Kumpulan Tanaman Herbal Dedaunan serta Manfaatnya.

Tanaman herbal daun atau dedaunan.

Tanaman herbal daun atau dedaunan merupakan jenis tanaman yang kerap kali di manfaatkan bagian daunnya sebagai penggunaan yang utama, baik itu digunakan dalam kebutuhan manusia seperti pada bumbu makanan, bahan baku obat-obatan ataupun lainya.

Lantas mengapa hanya digunakan bagian daunya saja? Hal ini karena ada beberapa bagian dari tanaman yang memang tidak semuanya bisa di manfaatkan terlebih lagi akan ada yang paling menonjol dari satu sisi, baik dari segi khasiat untuk para penggunanya, kandungan senyawa yang terkandung hingga beberapa kegunaan lainya. 

Itulah mengapa saya akan mengelompokan beberapa jenis tanaman herbal dedaunan, yang artinya tanaman herbal yang pada bagian daunya bisa di manfaatkan untuk manusia. Terlebih lagi artikel ini dibuat untuk kamu yang memang suka membaca informasi mengenai tanaman herbal.

1. Daun sirih.

daun sirih untuk kesehatan
Sumber foto : pixabay/Piper betle
Daun sirih, siapa yang tidak mengenalnya. Manfaat daun sirih sudah tidak di ragukan lagi terlebih untuk kesehatan manusia. Sirih atau Piper merupakan tumbuhan merambat yang di ketahui berasal dari Indonesia, kebanyakan sirih di tanaman sebagai hiasan di perkarangan rumah yang tentu saja untuk di manfaatkan bagian daunya.

Daunya mengandung minyak atsiri berupa seskuiterpen, pati, diatase, gula, zat samak serta kavikol yang bersifat mampu membunuh kuman, antifungi, antibakteri, antiseptik serta antiradang. 

Kamu bisa menggunakan tanaman daun sirih sebagai obat tradisional baik dari luar maupun dari dalam tubuh. Beberapa manfaat dari daun sirih yang di yakini yaitu mengatasi asma, batuk, demam berdarah, masalah keputihan, luka kulit, penyakit kulit, bau mulut, radang gusi, pendarahan di hidung (mimisan) serta masih banyak lagi.

2. Daun manggis.

manfaat daun manggis
Manggis (Garcinia mangostana) atau di kenal juga dengan pohon hijau abadi yaitu pohon yang jarang menggugurkan daunya secara serentak di setiap musim, tanaman satu ini tumbuh pada kawasan yang mempunyai iklim tropis dan di yakini berasal dari Semenanjung Malay hingga Nusantara.

Pada umunya manggis di budidayakan hanya untuk di ambil buahnya saja, buahnya bulat dengan warna kulit merah hati (merah gelap) dengan daging buah berwarna putih, lembut mempunyai rasa asam manis.

Ciri unik pada buah manggis ialah jumlah daging buahnya dapat di hitung dari luar kulitnya, dan tahu kah kamu bahwa buah manggis merupakan buah yang mengandung senyawa antioksidan tertinggi dari semua jenis buah-buahan, tak hanya itu saja kulit buahnya juga banyak di gunakan dalam bahan baku pembuatan suplemen obat-obatan.

Walau daging buah manggis dan kulit luarnya mempunyai manfaat yang besar namun ada satu pemanfaatan lain dari pohon manggis yang tidak bisa di anggap remeh yaitu daunya. Bagian daun mangis di klaim dapat mencegah penyakit kanker, gula darah tinggi, menurunkan tensi, meningkatkan daya tahan tubuh hingga masalah pencernaan.

Umumnya pemanfaatan daun manggis adalah alternatif lain saat pohon belum menghasilkan buah, karena memang manggis termasuk tanaman musiman dan terkadang buahnya menyusut sehingga di perlukan waktu.

3. Daun sirsak.

daun sirsak yang kaya manfaat
Tanaman herbal daun satu ini pastinya sudah kalian kenal akan manfaatnya bukan? Sirsak atau durian belanda (Annona muricata) merupakan tanaman berguna dari Karibia, Amerika tengah dan Selatan, termasuk dalam tanaman tropis sehingga dapat tumbuh di Indonesia.

Pohon sirsak di budidayakan secara komersial untuk di ambil buahnya, buahnya berwarna hijau yang di selimuti duri-duri tumpul, dengan daging buah berwarna putih berasa asam manis serta mempunyai biji hitam mirip dengan biji sawo, bijinya di ketahui senyawa anonaine, asam hidrosianat yang sebaiknya jangan sampai tertelan.

Buah sirsak mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan, namun yang akan kita bahas ialah bagian daunya, ekstrak dari daun sirsak kering banyak di gunakan dalam pembuatan suplemen obat karena akan khasiatnya. 

Beberapa penyakit yang di ketahui dapat di talangi dengan daun sirsak ialah diabetes, kanker, penyakit paru-paru, asam urat, masalah kesuburan, masalah pencernaan hingga kolesterol.

4. Cocor bebek.

tanaman obat daun cocor bebek
Cocor bebek (Kalanchoe pinnata) merupakan tanaman yang termasuk dalam jenis sukulen, yaitu tanaman yang menyimpan cadangan nutrisi pada daun dan batang layaknya kaktus yang kamu ketahui. 

Cocor bebek umumnya di tanam hanya untuk tanaman hias di dalam pot, namun perlu kamu ketahui bahwa cocor bebek juga dapat di gunakan sebagai obat tradisional yang bermanfaat loh.

Tanaman satu ini tergolong sangat bandel di mana dapat tumbuh walau pada dataran kering, tak hanya itu saja pertumbuhanya terbilang cepat sehingga di tempat asalnya sana Madagaskar cocor bebek di anggap tanaman yang invasif akan pertumbuhanya.

Beberapa pemanfaatan cocor bebek terletak pada bagian daunya, daun di tumbuk hingga halus kemudian di gunakan sebagai obat tradisonal. 

Beberapa penyakit yang di ketahui dapat di atasi dengan tanaman herbal daun satu ini ialah demam, masalah pencernaan, peradangan, luka, bisul bernanah, jerawat, diabetes dan masih ada banyak lagi.

5. Kelor.

obat alami dari daun kelor
Pohon yang kononya jika di tanam di depan rumah dapat menangkal nasib buruk serta bisa di gunakan untuk mengusir setan. 

Kelor atau biasa di sebut merunggai merujuk pada pohon dengan nama latin Moringa oleifera dari suku Moringaceae. Berdaun rimbun dengan pertumbuhanya yang terbilang cepat serta dapat berbunga sepanjang tahun.

Untuk manfaat daun kelor sayangnya masih banyak yang belum mengetahui akan khasiat yang di berikan, menurut sebuah studi dari WHO kandungan vitamin C pada daun kelor melebihi dari pada buah jeruk yaitu 7x lebih besar, 4x lebih banyak protein ketimbang susu dan 3x lebih banyak potasium pada pisang. 

Sedangkan untuk khasiat daun kelor sendiri di klaim dapat mengatasi masalah gula dalam darah, masalah peradangan, masalah tekanan darah, mengegah kanker serta meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Sambung nyawa.

tanaman obat daun sambung nyawa
Tanaman herbal daun sambung nyawa, daun dewa atau akar sebiak yaitu merujuk pada tanaman semak rimbun dengan nama ilmiah (Gynura procumbens) dari keluarga asteraceae. Sambung nyawa biasanya di tanaman di sekitar perkarangan rumah sebagai tanaman pagar.

Untuk pemanfaatan tanaman satu ini terletak pada bagian daun dan kulitnya dimana bagian tersebut di konsumsi sebagai lalapan ataupun di jadikan ramuan obat, sedangkan dalam industri obat tanaman satu ini di ekstrak dalam bentuk kemasan kapsul suplemen. 

Beberapa masyarakat menggunakan khasiat tanaman sambung nyawa untuk mengatasi masalah kesehatan mulai dari batuk, radang tenggorokan, tekanan darah, hipertensi hingga di klaim dapat mengatasi tumor dan kanker.

7. Pandan wangi.

tanaman herbal daun pandan wangi
Daun pandan atau pandan wangi, mendengar namanya saja pasti kalian sudah mengetahuinya. Pandan wangi (Pandanus amaryllifolius)  merupakan tanaman monokotil dari keluarga Pandanaceae. Umunya pandan wangi mudah di jumpai baik itu pada pinggiran selokan, semak dan kebun dengan tingkat kelembaban yang cukup atau teduh.

Pemanfaatan pandan wangi jika di tanam hanya sebatas pada bagian daunya saja, daunya berwarna hijau pekat dan mempunyai aroma wangi yang khas sehingga banyak di gunakan sebagai pewarna dan pengharum pada makanan.

Namun manfaat tanaman pandan tak sebatas hanya sebagai pewarna maupun pewangi makanan saja, beberapa manfaat kesehatan yang dapat di ambil dari tanaman satu ini ialah sebagai obat kanker, mengatur gula darah, menetralkan racun, obat alami demam, mengatur tekanan darah hingga manfaat lainya yang baik untuk kulit.

8. Mint.

tanaman herbal daun mint
Mint merupakan tanaman yang di ketahui terbagi menjadi 25 spesies dan semuanya tersebar di seluruh dunia. Umunya tanaman satu ini tumbuh liar di tempat-tempat sejuk namun kini adapun pembudidayaan terhadap tanaman mint yang nantinya di ambil bagian daunya.

Pemanfaatan daun mint banyak di gunakan dalam makanan, minuman, pasta hingga permen. Tak hanya itu saja daun mint juga aman di konsumsi selagi mentah baik itu sebagai lalapan ataupun campuran salad. 

Mengkonsumsi daun mint dalam jumlah cukup di yakini dapat memberi manfaat yang baik untuk kesehatan, salah satu contohnya yaitu merawat kesehatan gigi, meningkatkan kinerja otak, mengurangi stres, mengatasi sakit kepala dan melancarkan program diet kamu.

9. Kumis kucing.

Manfaat daun kumis kucing
Tentang khasiat tanaman kumis kucing sebagai obat tradisional memang sudah tidak di ragukan lagi, salah satu contohnya yaitu dapat mengatasi penyakit asam urat, diabetes, mengeluarkan racun, tekanan darah tinggi dan masih ada banyak lagi.

Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) termasuk kedalam keluarga Lamiaceae/Labiatae asli dari Indonesia yang di tanam untuk di ambil bagian daunya sebagai obat. Baik daun kering atapun basah sama saja dan dapat digunakan sebagai bahan baku obat tradisional.

10. Tumbuhan meniran.

Manfaat tanaman liar meniran
Tahukah kamu dengan meniran? Meniran (Phyllanthus urinaria) merupakan tanaman liar yang sebenarnya dapat dengan mudah di jumpai, pasalnya tanaman satu ini memang sangat mudah tumbuh di sembarang tempat, baik itu di hutan, semak blukar, dalam pot kembang hingga perkarangan rumah. 

Bentuk tanamanya sendiri tegak lurus, dengan daun yang tumbuh menyirip serta mempunyai buah yang mengantung di sepanjang tangkai daun. Untuk pemanfaatanya terletak pada bagian daunya dimana daunya mengandung senyawa zar penyamak, antiinfalamasi, antiradang, filatin dan  atioksidan.

Penggunaan tanaman satu ini sebagai obat jarang di ketahui sehingga terkadang hanya di basmi layaknya gulma liar, beberapa manfaat yang di ketahui dari tanaman meniran ialah mampu mengatasi disentri, malaria, ayan, demam, batuk dan masih banyak lagi. 

11. Daun salam.

manfaat daun salam
Sumber foto : iStock.
Tanaman satu ini pasti sudah kalian ketahui tentunya, yap daun salam. Umumnya pohon satu ini di tanam untuk di manfaatkan bagian daunya sebagai bumbu pada masakan dan obat tradisional, tak hanya itu saja loh, pohon salam juga menghasilkan buah mungil yang berukuran sekitar 0,5 cm berwarna merah dan mempunyai rasa manis dengan sedikit kelat saat sudah matang.

Untuk penggunaan tanaman satu ini tak sebatas dalam penggunaan dalam bumbu masakan saja, untuk mendapatkan khasiat lain dari daun salam kamu bisa melakukan dengan cara merebusnya menggunakan air yang kemudian di konsumsi. 

Daun salam di ketahui mengandung banyak senyawa berupa Vitamin C, A, asam folat, besi, mangan. magnesium serta beberapa mineral lainya. Mengkonsumsi air rebusan daun salam di klaim dapat mengatasi masalah diabetes, mengurangi lemak, memperlancar saluran kencing serta mengatasi darah tinggi.

12. Ketul.

Manfaat tanaman ketul untuk kesehatan
Ketul atau ajeran merupakan tanaman liar berbatang kecil, tegak dengan paling tinggi sekitar 1 m, mempunyai bunga berwarna kuning yang bergerombol pada pucuknya. Diketahui tanaman satu ini bukan berasal dari Indonesia melainkan dari benua Afrika yang kemudian mulai menyebar ke Nusantara sekitar tahun 1800 an.

Di Indonesia sendiri tanaman ini tumbuh tersebar dimana-mana mulai dari kebun, semak-semak, tepian jalan serta disekitar lingkungan, termasuk dalam tumbuhan tropis sehingga sangat cocok tumbuh pada dataran Indonesia.

Beberapa khasiat yang di yakini dari tanaman liar ketul ialah mampu mengatasi sakit gigi, mengatasi sakit kepala, menurunkan kadar gula darah, obat demam serta mampu mengatasi permasalahan kulit seperti bisul dan jerawat.

13. Sembung.

Khasiat daun sembung
Sembung atau capo (Blumea balsamifera) termasuk dalam kategori tumbuhan liar herbal yang menyimpan banyak khasiat, tempat habitat utama tumbuhan ini dapat di temui dengan mudah di hutan, semak belukar, kebun, pingiran sungai atau tebing, bahkan di sekeliling lingkungan pun terkadang dapat di temui.

Mungkin sebagian dari kalian belum atau jarang menggunakan tanaman sembung sebagai obat tradisional, hal tersebut wajar saja pasalnya tanaman satu ini memang lebih sering di anggap gulma penggangu ketimbang menggunakan khasiatnya.

14. Kemangi.

daun kemangi
Tanaman herbal daun selanjutya yaitu kemangi, kemangi merupakan jenis tanaman terna semak yang biasa di konsumsi sebagai lalapan saat menyantap hidangan. Kemangi dapat di bedakan dengan ciri yang khas yaitu mempunyai aroma kuat karena kandungan sitral pada daun dan tangkainya.

Pemanfaatan tanaman kemangi biasanya sekedar hanya sebagai lalapan saja, namun terkadang adapun yang menggunakan sebagai obat tradisional dan campuran bahan dalam masakan. Beberapa khasiat daun kemangi ialah meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, mengatasi masalah peradangan dan mencegah infeksi. 

15. Pohpohan.

tanaman pohpohan
Ada yang familiar dengan tanaman satu ini? Pohpohan (Pilea melastomoides) adalah tanaman yang tersebar mulai dari kawasan Vietnam, Taiwan, India, Indonesia, Sri Lanka dan daratan Tiongkok terutama yang beriklim tropikal. 

Pohpohan merupakan tumbuhan semak rimbun dari family Urticaceae yang di budidayakan untuk di manfaatkan bagian daunya, daunya gunakan dalam olahan masakan, campuran salad dan yang paling utama sebagai lalapan pelengkap saat makan.

Jika kamu penasaran dengan bagaimana bentuk dari daun Pohpohan, sekilas bentuknya hampir sama terlihat seperti daun sirih hijau. Namun memiliki sedikit perbedaan di mana daun Pohpohan mempunyai tekstur lebih kasar dan bergerigi pada permukaan pinggiran daunya. 

Daun satu ini sangati baik untuk pencernaan karena dapat mengatasi masalah sembelit dan sakit perut.

16. Haredong.

tanaman obat haredong
Clidemia Hirta atau di beberapa daerah di Indonesia menyebutnya dengan nama keduduk bulu, haredong, kasapan, bulu babi serta coco bubu. Merupakan tumbuhan liar atau semak yang dapat mudah ditemui dihutan, pingiran sungai, semak belukar, pingiran tebing dan diperkarangan, dengan tinggi batang dapat mencapai 0.5 hingga 3 meter.

Jika kamu perhatikan lebih dekat lagi tanaman haredong di selimutin bulu-bulu halus di seluruh batang dan daunya, sedangkan untuk pemanfaatan tanaman haredong hanya sebatas pada daunya saja. 

Daunya berkhasiat dapat mengobati masalah sariawan, mengatasi demam, mengobati luka serta banyak di gunakan sebagai alat dalam pembersih tubuh saat mandi.

17. Daun pepaya.

Tanaman herbal daun pepaya
Daun pepaya memang telah banyak di gunakan dalam olahan makanan, lalapan hingga menjadi obat tradisional. Mungkin kamu sendiri ada yang engan memakan daun tanaman satu ini pasalnya memang mempunyai rasa pahit yang sangat kuat.

Namun perlu kamu pertimbangkan bahwa walaupun daun pepaya mempunyai rasa pahit yang luar biasa akan tetapi khasiat yang akan kamu dapatkan sangat banyak. Salah satu contohnya daun pepaya dapat menjadi obat untuk mengatasi demam, masalah cacingan serta malaria.

Tak sampai di situ saja mengkonsumsi daun pepaya secara rutin di ketahui dapat menurunkan kadar gula darah, mengatur tekanan darah, mengatasi masalah pencernaan, masalah peradangan, mencegah penyakit kolesterol hingga mampu menjaga daya tahan tubuh agar lebih kuat terhadap serangan penyakit harian.

18. Sukun.

manfaat daun sukun untuk kesehatan
Sumber foto : pixabay.
Tanaman herbal daun selanjutnya yaitu adalah pohon sukun. Walau biasanya pohon satu ini di manfaatkan bagian buahnya sebagai makanan, namun kali ini yang akan di bahas terletak pada bagian daunya.

Ektrak dari daun sukun baik kering atau basah di ketahui mampu bersifat antitoksin yang dapat berguna dalam mencegah pembengkakan limpa, mengeluarkan racun serta menyeimbangkan cairan di dalam tubuh. Pengolahan yang terkenal dari daun tanaman satu ini ialah teh daun sukun. Jika kamu penasaran dengan manfaat daun sukun dapat membacanya di sisi lain artikel.

19. Kenikir.

tanaman obat daun kenikir
Kenikir adalah tanaman semak yang mudah tumbuh, berbatang pipa dengan tekstur bergaris-garis, tinggi tanaman dapat mencapai 1 sampai 2 meter tergantung dari habitatnya, yang khas dari tanaman kenikir ialah mempunyai aroma seperti damar saat di remas.

Pemanfaatan tanaman kenikir biasanya ditanam hanya sebatas untuk di gunakan daunya saja, daunya dapat di manfaatkan sebagai obat tradisional dan lalapan konsumsi. 

Sedangkan dari segi khasiat tanaman satu ini diketahui dapat menjadi obat untuk mengatasi masalah pada pencernaan, masalah tekanan darah, diabetes hingga mampu memperkuat tulang dan otot tubuh.

20. Sambiloto.

daun sambiloto termasuk daun obat.
Sambiloto (Andrographis paniculata) merupakan tanaman yang di kategorikan segabai obat herbal, karena khasiatnya yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Belum di ketahui pasti asal tanaman satu ini namun diduga berasal dari kawasan Asia tropis.

Untuk kandungan dari daun sambiloto yang baru di ketahui pasti berupa saponin, flavanoida, dan tanin serta beberapa kemampuan lainya seperti antiradang, antidiuretik, antiinflamasi dan antioksidan. 

Beberapa masyarakat menggunakan khasiat daun tanaman satu ini untuk mengatasi masalah gula darah, mengatasi demam, melancarkan saluran kencing, radang telinga, sakit perut dan masih banyak lagi.

Informasi tentang manfaat tanaman sambiloto bisa kamu cari disini.

21. Rumput mutiara.

tanaman obat rumput mutiara
Rumput mutiara adalah jenis rerumputan liar yang dapat ditemui di tepi sungai, semak-semak, kebun dan blukar, bahkan mungkin kamu sendiri merasa tidak sadar kalo tumbuhan ini hidup di perkarangan rumah. 

Dengan nama ilmiah (Hedyotis Corymbosa) yang diketahui termasuk dalam family Rubiaceae, tergolong dalam tumbuhan liar herbal yang banyak digunakan untuk bahan pembuatan obat tradisional.

Pemanfaatan tanaman satu ini jarang di ketahui orang, pasalnya memang di anggap tanaman gulma penggangu. Namun khasiat rumput mutiara tidak bisa di anggap sebelah mata, rumput mutiara di klaim dapat menjadi obat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan sel ubnormal lainya di dalam tubuh.

22. Jambu biji.

manfaat daun jambu biji
Tumbuhan satu ini tak hanya selalu di manfaatkan bagian buahnya, bagian dari daun jambu biji juga bisa di gunakan sebagai obat tradisional yang cukup ampuh untuk tubuh. Pemanfaatan daun jambu biji telah di lakukan oleh masyarakat jaman dahulu sebagai obat untuk mengatasi masalah pada pencernaan seperti diare dan sakit perut.

Akan tetapi perlu kamu ketahui juga pemanfaatan daun jambu biji tak hanya sebatas untuk obat sakit perut saja, daunya di ketahui berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat yang berlebih, mengatasi masalah gula darah hingga pembengkakan pada gusi. 

23. Daun cincau.

tanaman obat daun cincau
Cincau (Cyclea barbata) merupakan daun tanaman yang biasa di peras untuk dijadikan bahan baku minuman, ektrak sari daunya mengandung zat yang mampu merubah (mengikat) air menjadi bertekstur kenyal atau jeli. 

Umunya cincau yang di kenal terdapat ada dua macam yaitu cincau hitam dan cincau hijau yang dapat di bedakan berdasarkan warna serta teksturnya saat sudah di olah.

Beberapa manfaat kesehatan yang di ketahui dari mengkonsumsi daun cincau ialah mampu mengatasi masalah panas dalam, melancarkan pencernaan serta baik untuk penderita kanker sebagai asupan nutrisi yang sehat.

24. Teh hijau.

Manfaat daun teh hijau.
Sumber foto : pixabay.
Green tea atau teh hijau, teh hijau sangat populer di negara Jepang namun di Indonesia sendiri ke populeranya kalah dengan teh biasa. Walau sama-sama teh akan tetapi teh hijau dan teh yang sering kita konsumsi memiliki perbedaan yang cukup siknifikan baik dari segi kandungan, warna, aroma, rasa hingga cara mengolahnya.

Teh hijau di ketahui mengandung antioksidan yang lebih tinggi sehingga dapat berkhasiat lebih dalam menjaga kesehatan salah satunya menangkal paparan radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kolesterol serta mampu mengeluarkan zat-zat racun di dalam tubuh. 
 
Untuk manfaat dari daun teh hijau selengkapnya.

25. Kratom.

tanaman obat kratom
Kratom atau biasa di sebut dengan biek dan ketum merupakan tanaman yang masih satu kerabat dengan pohon kopi-kopian dan termasuk dalam family Rubiaceae. Di Indonesia sendiri penggunaan kratom sudah di tetapkan larang keras. 

Bahkan untuk penggunaanya dalam bahan baku pembuatan obat-obatan juga sudah di larang oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia.

Walau mempunyai khasiat dalam mengobati namun efek samping penggunaan kratom yang lebih besar ketimbang manfaatnya sehingga penggunaanya di larang secara sembarangan.

26. Kecubung.

daun kecubung yang berbahaya
Sumber foto : iStock/kecubung.
Kecubung (Datura metel) sama seperti kratom di atas dimana daun kecubung dulunya menjadi obat tradisional untuk pereda rasa sakit, rasa nyeri hingga masalah peradangan. Namun penggunaanya yang menyebabkan ketergantungan mirip dengan narkotika sehingga sekarang sudah di larang keras.

Perlu di ingat hampir semua bagian tanaman kecubung mulai dari daun, kulit, buah hingga bijinya mampu menyebabkan efek mabuk atau sakau yang jika di gunakan dalam jangka panjang memiliki efek negatif untuk kesehatan.

27. Kari.

manfaat daun kari
Sumber foto : pixabay/daun kari.
Daun kari merupakan istilah nama dari pohon dengan nama latin (Murraya koenigii), penyebutan nama daun kari karena memang daun dari tanaman satu ini banyak di gunakan dalam olahan masakan kari, sehingga pengaruhnya sangat besar terhadap makan.  

Tanaman satu ini mengeluarkan aroma yang kuat dari daunya saat di petik, aroma tersebut berasal dari minyak atsiri yang terkandung di dalamnya. 

Pemanfaatan terhadap tanaman kari oleh kebanyakan orang hanya pada bumbu masakan saja, namun tahukah kamu bahwa ekstrak dari daun kari di ketahui dapat menjadi obat untuk mentsabilkan gula darah, menyehatkan jantung, mencegah kanker dan masih ada banyak lagi manfaatnya.

28. Bidara.

tanaman obat daun bidara
Sumber foto : Istockphoto.
Tanaman herbal daun selanjutnya yaitu bidara atau biasa di sebut dara, widara. Merupakan jenis pohon kecil peredu yang tumbuh pada dataran kering. Pemanfaatan tanaman satu ini ialah terletak pada bagian buah, biji dan daunya.

Buahnya banyak diperjual belikan baik selagi segar maupun yang sudah di olah, namun yang akan kita gunakan di sini ialah bagian dari pada daunya itu sendiri. Bagian daun mudanya di petik untuk kemudian di haluskan dan di konsumsi air perasanya sebagai obat tradisional, ada pun cara lainya dalam mengolahnya yaitu dengan merebus menggunakan air hingga mendidih kemudian di minum secara rutin.

Beberapa penelitian mengklaim bawah daun bidara dapat menjadi obat untuk permasalahan kesehatan berupa kolesterol, gula darah, mencegah masalah jantung serta pencernaan.

29. Lidah buaya.

manfaat daun lidah buaya utuk kesehatan.
Sumber foto : pixabay.
Lidah buaya (Aloevera) salah satu tumbuhan yang menyimpan cadangan nutrisi pada daunya, daunya mengandung banyak air dan mineral penting untuk manusia, itulah mengapa tanaman satu ini banyak di budidayakan baik untuk bahan makanan, minuman hingga untuk bahan baku produk kecantikan.

Khasiat daun lidah buaya telah di kenal seluruh dunia karena dapat di gunakan dari dalam maupun luar tubuh, beberapa manfaat dari daun lidah buaya yang terkenal ialah mampu mengatasi masalah pencernaan, mencegah dehidrasi, mengontrol gula darah, memperbaiki jaringan kulit hingga kemampuan dalam meregenerasi sel-sel tubuh.

30. Pohon saga.

manfaat dan kegunaan daun saga
Sumber foto: Istockphoto.
Daun saga (Abrus precatorius) atau di beberapa daerah di Indonesia di kenal dengan nama sage rambat, saga telik ataupun saga areuy, merupakan tumbuhan obat yang kerap kali di gunakan oleh masyarakat dalam mengatasi masalah sariawan. 

Penggunaan tersebut terletak pada bagian daunya, tidak untuk pada bijinya yang berwarna merah. Bijinya lebih dikenal sebagai bahan baku dalam pembuatan aksesoris di Tiongkok.

Perlu di ingat untuk penggunaan tanaman saga rambat baik itu di tanam sebagai tanaman hias ataupun di manfatkan sebagai obat, tanaman satu ini mempunyai kandungan senyawa abrin pada daun dan bijinya, bersifat rancun pada manusia sehingga penggunaanya yang sembarangan dapat menimbulkan efek samping negatif bagi tubuh.

31. Ketepeng.

manfaat daun ketepeng untuk kulit
Daun ketepeng atau ketepeng cina merupakan tanaman berasal dari Amerika bagian tropis yang kemudian menyebar ke berbagai kawasan lainya yang mempunyai iklim tropikal termasuk Indonesia. 

Pemanfaatan tanaman satu ini terletak pada daunya di mana daunya mempunyai kandungan senyawa yang bersifat antifungi, antiseptik, antibakteri, antiradang yang membuatnya lebih banyak di gunakan di luar tubuh.

Salah satu penggunaan tanaman ini ialah untuk mengatasi kurap pada kulit, obat bisu, jerawat, panu, luka dan gatal-gatal.

32. Katuk.

tanaman daun katuk
Sumber foto : istockphoto.
Katuk (Sauropus androgynus) merupakan spesies tanaman yang banyak terdapat di kawasan Asia Tenggara termasuk dalam genus Sauropus dari suku Phyllanthaceae. Di Indonesia tanaman satu ini banyak di manfaatkan bagian daunya dan tangkai mudanya untuk di jadikan bahan masakan.

Daunya banyak mengadung nutrisi salah satunya protein, tinggi serat, vitamin K, B, C, A, besi, kalium, fosfor dan masih banyak lagi yang tentunya baik untuk kesehatn. 

Beberapa kahisat yang di percaya dari mengkonsumsi daun katuk ialah mampu mengontrol gula darah yang berlebih, meningkatkan produksi asi, mengobati luka, melancarkan pencernaan serta meningkatkan daya tahan tubuh.

33. Jeruk purut.

kegunaan daun jeruk purut
Jeruk purut atau nama internasionalnya (Kaffir lime) merupakan salah satu jenis tanaman jeruk yang paling banyak di manfaatkan untuk bumbu penyedap selain jeruk nipis dan lemon. Pemanfaatan tersebut terletak pada bagian buah daun daunya. 

Pada bagian kulit buah dan daunya mengandung minyak atrisi yang kuat sehingga akan mengeluarkan aroma yang khas dari jenis jeruk lainya. 

Salah satu makanan yang sering menggunakan daun jeruk purut ialah gado-gado khas jawa dan beberapa makanan daerah di Indonesia. Penggunaan daun jeruk purut pada makanan mampu membuat ciri khas tersendiri dan rasa yang berbeda dari makanan lainya. Ketahui manfaat daun jeruk lebih lanjut.

34. Daun kunyit.

tanaman herbal daun kunyit
Kunyit tanaman yang kaya akan kandungan kurkuminya, pemanfaatan tanaman satu ini lebih condong ke arah rimpangnya, karena mempunyai kandungan kurkuma atau curcumin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun terlepas dari bagian akar rimpangnya bagian dari pada daunya juga dapat di gunakan loh.

Pemanfaatan daun kunyit dapat berupa campuran bumbu dalam masakan, pembungkus makanan hingga ramuan tradisional. Beberapa khasiat yang di ketahui dari daun tanaman kunyit ialah kemampuan dalam menyembuhkan luka, mencegah perdangan, mencegah diabetes, mengencerkan gumpalan darah dan masih ada banyak lagi.

35. Srikaya.

tanaman obat daun srikaya
Sumber foto : pixabay.
Srikaya dalam bahasa latin di sebut dengan (Annona squamosa) merupakan tumbuhan dari genus Annona yang berasal dari kawasan tropis. Tanaman srikaya di budidayakan untuk dimanfaatkan bagian buahnya, buahnya banyak di perjual belikan selagi masih segar ataupun yang sudah di olah menjadi bahan makanan.

Namun pemanfaatan tak hanya sebatas buahnya saja, beberapa masyarakat ada yang menggunakan bagian daun tanaman sebagai obat tradisional, salah satu manfaat yang di percaya yaitu dapat mengobati nyeri sendi dan penyakit rematik.

36. Kemuning.

manfaat daun kemuning
Sumber foto : Istockphoto.
Kemuning (Murraya paniculata) merupakan tanaman yang berasal dari famili Rutaceae. Pohonya di katakan perdu serta masih bersaudara dekat dengan daun kari. 

Umumnya tanaman satu ini tumbuh liar baik di hutan, semak, hingga kebun namun adapun yang menanamnya sebagai tanaman hias di perkarangan rumah.

Pemanfaatan tanaman kemuning terletak pada bagian daunya, dimana daunya di gunakan dalam pembuatan ramuan tradisional atau obat untuk mengatasi kecing nanah, sakit gigi, masalah keputihan, bisul, jerawat, alergi dan masih banyak lagi. 

37. Seledri.

Manfaat tanaman seledri untuk tubuh
Sumber foto : pixabay.
Mendengar nama seledri pasti kamu sudah tahu, yap seledri merupakan salah satu tumbuhan yang kerap kali di gunakan sebagai penyedap pada makanan dan lalapan, tak hanya itu saja pemanfaatan daun seledri juga kerap kali di gunakan sebagai bahan baku obat tradisional.

Namun alih-alih mengolahnya sebagai ramuan obat, daun seledri kerap kali hanya di makan mentah secara langsung untuk mendapatkan khasiatnya. 

Mengkonsumsi daun seledri secara rutin di klaim dapat menurunkan kadar kolesterol yang berlebihan, melancarkan saluran pencernaan, membantu menurunkan berat badan, menyehatkan organ ginjal serta mencegah pertumbuhan sel kanker.

38. Mangga.

Obat herbal alami dari daun mangga

Tanaman herbal daun selanjutnya yaitu daun mangga, kamu tidak salah dengar, daun mangga memang mempunyai khasiat untuk kesehatan salah satunya yaitu dapat mengatasi masalah pernapasan, obat kumur, meringankan demam dan mengobati masalah di sentri.

Penggunaanya pun terbilang sederhana yaitu hanya dengan merebus daun mangga dengan air yang kemudian air rebusanya di konsumsi secara rutin.

Akan tetapi penggunaan khasiat tanaman mangga entah kenapa semakin di kesampingkan atau kurang banyak peminatnya.

39. Bayam duri.

manfaat daun bayam duri
Jenis bayam duri dengan bayam yang sering kita temui sebenarnya masih satu jenis hanya saja bayam duri dikenal dengan nama ilmiah (Amaranthus spinosus) yang membedakan hanya terdapat duri pada bagian batang tanaman serta ukuran daun yang sedikit lebih kecil. Dari segi rasa sebenarnya tak jauh beda dengan bayam pada umunya.

Untuk kandungan bayam duri mempunyai senyawa amarantin, rutin, spinasterol, tanin, kalium nitrat, kalsium, garam fosfat, zat besi, vitamin, serta beberapa mineral lainya. Sedangkan untuk khasiat daun bayam duri sebelas duabelas dengan bayam lainya jenisnya.

40. Mengkudu.

manfaat daun mengkudu untuk obat tradisional

Siapa yang tak mengenal dengan mengkudu, buah dari pohon satu ini dapat di kenali dengan hanya melihat bagian kulit luarnya yang berbintik atau totol-totol dan pada bagian dalam buah terdapat banyak biji kecil berwarna hitam, selain itu buahnya yang sudah membusuk akan mengeluarkan aroma tak sedap.

Buah mengkudu mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh dan hal yang sama juga di dapat pada bagian daunya. Daun mengkudu kerap kali di guanakan sebagai olahan makanan dan obat tradisional oleh beberapa masyarakat, penggunaan daunya sebagai obat di karenakan dapat mengatasi yang namanya masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Tak hanya itu saja beberapa manfaat dari daun mengkudu lainya yaitu mampu melancarkan siklus menstrusasi, mencegah pertumbuhan sel ubnormal, mengurangi berat badan, mencegah penyakit stroke serta mengatasi encok

41. Pegagan.

tanama herbal daun pegagan
Sumber foto : madical news today.
Pegagan atau antanan (Centella Asiatica) merupakan tumbuhan liar yang bisa hidup di sembarang tempat, terutama tempat-tempat berhabitat sejuk seperti pematang sawah, pingiran jalan, tepian kanal, ladang hingga kebun. Tumbuhan pegagan di ketahui berasal dari kawasan Asia Tropik, termasuk kedalam tumbuhan tropis sehingga pegagan umunya banyak tumbuh di Indonesia.

Manfaat tanaman satu ini sudah sejak lama digunakan, baik itu digunakan dalam bahan baku pembuatan obat-obatan tradisional hingga bahan konsumsi pangan sehari-hari.

Rutin mengkonsumsi daun pegagan mampu mengatasi beberapa masalah penyakit seperti diare, sembelit, nyeri sendi, penuaan dini dan masih ada banyak lagi. Untuk itu bagi kamu yang penasaran dapat membacanya lebih banyak lagi disini.

Itulah beberapa kumpulan tanaman herbal dedaunan serta pemanfaatanya.

Kamu bisa melanjutkan membaca dengan mengklik link aktif yang sudah tertera, informasi artikel tentang kumpulan tanaman herbal dedaunan serta pemanfaatanya akan terus di update dan diperbarui.

Buka Komentar

0 Response to "Kumpulan Tanaman Herbal Dedaunan serta Manfaatnya."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i