CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 13 Khasiat Bangle untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya. - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

13 Khasiat Bangle untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya.

khasiat bangle untuk kesehatan

Healty99 - Bangle atau bonglai merupakan tanaman rempah herbal yang berasal dari suku temu-temuan, jika di lihat sekilas rimpang tanaman satu ini hampir mirip dengan jahe dan lempuyang. Bangle umunya di budidayakan untuk dimanfaatkan bagian akarnya sebagai bahan baku dalam pembuatan industri obat-obatan dan ramuan tradisional (jamu). Walaupun bangle tidak sepopuler dari tanaman temu-temuan lainya, akan tertapi dari segi khasiat bangle tidak bisa dianggap remeh loh.

Sekedar informasi tentang tanaman satu ini, terutama yang tidak bisa membedakan ciri-cirinya. Tanaman bangle dapat dibedakan dengan mudah, bagian batang utamanya tegak lurus dengan letak daun berseling. 

Untuk panjang daun berkisar antara 23 hingga 35 cm, dengan lebar antara 20 hingga 40 mm dan berwarna hijau. Tanaman satu ini memilikki bunga yang majemuk, berbentuk tandan yang keluar di ujung batang. Untuk rimpangnya berwarna kuning dengan serat daging yang sedikit lebih halus.

Sedangkan untuk kandungan, ekstrak dari rimpang bangle dilaporkan memiliki kemampuan farmakologi sebagai antibakteri, laksatif, dan inhibitor lipase pankreas. 

Selain itu adapun kandungan kimia berupa minyak atsiri (sineol, pinen), damar, pati, antioksidan, tanin, saponin dan flavonoid (DepKes). Mengingat banyaknya kandungan senyawa lantas apa saja khasiat bangle untuk kesehatan?

Nah, bagi kamu yang sedang penasaran berikut beberapa khasiatnya, simak di bawah ini.

Khasiat bangle untuk kesehatan.

1. Melancarkan pencernaan.

Khasiat dari bangle yang pertama yaitu dapat melancarkan pencernaan, beberapa masalah seperti sakit perut, diare dan sembelit dapat di atasi dengan mengkonsumsi minuman dari bangle. Tak sampai disitu saja kandungan senyawanya pun dapat berkerja mendinginkan perut, dalam maksud mengatasi nyeri dan perut panas.

Cara mengolah bangle :

  1. Siapkan bahan lainya seperti jahe, kencur dan lempuyang kira kira 2 ruas jari
  2. Tentu saja bangle kira-kira 1 jari telunjuk. Kemudian bersihkan semuanya dari kulit dan cuci.
  3. Iris tipis-tipis kemudian masukan semua bahan menjadi satu dan rebus dengan air 1 gelas.
  4. Masak hingga airnya berkurang separuh lalu saring ramuanya dan minum paling tidak sehari 3 kali hingga rasa sakit perut berkurang.

2. Khasiat bangle dalam mengatasi malasah infeksi.

Beberapa infeksi yang terjadi ditubuh bisa disebabkan oleh virus, bakteri dan kuman dapat di atasi dengan mengkonsumsi ramuan bangle, selain itu terdapatnya kandungan antiparasit pada bangle yang diketahui dapat menjadi obat dalam mengatasi masalah caing pada anak.

Cara membuatnya :

  1. Siapkan 4 biji ketumbar, 4 daun sirih hijau, 2 jari temu hitam dan tentu saja bangle sebanyak 3 jari.
  2. Bersihkan seluruh bahan-bahan kemudian haluskan dengan ditumbuk atau blender.
  3. Setelah itu tambahkan air sebanyak kira-kira 250 ml, aduk dan saring ampasnya.
  4. Kemudian masak di dalam panci hingga mendidih.
  5. Setelah itu ramuan dapat diminumkan kepada anak sehari sekali selama 3-4 hari kedepan.

Jika si-anak tidak menyukai rasanya dapat menambahkan sedikit gula merah pada ramuan agar rasa lebih manis.

Baca juga :

3. Mengatasi demam dan meriang.

Khasiat bangle berikutnya yaitu dapat meredakan gejala demam dan meriang. Gejala satu ini masih keterkaitan dengan nomor 2 di atas, dimana demam dan malaria merupakan bertandanya tubuh sedang mengalami peradangan atau melawan infeksi yang di sebabkan oleh virus, kuman, patogen atau benda lainya.

Jika sudah begitu jangan terlalu terburu-buru untuk mengkonsumsi obat-obatan instan, cobalah untuk menggunakan bahan yang lebih alami contohnya ramuan bangle. Kamu bisa mendapatkan khasiat bangle untuk mengatasi masalah diatas dengan membuatnya sendiri dirumah.

Cara membuatnya :

  1. Sediakan 1 ruas rimpang bangle dan 1/2 ruas jahe, bersihkan dari kulit dan haluskan.
  2. Setelah itu beri ari 250 ml dan saring ampasnya.
  3. Masak di dalam panci dan beri gula merah secukupnya agar lebih manis.
  4. Tunggu hingga mendidih dan tuangkan digelas, kosumsilah selagi hangat sebanyak 2 kali sehari hingga deman dan meriang berkurang.

Jika demam terjadi pada anak dapat melakukan pengobatan demam dari luar yaitu dengan mengompresnya menggunakan pasta bangle, simak cara membuatnya.

Cara membuatnya :

  1. Siapkan 1/4 rimpang bangle, bersihkan dan parut hingga halus.
  2. Beri sedikit air (jangan terlalu encer)
  3. Tambahkan sedikit kapur sirih.
  4. Setelah itu tempelkan pada dahi anak saat sedang demam.

Cara ini dapat memberi rasa nyaman dan dingin pada area kepala anak serta membantu dalam menurunkan panas tubuh.

4. Khasiat bangle mengatasi rematik dan nyeri sendi.

Pada tanaman bangle diketahui rimpangnya mempunyai kandungan yang dapat berfungsi dalam mengatasi masalah peradangan dan rasa nyeri. Untuk itu permasalahan seperti nyeri sendi, terkilir, keseleo, otot kejang dan pembengkakan area sendi dapat dicegah atau atasi.

Selain itu mengkonsumsi ramuan bangle juga disarankan untuk kamu yang suka angkat beban berat atau bekerja diluar ruangan karena mampu menjaga tulang dan otot agar tidak mudah cidera.

Untuk pengobatan dari dalam, seperti pada umunya diatas dengan mengkonsumsi air perasanya yang direbus saja. Sedangkan untuk pengobatan dari luar dapat sebagai berikut.

Cara membuatnya :

  1. Siapkan bangle secukupnya, cuci bersih dan parut hingga halus.
  2. Beri sedikit air dan kapur sirih kemudian aduk kembali hingga adonan menjadi rata.
  3. Setelah itu balurkan ke area sendi yang terasa nyeri akibat keseleo, terkilir atau memar lainya.
  4. Lakukan berulang hingga rasa sakit mulai reda.

Khasiat bangle dengan cara satu ini berguna untuk meringankan gejala rasa sakit, meredakan pembengkakan dan membantu melemaskan otot serta membuat aliran darah menjadi normal.

5. Bangle mengatasi kembung, mual dan nyeri maag.

khasiat bangle

sumber foto: pixabay/sakitperut

Khasiat bangle yang kelima yatiu dapat menjadi obat alami dalam mengantai masalah kembung, mual dan nyeri saat maag. Berepa masalah tersebut sering terjadi pada area lambung dan beberapa penyebabnya bisa dikarenakan telat makan, efek dari makanan dan adanya iritasi.

Nah, kandungan minyak atsiri pada rimpang tanaman bangle diketahui dapat menjadi permasalahan tersebut loh. Cobalah untuk mengkonsumsi ektrak sari dari akarnya saat terjadi masalah tesebut.

Cara mengolah bangle:

  1. Siapkan rimpang bangle dan jahe sebanyak satu ruas jari kemudian bersihkan dan parut.
  2. Beri air 200 ml dan saring ampasnya.
  3. Masak diatas panci dan berikan sedikit gula merah untuk memberi rasa manis.
  4. Setelah mendidih tuangkan ke dalam gelas dan konsumsi saat kamu mengalami masalah tersebut.

Selain itu kamu bisa membuat ramuan ini untuk stok di dalam kulkas jika sewaktu-waktu mual, kembung dan nyeri maag kembali kumat.

Akan tetap jika untuk maag kamu harus tetap mengkonsumsi makanan harian untuk mengisi area lambung agar tidak menjadi lebih iritasi.

6. Khasiat bangle dalam membantu menurunkan berat badan.

Ramuan bangle sama dengan ramuan jamu pada umunya yang sering dikonsumsi, tentu saja dapat kamu gunakan dalam membantu proses penurunan berat badan. 

Kandungan antioksidan dan senyawa lainya yang terdapat pada rimpang tanaman satu ini diketahui dapat mencegah penumpukan lemak didalam tubuh sekaligus membantu dalam proses pembakaran untuk menjadi energi.

Untuk pembuatan sama halnya dengan membuat ramuan jamu pada umunya dan dikosumsi secara rutin hingga berat badan berkurang. Sangat di sarankan untuk kamu yang sedang ingin melangsingkan tubuh agar lebih ideal.

Adapun beberapa manfaat bangle lainya yang tentu saja berguna untuk mencegah penyakit berbahaya di kemudian hari.

7. Meningkatkan stamina.

Yap, bangle dapat menjadi asupan nutrisi dalam meningkatkan stamina kamu loh, Cocok buat kamu yang pekerja keras karena dapat menjaga kekuatan otot dan tulang.

8. Khasiat bangle dalam menurunkan kolesterol

Bangle dapat menjadi ramuan untuk peluruh lemak loh, yaitu meluntukan lemak di dalam tubuh yang jumlahnya berlebihan. Kandunganya pun dapat berguna untuk mencegah penyerapan kolesterol jahat dari makanan serta mampu mengoksidasi penumpukan plak-plak lemak didalam pembuluh darah.

Sehingga dalam hal ini selain dapat menurunkan berat badan dan tentu saja dapat mencegah resiko penyakit hipertensi, ganguan jantung dan stroke .

9. Mengobati penyakit kuning. 

Penyaki kuning disebabkan oleh zat yang disebut dengan bilirubin yang kadar jumlanya berlebihan didalam tubuh. 

Sedangkan bilirubin sendiri adalah pigmen kuning yang terbentuk dari sel darah merah yang sudah mati pada organ hati.

Nah khasiat bangle disini ialah untuk mengembalikan fungsi hati kembali menjadi sehat dan sehingga dapat memproses sel darah merah dengan baik, tak hanya disitu saja mengkonsumsi secara rutin di klaim juga baik untuk empedu loh.

10. Khasiat bangle berikutnya yaitu baik untuk pankreas.

Perana bangle disini ialah untuk meningkatkan sekaligus membantu prankeras dalam memproses hormon serta enzime yang berguna untuk menghancurkan makanan pada saluran penceraan. 

Sehingga secara tidak langsung khasiat tanaman rimpang juga berdampak pada usus dan kesehatan pencernaan.


11. Detoksifikasi tubuh.

Sebenarnya tubuh sendiri mempunyai sistem metabolisme dalam membuang racun, zat-zat kimia serta cairan tubuh yang sudah tidak dipelukan lagi, baik itu melalui pori-pori kulit atau dikeluarkan bersamaan dengan urine dan kotoran. 

Namun peran khasiat bangle disini ialah membantu kinerja dari tubuh dalam detoksifikasi tubuh agar lebih sempurna. Tak hanya sampai disitu saja bangle juga diketahui baik ginjal dalam menyeimbangkan cairan didalam tubuh.

Baca juga : 

12. Khasiat bangle baik untuk para wanita.

Beberapa khasiat bangle untuk wanita yaitu mengurangi rasa nyeri saat masa haid dan untuk para ibu-ibu yang telah selesai melahirkan.

Itulah mengapa para orang tua jaman dahulu menyarankan anak wanitanya untuk mengkonsumsi ramuan jamu gendong yang mengandung rempah herbal dari temu-temuan.

13. Khaisat bangle untuk kulit.

Taukah kamu bangle dapat berguna untuk menjaga dan merawat kulit loh, diketahui beberapa masalah seperti kerutan pada kulit wajah, warna kulit tidak merata dan bekas luka dapat disamarkan dengan menggunakan tanaman satu ini. 

Tak hanya itu saja kandungan pada bangle dapat membantu dalam meregenerasi sel-sel kulit baru, membantu penyembuhan luka, mengatasi bisul serta mampu melembutkan kulit.

Khasiat bangle tersebut bisa kamu dapatkan dengan menjadikanya masker atau ramuan lulur saat akan mandi. Tertarik untuk mencobanya?

Itulah beberapa khasiat bangle untuk kesehatan dan cara mengolah yang harus kamu ketahui. Sekian pembahasan tentang tanaman herbal satu ini. 

Untuk infomasi tanaman herbal lainya dapat kamu cari diartikel lainya.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i