12 Manfaat Lempuyang yang Harus Wajib Kamu tahu.

Ketahui manfaat lempuyang

manfaat lempuyang

Lempuyang-Zingiber zerumbet merupakan termasuk kedalam kategori tanaman rempah-rempah berkhasiat. Sama halnya seperti tanaman rimpang lainya, lempuyang dibudidayakan untuk di manfaatkan bagian akar (umbi) sebagai bahan baku industri obat-obatan dan jamu tradisional. Diketahui tanaman satu ini terbagi ke dalam 3 varietas, yaitu lempuyang pahit (Zingiber amaricanus BL), lempuyang gajah (Zingiber zerumver Sm), dan lempuyang wangi (Zingiber araomaticum Val). Ketahui manfaat lempuyang lebih lanjut.

Walau tidak sepopuler dengan tanaman rempah lainya seperti jahe, kunyit, laos dan temulawak, bukan berarti manfaat lempuyang jauh diantara tanaman lainya. Diketahui lempuyang mengandung senyawa bioaktif metabolit seperti alkaloid, saponin, flavanoid, polyphenol, serta minyak esensial berupa hemulene, caryophyllene, zingiberene, dan zerumbone. Selain itu terdapat juga akan kandungan berupa seskuiterpen, monoterpen, dan senyawa fenolik yang menjadi ciri khas tanaman ini.

Lantas dengan terdapatnya banyak kandungan senyawa pada lempuyang apa saja sih dampak kesehatan yang akan di berikan? Nah, berikut beberapa manfaat lempuyang yang telah dirangkum dari beberapa sumber sehingga dapat memepermudah pencarian kamu.

Beberapa manfaat lempuyang untuk kesehatan.

1. Mengatasi masalah pada pencernaan.

Nah jika sudah begitu jangan terlalu buru-buru untuk mengkonsumsi obat-obatan instan, ada baiknya kamu mencoba ramuan tradisional seperti lempuyang. Manfaat lempuyang dapat kamu jadikan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah pada area pencernaan seperti sembelit, sakit perut, diare dan mencret.

Hal tersebut bukan tanpa sebab, terdapatnya kandungan pada lempuyang yang mampu bersifat sebagai antiinflamasi, antimikroba, antiradang, sehingga mampu berguna untuk membunuh segala patogen baik itu virus, kuman dan bakteri yang masuk kesaluran pencernaan.

2. Manafaat lempuyang mampu menurunkan kadar gula darah.

Gula atau glukosa pada dasarnya sangat di butuhkan oleh tubuh karena berguna dalam pembentukan jaringan dan sebagai sumber energi, akan tetapi jika kadar gula dara meningkat dan bahkan melebihi dari batas normal justru dapat menimbulkan masalah kesehatan lainya.

Jika sudah begitu suatu pencegahan adalah hal yang paling baik untuk menghindari penyakit diabetes di kemudian hari. Pencegahan tersebut dapat kamu lakukan dengan menggunkan bahan-bahan alami atau herbal yang mudah di dapat. 

Salah satu bahan alami tersebut ialah tanaman lempuyang, kamu bisa memanfaatkan bagian rimpang lempuyang sebagai obat herbal untuk menurunkan kadar gula darah secara bertahap.

Diketahui dari hasil sebuah penelitian pada tanaman lempunyang, terdapat kandungan ekstrak etanol di bagian akar tanaman satu ini yang efektif dalam mengurangi persentase kadar gula darah didalam tubuh dan manfaat yang sama juga akan didapat pada jenis lempuyang lainya.

3. Meningkatkan nafsu makan.

Manfaat lempuyang berikutnya yaitu dapat menjadi penganti asupan suplemen obat penambah nafsu makan pada anak maupun orang dewasa. Umumnya tanaman yang di ketahui dapat meningkatkan nafsu makan ialah temulawak, kunyit dan pare, namun manfaat tersebut juga bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi tanaman satu ini.

Cara pengolahanya pun terbilang mudah, berikut langkah-langkahnya. 

Siapkan 6 buah lempuyang berukuran sedang kemudian bersihkan, 1 ruas jahe, 1 gula merah jawa ukuran kecil, 1 biji asam jawa dan ari 250 ml. 

Haluskan lempuyang dan jahe kemudian beri air 250 ml dan saring ampasnya, siapkan panci dan rebus semua bahan di atas menjadi satu hingga mendidih. Setelah mendidih siapkan gelas dan saring kembali jika terdapat serbuk kotoran dan selesai, ramuan jamu lempuyang siap dinikmati.

Untuk mendapatkan manfaat lempuyang dalam menambah nafsu makan ada baiknya konsumsi sehari sekali hingga adanya perobahan pada diri kamu atau dengan bertambahnya berat badan.

4. Manfaat lempuyang dalam mencegah penyakit kanker.

Hasil studi terhadap tanaman lempuyang yang telah di lakukan berhasil mengungkap fakta bahwa tanaman satu ini diketahui terdapat kandungan berupa esktrak etanol yang memiliki sifat antikanker cukup potensial serta bebera antioksidan. 

Baca juga : 

Sayangnya hasil penelitian ini masih belum cukup kuat dan masih perlu terus diteliti untuk kedepanya. Namun sebagai gantinya kamu bisa menggunakan manfaat lempuyang untuk obat alternatif kemungkinan dalam pencegahan terhapat masalah penyakit kanker, tumor atau penyakit lainya.

5. Lempuyang mengatasi infeksi dan parasit di dalam tubuh.

Terdapatnya kandungan pada bagian akar tanaman lempuyang yang diketahui dapat melawan serangan seperti parasit, kuman dan lainya yang masuk kedalam tubuh. Selain itu lempuyang juga aman di konsumsi pada anak-anak dan dapat menjadi obat untuk mengatasi masalah cacingan pada pencernaan.

Cara membuat ramuanya sangat mudah, cukup peras sari dari akar lempunyang kemudian tambahkan madu atau gula merah untuk membuat rasa lebih manis, lalu minumkan ke anak kira-kira sehari dua kali setengah gelas untuk 3 hari kedepan.

6. Manfaat lempuyang dapat digunakan untuk menurunkan berat badan.

Belum diketahui pasti akan kebenaran tanaman lempuyang dapat mengatasi berat badan yang berlebih, namun jika di lihat dari jenis tanamanya yaitu empon-empon yang kerap kali digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat penurun berat badan, bukan tidak mungkin khasiat yang diberikan akan sama hasilnya.

Nah jika kamu sedang menjalankan program diet atau ingin menurunkan berat badan tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi ramuan jamu yang terbuat dari lempuyang, selain berasal dari bahan alami dengan tanpa adanya tanpa proses pabrik membuatnya lebih aman jika di konsumsi rutin.

7. Manfaat lempuyan meredakan gejala peradangan.

Beberapa jenis perandangan seperti sakit tenggorokan, panas dalam, sakit perut, maag, dan gangguan pada usus dapat diatasi dengan mengkonsumsi ramuan lempuyang dan jahe.

Selain itu kandungan minyak atsiri pada lempuyang juga diketahui dapat melindungi tubuh terhadap luka seperti maag, luka pada usus dan lainya.

8. Lempuyang baik untuk ginjal.

Manfaat lempuyang selanjutnya yaitu dapat membantu kerja ginjal dalam memperoses cairan tubuh yang berlebihan dan membuang zat-zat yang sudah tidak berguna dalam bentuk urine.

Tak hanya itu kandungan dari ekstrak lempuyang diketahui juga dapat membuat organ ginjal lebih sempurna dalam menyaring racun, zat kimia, membantu dalam mengontrol sel darah merah serta mencegah penumpukan mineral garam pada saluran ginjal maupun kandung kemih, sehingga resiko penyakit batu ginjal dan radang ginjal dapat di cegah.

9. Mengatasi ganguan seperti meriang, mual, masuk angin dan demam.

Sama halnya dengan jahe lempuyang juga mempuyai khasiat yang sama yaitu dapat mengatasi masalah yang telah disebutkan tadi. Jika kamu sedang merasakan gejala akan sakit cobalah untuk mengkonsumsi ramuan jamu lempuyang, dengan begitu dapat membantu meringgankan gejala sehingga tidak terlalu menggagu aktifitas harian kamu.

Baca juga :

10. Mencegah penuaan dini.

Manfaat lempuyang satu ini jangan sampai dilewatkan. Manfaat tersebut ialah kemampuan dari lempuyang yang mampu meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak, terutama pada lapisan kulit terdalam.

Salah satu caranya yaitu kamu dapat menggunakan lempuyang sebagai masker pada kulit tubuh, beberapa manfaat lempuyang untuk kulit ialah mampu mengurangi kerutan, menyamarkan noda hitam, mengangkat sel kulit mati, menyamarkan kerutan serta dapat mengatasi bisul dan jerawat pada kulit.

11. Manfaat lempuyang untuk melancarkan peredaran darah.

manfaat lempuyang untuk melacarkan peredaran darah

Lempuyang dapat menjadi obat alami untuk melacarkan peredaran darah, hal tersebut karena terdapatnya  kandungan senyawa antioksidan dan beberapa senyawa lainya yang diketahui mampu melunturkan plak-plak lemak yang menempel pada saluran pembuluh darah.

Tak sampai di situ saja lempuyang juga dapat mencegah penggumpalan sel darah merah yang akan membeku sehingga masalah seperti hipertensi dan ganguan lainya dapat di cegah lebih awal.

12. Manfaat lempuyang dalam mengurangi nyeri saat haid.

Manfaat lempuyang satu ini cocok untuk para wanita yang sedang menjalankan masa haid. Cobalah untuk mengkonsumsi ramuan jamu kunyit setiap harinya selama haid sedang berlangsung.

Hal ini karena di karenakan senyawa yang ada pada lempuyang di ketahui mampu mengurangi ion kalsium yang mengarah pada dinding sel rahim serta mengurangi produksi hormon rasa sakit dan membantu melancarkan pembuangan darah kotor.

Nah itulah beberapa manfaat lempuyang yang telah dirangkum untuk kamu. Pada dasarnya setiap orang bebas untuk memilih bagaimana cara mengatasi masalah kesehatan ataupun menjaga tubuh agar tidak mudah sakit. Beberapa cara dapat di mulai dari melaukan pola hidup sehat, mengkonsumsi obat-obatan atau dengan ramuan tradisional herbal alami.

Carilah cara yang terbaik untuk kamu dalam menggapai sehat, karena sehat adalah harga yang tak ternilai. Informasi lainya tentang tanaman herbal dapat kamu di artikel lainya. Sekian dulu pembahasan kali ini tentang manfaat lempuyang.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i