12 Manfaat Daun Mengkudu yang Sering Diacuhkan banyak Orang.

Ketahui manfaat daun mengkudu yang jarang digunakan.

manfaat daun mengkudu untuk obat tradisional

Mengkudu atau buah noni, merujuk dari pada pohon dengan nama latin Morinda citrifolia yang banyak di tanam untuk di manfaatkan bagian buah dan daunya sebagai sayuran mapun obat. Buah mengkudu dapat dikenali dengan sangat mudah karena bagian kulit luarnya  terdapat totol atau bintik hitam serta memiliki bau tidak sedap saat kondisi sudah matang. 

Namun di kesempatan kali ini saya tidak membahas tentang manfaat dari buah mengkudu, melainkan akan membahas bagian dari daunya. Pemanfaatan daun mengkudu di beberapa tempat di Indonesia kerap kali dikonsumsi sebagai hidangan makanan (sayuran) sedangkan lainya ada yang menggunakanya sebagai obat tradisional untuk meringankan gejala penyakit. Simak manfaat daun mengkudu.

Daun mengkudu diketahui mengandung senyawa berupa alkaloid, antrakuinon, tannin, saponin, terpenoid, flavanoid serta kandungan lainya yang bersifat antioksidan dan antibakteri untuk tubuh. Nah berikut ini beberapa manfaat daun mengkudu untuk kesehatan.

Manfaat daun mengkudu.

1. Mengobati Demam.

Manfaat yang pertama yaitu daun mengkudu bisa meringankan gejala deman sekaligus menurunkan panas tubuh.

Terdapat beberapa kandugan pada daun noni seperti senyawa tannin dan alkaloid yang bisa menjadi obat alami dalam menurunkan panas tubuh serta mencegah infeksi dari kuman ataupun virus yang menyerang tubuh.

Cara mengolahnya cukup ambil beberapa lembar daun mengkudu (noni) yang agak muda kemudian haluskan dengan cara di belender sambil ditambahkan air setengah gelas, setelah itu saring dan masak sebentar (cukup sampai hangat) lalu setelah itu baru di konsumsi.

Baca juga :

2. Mencegah Sekaligus Mengurangi Jerawat dan Bisul.

Bisul dan jerawat merupakan masalah yang sering terjadi di permukaan kulit dan setiap orang bisa saja mengalaminya.

Salah satu penyebab bisul dan jerawat ialah karena adanya penyumbatan pori-pori kulit, bakteri atau kuman, hingga benda asing yang bisa membuat infeksi.

Nah untuk itu kamu bisa menggunakan manfaat daun mengkudu sebagai obat alami guna untuk meringankan sekaligus mempercepat penyembuhan bisul dan jerawat pada kulit.

Caranya cukup tumbuk hingga halus daun mengkudu kemudian tempelkan pada area kulit yang bermasalah, sifat antibakteri dan antiradang pada daun akan membunuh kuman dan membatu penyembuhan lebih cepat.

3. Mencegah Peradangan Pada Gusi.

manfaat daun mengkudu buat pria
Daun pohon noni di ketahui mampu mengobati masalah peradangan gusi dan sakit gigi.

Jika kamu sedang mengalami masalah tersebut cobalah untuk menggunakan manfaat daun satu ini, cara penggunaanya pun terbilang sangat mudah. Kamu bisa mengunyah daunya secara langsung atau dengan menjadikanya obat kumur.

4. Mengobati Luka Berdarah.

Kamu bisa menggunakan manfaat daun mengkudu (noni) untuk mengobati luka berdarah loh, seperti luka akibat tetusuk paku atau benda tajam, luka memar, lecet ataupun luka gores.

Maksud dari mengobati di sini ialah terdapatnya sifat antibakteri pada daun guna untuk mencegah terjadinya infeksi akibat dari kuman atau kotoran yang masuk.

Cukup kamu tumbuk hingga halus kemudian tempelkan pada kulit yang terdapat luka.

5. Obat Diabetes Alami.

Daun mengkudu mengandung beberapa senyawa yang bersifat antioksidan seperti alkaloid, tannin, flavonoid dan saponin yang memang di ketahui mampu untuk mengurangi kadar gula darah berlebihan dalam tubuh.

Hal ini juga memungkinkan seseorang terhindar dari yang namanya masalah diabetes dan kencing manis, kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengkonsumsinya sebagai makanan atau dengan meminum air rebusanya.

Akan tetapi perlu kamu ingat penggunaan obat herbal dari daun mengkudu baiknya jangan terlalu berlebihan, karena belum ada petunjuk yang pasti terhadap penggunaan ataupun mengenai berapa dosis dari pemakaian yang aman.

6. Mengobati Luka Bakar.

Daun mengkudu di ketahui bisa menjadi obat alami untuk mempercepat penyembuhan luka bakar di tubuh. Penggunaan manfaat daun mengkudu satu ini telah banyak di lakukan dan di gunakan oleh beberapa masyarakat sebagai obat tradisional yang murah. 

Cara menggunakanya ambil beberapa lembar daun mengkudu kemudian di pelintir (jangan sampai koyak) kemudian tempelkan pada kulit yang terluka, hal ini di lakukan guna untuk mencegah dari infeksi kuman dan jamur.

7. Mencegah Penyakit Malaria.

cara mengkonsumsi dan mengolah daun mengkudu

Manfaat daun noni dalam mencegah penyakit malaria karena di ketahui adanya senyawa antrakuinon dan alkaloid di dalamnya.

Dua senyawa tersebut mampu bersifat sebagai obat antimaria, antioksidan dan antiparasit alami untuk tubuh, cara kerjanya dengan menghambat pertumbuhan parasit Plasmodium, mencegah kerusakan serta memperkuat imun tubuh terhadap infeksi.

Akan tetapi harap berhati-hati dalam menggunakanya, karena jika terlalu berlebihan kemungkinan bisa menyebabkan efek samping bagi kesehatan.

8. Mencegah Penyakit Jantung.

Ekstak daun mengkudu di ketahui mempunyai kemampuan dalam menghambat penyerapan lemak jahat ke dalam tubuh, hal ini juga akan berpengaruh terhadap jumlah kolesterol LDL dalam darah yang akan menjadi berkurang.

Sehingga secara tidak langsung akan berdampak pada bainya kesehatan organ jantung dan terhindar dari ganguan pempuluh darah.

9. Sumber Antioksidan.

Beberapa kandungan senyawa pada daun noni seperti flavonoid, tannin, alkaloid, saponin dan lainya di ketahui bersifat antioksidan yang baik dalam tubuh.

Hal ini berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu menjadi lebih kuat dan terhindar dari berbagai serangan penyakit, selain itu antioksidan juga berguna dalam mencegah kerusakan jaringan sel lebih parah baik itu akibat dari paparan radikal bebas ataupun zat kimia.

Kamu bisa mengunakan manfaat satu ini untuk tubuh kamu namun jangan dalam jumlah yang terlalu berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

10. Mengatasi Sakit Perut.

efek samping dari daun mengkudu
Manfaat daun mengkudu selanjutnya yaitu bisa mengatasi masalah sakit perut yang sedang kamu alami.

Caranya mendapatkan khasiatnya yaitu kamu bisa konsumsi daun mengkudu sebagai makanan ataupun meminum air rebusanya. 

Sifat dari daun yang antibakteri dan antimikroba di ketahui mampu membunuh kuman dan virus penyebab sakit perut yang sedang kamu alami.

11. Mencegah Infeksi dan Peradangan Dalam Tubuh.

Daun mengkudu di ketahui mampu meningkatkan sistem pertahanan tubuh kamu menjadi lebih kuat terhadap serangan penyakit, baik itu dari serangan parasit, bakteri, kuman hingga virus.

Tak hanya sampai di situ saja daun mengkudu juga di klaim mampu mencegah penyakit kanker akibat kandungan antrakuinon dan flavonoid yang ada di dalamnya. 

Akan tetapi kamu jangan mengunakan manfaat satu ini dengan secara langsung begitu saja, terlebih lagi penggunaan tanpa takaran atau dosis pemakainan yang sembarang. Pengunaan yang berlebihan justru akan menimbulkan efek samping buruk.

12. Melindungi Kulit Dari Matahari.

Manfaat daun mengkudu selanjutnya yaitu bisa kamu gunakan untuk mencegah paparan sinar matahari merusak kulit sekaligus mencegah iritasi dan kemerahan.

Caranya cukup tumbuk hingga halus kemudian balurkan atau gosok pada permukaan kulit kamu sebagai tabir surya.

Nah itulah beberapa manfaat daun mengkudu untuk kesehatan.

Perlu kamu ketahui manfaat daun noni atau mengkudu di atas berdasarkan akan kandungan yang ada di dalamya serta penggunaanya yang telah di lakukan oleh banyak orang, namun pengujian terhadap ekstrak dari daun mengkudu secara medis belum di pasti akan kebenaranya, atau lebih tepatnya berapa jumlah pemakaian atau dosis yang aman untuk tubuh.

Maka dari itu jika kamu ingin menggunakan manfaat daun mengkudu secara berkelanjutan ada baiknya konsultasikan ke dokter kepercayaan kamu atau ahli farmasi, terlebih lagi untuk penggunaan bersama obat-obatan lainya.

Beberapa efek samping yang mungkin akan timbul dari penggunaan daun mengkudu ialah alergi seperti sesak napas, gatal tenggorokan, ruam kulit, bengkak, sakit perut, mual dan muntah.

Cukup sampai disini pembahasan tentang manfaat daun mengkudu.

 Semoga menambah pengetahuan kamu.

Buka Komentar

0 Response to "12 Manfaat Daun Mengkudu yang Sering Diacuhkan banyak Orang."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i