Cari Tahu Manfaat Daun Pegagan yang sering di jadikan Lalapan.

manfaat daun pegagan untuk kesehatan tubuh
Sumber foto : madical news today.
Ketahui apa saja manfaat daun pegagan untuk kesehatan jika di konsumsi secara teratur.

Pegagan atau antanan (Centella Asiatica) merupakan tumbuhan liar yang dapat hidup di sembarang tempat, terutama tempat-tempat berhabitat sejuk seperti pematang sawah, pingiran jalan, tepian kanal, ladang hingga kebun. Tumbuhan pegagan di ketahui berasal dari kawasan Asia Tropik, termasuk kedalam tumbuhan tropis sehingga pegagan umunya banyak tumbuh di Indonesia.

Di Indonesia sendiri tanaman satu ini memiliki banyak penyebutan contohnya tanaman peugaga (Aceh), daun kaki kuda (Melayu), pagaga (Makassar), cowek-cowekan, gagan-gagan (Jawa), Pigago (Minang) dan masih ada banyak lagi penyebutanya di tiap-tiap daerah

Pemanfaatan tanaman pegagan atau antanan terletak pada bagian daun dan batangnya, dimana daun dan batangya kerap kali di jadikan bahan makanan, lalapan hingga bahan baku pembuatan obat tradisional.

Kandungan daun pegagan.

Beberapa kandungan daun pegagan diantaranya berupa Asiaticoside, Thankuniside, Isothankuniside, Madecassoside, Brahmoside, Brahmic acid, Brahminoside, Madasiatic acid, Meso-inositol, Centelloside, Carotenoids, Hydrocotylin, Vellarine, Tanin, Kalium, Natrium, Magnesium, Kalsium, Glikosida triterpenoida dan Zat vellarine

Dari beberapa kandungan yang ada pada daun pegagan membuatnya mampu bersifat diuretika, antipiretika, anti bakteri, antispasma, antiinflamasi, antialergi dan antioksidan. Untuk itu simak ini dia beberapa manfaat daun pegagan untuk kesehatan tubuh jika di konsumsi.

Baca juga :

Manfaat daun Pegagan atau Antanan.

1. Mengatasi Beberapa Masalah Pencernaan

Tumbuhan pegagan telah di ketahui memiliki kandungan yang bersifat antibakteri, sehingga hal ini dapat berguna untuk mengatasi beberapa masalah pada sistem pencernaan seperti halnya diare, sembelit dan sakit perut.

Tak hanya itu beberapa masalah pada pencernaan lainnya, berupa asam lambung dan perut kembung juga bisa diatasi dengan hanya mengonsumsi daun pegagan secara teratur.

2 .Membantu Penyembuhan Luka Pada Kulit.

Manfaat daun pegagan selanjutnya ialah bisa menjadi obat untuk menyembuhkan luka pada kulit serta mencegah terjadinya infeksi, khasiat daun pegagan efektif untuk beberapa jenis luka, seperti luka bakar, luka koreng dan luka berdarah.

Kamu bisa menggunakanya dengan cara menumbuk daun pegagan kemudian balurkan pada area kulit yang terluka. Atau kamu juga bisa menggunakan obat salep mempunyai ekstrak daun pegagan.

Beberapa kandungan pada daun pegagan dapat berguna untuk mencegah terjadinya infeksi akibat kuman serta mempercepat meregenerasi sel-sel yang rusak.

3. Diklaim Mampu mengurangi Tingkat Stress dan Kecemasan.

Daun tanaman pegagan diklaim mengurangi tingkat kecemasan, depresi, dan stress seseorang dengan cara mengatur aktivitas neurotransmiter yang disebut gamma-aminobutyric acid (GABA) didalam tubuh.

Selain itu beberapa kandungan asam asiatat pada daun pegagan juga bisa membantu penyerapan GABA oleh organ otak.

Tentunya hal ini akan membuat daun pegagan menjadi obat herbal alami yang terbilang aman dibanding obat-obatan kimia dalam mengatasi gangguan kecemasan dan stress.

4. Mengurangi Guratan Pada kulit Atau Stretch Mark.

Khasiat dari daun pegagan mampu mengurangi jumlah stretch mark yang mucul pada kulit, terutama pada lapisan kulit di perut dan paha.

Senyawa terpenoid yang ada pada tumbuhan pegagan mampu meningkatkan produksi kolagen atau protein dalam tubuh yang tetunya hal ini berguna untuk mencegah terbentuknya kembali stretch mark yang baru, serta membantu dalam menyembuhkan masalah selulit.

5. Meningkatkan Fungsi Sistem Kognitif Seseorang.

Hasil dari pada studi pembelajaran pada tahun 2016 membandingkan efek dari ekstrak daun pegagan dan senyawa asam folat dalam meningkatkan fungsi kognitif.

Hasil juga membuktikan dampaknya yang diberikan pada tiga  peserta yang diberikan asupan daun pegagan di setiap harinya dengan porsi yang berbeda. Meskipun daun pegagan dan asam folat sama-sama berkhasiat untuk meningkatkan kognisi secara keseluruhan pada seseorang, akan tetapi daun pegagan lebih efektif dalam meningkatkan sistem memori.

6. Mengatasi Masalah Insomnia.

Dilihat dari kemampuannya daun pegagan untuk mengatasi gangguan kecemasan, depresi dan stress pada seseorang, sehingga bukan tidak mungkin bahwa pegagan juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah insomnia pada seseorang.

Beberapa orang juga kerap kali menganggap tanaman satu ini sebagai obat herbal alternatif yang aman digunakan untuk mengatasi gangguan tidur dan lainya.

7. Meredakan Masalah Nyeri Sendi Dan Rematik.

Sifat dari beberapa kandungan daun pegagan seperti anti-inflamasi dapat berguna untuk mengobati masalah pada area sendi, seperti rematik asam urat dan nyeri sendi.

Selain itu tentu saja kamu juga bisa mengkonsumsi ekstrak dari daun pegagan sebagai obat herbal alternatif untuk mencegah terjadinya peradangan sendi, erosi tulang rawan, dan pengeroposan tulang.

8. Mengatasi Sekaligus Mencegah Timbulnya Jerawat.

Menggunakan obat serum yang di ketahui mengandung senyawa centella asiatica memang bisa mempercepat proses regenerasi kulit sekaligus membersihkan permukaan wajah dari bekas jerawat tanpa meninggalkan bekas hitam sedikitpun.

Namun kamu juga bisa memanfaatkan tanaman satu ini sebagai alternatif lainya. Daun pegagan mampu meningkatkan produksi jumlah protein atau kolagen, selain itu daun pegagan juga mampu mencegah timbulnya luka bekas jerawat menjadi hitam.

Dengan Meningkatnya produksi proteina atau kolagen dalam tubuh tubuh dinilai efektif dalam menghilangkan luka bekas jerawat.

9. Melancarkan Peredaran Darah.

Hasil dari pada sebuah penelitian tahun 2001 mengemukakan bahwa tanaman pegagan mampu mencegah masalah retensi cairan serta pembengkakan pada pergelangan kaki lebih parah.

Penelitian juga mebuktikan bahwa dengan mengkonsumsi daun pegagan sangat bermanfaat dalam mencegah masalah varises lebih besar. Hal ini di mungkinkan karena daun pegagan mempunyai efek metabolik positif pada jaringan dinding dari pembuluh darah.

10. Mencegah Penuaan Dini Lebih Lama.

Semua orang akan semakin bertambahnya usianya, di satu sisi tubuh kita sendiri mulai berkurang dalam produksi kolagen.

Yang padahalnya, kolagen atau protein memiliki peranan yang sangat penting di dalam tubuh guna untuk mengatasi kerusakan sel, termasuk mencegah penuaan dini. Hal ini di karenakan kolagen mampu menjaga tingkat elastisitas kulit atau kekecangan kulit terutama pada bagian wajah dan leher.

Menurut hasil dari sebuah penelitian, tumbuhan pegagan dikalim secara efektif berguna dalam membantu meningkatkan produksi kolagen atau protein alami di dalam tubuh. Dengan meningkatnya jumlah kolagen maka mampu menghambat terjadinya penuaan pada seseorang lebih lama.

11. Diklaim Mampu Mencegah Penyakit Alzheimer.

Daun pegagan memiliki beberapa kandungan yang di ketahui cukup efektif untuk meningkatkan daya ingat serta fungsi saraf otak pada manusia, hal ini tentunya akan memberikan potensi dalam mengobati sekaligus mencegah penyakit Alzheimer.

Hasil dari penelitian juga ekstrak dari daun pegagan memiliki dampak sederhana dalam melindungi jaringan sel-sel pada otak dari toksisitas, di sisi lainya juga mampu melindungi sel dari timbunan plak yang terkait dengan penyakit Alzheimer.

Nah itulah beberapa manfaat dari daun pegagan untuk kesehatan tubuh jika di konsumsi.

Kamu bisa mendapatkan manfaat tanaman pegagan hanya dengan mengkonsumsinya sebagai makanan sayur atau dalam bentuk salad dan jus. Semoga bermanfaat.

Buka Komentar

0 Response to "Cari Tahu Manfaat Daun Pegagan yang sering di jadikan Lalapan."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i