Harus Tahu, ini dia Efek Samping Daun Seledri jika Terlalu banyak Mengkonsumsinya.

Simak efek samping daun seledri yang haru kamu tahu.

efek samping daun seledri jika terlalu banyak mengkonsumsinya
Sumber foto : pixabay.
Daun seledri merupakan salah satu sayuran yang kerap kali dikonsumsi baik itu sebagai pelengkap atau penyedap masakan, salad bahkan hingga dijadikan minuman jus. Namun tahukah kamu walau daun seledri baik untuk kesehatan ternyata sayuran satu ini jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan juga loh.

Efek samping daun seledri sebenarnya tidak terlalu berbahaya namun jika kamu mengkonsumsinya terlalu berlebihan misalnya pagi sarapan telur dengan campuran daun sledri, siang makan nasi dengan lalapan seledri dan jus daun seledri, lalu menjelang sorenya makan salad dengan campuran potongan daun seledri.

Tentunya hal tersebut tidak baik untuk kesehatan dalam jangka panjang, tubuh tetap memerlukan asupan nutrisi yang terkandung dalam daun sayuran, namun tentunya dalam jumlah cukup serta seimbang.

Nah berikuti ini sejumlah efek samping yang akan ditimbulkan dari mengkonsumsi daun seledri terlalu banyak.

1. Tekanan Darah Rendah.

Daun seledri mengandung ekstrak senyawa heksana yang berguna dalam menurunkan tekanan darah atau hipertensi. 

Akan tetapi jika terlalu banyak asupan satu ini tentu bisa menekan tekanan darah hingga dibawah batas normal atau darah rendah dan bisa menyebabkan seseorang mudah lemas, muah hingga pingsan.

2. Gangguan Saluran Pencernaan.

Mengkonsumsi daun seledri memang baik untuk pencernaan namun disatu sisi mengkonsumsi sayuran mentah secara berlebihan tentu tidak baik untuk pencernaan, karena bisa menyebabkan sakit perut dan ganguan keseimbangan cairan dalam pencernaan.

3. Mengganggu Keseimbangan Cairan Tubuh.

Daun seledri kaya akan nutrisi dan mineral yang baik tentunya untuk tubuh, dalam jumlah yang cukup mineral tersebut dapat berguna untuk meningkatkan daya tahan fisik dan menjaga cairan metabolisme.

Namun jika berlebihan tentunya bisa mengganggu keseimbangan carian lainya juga loh, untuk itu harap jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi sayuran satu ini, terlebih lagi mengolahnya menjadi jus.

4. Mengurangi Produksi ASI.

Menurut hasil penelitian mengkonsumsi daun seledri dalam jumlah banyak diklaim mampu mengurangi produksi air susu.

Untuk itu ada baiknya ibu yang sedang masa menyusui baiknya kurangi untuk makan sayur satu ini.

5. Memicu Alergi.

Sebenarnya alergi yang ditimbulkan dari daun seledri umunya sangat jarang terjadi, namun dalam beberapa kasus beberapa orang mengatakan timbulnya rasa gatal, ruam dan bentol di beberapa bagian tubuh.

Selain itu beberapa alergi yang mungkin bisa diakibatkan oleh daun seledri ialah sesak nafas, mual dan perubahan suara.

6. Gangguan Kehamilan.

Untuk perempuan yang sedang hamil harap kurangi untuk mengkonsumsi sayuran satu ini ya, diketahui mengkonsumsi daun seledri dalam jumlah banyak saat hamil meningkatkan resiko kontraksi rahim.

7. Mempengaruhi Pembekuan Darah.

Daun seledri diketahui mampu mempengaruhi pembekuan sel darah merah dalam tubuh yang bisa menyebabkan pendarahan lambat berhenti. 

Nah bagi kamu yang mempunyai masalah dalam pembekuan darah ada baiknya jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya.

8. Hindari Konsumsi Bersamaan Dengan Obat-obatan.

Jika kamu sedang menjalankan masa pengobatan atau sendang mengkonsumsi obat dari dokter ada baiknya berhenti terlebih dahulu atau kurangi untuk mengkonsumsi sayuran satu ini. Pasalnya daun seledri bisa mengganggu kinerja dari beberapa jenis obat-obatan.

Nah itulah beberapa efek samping daun seledri.

Catatan.

Perlu kamu ingat efek samping dari segala sesuatu, pada dasarnya karena terlalu berlebihan dalam melakukanya, untuk itu jika kamu mengkonsumsi daun seledri dalam jumlah cukup maka akan memberi manfaat yang baik untuk kesehatan. Mungkin kamu harus baca artikel sebelunya tentang manfaat daun seledri untuk kesehatan para penikmatnya.

Cukup sampai disini pembahasan tentang efek samping daun seledri untuk tubuh.

Semoga bermanfaat.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i