Kandungan Dan Manfaat Kencur Untuk Kesehatan.

Ketahui manfaat kencur untuk kesehatan.

manfaat kencur untuk kesehatan
Kencur, siapa yang tidak mengenal dengan rempah satu ini, tumbuhan yang diketahui dari family zingiberaceae ini biasa di budidayakan untuk di manfaatkan bagian umbinya (akar). Termasuk dalam jenis tumbuhan rimpang atau rizoma serta dikategorikan kedalam rempah herbal. Bentuk tanaman kencur sendiri tidaklah tinggi, berdaun sekitar 2-5 lembar per-batang dan bunga yang lebih dominan berwarna putih, buahnya alias umbi terletak di dalam tanah yang tidak terlalu dalam.

Kencur sangat mudah di bedakan dari tanaman rimpang lainya karena bagian akarnya mengeluarkan aromanya khas yang kuat, aroma tersebut berasal dari kandungan minyak atsiri.

Di Indonesia sendiri penggunaan kencur beragam mulai dari campuran bumbu masakan tradisional dan beberapa jenis olahan yang mengharuskan menggunakan bumbu kencur, bahan baku obat-obatan hingga jamu tradisional.

Selain memiliki aroma yang khas, kencur juga sering di gunakan dalam sebuah ungkapan seperti "Masih Bau Kencur" yang artinya "seseorang yang belum berpengalaman" dan di anggap masih kecil. Nah sebelum kamu mengetahui manfaat kencur ada baiknya kamu mengetahui akan kandungan senyawa yang terdapat pada tanaman satu ini.

Kandungan dalam rimpang kencur.

Diketahui Kencur memiliki beberapa kandungan senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan seperti :
  • Sineol
  • Alkaloid
  • Pati
  • Gom
  • Kamphene
  • Paraeumarin
  • Etil ester
  • Borneol
  • Sitotoksik
  • Antibakteri
  • Asam anisat
  • Asam metil kanil , Penta dekaan dan Asam sinamat

Manfaat kencur untuk kesehatan.

1. Kencur mengatasi masalah pencernaan.

Sebuah studi penelitian membuktikan bahwa ekstrak sari kencur diketahui dapat menjadi obat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, diare, mencret dan beberapa masalah lainya. 

Terdapatnya kandungan sitotiksik dan antibakteri pada akar kencur yang cukup ampuh dalam membunuh bakteri jahat dan mencegahnya berkembang biak di dalam area pencernaan.

Kamu dapat mencobanya dengan merebus kencur segar lalu mengkonsumsinya atau yang sudah dalam berbentuk serbuk instan (jamu) semuanya sama saja khasiatnya.

2. Kencur untuk menghilangkan stress.

Sering mengalami kecemasan, sakit kepala atau stress akibat tekanan kerja? Kalau begitu cobalah untuk meminum ramuan beras kencur sebagai penenang untuk mengurangi masalah tersebut.

Sebagian orang ada yang mengatakan bahwa dengan menghirup aroma atsiri kencur dan mengkonsumsinya merasa lebih baik dan mampu mengembalikan mood.

3. Kencur mengatasi masalah batuk.

Sedang mengalami batuk dan rasa gatal area tenggorokan, coba untuk meminum ramuan kencur dan jahe. Diketahui sifat alami dari dua bahan ini mampu mengatasi peradangan baik itu panas dalam, mengatasi penumpukan lendir serta benda asing yang masuk sehingga menyebabkan batuk.

Tak hanya itu saja mengkonsumsi ramuan jahe dan kencur juga dapat memberi rasa hangat dan melegakan, dengan begitu malasah serperti sesak nafas dan batuk bisa hilang dengan sendirinya.

Cara membuatnya, siapkan 2 ruas jahe dan kencur kemudian bersihkan, setelah itu parut hingga halus. Setelah diparut beri 400 ml air kemudian saring ampasnya dan masak hingga mendidih, kamu bisa menambahkan gula merah sesuai selera untuk menambah rasa manis. Jika sudah mendidih angkat dan tuang kedalam gelas dan selesai.

Baca juga :

4. Mencegah pertumbuhan kanker.

Kandungan mineral yang terdapat dalam rimpang kencur khusunya senyawa asam sinamat yang diketahui dapat mencegah resiko seseorang terkena kanker lebih kecil, tak hanya itu saja senyawa asam sinamat juga dapat berguna untuk membuat tubuh lebih awet muda dan sehat terjaga.

5. Kencur untuk melancarkan predaran darah.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kandungan senyawa sineol yang terdapat di dalam rempah kencur mampu melancarkan predaran darah dalam tubuh, dengan cara mengatasi penumpukan kolesterol pada saluran pembuluh darah.

Nah, bagi kamu yang mempunyai tensi tinggi tak ada salahnya mengkonsumsi rimpang tanaman satu ini.

6. Manfaat kencur untuk kulit.

Manfaat kencur selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan yaitu dapat digunakan sebagai masker kulit wajah, terdapatya kandungan mineral pada rempah satu ini mampu membuat kulit wajah kamu terlihat lebih cerah, selain itu mampu mengatasi minyak berlebih, mengatasi flek hitam, mengatasi jerawat, bisul serta meregenerasi sel-sel kulit baru.

Cara mengolah kencur sebagai masker ialah dengan mencampur beras yang telah direndam semalaman. Beras dan kecur dihaluskan menjadi satu setelah itu mengolesnya pada permukaan kulit secara teratur. 

Selain itu masker wajah satu ini juga terbukti ampuh melindungi kulit dari sengatan sinar matahari loh.


7. Mengatasi kram dan kejang otot. 

Sering mengalami kejang otot, kram atau memar? Jika iya coba kamu menggunakan ramuan alami yang terbuat dari kencur.

Untuk penggunaan kencur dalam mengatasi permasalahan otot sama halnya seperti menggunakan minyak urut pada umunya, caranya dengan memarut kencur hingga halus kemudian ditambahkan dengan jahe dan minyak kelapa.

Penggunaan kencur sebagai minyak urut akan menimbulkan sensasi hangat pada kulit serta mampu berkeja dalam melancarkan peredaran darah dibawah lapisan kulit, dengan begitu masalah kram, kejang otot, memar dan pembengkakan dapat di atasi dengan mudah.

Nah itulah beberapa manfaat kencur untuk kesehatan tubuh. Informasi tentang tanaman herbal lainya dapat kamu cari di daftar tanaman herbal.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i