CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Daftar Tanaman Obat dan Manfaatnya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Daftar Tanaman Obat dan Manfaatnya

kumpulan tanaman obat

Healty99 - Tanaman obat adalah jenis tanaman yang mempunyai khasiat dalam menyembuhkan, atau dalam biofarmaka dikenal sebagai TOGA (Tanaman Obat keluarGA). Sebagai wilayah yang memiliki iklim tropis Indonesia memiliki aneka ragam kekayaan flora, tak terkecuali dari segi tumbuh-tumbuhan herbal.

Tidak heran jika setiap rumah pasti menemukan beberapa tumbuhan herbal, terlebih lagi masyarakat kita telah sejak lama memanfaatkan tanaman sebagai salah satu metode pengobatan.

Bagian tanaman yang umumnya digunakan dapat meliputi akar, biji, daun, batang, buah, bunga hingga kulit batang. Namun tidak semua bagian tumbuhan dapat digunakan, hanya saja beberapa diantaranya berdasarkan asas dari manfaat yang bersifat menyembuhkan atau berguna bagi manusia.

Penasaran? Berikut beberapa tanaman obat yang sering dicari dan digunakan beserta gambarnya.

Macam Macam Tanaman Obat dan Manfaatnya

Perhatian sebelumnya, harap untuk tidak menggunakan atau mempraktekan secara langsung. Hal ini dikarenakan tidak semua tumbuh-tumbuhan herbal dapat digunakan secara sembarangan, terlebih lagi ditakutkan bisa saja menimbulkan efek samping jika terlalu berlebihan.

1. Jahe

gambar tanaman obat jahe

Yang pertama ada Jahe (Zingiber officinale). Rempah hebal yang dikenal dengan sesasi hangat dan pedas ini memang sangat populer.

Tak heran banyak orang menggunakanya untuk dibuat ramuan herbal, jamu atau minuman penghangat saat cuaca sedang dingin.

Setidaknya ada tiga jenis Jahe yang dikenal oleh masyarakat kita yaitu Jahe merah, emprit dan putih.

Kandungan senyawa Jahe : Karbohidrat, lemak, pati, damar, asam organik (asam malat dan asam oksalat), vitamin (A, B, C), flavonoid, polifenol, dan minyak atsiri (seskuiterpen, zingiberen, zingeron, oleoresin, kamfena, limonen, borneol, sineol, sitral, zingiberal, felandren).

Manfaat dan khasiat Jahe : Menghangatkan tubuh, meredakan sesak nafas, meredakan nyeri dan peradangan, mengatasi infeksi, meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan morning sickness dan membunuh bakteri.

2. Kunyit

tanaman obat kunyit

Siapa yang tidak tahu dengan Kunyit. Rempah dengan warna kuning orange satu ini banyak dicari, baik itu digunakan sebagai bumbu pada masakan, pewarna hingga jamu tradisional.

Setidaknya ada empat jenis tanaman kunyit yang bisa kamu ketahui, dan ke empatnya tersebut dapat dibedakan berdasarkan warna kuning, putih, hitam dan merah.

Kandungan senyawa Kunyit : Kurkumin, minyak atsiri (Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon, zingiberen, felandren, sabinen, borneol dan sineil), lemak, karbohidrat, protein, pati, vitamin C, mineral (zat besi, fosfor, dan kalsium).

Manfaat dan khasiat Kunyit : Antiperadangan, antiinflamasi, antinyeri, mengatasi haid tidak lancar, mengatasi sakit perut, detoks tubuh, rematik, diabetes dan masih banyak lagi.

3. Lengkuas 

tanaman herbal lengkuas

Lengkuas, laos atau kelawas merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang biasa ditemukan pada kawasan Asia. Di Indonesia sendiri Lengkuas sering digunakan sebagai bumbu rempah pada masakan.

Walau begitu sejatinya ia mempunyai manfaat yang tidak kalah penting untuk tubuh, karena ia bisa juga menjadi obat herbal.

Kandungan senyawa Lengkuas : Minyak atsiri (metil-sinamat, sineol, eugenol, kamfer, seskuiterpen) kaemferida dan galangin, kadinen, heksabidrokadalen hidrat, kuersetin, amilum, flavonoid, vitamin A, tiamin, riboflavin, diarilheptanoid dan masih banyak lagi beberapa senyawa dalam jumlah kecil.

Manfaat dan khasiat Lengkuas : Mengatasi diare, menghangatkan otot pegal, meredakan nyeri, mengatasi gangguan pencernaan, meredakan peradangan, antibakteri, dan meredakan sakit tenggorokan.

4. Kencur

tanaman obat kencur

Berikutnya ada Kencur. Tanaman rempah satu ini mudah untuk dikenali, hal ini dikarenakan ia memiliki aroma khas yang kuat serta ukuranya yang kecil namun bergerombol.

Kencur merupakan bagian dari tanaman suku temu-temuan yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu dan jamu herbal, khasiatnya sudah tidak diragukan lagi karena telah digunakan sejak lama.

Kandungan senyawa Kencur : Pati, mineral, minyak atsiri, sineol, asam metil kanil, paraeumarin, asam anisat, alkaloid, penta dekaan, asam sinamat, etil ester, borneol, kamfen, dan gom.

Manfaat dan khasiat Kencur : Mengatasi gangguan pada gigi dan gusi, mengatasi sakit perut, antiradang, obat diare, batuk, mengobati kencing batu, melancarkan peredaran darah dan masih banyak lagi.

5. Bangle

tanaman herbal bangle

Bangle atau Bonglai merupakan salah satu tanaman rempah-rempah anggota suku temu-temuan. Bagian rimpangnya sering digunakan sebagai bumbu dapur dan bahan pengobatan.

Bagi yang tidak biasa mungkin akan sedikit sulit untuk membedakan mana Bangle dan Temulawak, hal ini karena keduanya memang sekilas hampir mirip.

Kandungan senyawa Bangle : Alkaloid, pati, tanin, steroid/triflavonoid, flavonoid, minyak atsiri, saponin, lemak, dan gula.

Manfaat dan khasiat Bangle : Atasi sakit perut, cacingan, mengatasi peradangan, meredakan nyeri, detoks tubuh, mengatur tekanan darah, mengatasi rematik, obat sakit kepala dan meredakan demam.

6. Temulawak

gambar temulawak

Masih dalam keluarga temu-temuan dimana kali ini kamu pasti mengenal dengan yang namanya Temulawak.

Rimpang Temulawak yang berwarna kuning cerah, diketahui mengadung senyawa kurkumin yang banyak dicari karena manfaatnya baik bagi tubuh. 

Itulah sebabnya tanaman herbal satu ini lebih sering digunakan dalam pembuatan jamu dan beberapa obat-obatan tradisional.

Masyarakat Indonesia sendiri mengenal beberapa jenis Temu yang umumnya disebut Temu ireng, Temu mangga, Temu kunci, Temu giring dan Temu putih.

Kandungan senyawa Temulawak : Antioksidan (flavonoid, fenol dan kurkumin), serat, kalsium, kalium, lemak dan minyak atsiri.

Manfaat dan khasiat Temulawak : Meredakan nyeri, antiradang, antiinflamasi, mengatasi gangguan pencernaan, detoks tubuh, osteoartritis, melancarkan aliran darah, diklaim bisa mencegah kanker dan masih banyak lagi.

7. Lempuyang

tanaman obat lempuyang

Lempuyang atau Lempuyang wangi merupakan tanaman herbal rempah-rempah yang memiliki khasiat dalam mengobati.

Bagian yang digunakan ialah rimpangnya, dimana sering diolah menjadi beberapa obat tradisional dan jamu.

Walau kurang dikenal bagi sebagian orang, namun Lempuyang sejatinya memiliki manfaatnya yang tidak bisa diremehkan dari beberapa keluarga temu lainnya.

Kandungan senyawa Lempuyang : Antioksidan polifenol dan flavonoid, vitamin C, karbohidrat, kalium, magnesium, kalsium, serat, protein, minyak atsiri (sesquiterpenoid), saponin dan tanin.

Manfaat dan khasiat Lempuyang : Atasi peradangan dan nyeri, mengobati demam, megatasi gangguan pencernaan, mengontrol gula darah, melancarkan peredaran darah, cegah kanker serta dapat membunuh kuman.

8. Sirih

gambar daun sirih

Dari tanaman rempah keluarga temu-temuan kita lari ke Sirih. Sirih (piper betle) merupakan tumbuhan merambat berdaun cukup lebar. 

Setidaknya ada dua jenis tanaman Sirih yang paling sering digunakan sebagai obat, yaitu Sirih merah dan hijau. Sedangkan jenis lainnya seperti Sirih gading hanya ditanam sebagai tanaman hias.

Pemanfaatan tumbuhan merambat ini sudah digunakan sejak lama, terutama sebagai salah satu metode pengobatan secara teradisional.

Kandungan senyawa Sirih : Minyak atsiri (betlephenol, kavikol, seskuiterpen, hidroksikavikol, cavibetolm estragol, eugenol, dan karvakrol) enzim diastase, gula, alkaloid, flavonoid, steroid, saponin dan tanin.

Manfaat dan khasiat Sirih : Antibakteri, antiradang, antiinflamasi, antifungi, antioksidan, antidiabetes, antikanker, bersifat antiseptik, dan masih banyak lagi yang bisa kamu dapatkan.

9. Kumis kucing

gambar daun kumis kucing

Ini adalah jenis tanaman obat asli Indonesia. Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) merupakan tumbuhan yang popoler di kalangan masyarakat, hal ini dikarenakan sifatnya yang mengobati.

Tak heran sejak dari dulu hingga kini Kumis kucing banyak dicari untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Bagian yang digunakan ialah ada pada daunnya, dimana manfaat didapat dengan cara merebus daun Kumis kucing lalu dikonsumsi secara teratur.

Kandungan senyawa Kumis kucing : Kalium, glikosida, orthosiponon, oksalat, flavonoid, tanin dan beberapa antioksidan lainnya.

Manfaat dan khasiat Kumis Kucing : Menurunkan tekanan darah, meredakan nyeri sendi dan asam urat, menyehatkan jantung, meredakan nyeri menstruasi, mengatur kadar gula darah, meningkatkan daya tahan tubuh dan berguna sebagai detoks tubuh.

10. Sambiloto

gambar daun sambiloto

Sambiloto merupakan salah satu tanaman obat terna dengan tinggi sekitar 90 cm, berdaun dan berbunga kecil.

Pemanfaatan ada pada bagian daunnya dimana daun Sambiloto diolah dengan cara direbus, tumbuk atau di makan secara langsung sebagai lalapan.

Walau ia mempunyai rasa yang sangat pahit, namun banyak orang antusias untuk mencarinya terutama untuk keperluan pengobatan secara alami.

Kandungan senyawa Sambiloto : Deoksi- andrografolid, andrografolid, noeandrografolid, 12 didehidroandrografolid, homoandrografolid, terpenoid, flavonoid, diterpen, saponin dan lactone.

Manfaat dan khasiat Sambiloto : Mengobati demam, sakit perut, flu, batuk, mengatasi peradangan dan ifeksi, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kadar gula darah, mengatur tekanan darah, antimalaria dan meredakan nyeri sendi.

11. Meniran

gambar tanaman meniran

Meniran (Phyllanthus urinaria) merupakan tanaman liar yang sebenarnya dapat dengan mudah di jumpai, pasalnya Meniran memang sangat mudah tumbuh di sembarang tempat, baik itu di hutan, semak blukar, dalam pot kembang hingga perkarangan rumah.

Kurangnya pengetahuan dan kepopuleran dari akar dan daun Meniran membuatnya jarang digunakan sebagai tanaman obat herbal.

Namun perlu kamu ketahui bahwasanya Meniran termasuk kedalam tanaman obat keluarga (TOGA).

Kandungan senyawa Meniran : Flavonoid, Tanin, Alkaloid, Lignan, Saponin, phyllanthin, hypophyllanthin, qeurcetrin, isoquercetrin dan astragalin.

Manfaat dan khasiat Meniran : antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh, antivirus, antibakteri, diklaim cegah masalah batu ginjal, mengotrol gula darah dan masih banyak lagi.

12. Brotowali

tanaman obat brotowali

Berikutnya ada Brotowali, yaitu salah satu tanaman obat dengan rasa super pahit yang tumbuh secara merambat (menjulur).

Brotowali cukup populer, terutama dikalangan para pencinta jamu dan ramuan herbal, hal ini dikarenakan ia termasuk dalam tanaman berkhasiat yang banyak dicari.

Bagian yang digunakan ada pada batang dan daunnya, dimana biasa diolah terlebih dahulu dengan cara direbus lalu airnya dikonsumsi.

Kandungan senyawa Brotowali : Berberin, kolumbin, alkaloid, damar lunak, pati, glikosida, pikroretosid, harsa, zat pahit pikroretin, tinokrisposid, berberin, palmatin, kolumbin dan pikrotoksin.

Manfaat dan khasiat Brotowali : Menurunkan kadar gula darah, mengatasi demam dan malaria, obat sakit perut, meredakan peradangan dan infeksi, menjaga kesehatan tulang, menjaga daya tahan tubuh, dan meredakan alergi.

13. Alang-alang

gambar alang-alang

Aalang-alang atau ialah merupakan tumbuhan liar yang biasa tumbuh disembarang tempat, kehadiranya dianggap sebagai gula karena membuat perkarangan dan tempat yang ditumbuhinya menjadi semak.

Tahukah kamu, walau dicap sebagai gulma namun ia mempunyai manfaat baik bagi tubuh loh. Biasanya akar ilalang direbus terlebih dahulu baru setelah itu dikonsumsi sebagai ramuan herbal untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Kandungan senyawa Alang-alang : Selulosa, kalium, lignin, polifenol, etanol, flavon, polifenol, dan senyawa fitokimia lainnya.

Manfaat dan khasiat Alang-alang : Meredakan panas dalam, obat sakit perut, mengatasi darah tinggi, meredakan demam, mengatasi kencing manis, meredakan asma dan mengatasi masalah pada saluran kencing.

14. Sambung nyawa

gambar tanaman obat sambung nyawa

Sambung nyawa atau daun dewa (Gynura procumbens) merupakan tumbuhan yang kerap ditanam sebagai pagar perkarangan karena batangnya yang lurus dan tinggi.

Selain dimanfaatkan sebagai pagar, bagian daun dan kulitnya kerap digunakan sebagai obat herbal dan lalapan (daun). 

Beberapa orang percaya bahwa mengkonsumsi air rebusan daun Sambung nyawa bisa menyingkirkan beberapa masalah kesehatan, terutama masalah yang sering terjadi pada usia lanjut.

Kandungan senyawa Sambung nyawa : Flavonoid, triterpenoid, polifenol, saponin, steroid, asam klorogenat, sterol tak jenuh, asam kafeat, asam vanilat, asam para hidroksi benzoat, asam para kumarat, dan minyak atsiri.

Manfaat dan khasiat Sambung nyawa : Mengatur tekanan darah, menurunkan kadar gula darah, meredakan nyeri sendi dan asam urat, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan mecegah gangguan saluran kencing.

15. Rumput mutiara

tanaman obat rumput mutiara

Rumput mutiara adalah jenis rerumputan liar yang dapat ditemui di tepi sungai, semak-semak, kebun dan blukar, bahkan mungkin kamu sendiri merasa tidak sadar kalo tumbuhan ini hidup di perkarangan rumah.

Beberapa orang kerap menganggapnya sebagai tanaman obat, karena daunnya diklaim bisa mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Kandungan senyawa Rumput mutiara : β-sitosterol, sitosterol-D-glikosida, asam-p-kumarat, flavonoid- glycosides, hentriacontane, stigmasterol, asam ursolat, asam oleanolat, baihuasheshecaosu, ikatan tragalol, iridoid glikosida, alizarin dan krorogenin.

Manfaat dan khasiat Rumput mutiara : Meningkatkan daya tahan tubuh, diklaim bisa mencegah perkembangan kanker, menjaga kesehatan otak, menjaga kesehatan hati, mencegah infeksi dan masih banyak lagi.

16. Ketepeng

gambar daun ketepeng

Daun ketepeng atau ketepeng cina merupakan tanaman berasal dari Amerika tropis, kemudian menyebar ke berbagai kawasan lainnya yang mempunyai iklim tropikal termasuk Indonesia. 

Pemanfaatan tanaman satu ini terletak pada daunnya, dimana daun lebih sering digunakan sebagai obat luar ketimbang untuk dalam tubuh.

Kandungan senyawa Ketepeng : Flavonoid, saponin, tanin, zat pahit, zat samak, alkaloid dan senyawa antrakuinon (aloe emodina, asam krisofanat, rein aloe- emodina dan rein aloe-emodina-diantron).

Manfaat dan khasiat Ketepeng : Obat kurap, gatal, panu, jamur, obat luka kulit, sariawan dan bopeng. Untuk dalam tubuh (diklaim bisa mengatur gula darah dan menyembuhkan herpes).

17. Mengkudu

gambar buah mengkudu

Mengkudu merupakan tanaman berbuah yang sering dimanfaatkan sebagai obat. Bagian yang digunakan ada pada daun dan buahnya.

Daun diolah dengan cara direbus dan dimasak menjadi makanan, sedangkan buahnya diperas sebagai jus herbal.

Walau mempunyai aroma yang kurang sedap dan rasa yang sedikit pahit, namun Mengkudu menjadi primadona bagi sebagian orang, terlebih karena manfaatnya yang super.

Kandungan senyawa Mengkudu : Terpenoid, trace elemens, phenylalanine, skopoletin,  magnesium, xeronine, plant, sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines dan beberapa senyawa lainnya bersifat antioksidan.

Manfaat dan khasiat Mengkudu : Mengurangi nyeri sendi, mengatasi gangguan pencernaan, meredakan demam, mengatur tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengontrol gula darah, mencegah peradangan dan masih banyak lagi.

18. Kelor

gambar tanaman obat daun kelor

Kelor merupakan tanaman yang diklaim mempunyai aura mistis, hal ini karena diklaim bisa menangkal aura negatif dan sebagainya. Namun dibalik itu semua Kelor juga bisa menjadi tanaman obat berkhasiat loh.

Disisi lain menurut penelitian dunia (WHO), daun Kelor diketahui mempunyai kandungan gizi yang bagus untuk kesehatan. 

Kandungan senyawa Kelor : Protein vitamin A dan C, magnesium, karotenoid, polifenol, kalsium, kalium, zat besi, asam fenolat, flavonoid, alkaloid, glukosinolat, isotiosianat, tannin, saponin, dan oksalat.

Manfaat dan khasiat Kelor : Mengobati rematik, menjaga kesehatan tulang dan otot, mengatur tekanan darah, mengontrol gula darah, sumber antioksidan, baik untuk ibu menyusui, diklaim antikanker serta baik untuk kesehatan mata.

19. Pandan wangi

gambar pandan wangi

Siapa yang tidak tahu dengan Pandan wangi, ini merupakan tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai perwarna dan pewangi pada makanan.

Namun tahukah kamu bahwa Pandan wangi memiliki manfaat baik bagi tubuh. Kebanyakan orang mengolahnya dengan cara merebus daun Pandan wangi atau diperas untuk diambil air sarinya.

Kandungan senyawa Pandan wangi : Saponin, tanin, alkaloid, zat warna, zat besi, flavonoid, polifenol, tiamin, vitamin dan beberapa mineral lainnya.

Manfaat dan khasiat Pandan wangi : Mengatasi diare, menurunkan panas tubuh dan demam, meredakan nyeri, mengatur gula darah, mengembalikan kualitas tidur, mengilangkan ketombe, mengatur tekanan darah, dan menjaga kesehatan mulut.

20. Sirsak

gambar daun sirsak

Sirsak merupakan tanaman berbuah yang sering dikonsumsi. Selain karena rasanya manis asam segar, mengkonsumsi buah Sirsak terbukti baik untuk tubuh.

Namun tak hanya pada buahnya saja, bagian daunnya bisa menjadi obat herbal berkhasiat loh. 

Cara mengolah daun Sirsak secara umum ialah dengan direbus lalu kemudian airnya dikonsumsi, atau yang kedua diekstrak menjadi suplemen kapsul.

Kandungan senyawa daun Sirsak : Steroid, alkaloid, saponin, tanin, flavonoid, dan glikosida. Selain itu adapun mineral kalium, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, dan vitamin A, B serta C.

Manfaat dan khasiat daun Sirsak : Mengatur tekanan darah, mengontrol gula darah, obat asam urat, meredakan nyeri dan peradangan, obat asma, menyembuhkan sariawan, menjaga daya tahan tubuh, dan diklaim bisa mencegah kanker.

21. Ketul

tanaman obat ketul

Ketul atau Ajeran merupakan tanaman liar berbatang kecil, tegak dengan paling tinggi sekitar 1 m, mempunyai bunga berwarna kuning putih pada bagian pucuknya.

Di Indonesia sendiri ia tumbuh dan tersebar dimana-mana mulai dari kebun, semak-semak, tepian jalan serta disekitar lingkungan.

Letak kegunaan tanaman obat satu ini ada pada baigan daunnya, dimana diolah terlebih dahulu menjadi ramuan herbal atau dikonsumsi sebagai sayuran.

Kandungan senyawa Ketul : Saponin, etanol, natrium, kalium, kalsium, magnesium, alkaloid, fitat, besi, seng, fosfor, tembaga, mangan, dan nitrogen.

Manfaat dan khasiat Ketul : Menurunkan panas demam, obat penyakit kulit, mengatasi sakit gigi, hipertensi, obat demam, mengatasi masalah jerawat dan bisul.

22. Sembung

gambar daun sembung

Sembung atau Capo (Blumea balsamifera), merupakan tumbuhan liar yang termasuk dalam kategori tanaman obat karena menyimpan banyak khasiat. 

Mungkin sebagian dari kamu ada yang tidak tahu dengan Sembung, terlebih lagi ia juga sering dianggap sebagai gulma atau tumbuhan pengganggu. 

Jika kamu ingin menggunakan Sembung dan mendapatkan khasiatnya, cukup rebus beberapa lembar daun lalu dikonsumsi airnya selagi hangat.

Kandungan senyawa Sembung : Borneol kamfer, sineol, glikosida, alkaloid, flavonoid, tanin, terpenoid, dimenthyl ether phloroacetophenone, alkohol sesquiterpen, dan steroid.

Manfaat dan khasiat Sembung : Mengobati diare, mencegah gangguan empedu, memperbaiki nafsu makan, meredakan nyeri, obat demam dan panas, mengatasi penyempitan pembuluh darah dan masih banyak lagi.

23. Kemangi

gambar daun kemangi

Selanjutnya ada Kemangi. Kemangi merupakan jenis tumbuhan yang sering dimanfaatkan daunnya sebagai lalapan pendamping saat makan.

Namun manfaatnya yang baik bagi tubuh tak jarang orang menganggap sebagai tanaman obat berkhasiat.

Selain dengan cara dikonsumsi secara langsung selagi segar, kamu bisa mendapatkan khasiatnya dengan cara merebus atau ditumbuk hingga halus.

Kandungan senyawa Kemangi : Minyak atsiri, alkaloid, saponin, flavonoid, triterpenoid, steroid, tannin, fenol, zat besi, serat dan beberapa mineral lainnya.

Manfaat dan khasiat Kemangi : Menghilankan bau tak sedap pada mulut, melancarkan pencernaan, mengatasi gangguan pencernaan, mengatur tekanan darah, mencegah stres dan obat radang sendi.

24. Daun pepaya

gambar daun pepaya

Mungkin kamu sering makan buah Pepaya, hal tersebut karena memang buah Pepaya memiliki rasa yang manis, lembut dan enak. 

Terlepas dari buahnya yang bagus buat pencernaan, bagian daun yang memiliki rasa pahit dan getir ternyata baik loh untuk tubuh.

Beberapa orang juga kerap memanfaatkan daun Pepaya sebagai obat herbal, terutama dalam mengatasi beberapa masalah penyakit.

Kandungan senyawa daun Pepaya : Alkaloid, kuinon, carpaine, dyhidrocarpaine, cyanogenic glikosida, flavonol, tannins, nikotin, etanol dan papain.

Manfaat dan khasiat daun Pepaya : Mengatasi demam dan panas tubuh, meredakan peradangan, mencegah infeksi, obat luka, mengatur tekanan darah, mengatasi gangguan pencernaan, meredakan nyeri sendi, mengatur gula darah dan masih banyak lagi.

25. Biji mahoni

gambar biji mahoni

Biji mahoni merupakan buah atau biji dari pohon dengan nama latin S. macrophylla yang berbentuk bulat sedikit lonjong.

Bagian yang dimanfaatkan terletak pada bagian dalam buah yang dikenal sebagai Bijinya. Untuk orang awam atau yang tidak biasa, mengkonsumsi Biji mahoni bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan, hal ini dikarenakan rasanya yang sangat super pahit.

Namun tenang, dibalik rasanya yang pahit pasti menyimpan manfaat yang bagus untuk tubuh.

Kandungan senyawa Biji mahoni : Flavonoid, kuinon, saponin, tanin, alkaloid, zat damar, dan beberapa senyawa lainnya yang bersifat antioksidan.

Manfaat dan khasiat Biji mahoni : Menurunkan tekanan darah, mengobati demam dan panas tubuh, mencegah malaria, mencegah infeksi dan peradangan, atai cacing pada usus dan mengobati diabetes serta kencing manis.

26. Kecubung

gambar kecubung

Kecubung merupakan salah satu dari banyak jenis tanaman obat di Indonesia. Walau pada kenyataanya Kecubung bisa menjadi obat herbal, namun penggunaan secara berlebihan bisa mengakibatkan mabuk dan halusinasi.

Beberapa masyarakat yang sering menggunakan Kecubung biasa mengolah dengan cara merebus buah dan daunnya, lalu air rebusan diminum secara teratur untuk megobati penyakit.

Kandungan senyawa Kecubung : Hipociamin dan skopolamin, hiosin, zat lemak, kalsium oksalat, meteloidina, nikotina, norhiosiamina, norskopolamina dan kuskohigrina.

Manfaat dan khasiat Kecubung : Meredakan gejala asma, obat batuk, sebagai bius pada operasi, mengatasi masalah sakit pinggang dan rematik.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i