CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Memberikan Hamster Sepotong Brokoli Hijau - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Memberikan Hamster Sepotong Brokoli Hijau

gambar hamster makan brokoli
Sumber foto : pixabay/mordilla-net
Healty99 - Siapa yang tidak tahu dengan brokoli, ini adalah sayuran hijau yang dikemas dengan beberapa kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun bagaimana jika memberikan brokoli kepada hamster, apakah itu ide yang bagus?

Hamster Makan Brokoli Hijau

Bolehkah hamster makan brokoli ? Jawabnya adalah "Ya" mereka bisa. Bahkan peliharaan kamu akan tampak menikmati rasa dari sayur ini yang pahit bagi kita.

Para ahli menyarankan untuk memberi brokoli kepada hmster hanya dalam jumlah sesuai kebutuhan, dengan begitu bola bulu kamu akan mendapatkan kesehatan karena kandungan nutrisi di dalamnya.

Memberikan brokoli kepada hamster merupakan ide yang baik, namun yang terbaik adalah kamu harus lebih bisa memahami jenis makanan yang dimakan mereka saat di alam liar.

Mengingat sistem pencernaan hewan pengerat satu ini masih sama dengan saudara kandung liar lainnya. Oleh karena itu, para ahli meyarankan kamu untuk mengoptimalkan pola makan haamster agar lebih sesuai dengan yang ada di alam liar.

Untuk yang pertama kali, kesalahan paling umum yang dilakukan orang ialah memberi makan hamster dengan menganggap herbivora alias pemakan tumbuhan. Padahal hewan ini adalah jenis omnivora yaitu pemakan segalanya.

Karena mereka jenis omnivora, tentu para hewan pengerat perlu mengkonsumsi berbagai macam sumber makanan untuk mendapatkan nutrisi yang seimbang.

Oleh karena itu sebagian besar hewan pengerat mengkonsumsi biji-bijian dan sayur, namun ada kalanya juga mereka memakan kadal atau serangga kecil untuk tambahan.

Tips memberikan brokoli pada hamster

Berbeda dengan sejumlah biji-bijian dan buah-buahan yang dikonsumsi hamster, sayur brokoli lebih memiliki kandungan air yang sangat tinggi.

Faktanya sekitar 90% kandungan brokoli adalah air. Walau pada dasarnya sayuran dan buah-buahan yang biasa dimakan hewan pengerat ini mengandung cukup banyak air, namun semua tidak sebanyak yang kamu temukan pada brokoli.

Terlebih hamsteer rata-rata minum sekitar 10 ml air setiap hari, dan jumlah paling banyak paling sekitar 20 ml.

Dengan demikian, pencernaan hamster tidak dirancang untuk menangani makanan yang mengandung banyak air. Jika peliharaan kamu terlalu banyak mengkonsumsi asupan air maka justru berbahaya bagi mereka.

Berapa banyak brokoli yang boleh dimakan hamster?

Seperti yang dikatakan tadi, sayuran hijau ini tidak selalu buruk untuk pencernaan hmster kamu, masalah hanya ada pada kuantitas.

Menurut para ahli penelitian, hewan hamster boleh saja makan sepotong brokoli sebesar ukuran kepala mereka dengan dua atau tiga kali di setiap seminggu.

Ini berarti sayuran brokoli harus dianggap sebagai makanan samping dan tidak boleh di berikan setiap hari.

Manfaat brokoli untuk hamster

Dalam porsi kecil, sayuran ini bisa sangat bermanfaat bagi hewan berbulu kamu. Mengingat ada banyak nutrisi dan vitamin seperti A, C, D, K, kalium, magnesium dan beta-karoten yang sangat tinggi.

Manfaat memberikan sepotong brokoli di setiap minggunya kepada hamster dapat menjaga kesehatan mereka, menguatkan tulang, mencegah penyakit kudis, mencegah gangguan penglihatan, mengatasi gangguan pencernaan dan masih banyak lagi.

Cara memberikan hamster brokoli

Hamster menyukai rasa dan tekstur brokoli mentah, walau tidak pernah mengatakan demikan. Namun kamu bisa melihat dari tindakan mereka, yang artinya mereka memiliki preferensi.

Jika kamu hendak memberikan brokoli kepada peliharaan, cobahal untuk memberikan sedikit terlebih dahulu dengan ukuran sebesar kepala mereka. 

Jangan lupa untuk di cuci supaya terbebas dari kotoran dan racun pestisida yang mungkin ada.

Ket :

Singkatnya hamster boleh makan brokoli namun dalam porsi terbatas setiap 1 pekan sekali. Hindari untuk memberikan secara rutin setiap hari karena itu justru akan mengganggu sistem pencernaan mereka.

Sayuran hijau satu ini lebih cocok di jadikan makanan samping sebagai pelengkap dari makanan utama mereka.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar peliharaan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel