Manfaat Dan Kandungan Kol Untuk Para Penikmatnya.

Kol, kubis, kembang kol
Sumber : pixabay

Ingin tahu manfaat kol untuk kesehatan, simak penjelasanya di bawah ini. Kol adalah salah satu sayuran yang paling mudah ditemui dan banyak di konsumsi masyarakat Indonesia, ada yang bilang bahwa kol dapat membuat yang mengkonsumsinya merasa kembung. Yap,, hal tersebut memanglah benar dan dapat di jelaskan. Sayuran kol memang dapat memicu peningkatan asam lambung dan gas pada area perut (area lambung) yang membuat rasa sesak, bersendawa dan tidak nyaman saat sesudah makan.

Sebenarnya hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah, terlebih lagi jika kamu mengolahnya dengan benar dan tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya, lagian kol juga mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Namun sebelum kamu mengetahui manfaat dari mengkonsumsi sayuran kol, ada baiknya kamu sedikit mengenal lebih dekat dengan tumbuhan satu ini sebagai pengetahuan, jika dirasa tidak penting kamu dapat melewatinya ke bagian bawah.

Di kutip dari wikipedia, kol merupakan sayuran kategori jenis kubis-kubisan  dari spesies Oleracea, terdapat beberapa jenis kol atau kubis yang di bedakan berdasarkan warna yaitu hijau, ungu dan putih. Tumbuhan satu ini di budidayakan untuk dimanfaatkan bagian kuncup daun dan kembangnya, sedangkan dau tuanya digunakan untuk bahan pakan ternak. Sedikit tentang sejarahnya, kol hingga saat ini belum di ketahui pasti asal mulanya, namun menurut sebuah penelitian tumbuhan kol berasal dari kawasan benua eropa sekitar 1000 tahun SM.

Di Indonesia kol kerap kali dikonsumsi mentah untuk lalapan, rasanya yang renyah dan segar sehingga tak kalah dari beragam olahanya, beberapa olahan yang tak luput dari yang namanya kol yaitu sop ayam, gado-gado, siomay dan acar tentunya.

Baca juga : Manfaat mentimun yang harus kamu ketahui.

Terdapat kandungan nutrisi vitamin dan mineral pada kol diantaranya.

1. Vitamin A, B, C dan E.
2. Kalsium.
3. Kalium.
4. Serat.
5. Natrium.
6. Fosfor.
7. Besi.
8. Air.
9. Magnesium.
10. Mangan.
11. Zink.
12. Niasin.
13. Gula.

Manfaat kol untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi yang banyak pada kol dapat memberi manfaat yang baik bagi tubuh jika di konsumsi secara benar. Berikut beberapa manfaat baik untuk kesehatan tubuh diantaranya.

1.meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat yang pertama yaitu kol mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang agar tidak mudah sakit di karenakan kol mengandung vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi.

Seperti yang kita ketahui vitamin C dan antioksidan sangat berguna di dalam tubuh dan berperan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh, melawan serangan radikal bebas dan beberapa penyakit ringan lainya.

Bukan hanya itu saja senyawa antioksidanya juga dapat berguna untuk membuang racun didalam tubuh melalui saluran rekreasi atau biasa disebut detoksifikasi.

2. Meredakan nyeri dan peradangan

Diketahui terdapatnya kandungan Sulfur dan Glutamin di dalam kol, walau dalam jumlah yang tak banyak namun senyawa tersebut cukup untuk mengatasi nyeri pada otot, sendi dan peradangan pada tubuh.

Cobalah untuk mengkonsumsi kol sesekali pada hidangan kamu untuk mendapatkan khasiat di dalamnya.

3. Bagus untuk pencernaan.

Manfaat selanjutnya yaitu bagus untuk pencernaan, yap kol mengandung tinggi serat yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh. 

Seperti yang kita ketahui serat didalam tubuh berguna untuk mengatasi sembelit, melancarkan saat BAB, mencegah wasir dan membantu dalam menurunkan berat badan.

4. Memperkuat tulang dan otot.

Tulang dan otot yang sehat dapat membuat hidup lebih aktif dan mudah dalam beraktifitas. Namu apa jadinya jika tulang dan otot kamu mulai melemah, khususnya para lansia pasti sulit rasanya untuk bergerak lincah dan bahkan mungkin akan merasa nyeri pada area sendi.

Namun kamu jangan khawatir, kamu dapat memperkuat tulang dan otot kamu dengan mengkonsumsi sayuran-sayuran segar seperti kol dan lainya, mengapa? Karena kol sendiri mengandung mineral seperti Kalsium, kalium Vitamin C dan Magnesium.

Yang mana beberapa mineral tersebut berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan otot pada tubuh.

Tapi perlu di ingat bahwa jangan terlalu banyak dalam mengkonsumsinya ya, terutama seseorang yang mempunyai masalah maag dan asam lambung.

5. Menjaga tekanan darah.

Tubuh yang sehat harus mempunyai tekanan darah yang stabil dan normal, tekanan darah yang tinggi atau hipertensi dapat membuat seseorang mudah emosi, sakit kepala, penyakit jantung dan kecemasan.

Sedangkan untuk orang yang mempunyai tekanan darah rendah dapat membuat tubuh mudah lelah, kurang konsentrasi, mengantuk dan kulit yang pucat.

Kamu dapat menggunkan kol untuk mentsabilkan tekanan darah kamu loh, terutama yang kekurangan zat besi dalam tubuh, selain itu kandungan Antosianin yang ada di dalam kol di ketahui mampu berguna dalam menstabilkan tekanan darah, akan tetapi dalam hal ini lebih baik kamu harus konsultasikan terlebih dahulu kedokter terlebih lagi jika kamu mempunyai riwayat penyakit.

6. Baik untuk jantung.

Manfaat selanjutnya dari kol yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Diketahui terdapatnya kandungan senyawa Polifenol pada kol yang cukup banyak, dimana Polifenol sendiri berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Sehingga dengan begitu dapat di cegahnya beberapa penyakit kardiovaskular seperti ganguan jantung dan darah tinggi.

7. Mencegah kanker.

Kanker merupakan masalah penyakit yang di sebabkan oleh ketidak stabilan hormon sehingga mengakibatkan pertumbuhan sel-sel yang yang seharunya tidak diperlukan pada jaringan tubuh.

Pertumbuhanya yang tidak normal dan tak terkendali mampu merusak jaringan organ tubuh lain, itulah mengapa kanker merupakan penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian jika tidak segera di tangani.

Diketahui beberapa jenis kanker ada yang bisa di cegah dengan seringnya mengkonsumsi kol, salah satunya kanker usus, kanker payudara dan kanker prostat.

Namun hal ini tidak menjadikan bahwa kamu bakal tidak terkena kanker, terlebih lagi jika kamu mempunyai pola hidup yang buruk, akan tetapi hanya saja kamu dapat mengurangi resikonya.

Baca juga : Hindari kol yang digoreng karena dapat memicu kanker lebih besar.

8. Nutrisi yang baik untuk tubuh.

Mengingat kandungan nutrisi mineral dan vitaminya yang banyak bukan tidak mungkin bahwa kol sangat bagus untuk pertumbuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Mulailah menjaga pola hidup sehat dengan selalu mengkonsumsi sayuran dan olahraga teratur agar tubuh menjadi bugar dan fit.

Buka Komentar

0 Response to "Manfaat Dan Kandungan Kol Untuk Para Penikmatnya."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i