CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Inilah 16 Manfaat Akar Brotowali dan Efek Sampingnya Untuk Tubuh yang Harus Kamu Tahu. - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Inilah 16 Manfaat Akar Brotowali dan Efek Sampingnya Untuk Tubuh yang Harus Kamu Tahu.

Manfaat Akar Brotowali untuk Kesehatan yang Harus Kamu ketahui.

manfaat brotowali untuk kesehatan

Brotowali
atau biasa di sebut dengan akar ali, bratawali merupakan tanaman asli asal Indonesia, umunya tumbuhan satu ini di tanam untuk di manfaatkan sebagai obat tradisional ataupun hanya sebagai penghias perkarangan rumah. Bagian tanaman yang di manfaatkan yaitu terletak pada akar batang dan daunya, nah bagi kamu yang pernah mengkonsumsi ramuan brotowali pasti sudah tahu dengan rasanya, tanaman satu ini mempunyai rasa yang super pahit. Namun di balik rasa pahit pada brotowali mempunyai khasiat yang luar biasa loh, yuk simak apa saja manfaat akar brotowali.

Rasa pahit pada tanaman brotowali di karena beberapa senyawa yang terkandung di dalamya salah satunya yaitu saponin, tanin, flavonoid dan tentu saja zat quinine. Hal yang sama terdapat pada buah pare dan daun pepaya yang membuatnya mempunyai rasa pahit. 

Zat quinie atau kunina adalah alkaloid yang dalam bentuk murninya kristal berwarna putih, mempunyai rasa pahit bersifat antimalaria, analgesik, antipiretik serta antiinflamasi sedangkan senyawa lainya merupakan bagian dari salah satu antioksidan untuk tubuh. 

Itulah mengapa tanaman satu ini banyak di gunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit, jika kamu ingin mengetahui tentang manfaat akar brotowali baca artikel ini sampai akhir dan ketahui juga efek sampingnya.

Manfaat akar brotowali untuk kesehatan.

1. Obat untuk mengatasi diabetes.

Diabetes merupakan suatu penyakit metabolik yang di tandai dengan tingginya kadar gula atau glukosa di dalam darah. Glukosa sendiri memang sangat di butuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi yang penting untuk pembentukan jaringan sel-sel tubuh. Namun jika jumlahnya berlebihan tentu saja sangat berbahaya untuk kesehatan karena dapat memicu beberapa penyakit seperti serangan jantung, stroke dan ganguan otak.

Nah untuk itu terdapatnya senyawa antioksidan seperti saponin, tanin dan flavonoid pada tanaman brotowali yang di ketahui dapat menurunkan kadar gula darah yang terlalu tinggi secara bertahap, tak sampai di situ saja brotowali juga mampu merangsang kerja hormon insulin di dalam tubuh sehingga penyerapan glukosa ke dinding sel lebih maksimal.

Baca juga :

2. Manfaat akar brotowali untuk mengatasi demam.

Demam merupakan suatu kondisi naiknya suhu tubuh di atas normal, hal tersebut dapat di karenakan beragam mulai dari infeksi kuman, bakteri, virus, vaksin dan patogen yang masuk kedalam tubuh. Kamu dapat memanfaatkan air rebusan akar daun atau batang brotowali untuk mengatasi masalah satu ini.

Terdapatnya kandungan antioksidan dan quinine yang menjadi utama permasalahan demam, hal karenakan senyawa tersebut bersifat mampu melawan infeksi akibat dari kuman, bakteri dan patogen lainya yang menyebabkan seseorang menjadi demam.

3. Menjaga kesehatan jantung.

Senyawa yang terkandung di dalam brotowali di ketahui mampu melunturkan lemak dan kolesterol LDL yaitu kolesterol jahat di dalam tubuh yang salah satunya penyebab penyakit jantung. 

Tak hanya sampai di situ manfaat lainya juga mampu melancarkan peredaran darah dan membersihkan penumpukan plak-plak lemak pada saluran pembuluh darah sehingga resiko penyumbatan pembuluh darah dapat di hindari.

Baca juga :

4. Mengontrol tekanan darah.

manfaat akar brotowali untuk mengatur tekanan darah

Manfaat satu ini ada keterkaitanya dengan masalah diabetes dan kolesterol, karena jika kedua tersebut jumlahnya melebih dari batas normal yang di butuhkan oleh tubuh tentu saja sangat mengancam kesehatan di mana yang masalah pertama akan muncul yaitu naiknya tekanan darah dan jika di biarkan secara terus-menerus maka resiko penyakit jantung dan stroke dapat terjadi.

Nah untuk itu mengkonsumsi ramuan dari bagian dari tanaman brotowali di ketahui mampu mengatur tekanan darah kembali ke batas normal dengan cara menghancurkan penumpukan lemak kolesterol di dalam pembuluh darah, memecah sel darah merah yang mengumpal, melancarkan pembuluh arteri serta melemaskan dinding pembuluh darah.

5. Daun brotowali encegah berbagai infeksi.

Sifatnya yang analgesik, antiinfeksi dan antiradang diketahui mampu mencegah terjadinya peradangan di dalam tubuh yang di akibatkan oleh kuman, bakteri, virus dan patogen lainya.

Untuk itu kamu bisa manfaatkan daun tanaman satu ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu secara alami.

6. Mengatasi penyakit malaria.

Malaria sendiri ialah suatu penyakit disebabkan oleh parasit Plasmodium yang masuk kedalam tubuh melalui perantara gigitan nyamuk, parasit tersebut jika di biarkan maka akan berkembang biak di dalam tubuh terutama pada bagian organ hati.

Nah, salah satu manfaat akar brotowali di ketahui mampu mengatasi masalah parasit yang menginang di dalam tubuh. Hal tersebut didasari karena oleh terdapanya senyawa quinine yang merupakan obat untuk membasmi sekaligus menghentikan parasit plasmodium berkembang biak lebih banyak.

7. Menambah nafsu makan.

Beberapa masyarakat percaya dengan mengkonsumsi air rebusan akar batang dan daun btrotowali di ketahui dapat meningkatkan nafsu makan seseorang, terlepas dari benar atau tidaknya namun hal ini masih terus di teliti terhadap khasiat dan dampak kandungan senyawanya yang di berikan ke tubuh.

Namun penggunaan tanaman satu ini telah lama di pakai oleh beberapa orang jaman dahulu sebagai obat tradisional untuk meningkatkan nafsu makan bersamaan dengan rempah lainya.

Baca juga : 

8. Mengobati luka kulit.

Kamu dapat mengunakan bagian kulit dan daun dari tanaman brotowali sebagai obat untuk menutup luka pada kulit loh, sekaligus mencegah infeksi dan peradangan yang kemungkinan akan terjadi nantinya. 

Namun tentu saja melihat dari bekas luka yang terjadi, jika luka kulit yang terlalu lebar dan menyebabkan pendarahan tentu saja harus di beri penanganan lebih.

9. Manfaat akat brotowali untuk atasi rhinitis.

Rhinitis merupaka suatu kondisi alergi dan peradangan pada lapisan tipis di hidung, penyebabnya pun beragam mulai dari alergi, kuman maupun gesekan yang terjadi pada hidung. 

Nah di ketahui tanaman satu ini dapat mengatasi masalah tersebut dan mengurangi reaksi alergi yang terjadi.

10. Mengatasi masalah pada pencernaan.

brotowali untuk mengatasi masalah pencernaan

Dilihat dari kandungan dan sifatnya bukan tidak mungkin ramuan dari brotowali mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan pencernaan, kemungkinan besar tanaman satu ini dapat menjadi obat dalam mengatasi cacingan dan peradangan pada area usus.

11. Berpotensi mengatasi asam urat.

Tanaman brotowali mengandung senyawa yang berpotensi mampu mengurangi rasa sakit akibat dari  asam urat, peradangan area sendi dan mencegah pembengkakan.

Tak sampai disitu saja ekstrak tanaman brotowali juga di klaim dapat membantu meregenerasi jaringan sel-sel yang rusak sehingga masalah asam urat dapat teratasi secara berangsur-angsur.

12. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat akar brotowali selanjutnya yaitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal tersebut di ketahui karena terdapatnya kandungan antioksidan dan senyawa lainya yang berperan dalam meningkatkan imunitas dan pertahanan tubuh terhadap serangan penyakit dari lingkungan.

13. Berpotensi mencegah kanker.

Terdapatnya kandungan antioksidan melanoma dan flavonoid yang di ketahui dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan sel abnormal lainya pada jaringan sel di dalam tubuh. 

Namun dalam hal ini penelitian terhadap tanaman brotowali dalam mengatasi penyakit kanker masih terus di lakukan dan apa saja dampak yang di berikan natinya.

14. Manfaat akar brotowali mempercepat penyembuahan masalah flu, pilek dan batuk.

Nah bagi kamu yang sedang mengalami beberapa permasalahan seperti flu, pilek dan batuk boleh untuk mencoba tanaman satu ini.

Diketahui tanaman brotowali dapat menjadi obat untuk mempercepat penyembuhan masalah pernapasan mulai dari flu, pilek, batuk, asma dan alergi baik itu di akibatkan dari virus dan infeksi yang masuk kedalam tubuh.

15. Mengatasi berbagai peradangan.

Beberapa peradangan di dalam tubuh mulai dari radang tenggorokan, radang usus dan peradangan pada area kulit dapat di atasi dengan mengkonsumsi ramuan jamu brotowali secara rutin.

Sifat kandunganya yang anti pradangan dan antiinflamasi bukan tidak mungkin hal tersebut dapat menjadi obat yang baik untuk tubuh.

Baca juga :

16. Mengeluarkan racun di dalam tubuh.

Rutin mengkonsumsi air rebusan brotowali secara rutin di ketahui dapat membantu tubuh dalam memproses mengeluarkan racun di dalam tubuh kamu loh, tak hanya itu brotowali juga berperan dalam meningkatkan kinerja ginjal dalam menyaring cairan metabolisme yang sudah tidak di gunakan lagi oleh tubuh dan mengeluarkanya bersamaan dengan urine.

Nah itulah 16 manfaat akar brotowali untuk kesehatan tubuh yang tentunya harus kamu ketahui jika ingin mengkonsumsinya sebagai ramuan obat tradisional. 

Namun tentu saja penggunaanya pun harus sesuai dosis dan jangan terlalu berlebihan.

Efek samping penggunaan.

Beberapa efek samping yang dapat terjadi akibat dari mengkonsumsi ramuan tanaman brotowali ialah ganguan keseimbagan cairan tubuh, rasa tidak nyaman pada perut, mual, pusing, tekanan darah menurun, gangguan hati, ganguan pernafasan, sakit kepala, muntah serta gelisah.

Cukup banyak memang efek sampingya, namun kamu dapat mengkonsumsinya dengan syarat perbanyak minum air putih harian agar cairan metabolisme dapat normal, selain itu stop pengguanaan jika masalah penyakit sudah teratasi dan kurangi mengkonsmsi secara berkala perhari. Itulah beberapa manfaat akar brotowali dan efek sampingnya untuk tubuh.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel