CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Lempuyang Untuk yang Mengkonsumsinya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Manfaat Lempuyang Untuk yang Mengkonsumsinya

gambar pohon lempuyang
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Lempuyang (Zingiber zerumbet) merupakan tanaman yang lebih dikenal sebagai rempah-rempah berkhasiat. Sama halnya seperti rerimpangan lainnya, lempuyang banyak dibudidayakan untuk digunakan bagian umbi akarnya, baik itu untuk bahan baku industri obat hingga jamu tradisional.

Bagi yang tidak biasa atau belum pernah melihat, mungkin akan sedikit sulit dalam membedakan lempuyang, terlebih lagi ia memang mirip dengan jahe biasa.

Selain itu terdapat tiga jenis tanaman lempuyang yang bisa kamu ketahui, diantaranya L. pahit (Zingiber amaricanus BL), L. gajah (Zingiber zerumver Sm), dan L. wangi (Zingiber araomaticum Val).

Walau tidak sepopuler jahe, kunyit, laos dan temulawak. Namun bukan berarti bahwa manfaat lempuyang jauh diantara tanaman lainnya.

Tanaman herbal satu ini mempunyai khasiat yang sangat luar biasa, tak heran banyak orang mencarinya untuk digunakan dalam keperluan pengobatan. 

Kandungan Lempuyang

Berikut beberapa kandungan yang bisa kamu ketahui :

  1. Alkaloid
  2. Karbohidrat
  3. Saponin
  4. Protein
  5. Serat
  6. Flavonoid
  7. Kalium
  8. Polyphenol
  9. Magnesium
  10. Kalsium
  11. Vitamin C

Tidak hanya itu saja, ada pun kandungan minyak esensial seperti hemulene, caryophyllene, zingiberene, seskuiterpen, monoterpen, dan zerumbone.

Nah, melihat banyaknya kandungan pada lempuyang, lantas apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Untuk itu yuk kita simak di bawah ini.

Manfaat Lempuyang

Gambar akar rimpang lempuyang

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan dapat terjadi oleh siapapun, baik itu gangguan berupa sakit perut, diare, mencret, kram atau sebagainya.

Banyak orang kerap menggunakan obat-obatan instan dalam mengatasi hal ini. Namun jika kamu tertarik mungkin bisa mencoba cara yang lebih alami, salah satunya ialah menggunakan ramuan lempuyang.

Tanaman herbal satu ini mempunyai ke efektivitasan layaknya seperti obat antiiflamasi, antiradang, antibakteri serta antidiare, untuk itu tidak ada salahnya jika kamu menggunakanya sebagai salah satu cara mengatasi gangguan pencernaan.

2. Menurunkan kadar gula darah

Menurut sebuah hasil penelitian, mengemukakan bahwa ekstrak dari rimpang lempuyang diketahui mampu mengurangi kadar gula atau glukosa darah sekaligus menjaganya agar tetap stabil.

Manfaat ini tentunya bisa menjadikan lempuyang sebagai salah satu bentuk obat alami, yang mempunyai kemampuan dalam mencegah resistensi insulin dan masalah diabetes.

3. Meningkatkan nafsu makan

Manfaat lempuyang selanjutnya ialah bisa meningkatkan nafsu makan pada anak dan orang dewasa.

Walau mempunyai rasa yang cukup pahit, namun khasiatnya sudah terbukti ampuh loh. Kamu bisa mencobanya dengan mengkonsumsi secara teratur seperti minum jamu kunyit atau temulawak.

4. Mencegah penyakit kanker

Menurut sebuah penelitian Farmakologi-Farmasi Klinik, ITB, kandungan etanol pada akar lempuyang wangi diketahui memiliki potensi seperti obat antikanker.

Selain itu kandungan zarumbone dalam tanaman satu ini seperti senyawa terpenoid mempunyai ke efektivitasan sebagai antioksidan dan antiinflamasi alami.

Walau pada kenyataan penelitian masih sebatas pada hewan, namun ini bisa menjadikan indikasi bahwa lempuyang memiliki kemampuan yang berpengaruh terhadap perkembangan kanker.

5. Mengatasi infeksi

Lempuyang mengandung beberapa senyawa bersifat antiinflamasi yang  dapat mengatasi masalah peradangan, baik akibat dari infeksi bakteri atau virus yang masuk kedalam tubuh.

Oleh karena kemampuanya, tanaman herbal ini bisa digunakan dalam upaya mengatasi gejala yang muncul akibat peradangan, seperti halnya demam, pembengkakan dan nyeri.

6. Menurunkan berat badan

Tahukah kamu, mengkonsumsi ramuan herbal lempuyang bisa membatu dalam menurunkan berat badan loh. 

Namun tentunya ini harus di imbagi dengan makan-makanan yang sehat serta mempunyai waktu olahraga yang cukup.

Jika hanya meminum ramuan saja maka hal ini tidak akan begitu efektif selayaknya kamu inginkan.

7. Meredakan gejala peradangan

Beberapa jenis perandangan seperti sakit tenggorokan, panas dalam, sakit perut, maag, dan gangguan pada usus dapat diatasi dengan mengkonsumsi ramuan lempuyang dan jahe.

Khasiat ini didapat karena kandungan minyak atsiri pada lempuyang juga diketahui mampu melindungi tubuh terhadap terhadap gejala peradangan.

8. Baik untuk ginjal

Lempuyang diketahui dapat membantu tubuh dalam melakukan detoksifikasi, yaitu sebuah proses pembuangan racun dalam tubuh.

Dalam hal ini tentunya dapat membantu meringankan organ ginjal dalam menyaring cairan metabolisme dan zat-zat yang sudah tidak digunakan lagi.

Disisi ini juga dapat berguna untuk mencegah berbagai infeksi pada area saluran kencing.

9. Mengatasi mual, meriang dan masuk angin

Mual, meriang dan masuh angin merupakan gangguan kesehatan ringan yang dapat menyerang kapan pun.

Walau tidak berbahaya namun ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, dan bisa menurunkan semangat.

Sebagai alternatifnya, mungkin kamu bisa mencoba mengkonsumsi ramuan lempuyang untuk mengatasinya jika mulai terasa gejala.

10. Mencegah penuaan dini

Manfaat lempuyang selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan ialah mampu mencegah penuaan diri loh.

Bukan tanpa sebab, pasalnya tanaman herbal rhizoma ini mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. 

Tentunya ini sangat berguna untuk mencegah radikal bebas yang bisa merusak jaringan sel kulit, dan sekaligus membantu meregenerasi kerusakan kulit lebih cepat. 

Kamu bisa memanfaatkanya dalam bentuk masker atau dikonsumsi secara teratur.

11. Melancarkan peredaran darah

Mengkonsumsi jamu herbal yang terbuat dari bahan-bahan rempah seperti lempuyang dan lainnya, terbukti bisa melancarkan peredaran darah dan mengatasi masalah hipertensi.

Khasiat ini memang sudah lama dipercaya oleh setiap orang, itulah sebabnya banyak dari mereka rutin mengkonsumsi jamu yang berbahan dasar rempah temu-temuan.

12. Meredakan nyeri saat haid

Lempuyang mempunyai kemampuan sifat antiinflamasi dan antiperadangan, ini sebabnya bisa digunakan untuk meredakan nyeri saat haid atau menstruasi.

Sebagai bentuk percobaan, kamu bisa mengkonsumsi setiap hari selama masa haid berlangsung.

Lempuyang juga efektif dalam mengurangi ion kalsium yang mengarah pada dinding sel rahim, serta mengurangi produksi hormon rasa sakit dan membantu melancarkan pembuangan darah kotor.

13. Mengatasi nyeri sendi 

Menurut pakar penelitian, sifat antiradang dan antinflamasi pada lempuyang juga dapat meredakan nyeri, termasuk nyeri sendi dan tulang.

Nyeri sendi pada dasarnya terjadi akibat adanya peradangan pada area sendi atau osteoarthritis.

Kondisi ini biasanya akan mereda dengan sendirinya melalui perawatan mandiri di rumah, contohnya hanya dengan istirahat yang cukup dan kompres dengan dingin pada area yang bengkak atau nyeri.

Namun, kamu juga bisa minum ramuan lempuyang untuk membantu meringankan masalah tersebut. 

Nah, itulah beberapa manfaat tanaman herbal lempuyang untuk kesehatan.

Kamu bisa mengkonsumsinya untuk merasakan khasiat secara langsung dengan cara mengolahnya menjadi jamu atau minuman herbal.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com.

ref : wikipedia*

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i