Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Tanaman Herbal.

Sumber foto : pixabay/kebugaran
Kebugaran

Meningkatkan daya tahan tubuh itu penting di lakukan, mengapa harus di lakukan? Karena dengan meningkatkan daya tahan tubuh maka sistem imun pun juga ikut naik sehingga hal ini berguna untuk mencegah penyakit yang akan menyerang di kemudian hari.

Dalam kata lain imun tubuh juga biasa di sebut dengan sistem pertahanan atau perlidungan tubuh. Selain berfungsi sebagai memberi perlindungan dari berbagai penyakit yang di sebabkan patogen, virus dan bakteri, imun tubuh juga berperan dalam menjaga keseimbangan homeostasis, mendeteksi adanya jaringan sel yang abnormal serta melawan racun dan zat-zat asing yang masuk.

Lantas bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh? Beberapa cara agar dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh salah satunya yaitu perbanyak makan-makanan yang sehat seperti sayuran hijau dan buah-buahan, mempunyai waktu istirahat yang cukup, hindari stres, olahraga yang teratur serta hindari rokok dan minum-minuman yang beralkohol. Namun adapun cara lainya dalam menjaga daya tahan tubuh, yaitu menggunakan tanaman herbal alami yang mempunyai khasiat.

Nah, simak di bawah ini cara meningkatkan daya tahan tubuh kamu dengan menggunakan bahan alami dari tanaman herbal.

Tanaman herbal meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Habbatussauda.

Yang pertama ada tanaman habbatussauda atau jintan hitam. Minyak atrsiri yang terkandung dari biji habbatussauda umunya di ekstak kemudian di gunakan sebagai bumbu masakan dan bahan baku obat-obatan. 

Habbatusauda telah sejak lama di gunakan sebagai obat herbal alami oleh suku India dan Arab untuk mengatasi berbagai penyakit. 

Di dapati habbatussauda mengandung zat aktif sperti Thymoquinone, alkaloid, saponin, flavonoid, protein serta beberapa asam lemak. Dari beberapa senyawa yang terkandung tersebut membuat habbatusauda sangat baik untuk kesehatan tubuh karena mampu mengatasi berbagai masalah seperti, melawan serangan bakteri, virus, parasit, fungi penyebab infeksi, meredakan berbagai masalah perandagan di dalam dan luar tubuh, meningkatkan kemampuan terhadap perbaikan sel-sel yang rusak serta tentu saja mampu mingkatkam daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.

2. Kurma.

Kurma siapa yang tidak mengenalnya, merupakan buah dari tanaman palm-palman dari genus pheonix. Buah kurma yang matang sempurna akan berwarna kecoklatan, berserat, manis dan lembut. 

Umunya buah satu ini di Indonesia akan banyak di jumpai pada saat bulan ramadhan tiba sebagai kudapan manis.

Namun tahukah kamu buah kurma mengandung gula alami yang tinggi, serat pangan, senyawa antioksidan, vitamin C, A, B serta beberapa mineral lainya yang tentunya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mengkonsumsi tujuh butir buah kurma perhari saat pagi dapat memberi asupan energi harian kamu loh, tak sampai di situ saja kurma juga berperan dalam menjaga daya tahan tubuh kamu agar lebih kuat terhadap serangan penyakit yang di sebabkan oleh polusi dan paparan radikal bebas.

Manfaat kurma lainya yaitu mampu menetralisir racun dan mengeluarkanya dari dalam tubuh, memperkuat tulang dan otot, baik untuk sistem pencernaan serta masih ada banyak lagi khasiatnya.

3. Kunyit.

Selanjutnya tanaman yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh ada kunyit. Kunyit paling di kenal dengan rimpangnya yang berwarna kuning ke orange.

Umunya tanaman kunyit baik batang dan rimpangnya di gunakan untuk bumbu masakan, bahan baku obat-obatan dan jamu tradisional.

Selain itu kunyit juga kaya akan kandungan curcuminnya, curcumin sendiri ialah zat pembentuk warna pada kunyit, bersifat antioksidan, anti bakteri, anti inflamasi, anti fungi dan anti peradangan. Daftar empon-empon dan manfaatya.

Beberapa manfaat yang di dapat dari mengkonsumsi ramuan atau ekstrak dari kunyit di ketahui dapat menetralisir racun serta zat-zat yang tidak di perlukan oleh tubuh dengan mengeluarkanya bersamaan urine, mengatasi masalah arhritis, mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, mencegah beberapa masalah peradangan pada area pencernaan dan tentu saja mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit.

4. Meniran hijau.

Ada yang tahu dengan tanaman satu ini? Meniran adalah salah satu rumput liar yang kerap kali di anggap tanaman biasa dan gulma karena mudahnya tumbuh di sembarang tempat. Namun siapa sangka di balik itu semua ternyata tanaman satu ini menyimpan khasiat yang luar biasa.

Dengan nama ilmiah phyllanthus niruri, termasuk salah satu tanaman obat yang berkhasiat mampu meningkatkan kinerja sel-sel darah putih termasuk neutrofit, limfosit T dan B yang berperan dalam melawan serangan penyakit baik dari virus, bakteri atau patogen lainya.

Beberapa kandungan utama yang di ketahui dari tanaman liar ini yaitu antioksidan, zat filantin, kalium, saponin, tanin dan flavonoid. Karena senyawa tersebut beberapanya merupakan tergolong antioksidan yang baik untuk tubuh sehingga mengkonsumsi serbuk atau ekstrak dari daun tanaman meniran mampu menangkal serangan penyakit.

5. Bunga Echinacea.

Sumber foto : pixabay/echinecea
Bunga Echinacea

Mungkin sebagian dari kamu ada yang belum mengetahui tentang tanaman satu ini atau mungkin masih terasa asing, hal tersebut wajar saja pasalnya bunga satu ini cukup jarang di jumpai di Indonesia.

Bunga Echinaceae di kategorikan sebagai tanaman obat herbal karena khasiatnya yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Bagian bunganya di ekstrak dengan menjadikanya suplemen, serbuk dan obat herbal. Untuk khasiatnya di ketahui mampu melawan yang namanya infeksi dan peradangan di dalam maupun luar tubuh, mencegah pertumbuhan kanker, melawan paparan dari radikal bebas serta mampu meninkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga : 10 bunga yang bisa di makan.

6. Madu.

Madu murni memang telah di ketahui sangat bermanfaat dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, hal tersebut karena kandungan nutrisi kompleks seperti gula alami, vitamin B, C, asam amino, magnesium, fosfor, Kalium serta kandungan antioksidanya yang tinggi.

Selain meningkatkan daya tahan tubuh madu juga dapat menjadi obat dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti mengatasi batuk, mengobati sariawan, mengobati luka, menurunkan tekanan darah dan masih banyak lagi.

Konsumsilah paling tidaknya 1 hingga 2 sendok per hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

7. Gingseng. 

Gingseng (panax) adalah tanaman hebal dari suku Araliaceae, bagian yang di manfaatkan dari tanaman satu ialah akarnya. Akar gingseng banyak di gunakan dalam pembuatan bahan baku industri obat-obatan, jamu, campuran minuman, bumbu masakan dan obat tradisional.

Khasiat dari akar gingseng di ketahui mampu mempebaiki aliran darah dan memperbanyak sel darah merah keseluruh tubuh, membantu penyembuhan, meningkatkan stamina, melawan serangan penyakit yang di sebabkan virus, bakteri dan lainya serta tentu saja mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

8. Teh hijau.

Selanjutnya tanaman herbal yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh yaitu teh hijau. Teh hijau memang sudah di kenal sejak lama akan khasiat supernya dan lebih baik kandunganya ketimbang dari teh pada umunya. Di ketahui pada teh hijau mengandung beberapa senyawa penting yang di perlukan bagi tubuh yaitu antioksidan, asam amino, vitamin B, potasium, folat serta mangan.

Tentunya senyawa tersebut jika di konsumsi secara benar mampu memberi manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Nah, bagi kamu yang ingin meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih kuat di sarankan untuk mengkonsunsi secangkir teh hijau perhari saat pagi atau sore hari.

Tak hanya sampai di situ saja, mengkonsumsi teh hijau juga baik dalam menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh, mencegah paparan radikal bebas, baik untuk kesehatan jantung dan darah tinggi serta mampu membantu dalam melangsingkan tubuh agar lebih ideal.

9. Mengkudu.

Siapa yang tak mengenal dengan buah mengkudu, buah satu ini dapat di ketahui dengan melihat bagian kulit luarnya yang berbintik atau totol-totol dan pada bagian dalam buah terdapat banyak biji kecil berwarna hitam, selain itu buahnya yang sudah membusuk akan mengeluarkan aroma tak sedap.

Mengkudu kerap kali di gunakan sebagai obat herbal ataupun jamu untuk mengatasi berbagai masalah penyakit. Di ketahui ekstrak dari sari buah mengkudu mengandung senyawa skopoletin, polisakarida, asam karbonat, prixironin, asam lemak, asam amino, glikosida, kalsium, iridoid dan masih banyak lagi.

Siapa sangka di balik rasanya yang cukup pahit dan menpunyai bau yang tak sedap mengkudu menyimpan banyak khasiat yang salah satunya berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Nah itulah kumpulan tanaman herbal yang salah satunya dapat kamu gunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. .

Ada baiknya kamu tidak mengkonsumsinya secara berlebihan karna mungkin akan berdampak sebaliknya. Tanaman herbal yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Buka Komentar

0 Response to "Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Tanaman Herbal."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i