9 Manfaat dari Daun Kelor untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya.

Simak manfaat daun kelor untuk tubuh.

khasiat daun kelor untuk tubuh.

Kelor atau merunggai begitulah beberapa masyarakat Indonesia menyebutnya, merujuk dari pada tanaman dengan nama latin (Moringa oleifera). Berbatang cukup besar, rimbun memiliki kelopak bunga yang berwarna putih serta daunya yang kecil, sekilas daun kelor mirip dengan daun petai cina namun sedikit lebih besar.

Pohon kelor biasanya tumbuh di sembarang tempat terutama di semak blukar, pinggiran jalan serta hutan terkadang ada pun yang menanamnya untuk di manfaatkan bagian daunya sebagai obat tradisional. Nah, pernah kah kalian mendengar pribahasa yang menggunakan daun kelor, yaitu "dunia tidak seluas daun kelor" yang menandakan bahwasanya daun kelor mempunyai ukuran yang terbilang kecil.

Namun siapa sangka di balik ukuran daunya yang kecil tapi tidak dengan kandungan yang terdapat di dalamnya. Simak apa saja kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya.

Kandungan daun kelor yang diketahui.

Terdapat beberapa kandungan pada daun kelor yang berguna untuk tubuh diantaranya protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalium, kalsium, vitamin C, vitamin A, folat, vitamin B dan serat, selain itu adapun kandungan lainya berupa  fosfor, selenium, zinc, tembaga dan beberapa antioksidan, seperti polifenol.

Adapun menurut pendapat WHO yang mengemukakan bahwa kandungan vitamin C pada daun kelor jauh lebih tinggi dari buah jeruk, kalsium yang 4 kali lebih tinggi dari susu serta potasium yang 3 kali lebih banyak dari pisang.

Untuk itu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menyarankan para orang tua untuk memberi asupan daun kelor pada makanan anak-anak dan bayi untuk di masa pertumbuhanya.

Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh.

1. Mengontrol tekanan darah.

Daun kelor mempunyai ke efektifitas dalam mengontrol tekanan darah di dalam tubuh atau hipertensi karena banyak mengandung mineral kalium, zat besi dan senyawa antioksidan.

Berkat kandunganya daun tanaman satu ini menjadi obat alami untuk alami dalam mengatur tekanan darah agar menjadi lebih seimbang (batas normal).

2. Daun kelor menurunkan kadar gula darah.

Hasil dari sebuah penelitian mengemukakan bahwasanya ekstrak dari daun kelor dapat memberi pengaruh terhadap jumlah glukosa di dalam tubuh yang semakin berkurang selama penggunaanya. 

Tak hanya itu kandungan dari daun tanaman satu ini dapat membantu kinerja hormon insulin di dalam tubuh yang berfungsi untuk merubah glukosa (gula) darah menjadi energi, sehingga dapat mencegah yang namanya penyakit diabetes dan resistensi insulin.

3. Mengatasi perandangan.

Peradangan dapat terjadi akibat adanya benda asing ke dalam tubuh baik itu dari virus, kuman, bakteri ataupun benda lainya yang tidak wajar sehingga menginfeksi dan menimbulkan peradangan.

Untuk itu adapun cara mencegah terjadinya peradangan lebih lanjut dengan cara alami menggunakan daun kelor sebagai pengobatanya, ekstrak dari daun kelor di klaim dapat mengurangi efek dari peradangan yang ada di dalam tubuh.

Baca juga :

4. Menghambat pertumbuhal sel kanker.

Bagian kulit batang dan daun kelor mengandung senyawa yang terbukti cukup efektif dalam menghambat perkembangan sel kanker untuk tumbuh di dalam jaringan sel sehat. 

Beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, pankreas dan usus besar di klaim dapat di cegah pertumbuhanya.

Kamu dapat menggunakan bagian daunya untuk sebagai masakan sayur untuk di konsumsi ataupun bagian batangnya di rebus untuk di minum airnya.

5. Daun kelor meningkatkan daya tahan tubuh.

Terdapatnya kandungan vitamin C, B, senyawa antioksidan dan beberapa mineral lainya yang dapat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Tak hanya itu keefektifitas daun kelor terhadap menangkal efek dari paparan radikal bebas tidak bisa di ragukan lagi, pasalnya daun satu ini juga dapat mencegah kerusakan jaringan sel di dalam tubuh.

6. Baik untuk saluran pencernaan.

daun kelor untuk pencernaan

Mengkonsumsi daun kelor sangat baik untuk saluran pencernaan, pasalnya daun satu ini mengandung serat tinggi dan mineral yang bagus untuk menjaga kesehatan usus, melancarakan pencernaan serta mencegah sembelit.

Tak hanya itu saja daun kelor diketahui dapat melindungi tubuh dari beberapa jenis kuman seperti Salmonella typhi penyebab tifus dan Escherichia coli penyebab diare yang tebawa masuk oleh makanan.

7. Daun kelor baik untuk saluran kencing.

Mengkonsumsi air rebusan dari daun kelor secara rutin di ketahui dapat melancarkan saluran kecing, menyehatkan ginjal, mencegah infeksi serta mencegah terjadinya penumpukan garam di dalam kandung kemih.

Dengan sehatnya organ ginjal maka cairan metabolisme menjadi lebih simbang dan daya tahan tubuh kamu menjadi lebih kuat.

8. Daun kelor mengobati luka.

Manfaat daun kelor berikutnya yaitu dapat menjadi obat untuk mengatasi luka pada kulit, seperti luka memar, lecet dan tertusuk paku. Kandungan yang ada pada daunya dapat mencegah yang terjadinya infeksi kuman dan membantu dalam mempercepat pengeringan luka supaya lekas sembuh.

Caranya cukup mudah ambil daun kelor secukupnya kemudian remas hingga halus menjadi adonan kemudian tempelkan pada area kulit yang terluka dan tunggu sampai mengering.

9. Meningkatkan fungsi otak.

Daun kelor di klaim dapat meningkatkan fungsi perkembangan otak pada anak-anak, tak hanya itu saja sebuah riset menunjukkan bahwa dengan asupan antioksidan yang tercukupi dari daun kelor dapat menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Nah itulah beberapa manfaat dari daun kelor untuk kesehatan yang harus kamu ketahui. Penelitian terhadap tanaman satu ini akan masih terus di telusuri terhadap dampak yang akan di berikan ketubuh.

Selain itu belum ada penelitian pasti terhadap dampak daun kelor pada ibu hamil yang membuktikan bahwasanya aman di konsumsi.

Baca juga :

Cukup sampai di sini dahulu pembahasan tentang daun kelor, untuk informasi tentang tanaman hebal dedaunan kamu dapat mencarinya di healty99.com

Buka Komentar

0 Response to "9 Manfaat dari Daun Kelor untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i