CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 11 Khasiat Jahe Selain Menghangatkan Tubuh yang Harus Kamu Ketahui. - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

11 Khasiat Jahe Selain Menghangatkan Tubuh yang Harus Kamu Ketahui.

 Khasiat jahe selain menghangatkan tubuh.

khasiat jahe untuk menghangatkan tubuh

sumber foto : pixabay/jahe

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah rimpang yang biasa di gunakan sebagai campuran minuman, terlepas dari itu jahe juga banyak pakai sebagai bumbu masakan, bahan baku obat-obatan dan ramuan herbal tradisional. Salah satu ciri khas tanaman satu ini ialah rimpangnya mempunyai aroma yang harum dan mampu memberi sensasi hangat di tubuh. Tak hanya itu jahe juga sangat baik untuk bagi yang mau mengkonsumsinya. Yuk simak apa saja khasiat jahe selain menghangatkan tubuh.

Salah satu olahan minuman yang mengunakan bahan baku jahe yaitu wedang, skuteng, bandrek dan masih banyak lagi, minuman tersebut sangat cocok di konsumsi saat cuaca dingin atau hujan, selain itu tentu saja minuman ini aman di konsumsi semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Jika kamu sedang mencari tahu khasiat jahe untuk tubuh berarti kamu harus simak penjelasan di bawah ini yang telah rangkum dari berbagai sumber.

Manfaat jahe untuk tubuh.

1. Meredakan mual dan masuk angin.

Khasiat jahe dalam mengatasi mual sudah tidak di ragukan lagi, mulai dari mual karena kendaraan, laut dan wahana dapat di atasi dengan meminum air jahe atau ekstraknya. 

Baca juga : 

2. Mengatasi masalah rematik dan penyakit sendi lainya.

Manfaat selanjutnya dari jahe yaitu mampu mengatasi masalah rematik dan penyakit sendi lainya. Diketahui terdapatnya sejumlah komponen senyawa aktif berupa gingerdione, gingerol dan zingerol yang merupakan salah satu zat alami dalam mengatasi peradangan di dalam tubuh.

Tak sampai di situ saja kandungan senyawanya pun mampu mempercepat penyembuhan dan meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak.

3. Khasiat jahe memberi rasa nyaman di perut.

Mengkonsumis ramuan jahe baik itu wedang jahe hangat ataupun minuman jahe lainya mampu memberi rasa nyaman dan hangat di perut, itulah mengapa kerap kali rempah satu ini di gunakan untuk mengatasi mual, muntah, sakit perut dan perut kembung.

Ada baiknya kamu mengkonsumsi minuman tradisional satu ini ketimbang memilih obat-obatan instan banyak beredar di pasaran.

4. Jahe mengatasi masalah encok, kejang otot dan pegal-pegal.

Yap, kandungan minyak atsiri pada jahe dapat di gunakan sebagai minyak urut untuk mengatasi masalah encok, kejang otot, pegal-pegal dan kram. Rasa hangat yang di hasilkan dari mengoleskan minyak jahe ke area kulit mampu meresap sampai kedalam tubuh sehingga mampu mengurangi rasa sakit di pergelangan sendi, melemaskan otot dan melancarkan peredaran darah di bawah lapisan kulit.

Metode satu ini sangat cocok untuk kamu yang tidak menyukai jahe karena penggunaanya dari luar tubuh yang tentu saja aman.

5. Mengendalikan kadar gula dan diabetes didalam tubuh.

manfaat jahe untuk menurunkan diabetes

Gula atau glukosa pada umunya sangat di butuhkan oleh tubuh untuk proses pembentukan jaringan dan sel-sel di dalam tubuh, namun konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi dapat memicu naiknya gula darah di dalam tubuh yang tentu saja jika melewati batas normal dapat memicu masalah kesehatan lainya.

Nah diketahui pada tanaman jahe memiliki senyawa yang mampu merangsang keja hormon insulin di dalam tubuh, sehingga dalam hal ini hormon insulin akan mengolah gula darah yang berlebih untuk dijadikan energi serta memperbaiki kerusakan jaringan sel-sel tubuh.

6. Jahe mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat jahe selanjutnya yaitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh bagi para penikmatnya, terdapatnya beberapa kandungan di dalamnya yang merupakan bagian dari salah satu antioksidan yang baik untuk tubuh. 

Bagaimana caranya? Caranya kamu tinggal mengkonsumsi ramuan jahe setiap harinya saat pagi, dengan begitu tubuh kamu akan lebih kuat dalam melawan gejala penyakit seperi demam, meriang, pilek, flu dan masuk angin.

Tak sampai di situ saja ramuan jahe yang di tambahkan dengan gula merah diketahui dapat menjadi sumber energi kamu dalam melakukan aktifitas harian agar tidak mudah lelah.

7. Manfaat jahe sebagai aroma terapi.

Kandungan minyak atsiri pada jahe yang kuat dapat kamu jadikan sebagai pewangi aromatik ruangan loh, sebuah penelitian membuktikan bahwa menghirup aroma minyak esensial dari jahe mampu merileksasikan pikiran menjadi lebih segar, mengatasi masalah pernafasan, mengatasi perut mual, hidung tersumbat dan tentu saja memberi rasa nyaman saat sedang sakit.

Sesekali cobalah cara satu ini untuk mengatasi sakit kepala.

8. Obat untuk mengatasi panu, kurap dan kudis.

Manfaat jahe selanjutnya dapat di gunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti panu, kurap, kudis dan gatal-gatal. Hal tersebut buka karena tanpa sebab, di ketahui jahe mempunyai sifat antifungi, antibakteri dan antiperadangan yang dapat berfungsi dalam mengatasi masalah tersebut.

Pengunaanya pun terbilang cukup mudah yaitu hanya perlu mengosokan ruas jahe ke area kulit yang terdapat masalah atau dengan menempelkan parutan jahe kemudian tutup dengan perban, lakukan berulang hingga panu, kurap dan kudis hilang.

9. Membantu dalam menjalankan proses diet.

Ramuan air jahe di ketahui dapat membantu kamu dalam melakukan program diet atau sedang menurunkan berat badan juga loh. 

Beberapa para penelitian membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi jahe secara rutin di ketahui mampu melunturkan lemak-lemak yang menumpuk di dalam tubuh, menjaga rasa lapar lebih lama serta mampu mengurangi penyerapan lemak kolesterol ke dalam tubuh.

Baca juga :

10. Khasiat jahe untuk merawat kulit wajah.

Ektrak dari jahe ataupun parutan jahe dapat menjadi obat untuk mengatasi beberapa masalah kulit di wajah contohnya komedo, jerawat dan kulit mati yang menumpuk. Dengan kandungan minyak atsiri yang ada di dalamnya di ketahui jahe dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat muncul pada kulit wajah. 

Tak sampai di situ saja jahe juga di ketahui dapat mengangkat sel-sel kulit mati, menghilangkan flek-flek hitam serta merangsang pertumbuhan sel-sel baru sehingga kulit tampak lebih cerah dan sehat.

11. Mencegah beberapa penyakit berbahaya.

manfaat jahe untuk mencegah penyakit jantung

sumber foto : pixabay

Mengkonsumsi ramuan jahe di ketahui dapat menjaga tubuh dari resiko terkena penyakit kronis, salah satunya yaitu penyakit kardiovaskular, penyakit jantung, paparan radikal bebas hingga beberapa penyakit lainya.

Hal tersebut di dasari dengan terdapatnya senyawa antioksidan yang merupakan salah satu senyawa di butuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan.

Itulah beberapa khasiat jahe selain menghangatkan tubuh yang telah kami rangkum dan semoga bermanfaat untuk kamu.

Mengkonsumsi ramuan herbal alami ataupun tradisional merupakan salah satu pilihan yang tepat, selain harganya yang murah kamu juga bisa mengetahui takaran dan pemakain seusai kemauan mu. Tetap jaga kesehatan tubuh agar bisa beraktifitas dengan mudah.

Informasi tanaman herbal lainya dapat kamu cari disini.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i