17 Manfaat Daun Salam Sebagai Obat Tradisional.

Manfaat daun salam untuk tubuh.

daun salam obat tradisional
Sumber foto : pixabay/bay leaf.
Manfaat daun salam pada umunya di gunakan sebagai bumbu pada masakan saja, namun tahukah kamu mengkonsumsi air rebusan daun salam juga bisa memberi manfaat yang baik untuk kesehatan loh. Selain itu tak banyak juga orang yang mengetahui tentang keampuhanya dalam mengatasi berbagai penyakit ringan.

Terdapat beberapa kandungan pada daun salam berupa niasin, tannin, serat dan vitamin C serta beberapa senyawa lain seperti minyak atsiri, antioksidan, flavonoid, asam laurat dan saponin yang berguna untuk tubuh. Maka dari itu kamu harus mencoba khasiat daun salam sebagai obat herbal alami.

Untuk dari itu simak di bawah ini beberapa khasiat daun salam untuk kesehatan.

Manfaat daun salam untuk kesehatan.

1. Menurunkan tekanan darah tinggi.

Khasiat daun salam dapat kamu rasakan sebagai obat alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi, caranya dengan merebus daun salam beberapa lembar dengan air kemudian di konsumsi sehari sekali.

Air rebusanya di dapati mampu melancarkan sirkulasi darah keseluruh tubuh, melemaskan dinding pembuluh darah serta mengontrol tekanan darah menjadi lebih stabil.

2. Meredakan stres dan sakit kepala.

daun salam obat sakit kepala

Terdapatnya minyak atsiri dan senyawa linalool pada daun salam yang dapat berguna untuk merileksasikan pikiran dan otak kamu loh.

Cobalah untuk menghirup aroma wangi dari daun salam saat sedang sakit kepala ataupun stres. Atau dengan cara lainya yaitu dengan merebus daun salam kering kemudian uapnya di hirup beberapa kali.

Baca juga :

3. Mencegah pertumbuhan kanker didalam tubuh.

Manfaat daun salam selanjutnya yaitu dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh, hal tersebut di dapati karena daun salam mengandung senyawa antioksidan berupa saponin, tannin dan flavonoid yang dapat berfungsi dalam menangkal zat karsinogenik pemicu tumbuhnya sel kanker pada jaringan sel sehat.

Cobalah sesekali untuk mengkonsumsi ramuan daun salam atau dengan menambahkan lebih pada masakan.

4. Manfaat daun salam untuk mencegah batu ginjal.

khasiat daun salam atasi batu ginjal
Sumber foto iStock.
Mengkonsumsi air rebusan daun salam secara rutin di klaim dapat mencegah pembentukan batu ginjal. Tak hanya itu terdapat beberapa kandungan pada daun satu ini yang mampu mengurangi jumlah enzim urease, yaitu enzime yang jika jumlahnya berlebihan di dalam tubuh bisa membentuk kristal batu pada ginjal.

Tak hanya itu saja khasiat daun salam juga mampu mencegah penumpukan mineral garam yang mengendap pada saluran ginjal dan kandung kemih juga loh.

5. Daun salam menurunkan diabetes.

Terdapatnya kandungan antioksidan pada daun pohon salam yang membuatnya dapat menbantu tubuh dalam memproduksi hormon insulin. 

Hormon insulin sendiri di dalam tubuh berguna untuk mengatur jumlah gula (glukosa) darah yang berlebihan, memproses gula menjadi sumber energi serta berguna untuk pembentukan jaringan sel baru, sehingga dengan begitu penyakit diabetes dapat berangsur membaik.

6. Membantu penyembuhan luka.

daun salam obat luka

Kamu bisa memanfaatkan daun salam sebagai obat untuk mencegah infeksi pada luka kulit loh, caranya cukup ambil beberapa lembar daun salam yang cukup muda kemudian di tumbuk hingga halus lalu kemudian tempelkan ke area kulit yang terluka.

Baca juga :

Terdapatnya kandungan minyak atsiri serta sifat antiinflamasi, antiradang dan antibakteri sehingga bisa berguna untuk mencegah infeksi akibat bakteri.

7. Daun salam mengobati sakit perut. 

Jika kamu sedang mengalami sakit perut, diare dan kram perut terlebih lagi karena makan sembarangan jangan terlalu terburu-buru untuk meminum obat-obatan instan.

Cobalah untuk menggunakan yang lebih alami seperti halnya manfaat daun salam satu ini, caranya cukup merebus daun salam beberapa lembar kemudian minum sebanyak dua gelas untuk mengatasi sakit perut tadi.

8. Menjaga kesehatan jantung.

Siapa sangka daun salam yang sering kita anggap sebagai rempah-rempah bumbu masakan satu ini mempunyai manfaat dalam menjaga kesehatan jantung loh.

Terdapatnya beberapa senyawa seperti antioksidan, flavonoid, salisilat, fitonutrien serta asam caffeic yang di klaim dapat melancarkan aliran pembuluh darah ke organ jantung.

Tak hanya itu kandungan senyawa tersebut dapat berguna untuk melunturkan penumpukan lemak kolesterol dan mencegah penyempitan pembulu darah sehingga aliran sel darah merah dan oksigen dapat menjadi lancar.

9. Daun salam mengobati asam urat.

Kandungan minyak atsiri yang terdapat pada daun pohon salam mempunyai sifat antiinflamasi dan antiradang yang dapat berguna untuk meredakan rasa nyeri pada area sendi serta mampu menghambat aktivitas xantin oksidase (pemicu masalah asam urat). 

Selain itu fungsi antioksidan yang terkandung juga dapat memperbaiki kerusakan bagian sendi yang kropos dengan meregenerasi sel-sel baru.

Baca juga :

Kamu bisa mendapatkan manfaat daun salam dengan merebus daunnya yang kemudian di minun secara rutin hingga asam urat berangsur membaik.

10. Menurunkan kolesterol tinggi.

Manfaat daun salam selanjutnya yaitu bisa menurunkan jumlah kadar kolesterol (LDL) yang berlebihan di dalam tubuh dengan cara mengoksidasi penumpukan lemak jenuh, mencegah penyerapan lemak kolesterol dari makan serta membantu dalam memproses lemak tubuh menjadi energi.

Sehingga dengan seimbangnya kadar kolesterol LDL dan HDL resiko terkena penyakit sroke dan serangan jantung dapat di cegah jauh hari.

11. Daun salam menjaga kesehatan mulut.

Menggunakan air rebusan daun salam sebagai obat kumur dapat membunuh kuman penyebab gigi berlubang loh, tak hanya itu saja kandungan minyak esensialnya mampu membunuh kuman penyebab bau mulut, mencegah gusi berdarah, mengatasi gusi bengkak serta mampu memperkuat gigi.

12. Daun salam mengatasi kencing manis. 

atasi diabetes dengan daun salam
Kandungan flavonoid pada daun salam mampu mengatasi masalah penyakit kencing manis pada seseorang, seperti yang sudah kita sebutkan di atas kemampuan daun salam memang dapat berguna untuk mengotrol gula darah.

Sehingga bukan tidak mungkin bahwa manfaat yang di dapat juga bisa mengatasi masalah kencing manis.

13. Mengatasi flu dan batuk.

Manfaat daun salam selanjutnya untuk tubuh yaitu dapat meredakan gejala flu, batuk dan sesak nafas saat menyerang, caranya dengan merebus daun pohon salam beberapa lembar kemudian uap airnya di hirup beberapa kali lalu setelah itu di minum.

14. Manfaat daun salam dalam menurunkan berat badan.

Bagi kamu yang sedang dalam menjalankan program diet atau sedang menurunkan jumlah berat badan yang berlebihan mungkin harus coba cara satu ini.

Siapkan 8 lembar daun salam, 1 ruas kayu manis, 1/2 lemon dan 3 sendok madu murni. Rebus daun salam dengan kayu manis di tambah air 800 ml hingga mendidih setelah itu tuangkan dalam gelas kemudian beri madu dan perasan lemon.

Cobalah untuk konsumsi ramuan tersebut setiap hari saat pagi untuk melunturkan lemak di tubuh.

Baca juga :

15. Mengatasi jamur pada kulit.

Beberapa penyakit jamur yang sering meyerang kulit seperti kurap dan panu dapat kamu coba atasi dengan menggunakan daun salam dan beberapa campuran bahan lainya.

Caranya siapkan 15 lembar daun salam dan dua ruas tangan jahe kemudian tumbuk semuanya menjadi halus, setelah itu tempelkan pada area kulit yang terdapat panu atau kurap dan setelah itu tutup dengan perban.

Kandungan minyak atsiri pada kedua rempah dapat bersifat antijamur atau antifungi yang mampu menjadi obat alternatif mengatasi permasalahan tersebut.

16. Daun dan kulit pohon salam mengusir nyamuk.

daun salam untuk usir nyamuk

Manfaat daun salam selanjutnya yaitu dapat di gunakan untuk mengusir nyamuk karena aroma esensial yang di keluarkannya, kamu bisa memanfaatkan minyak tersebut untuk mengusir nyamuk agar terhindar dari penyakit malaria dan DBD.

17. Merawat kesehatan rambut.

Menggunakan ekstrak dari daun salam yang di tambahkan dengan olive oil untuk menjaga kesehatan kulit kamu dari luar. 

Selain dapat melebatkan rambut campuran daun salam dan olive oil dapat menutrisi rambut dari luar, memperkuat, menghitamkan secara alami serta mencegah rambut kering.

Nah itulah beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan yang harus kamu ketahui. 

Baca juga :

Efek samping dari penggunaan.

Apakah ada efek samping dari pengunaanya? Untuk efek samping dari daun salam belum di ketahui pasti namun ada baiknya jangan terlalu berlebihan dalam menggunakanya, terlebih lagi untuk penggunaan tanpa tujuan pengobatan.

Gunakan daun pohon salam sewajarnya saja sebagai alternatif obat tradisional. Cukup sampai disini tentang manfaat daun salam.

Semoga bermanfaat.

Buka Komentar

0 Response to "17 Manfaat Daun Salam Sebagai Obat Tradisional."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i