Cara Mudah Mengolah Lobak Putih Agar Menjadi Nikmat

Cara Mudah Mengolah Lobak Putih Agar Menjadi Nikmat dan enak
Sumber foto : Pixabay.com
Healty99 - Siapa yang tak tahu dengan lobak putih, sayuran satu ini cukup populer Indonesia. Walaupun begitu tak banyak juga orang yang mengkonsumsi atau mengolah lobak putih menjadi makanan yang enak dan nikmat.

Sayuran yang mirip dengan wortel ini juga bisa dikonsumsi selagi mentah alias segar, baik itu untuk campuran salad maupun dibuat jus yang menyehatkan. Akan tetapi kebanyakan orang juga lebih sering diolah menjadi sup lobak, sayur bening, tumis lobak dan bahkan buat cemilan.

Alasan beberapa orang engan mengolah lobak ialah terkadang terasa hambar saat dimasak dan bahkan menimbulkan rasa pahit. Untuk itu jika kamu mau memasak lobak di rumah, kamu harus tahu cara-cara memasak lobak putih agar menjadi sedap dan tidak pahit.

Penyebab timbulnya rasa pahit pada lobak dikarenakan adanya kandungan enzim alias getah pada lapisan kulitnya. Getah ini jika tidak dibersihkan secara menyeluruh bisa membuat lobak terasa pahit saat dimasak. Terutama jika kamu salah dalam mengupasnya atau tidak bersih dalam membuang kulitnya.

Baca juga : 

Kandungan Dan Manfaat Buah Bit

Lantas bagaimana cara mengolah lobak putih agar tidak pahit, berikut beberapa langkah-langkah yang bisa kamu tiru :

1. Memilih dengan baik

cara sederhara mengolah lobak putih
Sumber foto : Pixabay.com
Pilihlah lobak putih yang masih terlihat putih bersih dan segar, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, tidak layu dan mengkerut kulitnya. Selain itu perhatikan juga secara menyeluruh apakah lobak ada bekas luka, kulit yang terkelupas, banyak bintik hitam dan warna yang berbeda. 

Hal ini bisa berpengaruh terhadap rasa dari sayur tersebut, terutama untuk kamu yang mempunnyai indra pengecap yang kuat.

2. Bersihkan 

Setelah mendapatkan sayur lobak putih yang telah diinginkan, cuci bersih secara menyeluruh. Hal ini guna untuk membersihkan kotoran tanah ataupun racun hama yang mungkin digunakan oleh petani.

Kalau bisa mencuci dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir.

3. Kupas 

mengupas lobak putih agar tidak terasa pahit
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/lobak-kupas-pink-putih-sayuran-4066383/
Cara mengolah lobak putih agar tidak pahit selanjutnya ialah dengan pengupasan kulit dengan sempurna.

Jika masih terdapat daun, cukup buang daunya dengan memotong bagian atas lobak sekitar 1 atau 2 cm, dan jika pangkal lobak masih terdapat warna hijau dapat juga membuangnya sedikit. Warna hijau pada kulit dikarenakan lobak muncul keatas permukaan tanah dan terkena sinar matahari.

Setelah disisihkan daunya bersihkan secara menyeluruh kulit lobak hingga bersih, buang bintik-bintik hitam yang masih melekat. Oh ya, daun lobak jangan terlalu buru-buru dibuang, kamu bisa mengkonsumsinya juga loh sebagai sayuran yang enak.

4. Potong-potong

memotong sayur lobak
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/jicama-sayur-segar-bergizi-875254/
Setelah dikuliti dengan baik dan bersih, lanjutkan dengan pemotongan. Jika pembersihan kulit sudah sempurna, kamu bebas memotongnya sesuka hati, baik itu bentuk dadu, pipih atau sesuai kebutuhan kamu.

Namun jangan terlalu tebal, karena nanti masaknya bisa lama.

5. Rendam

Setelah dipotong-potong sesuai selera langsung lakukan peredaman dengan air garam. Perendaman menggunakan air garam bertujuan agar getah dari lobak putih dapat keluar dan bersih secara menyeluruh. 

6. Perebusan

merebus lobak putih agar tidak pahit
Sumber foto : dreamstime.com
Cara ini bisa kamu lakukan atau tidak sama sekali tidak masalah. Namun jika kamu mau, cukup rebus lobak yang sudah direndam menggunakan air garam tadi kedalam paci yang sudah berisi air mendidih.

Tidak usah terlalu lama sekitar 2-3 menit saja, setelah itu lalu angkat dan lobak bisa langsung kamu olah menjadi makanan yang kamu inginkan.

Cukup mudah memang mengolah lobak putih agar rasa pahitnya hilang, tentunya kamu bisa melakukanya sendiri dirumah. Dan setelah itu lobak pun bisa kamu masak sesuka selera masing-masing.

Manfaat Mengkonsumsi Lobak

manfaat dan mengolah lobak putih
Sumber foto : dreamstime.com
Mengkonsumsi lobak secara teratur diketahui sangat baik untuk kesehatan loh, baik itu dikonsumsi secara langsung ataupun sudah dimasak. Pasalnya sayuran dengan warna putih satu ini memiliki sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat diantaranya :

1. Sumber serat

Sayuran satu ini bisa menjadi salah satu sumber serat yang baik untuk pencernaan kamu. Serat memang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama dalam menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit, melindungi usus, mencegah kolesterol dan mencegah penyakit berbahaya.

2. Meningkatkan kualitas darah

Tahukah kamu bahwasanya lobak sangat baik untuk sel darah merah. Mengkonsumsi sayuran satu ini diketahui dapat meningkatkan kualitas sel darah merah dalam mengikat oksigen dan membawanya keseluruh tubuh.

3. Baik untuk diet

Nah, yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalankan diet atau dalam masa menurunkan berat badan.

Pasalnya lobak mengandung rendah kalori, tinggi serat, vitamin dan mineral yang memang dibutuhkan tubuh. Disamping itu lobak juga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

4. Memperkuat tulang dan otot

Adanya kandungan mineral pada lobak seperti kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng, vitamin K dan lainya yang memang dapat berguna dalam memperkuat tulang dan otot tubuh.

5. Mencegah penyakit berbahaya

Manfaat dari mengkonsumsi lobak selanjutnya ialah dapat mencegah beberapa penyakit berbahaya seperti kanker, serangan jantung dan masalah peredaran darah. Namun tentunya manfaat satu ini tidak bisa kamu dapatkan secara langsung, kamu harus mengkonsumsinya secara teratur dan rutin.

Nah itulah cara mengolah lobak putih agar tidak pahit dan manfaatnya untuk kesehatan. Mulai sekarang rutinlah untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, guna untuk mendapatkan tubuh dan fisik yang sehat serta bugar.

Buka Komentar

0 Response to " Cara Mudah Mengolah Lobak Putih Agar Menjadi Nikmat"

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i