9 Manfaat Daun Ketul dan cara Penggunaanya yang Harus Kamu Tahu.

Ketahui manfaat daun ketul.

manfaat daun ketul

Ketul atau ajeran merupakan tanaman liar berbatang kecil, tegak dengan paling tinggi sekitar 1 m, mempunyai bunga berwarna kuning yang bergerombol pada pucuknya. Diketahui tanaman satu ini bukan berasal dari Indonesia melainkan dari benua afrika kemudian mulai menyebar ke Nusantara sekitar tahun 1800 an. Di Indonesia sendiri tanaman ini tumbuh tersebar dimana-mana mulai dari kebun, semak-semak, tepian jalan serta disekitar lingkungan, termasuk dalam tumbuhan tropis sehingga sangat cocok tumbuh pada dataran Indonesia. Cari tahu lebih lanjut tentang manfaat daun ketul.

Ketul Bidens pilosa terkadang dianggap tanaman gulma, mudahnya tubuh pada sembarang tempat sehingga terkadang menganggu tanaman lain atau membuat semak perkarangan rumah. Namun tahu kah kamu bahawa tanaman yang di cap sebagai gulma ini mempunyai segudang manfaat yang tak banyak orang tahu, beberapa manfaat daun ketul di percayai dapat megatasi berbagai masalah kesehatan. 

Jauh sebelum sperti sekarang di katakan bahwa orang-orang jaman dahulu memanfaatkan daun ketul sebagai ramuan atau obat tradisional untuk mengatasi beberapasa masalah penyakit, letak bagian tanaman yang digunakan yaitu ada pada daunya. Daun ketul diolah dengan cara merebusnya atau di keringkan terlebih dahulu sembelum digunakan. Sebelum mengetahui manfaat daun ketul ada baiknya kamu mengetahui akan kandungan didalamya.

Untuk kandungan daun ketul belum diketahui pasti, namun jika dilihat dari kegunaanya untuk kesehatan tanaman ketul mempunyai kandungan seperti banyak tanaman pada umunya yaitu antioksidan, flavonoid, tanin, saponin, alkaloid. Selain itu terdapat juga beberapa senyawa yang terkandung didalamya yang di ketahui bersifat antiradang, antiinflamasi, antibakteri, antiparasit serta antialergi. Berikut beberapa manfaat daun ketul atau ajeran yang diketahui.

Manfaat daun ketul untuk kesehatan.

1. Untuk mengatasi sakit gigi.

Dibeberapa daerah Di Indonesia terutama dipulau jawa masih ada yang menggunakan tanaman satu ini untuk sebagai obat dalam mengatasi sakit gigi. Jika kamu ingin mencobanya tidak masalah, caranya cukup mudah ambil beberapa lembar daun ketul yang masih segar kemudian cuci bersih, setelah itu kunyah didalam mulut hingga hancur dan kumur-kumur.

Pengobatan sakit gigi dengan cara ini dipercayai dapat membunuh bakteri di lubang gigi dan peradangan pada area gusi yang menyebabkan rasa sakit. Kamu dapat menggunakan manfaat tanaman satu ini cocok dengan kamu.

2. Manfaat daun ketul selanjutnya dapat mengatasi gatal-gatal pada kulit.

Beberapa gatal pada pada kulit yang di akibatkan serangga, alergi atau beberapa benda lain yang mengenai kulit dan menyebabkan rasa gatal diketahui dapat di atasi dengan mengoles daun ketul pada area kulit yang gatal. Terdapat dua cara penggunaanya.

Cara pertama ambil beberapa lembar daun ketul kemudian haluskan atau tumbuk, beri sedikit air kemudian oleskan atau balurkan pada area kulit kamu yang terdapat gatal. Kandungan yang terdapat di dalamya diketahui dapat meringankan gejala gatal dan mengurangi pembengkakan. Cara ini adalah cara alternatif jika kamu tidak mempunyai salep atau obat oles peringan rasa gatal.

Cara kedua untuk mengunakan manfaat daun ketul untuk gatal yaitu dengan merebus daunya dengan banyak air dan setelah itu gunakan saat mandi untuk membasuh tubuh.

3. Mengatasi sakit kepala.

Manfaat daun ketul berikutnya yaitu dapat meringankan gejala sakit kepala, pusing dan berkunang-kunang. Cara penggunaanya yaitu daunya dapat dikonsumsi sebagai sayuran atau dimakan mentah seperti lalapan daun kemangi.

Cara kedua yaitu dengan meresbus daunya menggunkan air hingga mendidih lalu dikonsumsi saat sedang merasakan sakit kepala. Kedua cara tersebut sering dilakukan untuk mengurangi sakit kepala oleh beberapa masyarakat secara alami.

4. Baik untuk pencernaan.

Mengkonsumsi daun ketul diketahui sangat bagus untuk pencernaan loh, beberapa masalah seperti sembelit, susah buang air besar, mencret dan sakit perut dapat diatasi.

Jika kamu tertarik kamu bisa memasak daun ketul sebagai sayur harian kamu loh.

5. Manfaat daun ketul dipercayai dapat menurunkan kadar diabetes.

Mengkonsumsi air rebusan daun ketul secara rutin dipercayai oleh beberapa masyarakat dapat digunakan untuk mengatasi gula darah di dalam tubuh. Namun hal ini masih belum diketahui pasti akan kebenaranya dan masih akan terus diteliti apakah terdapatnya kandungan yang mampu mengurangi gula darah atau mampunya merangsang insulin di dalam tubuh.

Akan tetapi penggunaanya masih terus di lakukan beberapa orang sebagai obat tradisional untuk pencegahan penyakit gula darah.

6. Mengatasi batuk dan sesak nafas.

Mengkonsumsi air ramuan dari daun ketul di percaya dapat meringankan gejala gatal pada tenggorokan yang menyebabkan batuk dan sekaligus dapat mengurangi gejala sesak nafas.

Caranya kamu dapat merebus daun ketul dengan air kemudian uap airnya di hirup beberapa kali dan kemudian diminum. Cara kedua yaitu dengan mengkonsumsi daun ketul secara mentah dengan di haluskan terlebih dahulu, tidak perlu banyak-banyak dalam menggunkanya, jika kamu tidak menyukai rasanya cukup 1 atau 2 sendok saja perhari hingga masalah tersebut mulai berkurang.

7. Obat rematik. 

Manfaat daun ketul selanjutnya yaitu dapat mengatasi masalah rematik dan beberapa penyakit pada area sendi lainya. Cobalah untuk mengkonsumsi daun ketul secara rutin untuk mendapatkan khasiat didalamnya.

Selain itu kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya diketahui dapat meningkatkan imun tubuh, memperbaiki kerusakan sel serta mengurangi rasa sakit.

8. Obat demam.

Daun ketul di percaya dapat mengatasi demam, jika kamu sedang merasakan gejala seperti demam, meriang dan pegal-pegal cobalah untuk mengkonsumsi daun ketul beberapa hari kedepan agar gejala sakit tidak bertambah. 

Cara mengunakanya yaitu dengan merebus beberapa daun ketul kemudian dikonsumsi sehari dua kali.

9. Obat bisul murah meriah.

Manfaat daun ketul yang terakhir yaitu dapat menjadi obat dalam mengatasi masalah bisul. Bisul merupakan peradangan pada area kulit yang dapat di sebabkan oleh kuman, infeksi tersumbatnya pori-pori kulit seta dapat di sebabkan oleh benda asing yang masuk.

Nah di ketahui daun dari tanaman ini dapat menjadi obat untuk mengatasi bisul secara alami, beberapa orang menggunakanya dengan cara mengambil daun mudanya kemudian dilayukan diatas bara api, setelah itu dihaluskan dan tempel pada area bisul lalu tutup dengan daun ketul yang lebar.

Nah itulah beberapa manfaat daun ketul yang sering kita anggap gulma, tentu saja kamu dapat menggunakanya tanaman tersebut untuk mengatasi berabagai masalah seperti di atas. Namun jika kamu ragu akan dalam penggunaanya sebaiknya tidak usah di lakukan. 

Cukup sampai pembahasan tentang manfaat daun ketul, kamu dapat mencari tanaman herbal lainya di healty99.com pada kolom pencarian.

Buka Komentar

0 Response to "9 Manfaat Daun Ketul dan cara Penggunaanya yang Harus Kamu Tahu."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i