Manfaat Lobak Putih Dikonsumsi Secara Rutin, Baik Mentah Ataupun Sudah Diolah

manfaat lobak putih untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin
Foto : https://pixabay.com/id/photos/lobak-putih-lobak-putih-2465978/
Healty99.com - Lobak putih merupakan tanaman yang mirip dengan wortel dan telah dikenal sejak lama. Tanaman dengan lama latin Raphanus sativus kerap dimanfaatkan umbinya baik sebagai sayuran konsumsi hingga digunakan untuk kecantikan. 

Tanaman satu ini diketahui berasal dari negeri Tirai Bambu alias Tiongkok, namun tenang kamu dapat dengan mudah menjumpai lobak putih di Indonesia kok. Sayuran lobak umunya lebih sering dikonsumsi dalam kondisi mentah, baik itu dicampur dengan salad maupun diolah menjadi jus.

Mengkonsumsi lobak putih secara teratur, baik itu dalam kondisi mentah ataupun sudah diolah, dapat memberi manfaat baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan umbi satu ini kaya akan kandungan nutrisi, baik dari segi mineral dan vitamin.

Lobak putih mengadung sejumlah nutrisi diantaranya Vitamin A, B, C, K, serat, gula, energi, kalsium, zat besi, serat, kalium, karbohidrat, dan fosfor. Lantas apa saja manfaat umbi lobak untuk penikmatnya? Berikut diantaranya :

Manfaat Lobak Putih Dikonsumsi Rutin

1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat yang pertama bisa kamu dapatkan ialah melancarkan pencernaan. Sayuran satu ini kaya akan serat dan air yang tentunya baik untuk saluran pencernaan.

Umbi satu ini juga bisa melancarkan masalah sembelit atau susah BAB, mencegah penumpukan feses serta melindungi usus kamu.

2. Meningkatkan Kualitas Sel Darah Merah

khasiat lobak putih untuk mengatur tekanan darah atau mengatasi hipertensi
Foto : Pixabay/lobak putih
Lobak putih diketahui dapat membantu membersihkan dan meningkatkan kualitas sel darah merah, sayuran satu ini juga mampu memperbaiki kerusakan sel darah merah serta meningkatkan pasokan oksigen pada sel darah yang kemudian disaluran keseluruh tubuh.

Selain itu mengkonsumsi lobak juga diklaim dapat mencegah kelainan hipotiroidisme.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Melihat lobak putih mengandung Vitamin C dan beberapa mineral yang baik untuk tubuh, bukan tidak mungkin bahwa dengan mengkonsumsi umbi satu ini dapat menjaga daya tahan tubuh kamu, guna agar tetap sehat dan terhindar dari berberapa serangan penyakit.

4. Mencegah Dehidrasi

Dikutip dari repository.unpas.ac.id lobak memiliki kandungan air hingga sekitar 90%. Dengan tingginya kandungan air pada sayuran satu ini tuntu saja bisa menjadi tambahan asupan air untuk tubuh.

Kamu bisa mengkonsumsi lobak putih sebagai jus ataupun dimakan langsung sebagai makanan diwaktu istirahat.

5. Baik Untuk Diet

Nah bagi kamu yang sedang diet ataupun sedang menurunkan berat badan, mungkin harus memasukan sayuran satu ini sebagai makanan sehat kamu.

Pasalnya lobak putih mengandung redah kalori, tinggi serat dan air, serta juga dapat mencegah penyerapan lemak dari makanan kedalam tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Tulang Dan Gigi

manfaat lobak putih untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi
Foto : Pixabay/lobak putih
Manfaat selanjutnya dari lobak putih ialah dapat menjaga kesehatan sekaligus memperkuat tulang dan gigi, hal ini dikarenakan sayuran satu ini mengandung beberapa mineral seperti kalsium, Vitamin C dan zat besi yang dapat mencegah kerusakan dan pengeroposan.

7. Lobak Putih Baik Untuk Penderita Diabetes

Umbi satu ini juga baik dikonsumsi untuk pengidap diabetes dikarenakan rendah akan kalori, serta baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Jadi kamu tak perlu khawatir akan gula darah meningkat akibat makan umbi lobak.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung harus selalu dijaga, baik itu dengan pola hidup yang sehat dan olahraga yang teratur. Selain itu kamu juga harus menjaga pola makan-makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi.

Nah jika kamu mau, kamu dapat memasukan umbi satu ini kedalam asupan makanan harian, hal ini dikarenakan sayur lobak baik untuk kesehatan jantung.

9. Melindungi Saraf Dan Jaringan Otot

Khasiat lobak putih dalam melindungi saraf tubuh dan otot, dikarenakan sayuran satu ini mengandung beberapa mineral seperti fosfor, kalium serta protein dan Vitamin C.

10. Mestabilkan Tekanan Darah

manfaat mengkonsumsi lobak mentah dapat menjaga tekanan darah
Foto : Pixabay/lobak putih
Sayuran lobak dapat bermanfaat untuk menstabilkan tekandan darah. Adanya kandungan zat besi serta beragam mineral yang mampu menjaga tekanan darah kamu agar tetap normal.

Namun, belum ada pembuktian bahwa buah lobak dapat mengobati masalah pada tekanan darah. Akan tetapi kamu bisa mengkonsumsinya sebagai pencegahan dini.

11. Mencegah Pertumbuhan Sel Abnormal

Sayuran lobak diketahui mengandung Isothiocyanate. Isothocyanate adalah senyawa kimia yang mampu bersifat antioksidan pada tubuh.

Disamping itu Isothiocyanate juga dapat berguna untuk melindungi tubuh dari zat penyebab kanker dan mencegah pertumbuhan tumor.

12. Menangkal Paparan Radikal Bebas

Manfaat lobak putih dalam menangkal paparan radikal bebas dikarenakan adanya antioksidan terkandung didalamya. Antioksidan sendiri dapat mencegah kerusakan jaringan sel tubuh akibat dari paparan radikal bebas yang berasal disekitar kita.

13. Menjaga Kesehatan Rambut

Jika kamu rutin mengkonsumsi buah lobak putih maka akan mendapatkan kandungan nutrsi di dalamnya. Beberapa nutrisi tersebut dapat berguna untuk menjaga kekuatan akar rambut, mencegah kerontokan, memperlebat serta mencegah rambut bercabang.

14. Menjaga Kesehatan Kulit

manfaat sayur lobak untuk kulit tubuh
Foto : Pixabay/lobak putih
Kamu bisa memanfaatkan sayuran satu ini guna untuk menjaga kesehatan kulit tubuh.

Kamu bisa menggunaknya dari dalam tubuh (dikonsumsi) atau menggunakanya dari luar tubuh sebagai masker kulit. Lobak putih mengandung akan nutrisi dan mineral yang baik untuk kesehatan kulit, mulai itu mencerahkan, meningkatkan elastisitas serta mengatasi kerutan.

Baca juga :

15. Aman Untuk Penderita Wasir

Untuk kamu yang sedang mempunyai masalah wasir dapat mengkonsumsi sayur satu ini. Pasalnya lobak memiliki kandungan serat yang dapat mencegah pengerasan feses, sehingga tidak membuat kamu sakit dan sulit untuk BAB.

16. Menjaga Kesehatan Liver

Dikutip dari hellosehat.com bahwa umbi lobak baik untuk menjaga kesehatan organ hati. Hal ini diketahui karena lobak putih mengandung enzim khusus yang memiliki kemampuan hepatoprotektif.

Sifat hepatoprotektif pada sayuran satu ini dapat mencegah kerusakan hati dari efek hepatotoksik atau kerusakan organ hati akibat obat-obatan serta zat berbahaya lainya pada tubuh.

17. Manfaat Lobak Putih Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Lobak merupakan jenis sayuran yang digadang-gadang dapat mencegah beragam penyakit kardiovaskular, baik itu serangan jantung dan stroke.

Hal ini dimungkinkan karena banyaknya kandungan mineral dan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat lobak putih untuk kesehatan, kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan cara mengkonsumsinya secara rutin dan teratur, baik mentah ataupun sudah diolah.

Untuk informasi menarik lainya kamu dapat membaca di healty99.com.

Buka Komentar

0 Response to "Manfaat Lobak Putih Dikonsumsi Secara Rutin, Baik Mentah Ataupun Sudah Diolah"

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i