14 Manfaat Lengkuas, Salah Satunya Dapat Mengastasi Masalah Keseburan Pria.

Beberapa manfaat lengkuas.

lengkuas
ilustrasi lengkuas(shutterstock.com)

Jika mendengar kata lengkuas atau laos apa yang ada di benak kamu? Bumbu masakan? Yap, manfaat lengkuas yang sering kita ketahui ilalah banyak digunakan sebagai rempah bumbu masakan, namun tahu kah kamu lengkuas juga dapat digunakan sebagai obat tradisonal loh, yang tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Yuk kita simak manfaat lengkuas.

Lengkuas atau laos merupakan tanaman rimpang yang sama halnya dengan tanaman kunyit, jahe dan kecur, namun perbedaan tanaman satu ini dengan jenis lainya yaitu lengkuas mempunyai batang yang besar dengan tinggi dapat mencapai lebih dari 2 m, serta akar rimpang (umbi) lebih besar, berserat dan mengeluarkan aroma harum yang kuat. Itulah mengapa rempah satu ini paling berpengaruh penggunaanya pada olahan masakan.

Adapun kandungan senyawa yang terdapat pada lengkuas yaitu berupa  galangin, beta-sitosterol, quercetin, alpin, dan flavonoid. Selain itu terdapat  juga senyawa lain berupa vitamin A, vitamin C, zat besi, serat makanan, dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Melihat banyaknya kandungan pada tanaman satu ini, lantas apa saja manfaat lengkuas untuk kesehatan?

Manfaat lengkuas antara lain.

1. Manfaat lengkuas yang pertama yaitu meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

Jika kamu sedang mengalami batuk, sakit tenggorokan ataupun rasa gatal pada area tenggorokan, jangan terlalu buru-buru untuk mengkonsumsi obat-obatan, cobalah untuk menggunakan ramuan tradisional dengan menggunakan laos. 

Diketahui lengkuas bisa menjadi obat untuk mengatasi permasalahan tersebut, terdapatnya kandungan minyak atsiri pada rimpang lengkuas yang mampu mengurangi rasa gatal dan peradangan pada area tenggorakan penyebab batuk.

Cara pembuatan ramuanya pun terbilang mudah, siapkann lengkuas paling tidak sebesar 1 jempol kaki lalu bersihkan dari kulitnya dan gprek hingga pipih, stelah itu rebus dengan air 250 ml dan beri sedikit bubuk kayu manis. Jika sudah mendidih dan air terlihat berkurang, matikan kompor dan tuangkan air rebusan di dalam gelas untuk segera di konsumsi.

2. Menurunkan diabetes.

manfaat lengkuas menurunkan diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah di dalam tubuh, jika sudah terdeteksi adanya kenaikan kadar gula pada kamu, ada baiknya kamu stop mengkonsumsi makanan yang manis-manis dan kurangi asupan karbohidrat dengan kurangi mengkonsumsi nasi putih.

Selain itu cobalah untuk meminum ramuan air rebusan lengkuas secara rutin guna untuk mengurangi kadar gula tersebut.

Diketahui rimpang tanaman satu ini dapat menghambat metabolisme karbohidrat serta meminimalisir terjadinya lonjakan glukosa (gula) yang ada di dalam darah. Hal tersebut jugalah yang membuat lengkuas menjadi obat antidiabetik untuk mengatasi permasalahan diabetes.

3. Lengkuas mengatasi panu, kudis dan kurap.

Manfaat lengkuas selanjutnya yaitu dapat menjadi obat untuk mengatasi masalah kulit seperti panu, kudis dan kurap. Terdapatnya kandungan pada lengkuas yang diketahui  mampu bersifat antifungi, antimikroba dan antiperadangan sehingga memungkinkan untuk dapat digunakan sebagai obat alami dalam mengatasi permasalahan kulit di atas.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menumbuk rimpang lengkuas hingga menjadi bubur kemudian tempelkan pada area kulit yang terdapat penyakit, kemudian tutup dengan perban, lakukan berulang hingga panu, kudis dan kurap hilang dengan sendirinya.

Cara kedua dapat dengan menggosok bagian kulit yang bermasalah dengan lengkuas hingga mengelupas, namun cara yang satu ini sebaiknya jangan di lakukan jika kamu mempunyai kulit yang sensitif terhadap luka.

4. Manfaat lengkuas dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria.

Lengkuas dipercaya dapat menjadi obat alami untuk meningkatkan keseburan pada pria. Terdapatnya senyawa pada akar tanaman ini yang membuat motilitas dan jumlah sperma menjadi banyak dan lebih aktif bergerak.

Sehingga dengan begitu dapat berpengaruh terhadap persentase keberhasil dalam pembuahan sel telur.

5. Manfaat lengkuas dalam mencegah kanker.

Yap, lengkuas di percayai dapat menjadi obat dalam pencegahan kanker. Hal tersebut dikarenakan terdapatnya senyawa galangin pada rimpang lengkuas yang memiliki sifat antikanker. 

Galangin yang terkandung pada laos diketahui cukup efektif dalam menangani kasus kanker melanoma, hepatoma, dan masalah usus besar.

Lengkuas juga di ketahui dapat menjadi penghambat jalur enzim xanthin yang memicu perkembangan tumor maupun sel ubnormal lainya di dalam tubuh.

6. Menurunkan demam.

Demam merupakan reaksi perlawanan dari tubuh dalam menangapi infeksi yang di berikan baik itu dari virus, bakteri atau patogen lainya yang masuk ke dalam tubuh,  untuk itu kamu ada baiknya kamu dapat menggunakan tanaman satu ini sebagai obat alternatif dalam mengatasi demam.

Pada rimpang lengkuas mengandung senyawa antiseptik dan analgesic yang dapat berfungsi dalam mencegah infeksi maupun peradangan yang di sebabkan oleh bakteri, kuman, virus dan patogen yang masuk ke dalam tubuh.

7. Manfaat lengkuas berikutnya diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh.

Sebuah hasi penelitian dari China mengemukakan bahwa ekstrak dari tanaman lengkuas diketahui dapat melawan sintase asam lemak berkat bantuan beberapa antioksidan seperti flavonoidnya, kaempferol dan quercetin. Walau penurunanya  terbilang tidak terlalu cepat tapi kamu bisa menggunakan manfaat lengkuas sebagai pencegahan lebih awal.

8. Mengandung senyawa antioksidan.

Beberapa fungsi antioksidan jika dikonsumsi ialah mampu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang betebaran di lingkungan, meningkatkan imunitas dan mencegah penyakit berbahaya di kemudian hari.

Sebenarnya kamu bisa mendapatkan banyak senyawa antioksidan pada makanan sperti sayur dan buah-buahan, namu jika kamu juga mengkonsumsi lengkuas maka kamu dapat menambah asupan tersebut kedalam tubuh kamu. Selain itu perlu kamu ketahui bahwa antioksida juga berperan dalam menjaga  kadar kolesterol dan gula darah didalam tubuh agar tetap lebih seimbang.

9. Manfaat lengkuas selanjutnya yaitu dapat menjadi wewangi aroma terapi.

Kandungan minyak atsiri pada lengkuas diketahui sangat tinggi dan itulah mengapa rimpang satu ini mempunyai aroma yang kuat. Nah aroma wangi tersebut dapat kamu gunakan untuk merileksasikan tubuh dengan cara menghirupnya.

Diketahui jika tubuh menghirup aroma wewangian herbal maka dapat meningkatkan aktifitas otak dalam berkonsentrasi, mengembalikan kesadaran, mencegah stres dan mampu memberi efek nyaman.

Caranya kamu dapat lansung menghirup aroma lengkuas secara langsung atau dengan merebusnya yang kemudian menghirup uap airnya.

10. Manfaat lengkuas dalam kesehatan otak.

Kandungan senyawa antioksidan dalam lengkuas diketahui dapat mengurangi yang namanya penumpukan plak beta-amyloid pada otak, tak sampai disitu saja lengkuas juga mampu memperlambat atau mencegah timbulnya penyakit neurodegeneratif di kemudian hari.

Salah satu dari penyakit tersebut bisa membuat kerusakan sel saraf di otak yang dapat menyebabkan gangguan pada sistem gerak tubuh dan fungsi mental lainya.

11. Lengkuas obat meredakan gejala asma.

Asma adalah penyakit yang cukup sulit di sembuhkan dan akan mudah kambuh kembali sewaktu-waktu. Jika sudah kambuh maka penderitanya harus mengkonsumsi obat-obatan yang telah diberikan oleh dokter.

Nah jika kamu tertarik, kamu bisa menggunkan rimpang tanaman ini sebagai obat herbal untunk meredakan gejala sesak nafas dan asma ketika menyerang.

 Cobalah untuk menghirup aroma uap dari air rebusan lengkuas dan meminumnya selagi hangat.

12. Manfaat lengkuas dalam mengatasi alergi.

Beberapa gejala alergi seperti gatal pada kulit, ruam, kemerahan pada kulit dan bersin-bersin dapat di atasi dengan lengkuas loh. 

Jika kamu sedang mengalami masalah alergi pada area kulit cukup gunakan parutan lengkuas yang sudah halus dan ratakan pada kulit.

Sedangakan untuk gejala bersin-bersin dan flu kamu dapat mengkonsumsi air rebusanya dan menghirup uap panasnya beberapa kali.

 

13. Mengatasi masalah penceranaan.

Sedang mengalami masalah sakit perut? Jangan terlalu terburu-buru untuk minum obat, cobalah untuk menggunakan lengkuas. Diketahui lengkuas dapat menjadi obat untuk mengatasi permasalahan pada gangguan pencernaan. Terdapatnya kandunga senyawa yang bersifat antimikroba dan bakteri pada akar lengkuas sehingga dapat menjadi obat sakit perut.

Kandungan tersebut mampu befungsi dalam membunuh bakteri jahat, kuman dan patogen lainya penyebab sakit perut, sembelit maupun diare. Nah jika kamu tertarik, cobalah untuk membuatnya sendiri loh dirumah.

14. Dapat digunakan sebagai minyak urut.

Salah satu manfaat lengkuas berikutnya yaitu dapat di jadikan dalam ramuan minyak urut. Terdapatnya banyak kandungan minyak atsiri pada rimpang tanaman satu ini yang dapat berguna untuk tubuh salah satunya dalam pengobatan urut tradisional.

Ada dua cara pengolahan yang dapat kamu coba, yang pertama dengan memarut lengkuas hingga menjadi adonan dan di tambahkan beberapa bahan lain seperti jahe dan minyak kelapa, kemudian dapat langsung di gunakan.

Cara kedua yatiu dengan mengeringkan lengkuas di bawah terik matahari hingga mengering, setelah mengering masukan lengkuas ke dalam botol dan diberi minyak kelapa, setelah itu simpan untuk digunkan nantinya. Semakin lama disimpan maka kandungan minyak atsiri yang ada pada lengkuas akan lebih banyak keluar. 

Penggunaan lengkuas pada kulit di ketahui dapat melemaskan otot yang keram dan kejang, mengatasi kelelahan, memberi rasa hangat serta mampu memperbaiki kerusakan otot dengan memperlancar peredaran darah.

Nah itulah beberapa manfaat lengkuas yang harus kamu ketahui, jangan sampai kamu sering menggunkanya akan tetap tidak tahu apa saja khasiatnya untuk tubuh.

Untuk informasi tentang manfaat lengkuas akan diperbaharui jika terdapat manfaat lainya yang diberikan untuk tubuh. Selain itu kamu dapat mencari tanaman herbal lainya pada kolom healty99.com.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i