14 Manfaat Kunyit Putih, Salah Satunya Ampuh Menurunkan Tekanan Darah.

Manfaat kunyit putih yang harus kamu tahu.

Manfaat kunyit putih

Tahukah kamu bahwa kunyit putih dan kunyit kuning berbeda loh, walau sama-sama di sebut dengan kunyit ternyata keduanya memiliki ciri khas masing-masing. Kunyit putih atau biasa di sebut dengan Amba haldi mempunyai warna kulit dan bagian dalamnya yang lebih terang dari kunyit biasa, serta cenderung lebih terasa pahit. 

Sedangkan kunyit kuning merupakan akar dari tumbuhan dengan nama Curcuma longa, mempunyai warna kulit luar coklat kekuningan dan bagian rimpang dalamnya berwarna orange, selain itu kunyit kuning juga mengandung senyawa curcuma yang jauh lebih tinggi dari kunyit putih. Yuk cari tahu apa saja manfaat kunyit putih.

Untuk penggunaan kunyit putih sama hal dengan tanaman rimpang pada umunya yaitu sebagai bahan baku obat-obatan, industri parfume dan ramuan tradisional. 

Sedangkan untuk kandungan rimpang satu ini mempunyai senyawa minyak atsiri berupa turunan Germakran, turunan Guaian, Asam-4-metoksi sinamat (bersifat fungistatik) serta dari hasil penelitian lain ditemukan juga senyawa kurkumanolid A, kurleumanolid B, dan kurkumenon. 

Dari seluruh kandungan tersebut sehingga membuat kunyit putih memiliki sifat aktivitas antitumor, antibakteri, antiinflamasi, hepatoprotektif, anti-peradangan, dan analgesik. Lantas apa saja manfaat kunyit putih dari banyaknya senyawa yang terkandung tersebut? Simak dibawah berikut ini.

Beberapa manfaat kunyit putih untuk kesehatan.

1. Mengatasi gangguan pencernaan. 

Manfaat yang pertama tentu saja dapat menjadi obat untuk masalah pencernaan, mengkonsumsi ramuan kunyit putih di ketahui dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan loh seperti sakit perut, mules, diare, kembung, gerakan usus yang tidak normal dan gangguan-gangguan lainya. 

Kamu bisa membuat ramuan jamu kunyit seperti pada umunya yaitu dengan memeras inti sari kemudian dikonsumsi.

Baca juga :

2. Manfaat kunyit putih untuk meredakan peradangan.

Sama seperti tanaman rimpang pada umumnya kunyit putih juga bisa mengatasi beberapa masalah peradangan pada tubuh. Cotoh beberapa permasalahan seperti radang tenggorokan, nyeri maag, panas dalam, nyeri sendi serta mampu mencegah peradangan pada area usus hanya dengan mengkonsumsi ramuan jamu yang terbuat dari kunyit putih.

Hal tersebut bukan karena tanpa sebab, terdapatnya kandungan minyak atsiri dan atioksidan pada rimpang tanaman satu ini yang bisa menjadi obat alami untuk mengatasi permasalahan tersebut.

3. Kunyit putih mampu mengeluarkan racun didalam tubuh.

Rutin mengkonsumsi jamu kunyit di ketahui berdampak baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya yaitu membantu tubuh dalam mengeluarkan racun di dalam tubuh. 

Tak hanya sampai di situ saja kandungan senyawa curcumin pada kunyit juga diketahui dapat meningkatkan kinerja ginjal dalam menyaring zat metabolisme yang berlebihan di dalam tubuh, membantu menyeimbangkan cairan, melancarkan saluran kencing serta masih banyak lagi manfaat yang akan kamu dapat.

4. Manfaat kunyit putih untuk wanita.

Para ibu-ibu yang telah melahirkan ada baiknya untuk mengkonsumsi ramuan jamu kunyit putih ataupun kunyit kuning secara teratur. Beberapa masalah wanita saat telah melewati masa persalinan yaitu mastitis (peradangan pada payudara), nyeri perut dan masa nifas.

Nah untuk itu diketahui terdapatnya senyawa asam lemak pada kunyit yang tinggi, serta sifat anti-inflamasi yang dapat berguna dalam meringankan rasa nyeri, peradangan, infeksi serta mencegah resiko perdarahan saat bersalin.

Tak hanya itu saja kunyit juga baik untuk wanita yang sedang menjalankan masa haid serta permasalahan lain seperti wasir dan keputihan.

5. Kunyit putih baik untuk ginjal.

Manfaat kunyit putih selanjutnya yaitu dapat menyehatkan organ ginjal, tak hanya itu saja kunyit juga mampu membantu ginjal dalam memperoses cairan tubuh yang berlebihan dan membuang zat-zat yang sudah tidak berguna dalam bentuk urine. 

Beberapa kandungan senyawa pada akar kunyit putih diketahui juga mampu meningkatkan kinerja ginjal lebih sempurna terhadapat menyaring racun, zat kimia, membantu dalam mengontrol sel darah merah serta mencegah penumpukan mineral garam pada saluran ginjal dan kandung kemih, sehingga resiko batu ginjal dan radang ginjal dapat di cegah.

6. Dapat digunakan sebagai obat pereda nyeri.

manfaat kunyit untuk meredakan nyeri

Terdapatnya senyawa curzenone dan dihydrocurdione didalam kunyit putih serta bersifat analgesik yang diketahui berguna untuk mengatasi beberapa nyeri seperti nyeri sendi, nyeri otot, nyeri pada perut, nyeri maag dan nyeri haid dapat diatasi hanya dengan mengkonsumsi ramuan dari rimpang tanaman satu ini. 

Tak hanya dari dalam manfaat kunyit putih dapat digunakan untuk mengatasi rasa nyeri dari luar seperti bekas memar dan luka. Cukup tempelkan parutan kunyit ke area kulit yang terdapat memar, nyeri sakit dan area sendi yang terdapat pembengkakan.

7. Manfaat kunyit putih dalam mengatasi alergi.

Beberapa alergi yang terjadi pada kulit seperti gatal-gatal, bersin dan ruam pada kulit di ketahui dapat di atasi dengan menggunakan ramuan kunyit putih. Kamu dapat menggunakan manfaatnya dari dalam maupun luar tubuh, sehingga manfaat yang kamu dapat bisa lebih maksimal.

Konsumsi ramuan jamu kunyit dua kali untuk obat dari dalam tubuh dan oleskan dari luar ke area kulit yang terdapat alergi seperti ruam, bintik dan gatal.

8. Manfaat kunyit putih mencegah pertumbuhan sel kanker.

Mengkonsumsi ramuan herbal dari bahan baku kunyit putih diketahui dapat meningkatkan imun tubuh serta mengendalikan pertumbuhan sel-sel yang tidak di perlukan salah satunya penyebab kanker dan tumor. 

Tak sampai di situ saja kandungan yang terdapat didalamnya di ketahui juga dapat membantu pembentukan dan meregenerasi sel-sel yang sudah rusak menjadi lebih sehat.

9. Baik untuk perempuan yang sedang haid.

Bagi wanita yang sedang menjalankan masa haid atau menstruasi ada baiknya kamu mengkonsumsi jamu yang terbuat dari kunyit, baik itu kunyit putih atau kuning sama saja. 

Kandungan yang terdapat pada rimpang kunyit diketahui dapat meredakan rasa nyeri, membantu membuang darah kotor serta membuat waktu masa haid lebih teratur dan lancar.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat kunyit putih selanjutnya yaitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Hal tersebut di dasari terdapatnya kandungan antioksidan dan minyak alami pada kunyit yang mampu menangkal paparan radikal bebas dari lingkungan sekitar.

Sehingga singkatnya dengan mengkonsumsi ramuan kunyit putih secara rutin dapat menjaga tubuh lebih fit, kuat dan tidak mudah terserang penyaki.

11. Kunyit putih untuk menurunkan tekanan darah.

Nah jika kamu mempunyai masalah pada tekanan darah tinggi atau tensi tinggi ada baiknya kamu mengkonsumsi akar rimpang tanaman satu ini. Di ketahui baik itu kunyit putih maupun kuning dapat menjadi obat untuk menagatasi tekanan darah yang berlebih didalam tubuh.

Selain itu kandungan senyawa yang terdapat didalam kunyit juga membatu melancarkan saluran peredaran darah dengan membersihkan penumpukan kolesterol dan plak-plak yang membuat tenganggunya aliran sel darah merah.

Dengan begitu kamu sudah dapat mengurangi resiko beberapa penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung hanya dengan mengkonsumsi kunyit putih.

12. Manfaat kunyit putih membatu menurunkan berat badan.

manfaat kunyit putih untuk menurunkan berat badan

Hayo siapa yang selalu memerhatikan alat timbangan badan. Nah jika kamu mempunyai masalah berat badan yang berlebih atau sedang ingin melangsingkan tubuh ada baiknya untuk mengkonsumsi ramuan kunyit putih di setiap harinya.

Kandungan pada kuyit putih dapat membantu kamu lebih cepat dalam menurunkan berat badan dengan cara mecegah penyerapan lemak makanan kedalam tubuh, membantu melunturkan penumpukan lemak pada lapisan kulit, membantu membakar lemak di dalam tubuh serta mencega resiko penyakit kolesterol.

13. Kunyit putih obat untuk mengatasi masalah jerawat dan bisul. 

Masalah satu ini pasti pernah di alami setiap orang dan bahkanada yang merasa tenggangu karenanya. Nah jika kamu mempunyai masalah peradangan pada area kulit seperti bisul, jerawat dan bernanah kamu bisa menggunakan kunyit putih sebagai obat alami untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Sifat kunyit yang analgesik, antibakteri dan antiradang di ketahui dapat membunuh bakteri sekaligus mengurangi rasa sakit akibat peradangan yang terjadi pada area kulit.

Tak hanya itu kunyit putih juga membantu dalam mengeringan luka bekas bisul dan jerawat serta mempercepat regenerasi kulit sehingga warna rona atau noda hitam bekas luka dapat tersamarkan dengan baik.

14. Kunyit putih mengendalikan gula darah.

Manfaat kunyit putih selanjutnya yaitu dapat kamu gunakan untuk mengurangi  kadar gula darah di dalam tubuh yang berlebih. Kamu dapat mengkonsumsinya setiap hari sebanyak 1 gelas saat pagi hari dengan begitu kadar gula darah didalam tubuh kamu akan berangsur-angsur menurun dan ini aman untuk di konsumsi selama masa kadar gula darah masih tinggi.

Tak sampai di situ saja kunyit juga membantu merangsang hormon isulin untuk memproses glukosa atau gula dalam tubuh menjadi energi.

Nah itulah beberapa kumpulan manfaat kunyit putih yang telah dirangkum agar dapat mempemudah pencarian kamu. Lantas apakah ada efek samping dari mengkonsumi ramuan kunyit putih?

Kemungkinan efek samping tetap ada namun dengan jumlah konsumsi di batas normal dan tidak berkepanjangan tentu masih dalam batas aman. 

Beberapa kemungkinan efek samping yang dapat terjadi jika terlalu over dalam mengkonsumsi kunyit dapat berupa gangguan pencernaan, masalah keseimbangan cairan tubuh serta tekanan darah turun jauh.

Sekian dahulu pembahasan kunyit putih untuk kesehatan.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i