Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

gambar daun sirihSumber gambar*
Healty99 
- Siapa sih yang tak mengenal tumbuhan merambat satu ini? Sirih atau dengan nama latin Piper betle, merupakan spesies tanaman yang diketahui masih satu family dengan lada. Tanaman satu ini umunya dipelihara untuk di manfaatkan bagian daunnya sebagai obat herbal tradisional.

Pemanfaatan tanaman satu ini sudah di kenal sejak lama, hal ini dengan di tandainya orang tua jaman dahulu yang hobi mengunyah daun sirih bersama kapur dan pinang muda.

Kegiatan mengunyah daun dilakukan sebagai rutinitas mereka dalam menjaga kekuatan gigi, mecegah pengeroposan sekaligus memperkuat gigi, dan hingga pemanfaatanya masih sering digunakan sebagai obat herbal alternatif.

Diketahui ada beberapa jenis spesies dari tanaman merambat ini, namun paling umum kita menjumpai jenis sirih hijau, merah dan sirih cina atau suruhan. Dan jenis yang banyak digunakan ialah yang berdaun hijau. 

Sirih mempunyai khasiat dalam mengobati bukan tanpa sebab, pasalnya ia mempunyai beberapa kandungan senyawa yang bersifat menyembuhkan. Nah berikut beberapa kandungan senyawa yang ada di dalam daun : 

Baca juga : 

Manfaat Sirih Cina atau Suruhan 

Kandungan senyawa :

Minyak atsiri : hidroksivacikol, kavicol, kavibetol, allypyrokatekol, karvakol, eugenol, eugenol metil eter, p-cymene, cineole, cariophyllene, cadinene, estragol, terpenena, sesqiterpena, fenil, dan propane [1*].

Nutrisi : Vitamin A, B1, B3, B12, C, asam nikotinat, gula, pati, sodium, protein dan air. 

Senyawa lainya : Saponin, tanin, flavonoid dan polifenol [2*]. 

Selain itu adapun beberapa sifat yang terkandung antara lain : antibakteri, antioksidan, antiinflamasi, antifungi, antioksidasi, antioksidasi dan antiradang.

Melihat banyaknya kandungan pada daun sirih lantas apa saja manfaatnya bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat dan khasiatnya :

Manfaat daun sirih untuk kesehatan 

gambar daun sirih
Sumber gambar*
Setelah melihat banyaknya senyawa yang kandungan, tentunya sangat meyakinkan jika ia dipakai sebagai obat herbal berkhasiat. Untuk itu berikut beberapa khasiat yang bisa kamu ambil dari tanaman merambat satu ini :

1. Meredakan mimisan

Manfaat daun sirih yang pertama yaitu bisa mengatasi masalah mimisan. Mimisan merupakan salah satu kondisi perdarahan yang terjadi dihidung, penyebabnya bisa dikarenakan selaput hidung yang mengering kemudian terjadi gesekan saat mengupil dan pembuluh darah menjadi koyak atau pecah, benturan, alergi atai infeksi.

Walau terlihat mengerikan namun kamu tak perlu khawatir, pasalnya sebagian mimisan bukan menandakan kondisi yang berbahaya dari tubuh.

Nah jika kamu sedang mengalami mimisan, gunakan saja tanaman satu ini untuk mengatasinya. Hal ini dikarenakan sirih mengandung senyawa yang mampu mengentikan pedarahan dan mempercepat pengeringan.

2. Menjaga kesehatan area mulut

Beberapa masalah pada area mulut seperti halnya sakit gigi, gigi yang berlubang, gusi bengkak, gusi berdarah, sariawan dan bau mulut dapat di hilangkan dengan daun sirih loh.

Sifat yang terkandung seperti antijamur, antibakteri dan antiradang pada daun dapat membunuh kuman penyebab beberapa masalah yang telah di sebutkan.

Cara mengolahnya cukup rebus beberapa lembar daun dengan sedikit garam kemudian air rebusanya di buat untuk kumur-kumur, lakukan terus setiap jamnya hingga bau mulut, gusi bengkak dan sakit gigi berangsur berkurang.

Atau kamu bisa menggunakanya secara langsung dengan mengunyah daun sirih selagi segar seperti orang tua dahulu.

3. Mengatasi masalah pada kulit

Beberapa masalah kulit yang di sebabkan infeksi mulai dari jamur dan tungau yang menyebabkan gatal alergi, panu, kurap, kudis serta kutu air, diklaim bisa diatasi hanya dengan mengosok daun sirih secara rutin pada area kulit. 

Cara satu ini sudah sering di lakukan sebagai cara tradisional dalam mengatasi masalah pada kulit, dan hasilnya juga cukup baik.

Baca juga : 

Atasi Masalah Kulit Dengan Getah Tanaman Betadine Batang

 4. Mengatasi keputihan

Keputihan yang berlebihan dapat menjadi masalah bagi para wanita, terlebih lagi hingga mengeluarkan aroma tak sedap, gatal dan warna cairan keputihan yang menjadi berubah.

Walau ada banyak cara mengatasi masalah keputihan pada wanita yang ditawarkan dalam produk, namun kamu bisa mencoba untuk membersihkan area miss V dengan cara tradisional.

Penggunaan manfaat daun sirih untuk mengatasi masalah keputihan telah di lakukan sejak jaman lama sebagai cara alternatif, dan hingga kini masih terus digunakan terutama para orang tua.

Cara menggunakanya kamu cukup merebus beberapa lembar daun sirih kemudian air rebusanya di gunakan untuk mencuci area yang kewanitaan, lakukan secara rutin setiap saat akan mandi.

Akan tetapi jika masalah keputihan di sertakan dengan rasa panas, nyeri serta gatal di area kewanitaan itu menandakan bahwa adanya infeksi yang berlebih, sebaiknya hal ini konsultasikan ke dokter spesialis.

5. Menghilangkan bau badan

Punya masalah dengan bau badan, atau sudah mandi dengan rutin dan bersih tapi masih mengeluarkan bau tak sedap di ketia?

Aroma tak sedap yang keluar dari tubuh dapat di sebabkan oleh kuman dan jamur yang menempel pada tubuh kamu loh, terlebih lagi jika keringatan maka aroma akan lebih kuat.

Mungkin kamu bisa mencoba salah satu cara untuk mengatasi bau badan dan bau ketiak, yaitu dengan mandi menggunakan air rebusan dari daun sirih. Cara menggunaknya bersihkan tubuh dengan menggunakan sabun terus bilas dengan air rebusan sirih sambil di gosok ke badan kemudian bilas dengan air bersih.

Adanya kandungan antibakteri, antifungi dan antimikroba pada tanaman yang di klaim bisa mengatasi masalah bau badan dan rasa gatal pada area kulit kamu.

6. Mengobati luka kulit

Beberapa luka pada area kulit seperti luka bakar, luka sayatan, lecet, memar dan tertusuk paku dapat kamu obati dengan menggunakan daun sirih.

Sirih mempunyai kemampuan dalam mempercepat pengeringan luka, mencegah pendarahan, mencegah infeksi serta menghentikan pembengkakan yang akan terjadi nantinya.

Cara menggunakanya cukup remas daun tanaman sirih hingga halus kemudian tempelkan pada area kulit yang terluka, untuk luka bakar baiknya lakukan sehari 1 kali.

7. Atasi bronchitis

Bronkitis merupakan peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan lebih tepatnya bagian bronkus yang biasanya di sebabkan oleh infeksi virus.

Nah manfaat sirih disini di klaim bisa membantu mempercepat penyembuhanya loh. Cara menggunakanya cukup rebus 7-10 lembar daun dengan 300 ml air, masak hingga airnya tinggal separuh kemudian minum secara teratur sebanyak 3 kali sehari.

8. Meredakan sakit perut

Jika kamu sering mengalami sakit perut, diare dan sembelit, coba untuk mengkonsumsi air rebusan daun sirih sebanyak 3 kali sehari.

Adanya kandungan senyawa tanaman yang bersifat antibakteri yang diketahui dapat diandalkan, terutama dalam membunuh kuman di dalam pencernaan kamu.

Kamu bisa mendapatkan khasiatnya dengan meminum segelas air rebusan daun secara teratur hingga masalah hilang.

9. Mengatasi tekanan darah

Salah satu manfaat daun sirih selanjutnya yaitu bisa mengatasi masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Hal ini berkat kandungan antioksidan, minyak atsiri dan fenol pada tanaman yang bisa menstabilkan permasalahan tersebut.

Caranya cukup dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih di tambah dengan madu kemudian di minum sebanyak 2 kali sehari secara rutin hingga tekanan darah menurun.

10. Mencegah tumor dan kanker

Sirih diklaim mampu mencegah sekaligus mengurangi pertumbuhan sel kanker dan tumor di dalam tubuh.

Adanya kandungan yang bersifat antioksidan serperti flavonoid, saponin, terpenoid dan kandungan minyak atsiri dapat berfungsi dalam menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan imunitas terhadap serangan penyakit. 

Dengan meningkatnya daya tahan tubuh maka dapat menagkal zat-zat berbahaya bersifat karsinogenik penyebab tumor dan kanker di dalam tubuh..

11. Melancarkan saluran kencing

Mengkonsusi air rebusan daun sirih di ketahui dapat mencegah penumpukan kristal garam pada area saluran kencing, baik itu pada ginjal maupun kandung kemih.

Tak hanya itu saja sirih juga dapat mencegah yang namanya peradangan dan infeksi saluran kemih. Dengan begitu khasiat ini di klaim bisa mengurangi masalah beberapa masalah pada saluran kencing.

12. Mencegah penyakit jantung

Manfaat daun sirih selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung dengan cara menstabilkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol dan gula darah hingga mencegah penyempitan pembuluh darah.

Caranya cukup haluskan 3 lembar daun, buah kemukus, 3 butir bawang merah dan sedikit jintan. Setelah itu rebus hingga mendidih kemudian saring dan selanjutnya diminum 2 kali sehari.

Ramuan ini di klaim dapat merunkan tekanan darah yang berdampak pada kesehatan jantung yang membaik.

13. Mengatur kada gula darah

Terdapatnya kandungan antioksidan, terpenoid, klavikula, eugenol serta pyrene pada tanaman yang diketahui dapat berguna dalam meningkatkan kinerja insulin dalam mengatur kadar gula dalam darah.

Sehingga gula (glukosa) dalam darah yang tinggi dapat langsung di proses menjadi energi untuk sehari-hari.

14. Mengatasi masalah tenggorokan

Beberapa masalah tenggorokan seperti gatal, batuk, peradangan hingga panas dalam bisa kamu coba obat dengan berkumur-kumur menggunakan air rebusan daun sirih loh.

Caranya, cukup merebus beberapa lembar daun dengan sedikit garam lalu gunakan dengan cara kumur-kumur sambil menghadap ke atas, lakukan saat masalah tenggorokan melanda.

15. Atasi jerawat dan bisul

Manfaat daun sirih selanjutnya yaitu dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah jerawat dan bisul pada area kulit.

Tahukah kamu penyebab terjadinya bisul dan jerawat bisa di karenakan infeksi bakteri yang masuk kedalam lapisan kulit, dan hal ini menyebabkan pembengkakan hingga tanpak bintik putih.

Nah peran sirih di sini ialah meredakan rasa perih akibat pembengkakan, membunuh kuman penyebab nanah dan mempercepat pengeringan bekas luka sehingga masalah cepat terselesaikan.

16. Membersihkan mata

Khasiat daun sirih selanjutnya yatiu sering digunakan untuk membersihkan area mata atau saat mata perih.

Beberapa kandungan senyawa yang bersifat antibakteri, antifungi dan antiinflamasi bisa berguna untuk membersihkan area mata dan mencegah terjadinya infeksi dari kotoran.

Caranya rebus daun menggunakan air lalu gunakan untuk mencuci mata yang sakit denga cara kepala di miringkan atau dengan membuka mata dalam air.

Walau begitu tak semua orang bisa menggunakan cara satu ini, beberapa sebagian orang terkadang tidak berpengaruh bahkan bisa memperparah.

Itulah beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan yang pelu kamu ketahui, lantas apakah ada efek sampingya?

Walaupun manfaat daun sirih terbilang sangat banyak, namun adapun beberapa efek samping lainya yaitu penggunaan terhadap area mata.

Penggunaan untuk mencuci area mata kemungkinan dapat menyebabkan iritasi pada lapisan selaput bola mata, selain itu penggunaan untuk area miss V memungkinkan dapat mengganggu ph.

Adapun penggunaan bersamaan dengan pinang dan kapur yang di pecaya dapat menyebabkan masalah kanker pada area mulut karena bersifat karsinogenik.

Sekian pembahasan tentang manfaat daun sirih, dan baca terus tanaman herbal lainya di healty99.com.


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i