CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Menanam Aglaonema yang Baru Beli Online atau Datang - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Cara Menanam Aglaonema yang Baru Beli Online atau Datang

gambar tanaman aglaonema
Sumber gambar
Healty99 - Menghias teras rumah menjadi lebih cantik dapat di lakukan dengan berbagai cara, salah satunya ialah dengan menggunakan tanaman hias. Nah, dari setiap banyaknya tanaman hias yang kita temui pasti akan menjumpai yang namanya Aglaonema di tiap-tiap rumah, apapun itu jenisnya.

Yap, Aglonema memang telah menjadi primadona banyak orang sejak lama. Selain karena mudah dalam perawatan bentuknya pun ada macam jenis dan varian warna, tak heran banyak juga orang yang mengoleksi keseluruhan tanaman hias satu untuk setiap pola coraknya.

Aglonema adalah tanaman hias berdaun cukup lebar, yang memiliki banyak varietas dan jenisnya. Seiring banyaknya peminat, kini para petani mulai memperbanyak budidaya agar bisa memenuhi permintaan di seluruh Indonesia, dengan penjualan memlalui media sosial berupa online shop.

Nah jika kamu ingin memelihara Aglaonema dengan cara membelinya secara online, mungkin beberapa tips ini bisa membantu kamu dalam merawatnya.

Tips Menanam Aglaonema yang Baru Beli Online

Sebenarnya tak jauh beda antara penanaman dengan yang baru beli dan tidak, hanya saja Aglaonema yang di beli secara online akan mengalami mengalami dehidrasi, terlebih lagi jika kamu membelinya tanpa pot dan tanah secara utuh. 

Untuk itu perlu yang namanya treatment atau penyesuaian terlebih dahulu, berikut beberapa tipsnya :

1. Buka tanaman Aglaonema yang baru datang

Jika kamu membeli secara online dengan jarak waktu beberapa hari, segera langsung membuka paketnya dan jangan menunda-nunda sampai besok.

Terutama jika kamu membeli tanpa media alias hanya berupa tanaman saja, jika membeli dengan media utuh bersama pot maka cukup buka pot dengan hati-hati agar tidak melukai daun.

2. Periksa secara menyeluruh

Kemudian periksa Aglaonema secara menyeluruh, mulai dari batang, daun, pot dan media. Apakah sudah sesuai dengan permintaan kamu terhadap penjual.

Periksa juga apakah ada bagian daun yang busuk atau batang yang sudah digigit hama, jika ada maka pisahkan terlebih dahulu dan potong bagian tersebut.

3. Anginkan sebetar

Di anginkan sebentar maksudnya setelah di buka dari dalam paket, Aglaonema yang baru datang di biarkan pada suhu ruangan sebentar. Jangan terkena sinar matahari, cukup di letakan pada tempat terang namun sejuk.

Tidak perlu terlalu lama cukup 30 menit atau sampai 1 jam saja, terutama yang di beli tanpa media tanam, karena kalau kelamaan nanti malah tambah layu.

4. Rendam dengan air

Selanjutnya siapkan air dalam bak atau ember kemudian rendam tanaman Aglaonema hingga tampak kembali segar. Atau jika kamu mau bisa menambahkan larutan vitamin B1 dan Antracol, ini berguna untuk merangsang akar agar cepat tumbuh dan sekaligus mencegah terjadinya pembusukan akibat infeksi.

Cara melakukanya, jika kamu membeli Aglaonema yang komplit dengan media tanam dan pot, bisa direndam secara langsung tanpa harus mencabut tanaman. Dengan mecabut secara keseluruhan sampai akar juga bisa, jadi air larutan B1 dan Antracol tidak perlu di buat dalam jumlah banyak.

Jika membeli hanya tanaman Aglonema saja langsung saja di rendam bagian akarnya hingga tampak kembali segar.

5. Diberi media tanam tambahan

Ini khusus untuk kamu yang membeli secara online tanpa media, pastikan kamu telah menyiapkan terlebih dahulu. Campuran media tanam dapat menggunakan sekam, tanah bakar, dan kotoran hewan dengan perbandingan 2:1:1.

Nah setelah di rendam menggunakan cairan B1 dan Antracol tadi segera tanam menggunakan media dengan campuran di atas tadi. Lalu siram menggunakan air agar tanah menjadi padat dan letakan tanaman pada tempat sejuk namun terkena pantulan sinar matahari.

6. Menganti media tanam

Jika media tanam yang kamu dapatkan dari penjual kurang puas kamu bisa memberi tambahan atau menganti secara keseluruhan.

Akan tetapi tidak diganti juga tidak masalah, karena petani Aglonema pasti sudah mengetahui jenis media yang paling cocok. Namun kamu bisa menambahkan beberapa batu kecil dan pasir malang untuk di permukaan media, dengan tujuan agar tidak cepat kering karena terkena panas.

7. Siram secara berkala

Untuk penyiraman baiknya lakukan secara teratur 2 hari sekali atau 3 hari sekali. Terlebih lagi jika kamu membeli Aglaonema yang berasal dari berbeda kawasan, sehingga tanaman masih memerlukan penyesuaian dengan lingkungan yang baru.

Pantau terus tanah dalam pot agar tidak kering dan jangan terlau terkena terik sinar matahari secara langsung seharian.

8. Rutin periksa agar terhindar dari ulat 

Cara mengatasinya adalah dengan melihat pada bagian bawah permukaan daun, dan mengambil ulat secara lansung. Akan tetapi apabila jumlahnya banyak, maka ulat tersebut harus dibasmi dengan menggunakan insektisida yang disemprotkan 2 minggu sekali.

Jangan biarkan tanaman kamu di makan sampai habis, karena bisa memperburuk tampilan dan membuat cacat.

Nah itulah beberapa tips dan cara menanam sekaligus merawat tanaman Aglaonema yang baru kamu beli secara online atau datang.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i