Ramuan Asam Jawa dan Gula Merah, kamu Harus Tahu Manfaatnya!

Manfaat asam jawa dan gula merah

asam jawa gula merah
Sumber foto : pixabay/tamarind
Menjaga kesehatan adalah prioritas setiap manusia, apa jadinya jika tubuh kamu terserang penyakit harian seperti demam, flu, kelelahan dan lainya pasti akan membuat harimu berat serta dapat menggaggu aktifitas kerja. Jika sudah begitu cara yang paling mudah untuk menjaga daya tahan tubuh yaitu dengan menggunakan ramuan tradisonal, ramuan tersebut tentunya terbuat dari bahan-bahan alami yang jauh dari yang namanya efek samping. Salah satu ramuan tradisional yang akan di bahas kali ini ialah minuman asam jawa dan gula merah.


Kedua bahan tersebut sangat mudah dijumpai dan di dapat dengan harga yang cukup murah, walau harganya murah asam jawa juga mempunyai manfaat kandungan yang baik untuk kesehatan loh, beberapa senyawa yang terkandung di ketahui berupa asam tartrat, asam malat, asam sitrat, asam suksinat, asam asetat, pektin, dan gula invert. Sedangkan gula merahnya mengandung gula alami dan mineral penting yang pastinya baik untuk tubuh.

Namun sebelum kamu mengetahui manfaat dari ramuan herbal tersebut ada baiknya kamu mengetahui cara membuatnya terlebih dahulu.

Bahan pembuatan :

  • 150 gr asam jawa segar gunakan asam jawa yang masih segar.
  • 350 gr gula merah jawa.
  • 2.5 liter air.
  • Sedikit garam halus.

Langkah-langkah pembuatan :

  • Cara pembuatanya cukup mudah, panaskan air hingga hangat kemudian masukan asam jawa yang sudah di bersihkan dari kulitnya, kemudian masukan gula merah dan garam.
  • Aduk hingga gula merah larut dan merata, kamu bisa menambahkan daun pandan wangi untuk mendapatkan aroma.
  • Setelah mendidih angkat dan diamkan hingga suhu menurun, lalu setelah itu saring ampas nya dan minuman herbal asam jawa gula merah siap di nikmati.

Manfaat asam jawa dan gula merah untuk tubuh :

1. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat yang pertama dari mengkonsumsi ramuan asam jawa gula merah ialah mampu meningkatkan daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah terserang penyakit. Cobalah untuk mengkonsumsinya di pagi hari selepas sarapan atau di waktu santai. 

2. Meningkatkan energi.

Minuman herbal satu ini dapat menjadi asupan energi harian kamu loh, hal tersebut di karenakan terdapatnya kandungan gula merah yang merupakan asupan glukosa untuk tubuh. Selain itu kandungan gulanya pun alami dengan hanya di proses pemanasan tanpa ada campuran kimia lainya. 

Sangat di saranan buat kamu yang mudah lelah dalam melakukan aktifitas harian.

3. Mengatasi masalah sariawan.

Terdapatnya kandungan Vitamin C, antioksidan serga gula pada minuman tersebut yang di ketahui dapat membantu proses penyembuhan luka, baik itu luka sariawan, bibir pecah-pecah dan panas dalam. Jika kamu merasakan gejala salah satu tersebut cobalah untuk menggunakan ramuan ini sebagai obat alami.

4. Menyehatakan tulang.

Yap ramuan asam jawa dan gula merah di ketahui dapat menyehatkan untuk tulang dan otot loh. Hal tersebut bukan karena tanpa sebab, terdapatnya kandungan asam asetat, vitamin C, antioksidan, magnesium, kalium dan beberapa mineral lainya yang di ketahui dapat menjadi pendukung dalam memperbaiki kerusakan yang terjadi pada area tulang dan otot di dalam tubuh.

5. Manafaat asam jawa dan gula merah selanjutnya yaitu membantu menurunkan kolesterol. 

Mengkonsumsi ramuan asam jawa gula merah secara rutin di ketahui juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab penyakit jantung dan stroke loh. Cobalah untuk mengkonsumsi ramuan tersebut paling tidaknya satu kali per hari.

6. Baik untuk pencernaan.

Kandungan beberapa zat asam yang ada pada buah asam segar di ketahui sangat baik untuk saluran pencernaan, salah satu manfaatnya yatiu pampu mencegah berbagai peradangan pada area usus, membunuh bakteri jahat, melancarkan pencernaan, mengatasi masalah buang air besar dan beberapa masalah lainya.

7. Mengatasi masalah rematik.

Beberapa gejala rematik seperti sakit pinggang, nyeri sendi dan sulit bergerak di ketahui dapat di atasi dengan mengkonsumsi secara rutin ramuan dari asam jawa dan gula merah. 

Jika kamu tertarik dapat membuatnya sendiri dirumah secara mudah.

8. Diketahui mampu mengeluarkan racun di dalam tubuh.

Sebenarnya tubuh sendiri memiliki kemampuan sendiri dalam mengeluarkan racun dan zat-zat metabosilme di dalam tubuh secara alami melalui saluran pembuangan dan pori-pori kulit. 

Namun dengan kamu mengkonsumsi ramuan asam jawa dan gula merah di ketahui dapat membantu  tubuh dalam proses memisahkan cairan dan sisa-sisa zat metabolisme di dalam tubuh yang sudah tidak dipakai lagi bersamaan dengan urine.

9. Diketahui mampu menurunkan hipertensi.

Mengkonsumsi ramuan asam jawa dan gula merah di ketahui dapat menurunkan darah tinggi atau hipertensi secara bertahap selama masa pengguaan. Kamu dapat menggunakan manfaat dari ramuan herbal ini untuk mengatasi masalah penyakit tersebut secara alami. 

Tertarik untuk mencobanya?

10 menjaga kesehatan jantung.

Beberapa kandungan seperti zat asam buah, antioksidan, vitamin C dan mineral lainya pada minuman asam jawa gula merah di ketahui mampu menjaga kesehatan jantung dengan cara melunturkan plak-plak dan lemak kolesterol di dalam tubuh, tak hanya itu kandunganya pun di ketahui dapat memecah sel darah merah sehingga tidak terjadi pengumpalan dengan begitu resiko penyakit jantung, stroke dan darah tinggi dapat di hindari lebih jauh.

11. Obat batuk yang murah-meriah.

Jika kamu sedang batuk jangan cepat-cepat untuk mengkonsumsi obat-obatan instan, cobal untuk membuat ramuan asam jawa gula merah terlebih dahulu. Di ketahui ramuan tersebut dapat meredakan rasa gatal pada tenggorokan penyebab batuk loh.

12. Aman untun penderita diabetes.

Bagi seseorang yang mempunyai penyakit gula darah atau diabetes tenang, kamu bisa mengkonsumsi ramuan minuman ini kok. Kandungan pada gula merah merupakan gula alami yang di proses dengan cara pemanasan tanpa adanya pengawet, sehingga manfaat dari minuman asam jawa dan gula merah bisa di dapat secara maksimal.

Itulah kumpulan dari manfaat asam jawa dan gula merah untuk kesehatan tubuh yang telah di rangkum. Karena kandungan kedua bahan tersebut mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan, sehingga penggunaanya telah sering dipakai sebagai bahan baku pembuatan obat tradisional. 

lantas apakah ada efek samping dari mengkosumsi ramuan tersebut? Efek samping tetap ada namun jika penggunaanya tidak berlebihan dapat di katakan masih aman, beberapa masalah yang dapat timbul jika terlalu banyak mengkonsumsi ramuan asam jawa gula merah yaitu masalah pencernaan yang di karenakan zat asam buah yang terlalu banyak, sakit kepala, batuk, gangguan cairan tubuh dan sakit perut. 

Jika beberapa gejala tersebut timbul pada kamu hal yang paling mudah dapat kamu lakukan ialah perbanyak mengkonsumsi cairan berupa air putih setiap harinya. 

Oke, sampai disini dulu pemanfaatan tentang asam jawa dan gula merah.

Buka Komentar

0 Response to " Ramuan Asam Jawa dan Gula Merah, kamu Harus Tahu Manfaatnya!"

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i