Catat! 23 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh.

Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh yang harus kamu tahu.

manfaat temulawak untu atasi penyakit

Temulawak Curcuma zanthorrhiza merupakan tanaman herbal empon-empon dari suku temu-temuan, di ketahui temualwak adalah tanaman asli endemik Indonesia khusunya berasal dari daerah pulau Jawa. Umunya di Indonesia tanaman satu ini di manfaatkan bagian rimpang akarnya sebagai bahan baku obat-obatan dan ramuan tradisional. Khasiatnya yang luar biasa membuat temulawak hingga kini masih banyak digunakan, yuk simak apa saja manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh.

Namun sebelum itu kamu harus tahu apa saja kandungan yang terdapat pada rimpang tanaman satu ini, diketahui terdapatnya beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam temulawak yaitu kurkumin, zat tepung, minyak atsiri, phleandren, protein, serat, kamfer, antioksidan, glukosida, kalsium, turmerol, borneol, zat besi, potasium, sodium dan beberapa mineral lainya dalam jumlah yang sedikit.

Beberapa kandungan senyawa tersebut tentu sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh jika dikonsumisi. Nah berikut ini beberapa manfaat temulawak. 

Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh.

1. Menurunkan kolesterol jahat.

Kolesterol adalah salah satu masalah kesehatan yang dapat mengancam siapa saja, beberapa penyebabnya dapat di karenakan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak, daging, obat-obatan, pola hidup yang tidak sehat serta kurangya berolahraga.

Nah jika kamu merasa khawatir akan kadar kolesterol di dalam tubuh kamu meningkat cobalah untuk mengkonsumsi temulawak paling tidaknya dua kali sehari secara rutin, diketahui kandungan senyawa yang ada pada tanaman satu ini mampu mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam tubuh serta membantu mengoksidasi penumpukan lemak kolesterol yang berlebihan.

Dan dengan kamu mengkonsumsi temulawak secara rutin tanpa kamu sadari masalah penyakit jantung dan stroke dapat terhindarkan.

2. Meredakan rasa nyeri.

Beberapa rasa nyeri seperti di pergelangan tangan, kaki dan otot di ketahui dapat di atasi dengan mengkonsumsi jamu dari temulawak atau ekstrak serbuk temulawak secara rutin.

Selain berperan dalam menghentikan enzim pembentukan rasa sakit temulawak juga membantu mempercepat regenerasi kerusakan sel-sel di dalam tubuh sehingga rasa nyeri dapat teratasi dengan mudah.

3. Manfaat temulawak melancarkan peredaran darah.

Temulawak dapat menjadi obat alami untuk melacarkan peredaran darah loh, hal tersebut karena kandungan senyawanya yang mampu melunturkan dan membersihkan plak-plak lemak kolesterol yang menempel pada saluran pembuluh darah.

Tak sampai di situ saja kandunganya pun juga dapat memecah gumpalan sel darah merah yang membeku sehingga masalah seperti hipertensi dan ganguan lainya dapat di cegah lebih awal.

Baca juga :

4. Menurunkan tekanan darah tinggi.

Terdapatnya senyawa kurkumin dan lainya pada temulawak yang di ketahui mampu mengatasi yang namanya hipertensi atau tekanan darah tinggi, beberapa penyebab seseorang dapat terkena hipertensi dapat di karenakan makanan, obar-obatan, stres dan naiknya kadar kolesterol dalam darah.

Peran temulawak di sini ialah mampu melancarkan peredaran darah, melunturkan penumpukan lemak kolesterol yang ada pada pembuluh darah, mencegah pembekuan sel darah merah serta melemaskan dinding pembulu, sehinga dampak tersebut akan menurunkan tekanan darah kembali ke batas normal pada umunya.

Tah hanya itu mengkonsumsi temulawak juga dapat mengatasi masalah sakit kepala dan kecemasan.

5. Mengatur gula darah dan diabetes.

manfaat temulawak untuk atasi diabetes

Yap, selain mampu mengatasi kolesterol jahat temulawak juga ampuh dalam menurunkan kadar gula di dalam tubuh yang tingkatnya berlebihan. Sehingga resiko diabetes dapat di cegah lebi awal.

6. Menambah nafsu makan.

Manfaat selanjutnya yang terkenal dari tanaman temulawak yaitu mampu meningkatkan nafsu makan, baik pada anak-anak dan orang dewasa. 

Hal tersebut di karenakan kandungan kurkumin yang terdapat di dalam temulawak mampu meningkatkan rangsangan terhadap otak untuk menciptakan rasa lapar, itulah mengapa tanaman satu ini banyak digunakan dalam produk obat-obatan suplemen penambah nafsu makan.

Sangat cocok buat anak yang sedang butuh asupan nutrisi gizi yang baik, penggunaanya yang alami dan bebas campur bahan kimia lainya sehingga lebih aman.

7. Temulawak untuk menambah stamina tubuh.

Manfaat temulawak jika di padukan dengan gula merah dan dan jahe dapat menjadi asupan nutrisi untuk meningkatkan stamina tubuh kamu loh dan juga sekaligus mampu menjaga kebugaran serta daya tahan tubuh agar tidak mudah drop sehingga tidak mudah terserang penyakti.

Konsumsilah ramuan jahe, temulawak dan gula merah dan rasakan perbedaanya di tubuh kamu.

8. Manfaat temulawak mengatasi masalah pencernaan.

Ketika masalah pencernaan menyerang, stop mencari obat-obatan cobalah untuk menggunakan bahan yang lebih alami seperti temulawak ini contohnya.

Diketahui beberapa masalah pencernaan seperti sembelit, diare dan sakit perut dapat kamu atasi dengan mengkonsumsi jamu dari temulawak, terdapatnya kandungan senyawa kurkumin pada temulawak yang mampu bersifat mendinginkan dan mampu mengatasi masalah peradangan pada pada area pencernaan.

Jika kamu tidak mempunyai temulawak maka dapat mengantinya dengan kunyit karena sama-sama mengandung tinggi akan kurkumin.

Baca juga :

9. Mengeluarkan racun di dalam tubuh.

Sebenarnya tubuh pada dasarnya sudah mempunyai sistem pembuangan racun di dalam tubuh baik itu melalui pori-pori kulit maupun saluran rekreasi, hanya saja dengan mengkonsumsi temulawak kamu dapat membantu tubuh lebih optimal dalam membuang cairan metabolisme atau zat-zat di dalam tubuh yang sudah tidak terpakai lagi.

Hal ini juga berpengaruh terhadap organ-organ di dalam tubuh kamu sehingga dapat menjadi lebih sehat.

10. Temulawak mampu mengatasi peradangan.

Beberapa masalah peradangan pada tubuh di ketahui dapat di atasi dengan tanaman satu ini, seperti demam, panas dalam, masalah pencernaan, pembengkakan, nyeri sendi dan memar pada otot.

Hal tersebut didasari dengan terdapatnya kandungan yang bersifat anti radang dan anti inflamasi pada tanaman temulawak.

12. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengkonsumsi ramuan temulawak paling tidak dua hari sekali di ketahui mampu meningkatkan daya tahan tubuh kamu lebih baik dari biasanya. 

Tak sampai di situ saja beberapa masalah kesehatan yang berasal dari lingkungan seperti flu, demam, meriang, masuk angin, mudah lelah dan sakit kepala dapat di cegah dengan mudah.

13. Mengurangi nyeri saat haid.

Bagi para wanita yang sedang menjalankan masa haid cobalah untuk mengkonsumsi ramuan jamu temulawak setiap harinya selama haid berlangsung. Hal ini karena di karenakan senyawa curcumin yang ada pada kunyit di ketahui mampu mengurangi ion kalsium yang mengarah pada dinding sel rahim serta mengurangi produksi hormon rasa sakit.

Tak hanya itu saja manfaat lainya yang akan didapat ialah memperlancar siklus haid, mengatasi wasir membersihkan darah kotor serta kemampuan untuk menghentikan pendarahan.

14. Manfaat temulawak untuk mengatur pola tidur.

Punya masalah sperti susah tidur, tidur tidak nyenyak sehingga waktu tidur kurang, bangun pagi terasa lelah dan lesu? Mungkin kamu harus mencoba ramuan jamu yang menggunakan bahan baku dari temulawak, kunyit dan beras kencur.

Diketahui mengkonsumsi ramuan jamu herbal mampu memperbaiki siklus tidur, mengoptimalkan organ-oran tubuh serta mengembalikan energi saat bangun pagi. Tak hanya itu saja mengkonsumsi rutin jamu paling tidaknya dua jam sebelum tidur malam dapat menghilangkan rasa pegal-pegal dan kelelahan.

Jika kamu tertarik untuk mencobanya dapat membuat ramuan temulawak sendiri dirumah.

15. Temulawak mencegah penyakit kanker.

Manfaat temulawak selanjutnya yaitu mampun mencegah pertumbuah sel kanker, tumor dan sel abnormal lainya yang ada di dalam tubuh.

Yap, kurkumin yang terkandung pada rimpang temulawak dan kunyit diketahui mempunyai sifat anti kanker dan antioksidan yang tinggi sehingga mampu melawan serangan penyakit berbahaya.

16. Melancarkan saluran kencing.

Kandungan kurcumin dan lainya pada temulawak diketahui mampu membantu organ tubuh terutama pada ginjal dalam memproses pemisahan atara urine dan sel darah merah lebih baik sekaligus mencegah penumpukan mineral garam pada area ginjal, kantung kemih dan saluran kecing sehingga resiko terkena batu ginjal dapat di cegah.

Tak hanya itu dengan sehatnya ginjal maka berdampak baik juga terhadap keseimbangan cairan tubuh dan produksi sel darah merah.

17. Mengatasi mual dan masuk angin.

manfaat temulawak untuk masuk angin

Jika kamu punya masalah dengan mual sehabis makan, badan merian dan amau muntah coabalah untuk mengkonsumsi jamu temualawak dengan campuran jahe. 

Selain memberi rasa hangat pada pencernaan, kandungan senyawa kurkumin dan ekstrak jahe juga dapat mengatasi masalah tersebut.

18. Melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Ketahui manfaat curcumin lainya yang mampu berperan dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak contohnya akibat dari paparan radikal bebebas, pengaruh lingkungan dan alkohol. 

Kemampuan tersebut dapat berguna untuk orang yang sedang mengalami luka di tubuh, sehabis operasi dan ingin mendapatkan kulit tubuh yang sehat.

19. Manfaat temulawak dalam meredakan nyeri saat maag.

Terdapatnya kandungan minyak atsiri di dalam rimpang temulawak yang dapat berguna untuk menjaga dinding lambung dari iritasi akibat gesekan. 

Walau dapat meringankan rasa nyeri saat maag namun tetap saja kamu harus mengisi asupan makanan ke lambung agar tidak terjadi kondisi maag yang kronis.

20. Temulawak bagus untuk organ hati.

Manfaat temulawak selanjutnya dapat berfungsi sebagai epatoprotektor yang mampu melindungi organ hati dari efek samping obat dan cairan tubuh yang tidak seimbang. Selain itu juga dapat berguna untuk merangsang produksi cairan empedu di dalam tubuh.

Baca juga :

21. Meningkatkan kinerja otak.

Beberapa manfaat kurkumin lainya ialah mampu meningkatkan kinerja otak dalam berkonsentrasi serta mencegah resiko terkena masalah penyakit Al-zheimer dan storke.

22. Mengatasi masalah kulit.

Beberapa masalah kulit yang sering terjadi seperti jerawat, komedo, bisul dan luka dapat diatasi dengan memberi parutan temulawak. 

Sifatnya yang anti bakteri dan anti peradangan sehingga cocok buat kamu yang mempunyai kulit sensitif dari yang namanya kuman.

23. Penawar racun seranga.

Jika kamu tergigit seranga beracun cobalah untuk mengkonsumsi ramuan temulawak yang kental, di ketahui kandungan antioksidan dan kurcumin yang ada pada kunyit mampu menghambat penyebaran racun keseluruh tubuh dan menetralkanya secara perlahan.

Itulah beberapa manfaat temulawak yang harus kamu ketahui, selain itu ada baiknya kamu jangan mengkonsumsi terlalu banyak dari porsi minuman harian air putih kamu. Apa ada efek sampinya?

Diketahui kemungkinan beberapa masalah yang akan mungkin timbul jika terlalau banyak mengkonsumsi ramuan temulawak akan merasakan mual, ganguan keseimbangan cairan tubuh dan ganguan hati.

Selain itu tidak di sarankan untuk ibu hamil menggunakan temulawak secara rutin karena dapat mengangu perkembangan janin di dalam perut, konsumsilah temulawak sesuai dosis yang di perlukan. Sekian tentang manfaat temulawak. Sekian dari manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i