Cari Tahu Crabapple, Buah Mungil Mirip Dengan Ceri.

fruit crabapple, mengenal buah cranapple
Sumber foto : Istockphoto
Healty99 - Ada yang tahu dengan buah satu ini? Namanya Crabapple jika diartikan ke bahasa Indoneisa, Crabapple adalah buah apel kepiting.

Merupakan buah yang berasal dari pohon dengan nama latin Malus fusca dari keluarga Rosaceae, berbatang rimbun dengan buah kecil sekilas mirip dengan buah ceri.

Buah satu ini tidak dijumpai di Indoneisa loh, dikutip dari wikipedia buah Crabapple diketahui berasal dari kawasan Amerika Utara hingga bagian barat Alaska, yang termasuk dalam buah musiman.

Dikatakan mirip dengan buah ceri, hal ini karena bentuknya sekilas sama. Buah lonjong mungil dengan sedikit lebih besar dari ceri, memiliki tangkai buah yang panjang serta berbuah rimbun pada ujung batangnya.

Tentunya buah satu bisa dikonsumsi, dan dari segi rasa mirip dengan buah apel namun lebih dominan asam.

Namun beberapa orang kerap mengolahnya berupa menjadi ekstraksi pektin, atau membuatnya dalam bentuk selai roti, sirup, chutney, manisan hingga isian pie. Sedangkan bagian batang pohonya diketahui menyimpan khasiat sebagai obat herbal.

Baca juga : 

Buah Crabapple mengandung racun,

Perlu kamu ketahui buah dari keluarga Rosaceae sedikitnya mengandung racun atau toxic, buah satu ini mengadung amygdalin, yaitu zat yang dapat menimbulkan asam sianida ketika kontak langsung dengan enzim pencernaan manusia.

Namun tenang, semua tumbuhan dari sejenisnya, seperti apel, pir, ceri dan sebagainya, pada umunya mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak.

Bagian yang mengandung racun tersebut ada pada bijinya, jadi jika hanya mengkonsumsi daging buahnya saja, maka masih aman untuk tubuh dan tidak berbahaya.

Dan jika tanpa sengaja menelan bijinya, cukup perbanyak minum air putih dalam beberapa hari kedepan.

Manfaat Buah Crabapple.

Malus fusca, manfaat buah crabapple untuk kesehatan
Sumber foto : pixabay/extremis
Seperti yang telah disebutkan di atas, buah satu ini bisa dibuat menjadi berbagai macam olahan. Disamping itu mengkonsumsi buah Crabapple selagi segar juga akan memberi manfaat yang baik untuk kesehatan.

Buah apel kepiting mengadung beberapa nutrisi seperti serat pangan, kalium, magnesium, Vitamin B, antioksidan, kalsium pektat dan tentu saja kaya akan Vitamin C.

Beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dari mengkonsumsi buah satu ini ialah :

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Mencegah kerusakan sel akibat zat kimia.
  3. Mencegah paparan radikal bebas.
  4. Baik untuk kesehatan jantung karena akan kandungan antioksidan dan Vit C.
  5. Baik untuk pencernaan. 
  6. Mencegah peradangan.
  7. Dan masih banyak lagi.

Nah itulah beberapa manfaat buah Crabapple yang akan kamu dapatkan jika mengkonsumsinya. 

Harap untuk tidak mengkonsumsi buah ini secara berlebihan, pasalnya buah satu ini mengandung tinggi akan asam buah dan senyawa kalsium pektat, yang tentu saja jika dalam jumlah banyak terkonsumsi bisa menyebabkan mual, sakit peru, muntah dan diare.

Itulah informasi mengenai buah apel kepiting, si buah mungil mirip dengan ceri. 

Buka Komentar

0 Response to "Cari Tahu Crabapple, Buah Mungil Mirip Dengan Ceri."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i