Finger Lime, Buah Dengan Rasa Asam Yang Banyak Digemari.

cari tahu bentuk, manfaat dan kandungan dari buah finger lime
Sumber foto : Istockphoto/finger lime
Healty99 - Ada yang tahu dengan buah asam satu ini? Namanya adalah Finger Lime fruit, yang jika diartikan ke Indonesia yaitu jeruk jari (Lime atau jeruk nipis, yang mengartikan bahwa buah satu mengarah kerasa asam). 

Finger Lime atau biasa dikenal juga dengan nama Caviar Lime, merujuk pada buah dengan nama latin Citrus Australasica, tumbuhan semak berbunga subtropis, dengan ukuran pohon tak terlalu tinggi dan diketahui berasal dari kawasan Australia. 

Buah satu ini masih satu keluarga dengan jeruk-jerukan seperti jeruk lime, lemon dan jeruk kunci. Akan tetapi sedikit berbeda dengan buah jeruk yang kita kenal  yang berbentuk bulat atau sedikit lonjong. Sesuai namanya buah Finger Lime memiliki bentuk seperti jari namun dengan ukuran sedikit lebih besar, serta memiliki bulir buah bulat kecil, yang berbeda dari bulir jeruk pada umunya.

Jika dilihat sekilas dari penampakan buah Finger Lime juga mirip dengan buah belimbing wuluh. Buah satu ini juga diketahui memiliki beberapa varian jenis dan warna, mulai dari hijau, pink hingga merah hati. Untuk rasa jangan ditanya, semua buah dengan nama lime pastinya mempunyai rasa yang asam dan wangi yang aromatic.

Namun, walaupun buah Finger Lime memiliki rasa yang asam, ternyata memiliki banyak pengemar loh. Itulah sebabnya mengapa kini beberapa negara yang mempunyai iklim subtropis mulai banyak membudidayakanya untuk komersil, hal ini dikarenakan harga jualnya yang terbilang mahal. 

Baca juga :

Buah satu ini juga banyak digunakan para chef restoran ternama, rasa asamnya yang berbeda membuat buah Finger Lime sering digunakan untuk menetralkan hidangan laut, seperti ikan kaviar dan sushi. Selain itu buah satu ini juga sangat cocok dicampur kedalam salad dan minuman segar.

Kandungan Buah Finger Lime

Dikutip dari remedydrinks.com buah Finger Lime mengandung banyak nutrisi diantaranya vitamin C, vitamin E, folat, kalium, magnesium, vitamin K, zat besi. Dan diketahui buah satu ini memiliki vitamin C yang lebih tinggi dari pada jeruk mandarin, serta lebih banyak vitamin E dari pada jeruk nipis.

Disamping itu adapun beberapa kadungan lainya yaitu tembaga, natrium, fosfor, air, serat, antioksidan dan minyak esensial.

Manfaat Buah Finger Lime.

manfaat dan kandungan dari buah finger lime atau cavier lime mirip dengan jeruk nipis
Sumber foto : Istockphoto/finger lime
Dari segi kandungan buah satu ini kaya akan nutirisi, baik itu dari mineral dan vitamin yang tentunya dapat bermanfaat untuk tubuh. Dikutip beberapa dari healthbenefitstimes.com mengkonsumsi buah jeruk lime dalam jumlah cukup dapat memberi manfaat yang baik untuk kesehatan diantaranya :

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  2. Menjaga kesehatan gigi dan gusi.
  3. Menjaga kesehatan penglihatan.
  4. Mencegah penuan dini.
  5. Mengurangi risiko terkena anemia.
  6. Menurunkan tekanan darah.
  7. Mencegah beberapa serangan penyakit.
  8. Mencegah beberapa serangan infeksi.
  9. Menangkal paparan radikal bebas.
  10. Mencegah kerusakan sel serta memepercepat regenerasi.
  11. Mencegah penyakit jantung dan kanker.
  12. Serta menurunkan kolesterol jahat.

Itulah beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah Finger Lime untuk kesehatan. Tak perlu kamu mencari buah satu ini untuk mendapatkan manfaatnya, karena manfaatnya juga ada terkandung pada buah jeruk nipis serta tak jauh beda.

Nah itulah informasi mengenai Jeruk Jari atau Finger Lime (caviar lime) yang patut kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Untuk ingin mengetahui informasi lainya seputar buah dan makanan dapat membaca di healty99.com.

Buka Komentar

0 Response to " Finger Lime, Buah Dengan Rasa Asam Yang Banyak Digemari."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i