Manfaat Bayam Duri yang Sering Diabaikan Banyak Orang.

Simak ini dia manfaat bayam duri untuk kesehatan.

manfaat bayam duri untuk kesehatan tubuh
Bayam duri Amaranthus Spinosus mungkin sebagian dari kamu jarang menemukan tanaman satu ini terutama yang tinggal di perkotaan, hal tersebut wajar saja pasalnya bayam duri jarang sekali diperjual belikan dan di budidayakan oleh petani, akan tetapi kamu bisa menemukan bayam berduri dengan mudah di perkebunan terbuka.

Sebenarnya dari segi khasiat, rasa dan tekstur daun bayam duri dengan bayam biasa sama saja, hanya saja beberapa orang engan memanfaatkan bayam duri karena pada bagian batangya terdapat duri kecil yang cukup tajam jika mengenai kulit, terlebih lagi dari segi ukuran daun bayam berduri lebih kecil ketimbang daun bayam pada umunya.

Untuk itu di kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai manfaat daun bayam berduri untuk kesehatan, tapi sebelum itu kamu harus tahu apa saja kandungan nutrisi di dalamya.

Bayam duri mengandung senyawa berupa rutin, kalium nitrat, amarantin, kalium oksalat, sodium, kalsium, protein, piridoksin, tanin, fosfat, besi, vitamin A, C, K dan tentunya serat. Berikut ini beberapa manfaat daun bayam duri untuk kesehatan.

Manfaat Bayam Duri.

1. Melancarkan Pencernaan.

Mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam memang sangat baik untuk pencernaan terutama bagian usus, hal ini karena sayuran hijau mengandung tinggi serat dan tentunya baik untuk kesehatan tubuh.

Serat juga dapat berfungsi dalam megatasi sembelit atau susah buang air besar, mencegah obesitas hingga mengurangi kolesterol jahat.

2. Sumber Gizi.

Manfaat bayam duri selanjutnya yaitu bisa menjadi asupan nutrisi yang baik untuk tubuh, terutama asupan untuk masa perkembangan anak.

Daun bayam memang mengadung banyak nutrisi mulai dari vitamin, mineral dan senyawa penting yang bagus untuk tumbuh kembang dan daya ingat.   

Manfaat bayam duri.

3. Meningkatkan Daya Tahan Fisik.

Cara mengolah daun bayam duri
Mengkonsumsi daun bayam duri secara rutin dan teratur mampu meningkatan imuntas tubuh serta daya tahan fisik menjadi lebih kuat.

Hal ini lah yang di perlukan para atlet dan olahragawan karena bayam mampu meningkatkan kinerja otot dan tulang lebih maksimal.

4. Menurunkan Berat Badan.

Manfaat daun bayam duri berikutnya yaitu mampu menurunkan berat badan kamu secara perlahan loh.

Nah, satu ini cocok buat kamu yang sedang dalam menjalankan program diet atau menurunkan berat badan. 

Daun bayam di klaim mampu mengurangi penyerapan lemak dan karbohirat yang berlebihan ke dalam tubuh dari makan, selain itu mengkonsumsi sayuran hijau satu ini juga mampu mengurangi penumpukan feses atau kotoran penyebab naiknya berat badan.

5. Mengurangi Penyerapan Kolesterol.

Kolesterol sangat mudah di jumpai pada makanan seperti makanan yang berminyak, pedas, daging, seafood dan gorengan, makanan tersebut tentunya mengandung lemak tak jenuh yang bisa menjadi kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Nah manfaat daun bayam duri disini ialah jika kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak, harus juga di imbangi dengan sayuran, hal ini karena sayuran mengandung serat yang mampu mengikat lemak serta mencegah penyerapannya kedalam tubuh secara berlebihan.

6. Memperkuat Tulang Dan Otot.

Bayam duri mengandung banyak nutrisi mulai dari vitamin C, zat besi, kalium, protein, kalsium, sodium dan beberapa mineral lainya yang memang berguna untuk memperkuat tulang dan otot tubuh kamu.

Selain itu manfaat bayam duri juga bisa juga untuk orang yang mudah mengalami sakit sendi, osteoporosis serta mencegah terjadinya cidera saat bekerja.

7. Sumber Antioksidan Tubuh.

Daun bayam duri bagus untuk pertumbuhan
Sumber foto : greeners.co.
Bayam duri bisa menjadi sumber antioksidan bagi tubuh juga loh, hal ini karena kandugan nutrisi di dalamya mampu menjaga tubuh agat tetap sehat dan fit.

manfaat lainya juga bayam duri mampu mencegah kerusakan jaringan sel akibat dari paparan radikal bebas serta merangsang percepat regenerasi sel-sel baru.

8. Menjaga Kesehatan Organ Jantung.

Seperti yang telah kita sebutkan diatas tadi bahwa daun bayam mampu mengurangi penyerapan kolesterol jahat di dalam tubuh akibat kandungan seratnya, nah hal ini juga akan berdampak pada kesehatan organ dalam tubuh juga loh terutama jantung.

Dengan mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam duri maka kamu telah menjaga keseahatan organ tubuh secara tidak langsung.

Disamping itu beberapa mineral yang terkandung pada bayam juga di klaim mampu memperkuat jaringan otot jantung agar menjadi lebih sehat.

9. Kurangi Masalah Varises.

Manfaat daun bayam duri selanjutnya di klaim mampu mengurangi masalah varisies pada seseorang.

Beberapa kandungan pada bayam seperti vitamin C, flavonoid serta senyawa bersifat antioksidannya mampu memungkinkan mencegah terbentuknya varises dengan cara memperkuat dinding pembuluh darah.

Akan tetapi belum di ketahui pasti kebenaran tentang manfaat bayam duri dapat mengatasi masalah varises, terlebih lagi berapa banyak pemakaian yang dianjurkan.

Manfaat bayam duri.

10. Meningkatkan Masa Otot.

Bayam duri melancarkan pencernaan
Nah bagi kamu yang ingin meningkatkan masa otot atau sedang ingin membentuk otot rutinlah mengkonsumsi sayuran hijau sepeti bayam.

Hal ini karena sayur bayam mampu menjadi asupan tambahan protein nabati bagi tubuh kamu, sekaligus guna memperkuat dan mencegah terjadinya cidera saat olahraga.

Tentunya harus di imbangi dengan olahraga dan makanan sehat lainya juga loh.

11. Meningkatkan Kesehatan Mata.

Manfaat bayam duri selanjutnya yaitu bisa menjaga kesehatan mata dan mencegah beberapa penyakit mata di kemudian hari.

Tentunya sangat di anjurkan untuk di konsumsi terutama pada anak-anak yang sedang masa pertumbuhan guna untuk mencegah kelainan pada organ mata.

12. Membantu menyembuhkan Wasir.

Mengkonsumsi daun bayam secara rutin mampu membantu mengurangi masalah wasir sekaligus mencegah timbulnya pada seseorang.

Serat pada sayuran di ketahui mampu berguna melindungi dinding usus serta melunakan feses yang mengeras, sehingga dapat mencegah terjadinya gesekan lebih parah. 

Hal ini tentunya bermanfaat dimana mampu mengurangi rasa sakit saat buang air besar dan mencegah terjadinya pendarahan.

13. Mengobati Luka.

Luka pada kulit seperti luka lecet, memar dan tertusuk benda tajam bisa kamu obati dengan mengoles daun bayam duri.

Mengobati disini ialah guna untuk mencegah terjadinya infeksi kuman serta mempercepat luka kering, caranya cukup remas daun bayam duri hingga halus lalu tempelkan pada area kulit yang terluka.

Nah itulah beberapa manfaat daun bayam duri untuk kesehatan tubuh.

Mulailah dari sekarang untuk rutin mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi dengan menambahkan porsi lebih sayuran.

Cukup sampai di sini pebahasan kali ini jika kamu ingin mencari informasi tentang tanaman herbal berkhasiat dan menambah pengetahuan dapat mencarinya di healty99.com.

Semoga bermanfaat.

Buka Komentar

0 Response to "Manfaat Bayam Duri yang Sering Diabaikan Banyak Orang."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i