Daun Sukulen Sering Rontok, Mungkin Ini Penyebabnya?

Daun Tanaman Sukulen Sering Rontok Dan Bagaimana Cara Mengatasinya
https://pixabay.com/id/photos/lezat-tanaman-alam-hijau-taman-2429592/
Healty99 - Merawat sesuatu hal yang hidup terkadang membuat kita harus ekstra memberi perhatian, tak terkecuali dalam merawat tanaman hias kaktus sukulen. Yap, salah satu tanaman hias yang banyak menarik perhatian orang begitu langsung melihatnya. Hal ini dikarenakan kecantikanya serta bentuk unik dan beragam.

Merawat sukulen memang susah-susah gampang. Terlebih lagi untuk kamu yang baru mencoba memilikinya, mungkin akan dihadapi beberapa tantangan. Sepertihalnya yang mudah mati, layu, berubah warna dan bentuk serta tidak sesuai yang di inginkan.

Namun ada juga satu masalah yang sering terjadi yaitu daunya tiba-tiba rontok. Nah bagi yang tidak tahu atau belum mengetahui, pastinya akan merasa bingung "Mengapa daun sukulen saya sering rontok? Padahal tidak tidak diganggu" Untuk itu perlu diketahui pastinya.

Kemungkinan ada beberapa faktor penyebab rontoknya daun tanaman succulent kamu, hal ini bertujuan agar kamu dapat memahami dan bisa dengan mudah merawatnya.

Baca juga : 

Cara Mudah Perbanyak Sukulen Dari Potekan Daun

Pada dasarnya kerontokan daun secara tiba-tiba bisa jadi menunjukan bahwa sukulen kamu sedang mengalami stress. Baik itu secara alami maupun karena faktor lainnya.

Contok faktor alami rontoknya daun ialah perubahan lingkungan secara mendadak, suhu yang berubah-ubah, hama dan intensitas cahaya yang kurang ataupun berlebihan. Faktor lainya juga bisa dikarenakan kita sendiri, yaitu terlalu banyak dalam menyiram air, sering menyentuh tanaman, sering memindahkan pot ataupun bisa kurang dalam memberi air dan pupuk.

Lantas apa penyebab tanaman sukulen kamu bisa rontok dan bagaimana cara menanganinya, berikut diantaranya :

1. Tempat yang lembab 

sukulen rontok ditempat yang lembab dan kurang sinar matahari
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/lapang-tanaman-tanaman-pot-lezat-1867373/  ilustrasi tumbuhan yang mengalami etiolasi
Tempat yang lembab pastinya kurang mendapatkan sinar matahari, selain itu tempat lembab juga memiliki kadar air yang cukup tinggi dan apabila kamu tambah dengan peyiraman secara rutin justru hal ini bisa membuat daun sukulen rontok.

Baca juga : 

Cara Merawat Tanaman Sukelen Yang Baru Beli Online

Pasalnya tempat yang dingin dan lembab serta kekurangan sinar matahari, akan membuat batang sukulen menjadi memanjang. Bisa dibilang tumbuhan mengalami Etiolasi yaitu pertumbuhan yang sangat cepat pada tempat gelap. Tentunya hal ini dapat membuat kondisi tumbuhan menjadi lemah, batang tidak kokoh, daun kecil serta rapuh yang mana hal ini bisa memicu kerontokan dengan mudah.

Tipsnya cukup kamu pindahkan ketempat yang memiliki intensitas sinar matahari cukup, seperti didekat jendela dan didepan pintu rumah.

2. Suhu yang panas

cara mengatasi daun rontok pada sukulen
Sumber foto : dreamstime.com ilustrasi daun rontok terkena panas
Succulant memang menyukai sinar matahari, namun tentu saja tidak dengan suhu yang terlalu panas, terlebih lagi dengan kurangnya penyiraman secara berkala.

Suhu yang terlalu panas bisa menyebabkan stress dan mengalami dehidrasi, jika sudah begitu tanaman sukulen akan merontokan daunya untuk bertahan hidup.

Tips untuk mengatasinya ialah rutin memeriksa media tanamnya agar selalu dalam kondisi lembab dan tidak kering, selain itu baiknya berikan perlindungan dari panas matahari, bisa kamu gunakan paranet atau dipindahkan ketempat yang lebih baik.

3. Penyesuaian terhadap lingkungan

daun tanaman sukulen rontok dan cara mengatasinya
Sumber foto : reddit.com
Tahukah kamu bahwa tumbuhan sendiri memerlukan penyesuaian terhadap lingkunganya sendiri. Terlebih lagi jika kamu membeli tanaman hias satu ini secara online yang cukup jauh serta memakan waktu dalam perjalanan.

Contoh misalnya kamu membeli sukulen melalui secara online, nah tempat asalnya memiliki suhu yang dingin, lalu kemudian dibungkus dalam kardus gelap tanpa sirkulasi udara yang cukup dan memakan waktu perjalanan 2-3 hari. Sedangkan lingkungan daerah tempat tinggal kamu memiliki suhu yang terbilang hangat, tentunya hal ini akan membuat tumbuhan tersebut stress, yang mana akan memerlukan waktu untuk menyesuaikan dengan lingkunganya yang baru.

Perubahan lingkungan secara mendadak bisa menyebabkan kerontokan pada daun sukulen, terlebih lagi jika kamu langsung menanamnya tanpa memberi treatment atau penyesuaian.

Tipsnya jika kamu membeli tanaman hias jenis ini yang jaraknya jauh, baiknya diamkan saja dalam keranjang terbuka lalu letakan pada suhu dalam ruangan, dan jangan langsung terkena sinar matahari.

4. Hama tikus, serangga, tungau maupun jamur

kutu penyebab daun tanaman sukulen rontok
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/kutu-daun-hama-kutu-daun-1271992/
Salah satu penyebab rontokan daun bisa juga disebabkan oleh hama. Bisa jadi ada hewan yang cukup besar seperti tikus, katak atau hewan lainya yang menyengol daun tanpa sepengetahuan kita. Terlebih lagi jika jenis sukulen yang kita punyai mudah rapuh. Tipsnya ialah coba berikan pelindung seperti jaring atau sebagainya.

Akan tetapi adapun hama lainya seperti kutu, ulat kecil dan serangan pemakan tanaman lainya. Walaupun terbilang kecil namu jika hama tersebut melukai daun,dan  justru bisa membuat busuk daun alias berjamur dan ujungnya berakibat pada kerontokan secara perlahan.

Jika terdapat banyak kutu putih pada sukulen kamu atau serangga kecil, jamur dan lainya, cukup rutin letakan dibawah sinar matahari pagi hingga siang. Maka kutu, serangga dan jamur akan pergi atau mati, atau juga bisa dengan membeli racun.

5. Kebanyakan dalam menyiram

daun sukulen rontok akibat kebanyakan menyiram
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/daun-bawang-tanaman-herbal-alam-2342934/
Tahukah kamu kebanyakan menyiram tanaman bisa berakibat pada mudahnya mengalami kerontokan daun. Hal ini dikarenakan tumbuhan terlalu banyak menyimpan cadangan air pada daun dan batangnya. Yang perlu kamu tahu ialah sukulen tidak memerlukan air dalam jumlah banyak, itulah sebabnya mereka tahan pada suhu kering.

Untuk itu jangan terlalu sering dalam menyiramnya. "Lantas bagaimana jika jarang disiram namun hujan setiap hari dan membasahi?" Jika begitu yang perlu kamu lakukan ialah memeriksa media tanamnya dan jangan ada genangan air. Periksa apakah pori-pori potnya tersumbat atau media tanahnya yang berlumpur.

6. Kekurangan nutrisi

Sukulen rontok akibat kekurangan pupuk
Sumber foto : dreamstime.com
Walaupun tumbuhan dapat hidup dengan air, namun sejatinya juga memerlukan asupan nutrisi hara yang baik. Hal ini bertujuan untuk memperkuat struktur batang dan daun, menimbulkan warna pada daun dan untuk membuat pertumbuhanya dengan cepat.

Nah untuk nutrisi kamu cukup memberikan pupuk kandang atau kompos saja sudah cukup dalam memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman agar tidak rontok.

7. Kekurangan air

tanaman katus sukulen rontok akibat kekurangan air
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/lezat-escheveria-tanaman-1031033/
Kelebihan air jangan terlalu kekurangan air juga jangan, yap itulah sukulen. Tak hanya pada sukulen saja, hampir semua tumbuhan pastinya akan melakukan perontokan pada daunya secara perlahan jika kekurangan air.

Begitu juga dengan pohon yang pasti akan merontokan daun pada bantangnya untuk bertahan hidup dengan cara menyerap nutrisi cadangan. Cara ini tentunya bisa kamu atur dengan menyiramnya secara berkala dan jangan terlalu sering menjemur dibawah terik matahari agar tidak cepat kering.

8. Pembusukan akar

daun sukulen rontok akibat akar membusuk
Sumber foto : dreamstime.com
Nah ini sedikit sulit dideteksi, pasalnya hal ini terjadi pada bagian akar yang posisinya berada didalam tanah. Pembusukan akar dapat terjadi jika adanya hama pada media tanam yang tidak steril, seperti serangga kecil, ulat dan sebagainya, bisa juga karena terlalu banyak air pada media, atau juga media tanam yang tidak sesuai atau tidak cocok.

Akar yang membusuk tentunya akan membuat tanaman kesulitan dalam menyerap nurtisi dan lama-kelamaan akan sakit serta mengalami kerontokan daun. Hal yang bisa kamu periksa dengan menyenggol batangnya, masih kokoh berdiri atau tidak, atau kamu dapat juga dengan memeriksa bagian pangkal batang.

Jika terdapat pembusukan atau batang lembek, segera angkat dan potong baigan yang busuk, hal ini berguna untuk menghidari bertambah parah dan pembusukan menyebar. Nah potongan tadi yang masih bagus bisa kamu tanam kembali, namun memerlukan waktu agar tumbuh akar.

9. Perontokan alami

Tahukah kamu pada dasarnya tanaman sendiri juga akan merontokan daunya secara perlahan, hal ini dikarenakan daun yang sudah tua dan tidak lagi dibutuhkan maupun tidak mampu menompang dirinya sendiri.

Jika sudah begitu maka pasti akan melakukan perontokan daun, terutama pada daun yang sudah tidak lagi menyimpan nutiris. Maka dari itu kamu tak perlu terlalu khawatir akan kerontokan daun. 

Yang perlu kamu lakukan ialah cermat dalam melihat dan mengetahui apa penyebab dari kerontokan daun sukulen tersebut serta bagaimana cara mengatasinya.

Nah itulah pemaparan tentang daun tanaman sukulen sering rontok dan bagaimana cara mengatasinya.

Baca terus di healty99.com untuk mengetahui seputar informasi unik lainya.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i