CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Menimbulkan Warna Tanaman Kaktus Sukulen dan Supaya Tetap Cerah - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Cara Menimbulkan Warna Tanaman Kaktus Sukulen dan Supaya Tetap Cerah

gambar tanaman sukulen pink
Gambar
Healty99 - Sukulen, tanaman hias mungil dengan warna warni yang dapat mengikat hati siapapun untuk pertama kali melihat. Ukurannya yang kecil sangat cocok jika diletakan di dalam rumah sebagai hiasan pojok ruangan atau di atas meja.

Sukulen pada dasarnya mudah di rawat, terlebih lagi ia jenis tanaman yang bandel yaitu dapat bertahan lama dan tidak mudah mati jika telat menyiram. Tapi tak jarang juga beberapa orang mengalami berbagai kendala dalam merawatnya, salah satunya ialah mudah membusuk, mati, berubah bentuk dan sulit untuk memperbanyak.

Selain itu mungkin kamu juga pernah mengalami yang namanya perubahan warna. Contohnya kamu mempunyai tanaman kaktus sukulen dengan warna merah, tapi lama kelamaan warnanya berubah menjadi hijau, putih bahkan kuning pucat. Lantas mengapa demikian?

Baca juga :

Cara Menaman Sukulen Yang Baru Datang Atau Beli

Penyebab Sukulen Berubah Warna

Ada beberapa penyebab daun tanaman berubah warna, untuk itu kamu harus mengidentifikasi dan mencari tahu permasalahan tersebut, sehingga selanjutnya langkah apa yang harus di lakukan. Untuk itu berikut beberapa penyebab tersebut :

1. Kurang sinar matahari

Yang pertama dan paling umum terjadi ialah karena kurangnya paparan sinar matahari. Beberapa jenis tanaman sukulen ada yang memerlukan sinar matahari banyak, sehingga jika hal tersebut tidak terpenuhi maka akan mengalami etiolasi.

Etiolasi yaitu suatu kondisi tanaman tumbuh dengan cepat pada ruang gelap (kurang cahaya). Kondisi ini akan mengalami yang namanya perpanjangan batang, perubahan warna daun dan memiliki fisik yang rapuh. 

2. Infeksi penyakit

Perubahan warna pada daun dan batang sukulen bisa di karenakan penyakit, kutu dan serangga kecil. Tanaman yang terserang penyakit bisa berubah warna menjadi kuning lalu rontok.

Selain itu ada kutu. Jenis kutu putih kerap timbul pada tumbuhan tropis. Adanya kutu putih pada daun dan batang bisa menyembabkan kematian pada sukulen, cacat daun hingga warna menjadi belang.

Beberapa serangga kecil lainya juga bisa memakan jaringan daun dan meninggalkan bercak kecoklatan dan bintik hitam.

Baca juga : 

Penyebab Daun Sukulen Rontok

3. Kurang air

Setiap tanaman yang kekurangan air pasti akan mengalami perubahan warna pada daunnya, hal ini dikarenakan ia kesulitan melakukan fotosintesis dan mencari cadangan nutrisi alternatif.

Seperti yang telah saya sebutkan tadi, kaktus sukulen merupakan tanaman yang bandel dan dapat bertahan lama jika kamu telat menyiram. Akan tetapi lain hal jika terlalu sering kekurangan air.

Miasalnya tanaman kamu letakan di luar dengan cuaca yang panas terik, lalu keseringan telat dalam memberi air atau seminggu hanya sekali. Tentu saja ini akan membuat daun sukulen menjadi keriput dan berubah warna.

Nah itulah beberapa penyebab daun atau batang kaktus sukulen kamu berubah warna. Lalu adakah cara mengembalikanya agar terlihat cerah? Tentu saja ada, dan dapat di lakukan dengan mudah.

Tips dan Cara Mencerahkan Warna Daun Sukulen

sukulen cantik di atas meja
Gambar
Cara untuk menimbulkan dan mempertahankan warna tanaman sukulen agar terlihat cantik sebenarnya mudah, berikut diantaranya :

1. Rutin terkena sinar matahari

Succulent adalah tanaman yang menyukai sedikit dan cahanya matahari, jadi kamu hanya perlu meletakanya di tempat terkena sinar matahari yang cukup, seperti di teras rumah, halaman, di depan jendela atau di atap rumah yang terbuka.

Usahakan tak terlalu panas namun terkena intensitas cahaya yang baik. Selain itu dengan rutin menjemur kutu dan penyakit dapat di hindari.

2. Jangan terlalu lama meletakan di dalam rumah

Jika rumah kamu memiliki ventilasi yang cukup dan cahaya matahari dapat masuk dengan baik tidak menjadi masalah. Akan tetapi jika ruanganya kedap dan tidak memiliki sirkulasi cahaya yang baik, bagusnya sukulen di bawa keluar setiap harinya agar terkena sinar matahari.

Paling tidak pagi sampai siang, maka dengan begitu tanaman tidak akan berubah warna menjadi pucat.

3. Memberi air tambahan

Walaupun termasuk tanaman hias yang bandel, namun ia memerlukan air juga baik itu dalam jumlah yang sedikit.

Saat memasuki musim panas tentunya penguapan air akan lebih cepat terjadi, yang mana air di dalam tanah juga akan menjadi lebih cepat kering, untuk itu di perlukan pemberian air yang lebih agar tidak mati atau berubah warna.

Pemberian pupuk kandang juga penting agar daun dan batang tampak sehat, segar dan cerah.

Nah itulah beberapa cara menimbulkan dan mencerahkan, sekaligus mencari tahu penyebab warna daun sukulen berubah.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i