Tanaman Rumput Mutiara Yang Dipercaya Dapat Mencegah Kanker.

Rumput Mutiara

Rumput mutiara adalah rerumputan liar yang dapat ditemui di tepi sungai, semak-semak, kebun dan blukar, bahkan mungkin kamu sendiri merasa tidak sadar kalo tumbuhan ini hidup di perkarangan rumah. Tahukah kamu bahwa Rumput mutiara merupakan salah satu tumbuhan liar yang mempunyai senyawa aktif yang berfungsi untuk mencegah sel kanker agar tidak berkembang ke fase lanjut. 

Yuk simak lebih lanjut mengenai rumput satu ini.

Rumput mutiara atau dengan nama ilmiah Hedyotis Corymbosa yang diketahui termasuk dalam family Rubiaceae, tergolong dalam tumbuhan liar herbal yang banyak digunakan untuk bahan pembuatan obat tradisional. Bahkan untuk pemanfaatanya beberapa negara seperti India, China dan beberapa wilayah di Asia Tenggara, menggunakanya sebagai obat untuk mengatasi beragam jenis penyakit berbahaya.

Di Indonesia tumbuhan satu ini biasa dikenal dengan nama rumput siku-siku, lidah ular, katepan dan yang paling dikenal dengan sebutan daun mutiara.

Kandungan dari daun rumput mutiara.

Terdapatnya kandungan senyawa aktif yang ada pada tumbuhan ini di antaranya.

1. Hentriacontane.
2. Ursolic acid.
3. P-coumaric acid.
4. Uleanolat.
5. Stigmasterol.
6. Oleanolic acid.
7. Flavonoid glycoside.
9. Beta-sitosterol.
10. Sitisterol-D-glucoside
.

Baca juga : Daftar obat herbal tumbuhan yang dapat melawan malaria dan demam.

Selain beberapa kandungan senyawa diatas, rumput mutiara juga bersifat mendiginkan, antibakteri dan peradangan.

Berikut beberapa khasiat dari rumput mutiara untuk kesehatan.

1. Mencegah pertumbuhan sel kanker.

Hasil sebuah penelitian dari mahasiswa UGM yang menguji cobakan kepada hewan tikut putih terhadap manfaatnya memberi hasil yang positif.

Memang telah diketahui bahwa rumput mutiara mengandung senyawa aktif yaitu asam ursolat dan asam ulenolat, yang mana kedua senyawa tersebut di kenal dapat memperlambat pembelahan sel kanker ketahap yang lebih ganas.

Sebelum pengujian terhadap tikut putih, tikus tersebut di beri induksi atau disuntikan senyawa karsinogen yang gunanya untuk merangsang pertumbuhan sel kanker, dan setelah dua bulan lebih atau lebih tepatnya 10 minggu kemudian, tikus-tikus tersebut diberi ekstrak dari daun rumput mutiara untuk dicari perkembanganya.

Ternyata dari hasil tersebut memberi dampak baik, yaitu dimana tikus-tikus yang diberikan ekstrak rumput mutiara dapat mencegah sekaligus memperlambat pertumbuhan sel kanker sebesar 30 persen di bandingan dengan yang tidak di beri.

Hal ini pun menjadi sebuah langkah perkembangan yang bagus terhadap masalah kanker dalam pengobatan.

2. Mengobati luka kulit.

Manfaat selanjutnya yaitu dapat menjadi obat untuk mengatasi luka kulit dan membatu mempercepat pengeringan. Namun tidak semua luka dapat di atasi terlebih lagi kondisi luka yang lebar dan mengakibatkan pendarahan.

Hanya beberapa luka kecil seperti tertusuk paku, tersayat pisau, luka lecet dan memar. Kandungan senyawa di dalamnya mampu mencegah infeksi dan peradangan yang di akibatkan kuman atau bakteri yang masuk melalui luka.

3. Mengatasi bisul dan pembengkakan.

Yap benar sekali daun mutiara memang dapat menjadi obat dalam mengatasi bisul dan pembengkakan pada area kulit. Sifatnya yang anti bakteri dan anti radang dapat membasmi infeksi hingga ke lapisan di bawah kulit.

Cara penggunaanya kamu cukup mengambil beberapa tangkai daun kemudian remas hingga halus, setelah itu tempelkan pade area kulit yang ada bisulnya. Usahakan tertutup semua agar dapat berkerja lebih maksimal, lakukan terus secara berulang hingga bisul mengeluarkan bintik putih dan kempis dengan sendirinya.

Baca juga : Kratom, tumbuhan herbal tapi mempunyai efek samping.

4. Meningkatkan sistem imun tubuh.

Manfaat selanjutnya dari rumput mutiara yaitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Terdapatnya kandungan senyawa flavonoid yang merupakan salah satu antioksidan yang berguna untuk kesehatan.

Antioksidan sendiri berfungsi melawan dan menjaga metabolisme tubuh agar tidak mudah terserang penyakit baik itu dari virus, bakteri dan paparan radikal bebas.

Itulah beberapa manfaat kesehatan dari daun rumput mutiara untuk kesehatan, selain empat daftar diatas, masih banyak lagi manfaat dari daun mutiara, salah satunya dapat di percaya untuk mengatasi masalah bronkitis, pneumonia, radang usus buntu dan hepatitis.


Buka Komentar

0 Response to "Tanaman Rumput Mutiara Yang Dipercaya Dapat Mencegah Kanker."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i