16 Manfaat kunyit Untuk Tubuh yang Jarang Orang Tahu.

Ketahui manfaat kunyit untuk tubuh.

Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh

Siapa yang tak mengenal kunyit Curcuma longa lnn, tumbuhan yang biasa di kenal dengan rimpangnya berwarna kuning orange. Sedikit informasi mengenai tanaman satu ini, kunyit merupakan tanaman rempah-rempah yang sering di manfaat bagian daun dan rimpangnya (akar) mulai dari untuk bumbu masakan, bahan baku obat-obatan hingga jamu tradisional. Kunyit juga di ketahui berasal dari kawasan Asia Tenggara mulai dari semenanjung Malay hingga Nusantara. Yuk simak apa saja manfaat kunyit untuk tubuh.

Di ketahui pada bagian rimpang kunyit mengandung senyawa penting yang banyak di cari yaitu Curcumin, Curcumin sendiri ialah senyawa aktif yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Senyawa ini jugalah yang berperan dalam pembentuk warna kuning pada rimpang kunyit dan temulawak, bersifat antipiretik, antikanker, antiperadangan dan antiinflamasi.

Manfaat kunyit untuk tubuh diantaranya.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Kunyit memang telah di gunakan sejak jaman dahulu oleh nenek moyang dalam pencegahan berbagai serangan penyakit, dan hingga kini masih terus digunakan karena khasiatnya yang luar biasa. Mengkonsumsi ektrak serbuk kunyit ataupun ramuan jamu tradisional sangat di sarankan buat kamun jika ingin meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.

Beberapa kandungan senyawa yang ada di dalam kunyit akan meningkatkan daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah terserang penyakit musiman yang tentu saja dapat menggangu aktifitas harian kamu.

2. Mencegah pertumbuhan sel kanker.

Yap, salah satu manfaat kunyit ialah dapat mencegah pertumbuhan sel kanker maupun sel abnormal lainya yang ada di dalam tubuh. Hal tersebut didasari oleh salah satu sifat senyawa antitumor dan antikanker yang terkandung di dalam kunyit.

Baca juga :

3. Kunyit baik untuk saluran pencernaan.

manfaat kunyit untuk pencernaan

sumber foto : pixabay/sakit perut

Ramuan dari perasan kunyit bersifat mendinginkan, dalam arti mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti rasa panas akibat mengkonsumsi makanan, sakit perut, mual, kembung, diare dan sembelit. 

Cobalah untuk mengkonsumsi 1 gelas ramuan jamu kunyit dan dan kamu akan mendapatkan manfaatnya.

4. Mengatasi dan mencegah peradangan.

Salah satu sifat senyawa curcumin yang terkandung di dalam kunyit ialah mampu mengatasi berbagai macam peradagan mulai dari radang tenggorokan, radang usus, peradangan area kulit serta beberapa masalah lainya yang di sebabkan oleh infeksi kuman, bakteri dan virus.

5. Manfaat kunyit dalam membuang racun di dalam tubuh.

Manfaat kunyit berikutnya yaitu dapat membantu tubuh dalam mengeluarkan zat sisa. Mengkonsumsi ramuan kunyit juga diketahui dapat membantu merangsang kinerja ginjal lebih aktif dalam menyeimbangkan cairan didalam tubuh, mengeluarkan racun, mengatur jumlah sel darah merah serta mengeluarkan zat atau cairan metabolisme yang sudah tidak digunakan lagi oleh tubuh dalam bentuk urine.

6. Kunyit mengurangi nyeri saat haid.

Bagi para wanita yang sedang menjalankan masa haid cobalah untuk mengkonsumsi ramuan jamu kunyit setiap harinya selama haid berlangsung.

Hal ini karena di karenakan senyawa curcumin yang ada pada kunyit di ketahui mampu mengurangi ion kalsium yang mengarah pada dinding sel rahim serta mengurangi produksi hormon rasa sakit. Tak hanya itu saja kunyit juga membantu dalam membersihkan darah kotor di dalam tubuh.

Itulah mengapa para orang tua dahulu menyarankan anak-anak gadisnya untuk rutin mengkonsumsi jamu gendong kunyit.

7. Mengurangi rasa sakit dari maag.

Diketahui ektrak kunyit mempunyai minyak atsiri yang cukup ampuh dalam melindungi dinding sel pada area lambung yang mengalami iritasi. Kamu dapat mencobanya sendiri dengan meminum air perasan kunyit yang murni dan rasakan perbedaanya. 

Baca juga :

Namun tetap saja kamu juga harus mengisi lambung kamu dengan asupan makanan harian yang bergizi, karena bagaimana pun juga orang yang menderita maag tidak boleh telat makan.

8. Manfaat kunyit dalam melancarkan peredaran darah.

Kunyit dapat menjadi obat alami untuk melacarkan peredaran darah loh, hal tersebut karena kandungan senyawanya curcumin dan antioksidan yang diketahui mampu melunturkan plak-plak lemak yang menempel pada saluran pembuluh darah. 

Tak sampai di situ saja kandunganya pun juga dapat memecah gumpalan sel darah merah yang membeku sehingga masalah seperti hipertensi, penyakit jantung, stroke dan ganguan lainya dapat di cegak lebih awal.

Baca juga : 

9. Mencegah resiko penyakit Al-zheimer.

Al-zheimer adalah sebuah masalah kondisi pada otak dimana kemampuan daya ingat sudah mulai berkurang, nah untuk hal itu ada baiknya kamu mengkonsumsi kunyit lebih dini. Tak hanya itu para lansia pun disarankan untuk mengkonsumsi kunyit paling tidak 2 tau 3 hari sekali.

Senyawa curcumin yang ada pada kunyit di ketahui mampu mengurangi penumpukan plak-plak amiloid-beta pada area otak sehingga resiko penyakit radang otak dan al-zheimer dapat di cegah jauh sebelum terjadi.

10. Melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Yap, Curcumin yang telah kita sebutkan tadi mampu berperan dalam membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak contohnya akibat dari paparan radikal bebebas, pengaruh lingkungan dan alkohol. 

Kemampuan tersebut juga dapat berguna orang untuk yang sedang mengalami luka di tubuh, sehabis operasi serta bagi yang ingin mendapatkan kulit tubuh yang sehat.

11. Manfaat kunyit membantu menurunkan berat badan.

Kunyit menurunkan berat badan? Yap, benar sekali, ramuan jamu kunyit dan gula merah di ketahui dapat membantu kamu dalam menurunkan berat badan loh, kandungan senyawa yang ada pada kunyit mampu mencegah penumpukan lemak ditubuh secara berlebihan, mencegah penyerapan lemak kolesterol di dalam tubuh serta membatu tubuh saat pembakaran lemak. 

Nah, jika kamu mengkonsumsi kunyit untuk menurunkan berat badan, ada baiknya pola makan kamu juga harus di atur dengan tidak mengkonsumsi makanan siap saji yang mengandung lemak tinggi dan makanan lainya yang tinggi lemak jenuh.

12. Manfaat kunyi dalam mengendalikan gula darah.

Manfaat kunyit selanjutnya yaitu dapat kamu gunakan untuk mengurangi kadar gula darah di dalam tubuh yang berlebih. 

Mengkonsumsinya setiap hari sebanyak 1 gelas saat pagi hari ramuan kunyit diketahui dapat menurunkan kadar gula darah didalam tubuh kamu serta mencegah resiko penyakit diabetes. Jika kamu tertarik cobalah untuk membuatnya sendiri di rumah dan mengkonsumsinya secara rutin maka dengan begitu kadar gula (glukosa) dalam tubuh akan berangsur-angsur menurun. 

Tak sampai di situ saja kunyit juga membantu dalam merangsang pembentukan hormon isulin di dalam tubuh guna untuk memproses glukosa atau gula dalam tubuh menjadi energi.

13. Manfaat kunyit dalam memperbaiki siklus tidur.

manfaat kunyit untuk memperbaiki siklus tidur

sumber foto : pixabay/tidur

Jika kamu punya masalah dengan waktu tidur seperti waktu tidur yang kurang, rasa lelah saat bangun tidur dan tidur kurang nyaman, cobalah untuk mengkonsumsi jamu kunyit dua jam sebelum tidur dan rasakan pebedaanya. 

Lakukan hal tesebut selama beberapa hari kedepan agar manfaat lebih terasa di tubuh kamu.

Baca juga : 

14. Ramuan kunyit pereda nyeri.

Beberapa nyeri sendi dan otot di ketahui dapat di atasi dengan kunyit loh. Beberapa mineral penting dan curcumin yang terkandung dalam kunyit di ketahui mampu mengurangi enzime pembentuk rasa sakit peradangan pada area sendi dan membantu melancarkan perderadan darah didalam tubuh.

Sehingga permasalahan pada area sendi dan nyeri pada otot dapat diatasi dengan mudah dengan dilakukan mengkonsumsi kunyit.

15. Penawar racun seranga.

Jika kamu tergigit seranga beracun cobalah untuk mengkonsumsi ramuan kuyit kental, di ketahui kandungan antioksidan yang ada pada kunyit mampu menghambat penyebaran racun keseluruh tubuh dan menetralkanya.

16. Manfaat kunyit untuk kulit.

Tak hanya di konsumsi saja kunyit juga baik digunakan dari luar tubuh loh, salah satunya untuk kesehatan kulit wajah. 

Bentuk pemanfaatan kunyit yaitu berupa masker. Menggunkan kunyit sebagai bahan baku masker diketahui dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, bisul, luka memar dan peradangan pada kulit. Sifat kunyit yang anti bakteri dan peradangan mampu mengurangi infeksi yang terjadi pada area kulit agar tidak menyebar ke area lain.

Tak hanya itu saja bagi kamu yang ingin merawat kulit agar lebih mulus, bebas kerutan dan menyamarkan noda hitam pada wajah cobalah untuk menggunakan kunyit. Caranya sangat mudah cukup parut kunyit hingga menjadi bubur kemudian balurkan ke area kulit wajah atau kamu bisa menggunakanya untuk lulur saat mandi.

Tapi hati-hati loh karena warna kuningya bisa lengket jika terlalu lama.

Nah itulah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh yang harus kamu tahu, penggunaan bahan herbal alami adalah salah satu metode pencegahan penyakit untuk di kemudian hari. 

Lantas apakan ada efek samping dari mengkonsumsi kunyit secara berlebihan? Mengkonsumsi kunyit dalam jumlah banyak secara terus menerus diketahui dapat menimbukan penyakit anemia dan ganguan cairan di dalam pencernaan. Namun kamu tidak usah khawatir jika mengkonsumsinya tidak berlebihan dan berkepanjangan maka masih dibawah batas aman.

Sekian penjelasan tentang manfaat kunyi untuk tubuh, informasi tanaman herbal lainya dapat kamu cari di healty99.com

Buka Komentar

0 Response to "16 Manfaat kunyit Untuk Tubuh yang Jarang Orang Tahu."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i