeluarkan warna kuning dengan sedikt merah muda.

8. Green platter

aeonium Green platter
Sumber foto : succulentsbox
Green platter Aeonium adalah jenis yang sangat mirip dengan lily pad, terlebih lagi jika dilihat dari rupa ukuran daun.

Akan tetapi kamu bisa membedakanya dengan cukup mudah, Green platter memiliki pusaran daun yang lebih banyak dan terlihat lebih padat, sedangkan lily pad tidak dan daunya masih ada jarak.

Selain itu perbedaan juga ada pada tebal tanaman dimana daun Green Platter sedikit lebih tipis dari lily, namun keduanya memiliki warna yang sama.

 9. Mardi gras

aeonium Mardi gras
Sumber foto : thestarvingfoster
Berikutnya ada Mardi gras, ini adalah jenis Aeonium yang memiliki warna merah hati dengan garis tengan berwarna hitam. 

Beberapa jenis lainnya ada yang di dominasi tiga warna yaitu merah hati, hijau dan sedikit kuning.

Jika kita kesampingkan warnanya, bentuk dari Mardi gras sangat mirip dengan Luteovariegatum, hanya saja ia memiliki sedikit bulu halus pada jenis tertentu.

Cara Menanam dan Merawat Sukulen Aeonium 

Sebenarnya merawat dan menanam Aeonium tak jauh beda dengan beberapa jenis tanaman sukulen lainnya, berikut beberapa langkah-langkah yang bisa kamu lakukan :

1. Menyediakan media 

Yang pertama kamu harus menyediakan media tanam sukulen yang bagus, yaitu memiliki daya resapan air yang baik, tidak padat dan terdiri dari beberapa macam campuran seperti pasir malang, kompos, pumice dan pupuk.

Hindari penggunaan media tanam yang sejenis karena buruk untuk perkembangan akar.

2. Penanaman

Langkah selajutnya ialah menanam. Jika kamu baru membeli Aeonium, baiknya beri sedikit treatment terlebih dahulu atau dibiarkan sebentar agar menyesuaikan terhadap lingkungan yang baru. 

Dengan begitu tanaman nantinya dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Baca juga :

Cara Merawat Sukulen Yang Baru Datang

3. Penyiraman 

Untuk penyiraman dapat di lakukan 4 atau 7 hari sekali, namun tergantung dari cuaca. Jika cauca lebih terik atau musim kemarau pastikan saja media tidak kering, dan lubang drainase lancar.

4. Pupuk

Pupuk Aeonium dalam wadah setidaknya sekali setiap tahun, terutama untuk pertumbuhan baru dimulai.

Tanaman dengan media seperti ini memang harus memiliki nutrisi yang cukup agar pertumbuhanya menjadi baik.

5. Sinar matahari

Pastikan Aeonium medapatkan pasokan cahaya sinar matahari yang cukup, terutama jika kamu ingin medapatkan bentuk tanaman yang cantik dan lebih berwarna.

Setiap tanaman jenis sukulen memang menyukai sinar matahari, hal ini dikarenakan memang sifatnya yang hidup di kawasan kering. Kekurangan paparan sinar matahari justru akan tanaman menjadi lebih pucat dan tumbuh tak normal.

Nah cukup sampai disini pembahasan mengenai 9 jenis Aeonium dan cara merawat atau menanamnya.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i