CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Ini Dia Manfaat Dan Kandungan Dari Buah Kesemek Yang Harus Kamu Tahu. - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Ini Dia Manfaat Dan Kandungan Dari Buah Kesemek Yang Harus Kamu Tahu.

Buah kesemek manfaatnya
Sumber foto : pixabay/JamesDeMers Healty99 -
Tahu kah kamu dengan kesemek? Kesemek merujuk dari pada tanaman dengan nama latin Diospyros kaki dari marga Diospyros penghasil buah yang sering di sebut dengan buah kesemek atau persimmon. 

Buah persimmon mempunyai warna hijau saat muda dan akan berubah menjadi orange saat akan matang, buah  yang baru dipetik bagian kulit luarnya seperti diselimuti bedak tipis berwarna putih dan tentunya buah satu ini bisa di konsumsi. 

Kesemek matang mempunyai rasa yang cukup sepat dilidah dan tidak terlalu manis, akan tetapi buah satu ini banyak di cari terutama para penghobi buah kesemek kering.

Baca Juga :
Beberapa kandungan buah satu ini diantaranya berupa Kalori, Karbohidrat, Protein, Lemak, Serat, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Vitamin B6, Potasium, Copper dan Mangan. Disamping itu kesemek juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. 

Untuk itu simak di bawah ini beberapa manfaat buah kesemek untuk kesehatan.

Khasiat Buah Kesemek.

1. Kaya Kandungan Antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh. Pasalnya antioksidan berperan dalam meningkatkan sistem pertahanan tubuh, mencegah serangan penyakit baik yang ringan maupun parah, mencegah kerusakan jaringan sel menangkal paparan radikal bebas serta masih ada banyak lagi manfaat antioksidan.

Senyawa antioksidan yang terkandung dalam buah kesemek terbilang cukup tinggi, sehingga bisa kamu jadikan alternatif asupan antioksidan lainya untuk tubuh.

2. Menyehatkan Jantung

manfaat buah kesemek jawa
Penyakit jantung adalah penyakit yang paling ditakuti dan berbahaya, setidaknya penyakit satu ini telah membuat banyak orang kehlangan nyawa. Kamu bisa menjaga kesehatan organ vital jantung dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang seimbang.

Seperti halnya kesemek dimana mengandung flavonoid dan antioksidan yang tentunya bisa memberi manfaat dalam menjaga kesehatan jantung kamu. Di samping itu, buah kesemek juga bisa membantu dalam mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) salah satu pemicu penyakit jantung yang paling utama.

3. Kesemek Baik Untuk Hati

Selain mampu menjaga kesehatan organ jantung, buah kesemek juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan organ lainya terutama hati.

Adanya kandungan antioksidan pada buah yang mampu menangkal efek radikal bebas yang bisa merusak sel serta organ hati, disamping itu buah satu ini dapat membantu meningkatkan fungsi hati dalam melakukan proses detoksifikasi dan menyaring zat-zat berbahaya dari dalam tubuh.

4. Meningkatkan Sistem Pertahanan Tubuh Secara Alami.

kandungan buah kesemek
Sumber foto : pixabay/Pat_Scrap
Manfaat dari buak kesemek selanjutnya yaitu bisa meningkatkan sistem imun atau pertahanan tubuh secara alami. Hal ini diketahui karena adanya kandungan vitamin C yang tinggi serta beberapa senyawa lainya yang bersifat antioksidan.

Sehingga hanya dengan mengkonsumsi daging buahnya, maka kamu telah membantu meningkatkan sistem pertahanan tubuh dalam melawan bebragai serangan penyakit ringan.

5. Sangat Baik Untuk Pencernaan.

Adanya kandungan serta yang tinggi pada kesemek, yang mana hal ini sangat baik untuk pecernaan kamu serta sekaligus menjaga kesehatan usus.

Serat pada buah kesemek dapat meningkatkan sistem pencernaan menjadi tetap sehat, serta berguna dalam mencegah penyakit sembelit, melancarkan feses dan mencegah beberapa penyakit usus lainya.

6. Kesemek Diklaim Menurunkan Diabetes

khasiat buah kesemek baik untuk pencernaan
Khasiat buah kesemek diklaim bisa menurunkan sekaligus mengontrol kadar gula (glukosa) dalam darah secara bertahap.

Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat terutama untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

7. Kaya Akan Kandungan Serat

Mengkonsumsi serat sangat penting untuk tubuh, tanpa adanya asupan serat yang cukup maka tubuh akan mengalami beberapa masalah kesehatan. Pada dasarnya serat ada banyak pada makanan seperti buah dan sayur-sayuran hijau.

Hal tersebut juga ada pada buah kesemek dimana buah satu ini memiliki kandungan serat buah yang tinggi. 

Beberapa manfaat serat yang terkandung pada buah kuning ini, dapat berguna dalam membantu menurunkan dan mencegah penyerapan kolesterol jahat kedalam tubuh secara berlebihan, mengatasi sembelit, baik untuk orang yang mengalami wasir serta mencegah beberapa masalah pada area pencernaan.

Untuk itu rutinlah kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat, termasuk dalam mengkonsumsi buah kesemek.

8. Meningkatkan Penglihatan

manfaat buah kesemek jawa
Sumber foto : pixabay/uniquedesign52
Manfaat buah kesemek selanjutnya yaitu di klaim dapat menjaga kesehatan bola mata dan meningkatkan penglihatan. Hal tersebut diyakini karena tingginya kandungan vitamin A pada kesemek yang baik untuk kesehatan mata.

Di samping itu kandungan vitamin A pada buah juga dapat meningkatkan fungsi mebran konjungtiva dan kornea, serta menjadi bagian yang penting dari rhodopsin untuk menjaga mata.

9. Buah Kesemek Baik Untuk Kamu Yang  Sedang Diet

Jika kamu sedang menjalankan program menurunkan berat badan atau diet, mungkin kamu harus mencoba buah satu ini. Kesemek bisa menjadi buah yang baik untuk kamu yang sedang menjalankan program diet atau lainya.

Kesemek dapat dicampur kemakanan sehat kamu entah itu oatmeal, salad buah hingga jus, buah satu ini juga rendah kalori, tinggi serat dan mengandung cukup banyak air, tentunya sangat bermanfaat buat kamu, terutama dalam mencegah penumpukan feses pada saluran pencernaan.

10. Menjaga Sistem Metabolisme Tubuh

kandungan buah kesemek menyehatkan tubuh
Buah kesemek dapat menjaga sistem metabolisme tubuh kamu juga loh, hal ini dikarenakan kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang ada di dalamnya.

Jadi jika kamu mengkonsumsi buah satu ini secara teratur, maka secara tidak langsung kamu akan mendapatkan khasiatnya untuk tubuh.

11. Mencegah Penyakit Anemia

Adanya kandungan tembaga atau copper pada buah yang diketahui bisa membantu tubuh dalam memproduksi produksi sel darah merah.

Selain itu manfaat buah kesemek lainya ialah bisa memaksimalkan penyerapan zat besi kedalam tubuh, tentunya hal ini akan berdampak pada kesehatan dimana mampu mencegah penyakit anemia dan kekurangan zat besi.

12. Kesemek Baik Untuk Masa Kehamilan

Selain bermanfaat untuk sistem pencernaan kesemek juga baik untuk ibu hamil loh. Buah satu ini dapat menjaga sekaligus mengatur tekanan darah pada ibu hamil, serta mampu menjaga kesehatan janin yang ada di dalam kandungan.

Namun harap untuk tidak mengkonsumsi buah satu ini secara berlebihan, pasalnya janin yang dikandung memerlukan asupan nutrisi lainya juga. 

13. Diklaim Atasi Insomnia Dan Stres 

buah kesemek manfaatnya untuk menjaga kesehatan tubuh
Sumber foto : pixabay/anykeep
Buah kesemek diklaim atasi insomnia dan stres akibat adanya kandungan didalamnya yang bisa membuat kamu lebih rileks, terutama dalam menjaga suasana hati.

Dengan begitu efeknya akan berpengaruh terhadap suasana hati yang menjadi lebih tenang dan bisa membantu waktu tidur kamu menjadi lebih nyenyak. Tentunya khasiat satu ini dapat kamu coba apabila mengalami insomnia.

14. Mengurangi Efek Inflamasi

Adanya kandungan kimia phytochemicals pada kesemek yang bersifat anti-infeksi dan anti-inflamasi. 

Sehingga hanya dengan mengonsumsi buah kesemek secara teratur, kemungkinan kamu akan terhindar dari masalah infeksi, baik itu infeksi kuman, virus dan jamur.

15. Baik Untuk Penderita Ambeien

Khasiat buah kesemek selanjutnya yaitu baik untuk penderita ambeien. Kesemek diketahui memiliki sifat anti-hemoragik yang cukup efektif dalam mencegah pendarahan berlebih bagi penderita ambeien atau wasir.

Nah itulah beberapa manfaat buah kesemek yang akan kamu dapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin dan teratur.

Mengkonsumsi buah-buahan memang sangat baik karena bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan serta menjadi asupan nutiris yang baik untuk kesehatan.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i