Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat daun sirih untuk tubuh.

Siapa sih yang tak mengenal tumbuhan merambat satu ini. Sirih (Piper betle) merupakan spesies tanaman yang masih satu family dengan lada, sirih umunya di tanaman untuk di manfaatkan bagian daunya sebagai obat tradisional. Pemanfaatan tanaman satu ini sudah di kenal sejak lama dengan di tandainya orang tua dulu yang hobi mengunyah daun sirih bersama kapur dan pinang muda. Hal itu di lakukan sebagai rutinitas mereka untuk menjaga kekuatan gigi agar lebih awet sekigus pencegahan pengeroposan gigi. Yuk simak apa saja manfaat daun sirih.

Ada terdapat banyak jenis tanaman sirih yang tersebar di seluruh dunia dan di bedakan berdasarkan warna hingga bentuk tanaman, namun biasanya masyarakat Indonesia hanya menggunakan manfaat daun sirih hijau dan merah sebagai obat tradisional.

Sedangkan untuk kandungan senyawa yang terdapat pada daun sirih hijau berupa zat besi, fosfor, sodium, postasium, avikol, seskuiterpen, minyak atsiri, antioksidan, eguenol, anti radang, vitamin B1, B3, B12, vit C dan masih banyak lagi. Selain itu sirih juga mempunyai karakteristik atau kemampuan dalam membunuh bakteri, bersifat antifungi, antiradang, antihemoragi serta antioksidasi. Itulah mengapa manfaat daun sirih masih di gunakan hingga kini.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan tubuh.

1. Daun sirih obat untuk mimisan.

Manfaat daun sirih yang pertama yaitu untuk mengatasi mimisan, mimisan merupakan perdarahan yang terjadi di hidung dapat di karenakan selaput hidung yang mengering kemudian terjadi gesekan saat mengupil sehingga pembuluh darah menjadi koyak atau pecah. Walau terlihat mengerikan namun kamu tak perlu khawatir pasalanya mimisan bukan menandakan kondisi yang berbahaya dari tubuh.

Kamu bisa menggunakan daun sirih untuk mengatasi masalah tersebut, caranya ambil beberapa lembar daun sirih yang tidak terlalu tua kemudian cuci bersih, setelah itu remas dengan menggunakan tangan kamu hingga cairan daunya keluar lalu tempelkan ke lubang hidung (masukan) secara menyeluruh dan diamkan beberapa puluh menit.

Cairan yang keluar dari daun sirih mampu membantu mempercepat pengeringan luka sekaligus menghentikan pendarahan.

2. Manfaat daun sirih untuk gigi berlubang.

Beberapa masalah pada area mulut seperti halnya sakit gigi, gigi yang berlubang, gusi bengkak, gusi berdarah, sariawan dan bau mulut dapat di hilangkan dengan daun sirih loh. Sifat dari daun sirih yang antijamur, antibakteri dan antiradang dapat membunuh kuman yang menjadi penyebab beberapa masalah yang telah di sebutkan.

Cara menggunakanya rebus daun sirih dengan sedikit garam kemudian air rebusanya di buat untuk kumur-kumur, lakukan terus setiap jamnya hingga bau mulut, gusi bengkak dan sakit gigi berangsur berkurang. Atau kamu bisa menggunakanya secara langsung dengan mengunyah daun sirih selagi segar.

3. Daun sirih untuk obat kurap dan kudis.

Beberapa masalah kulit yang di sebabkan infeksi mulai dari jamur dan tungau yang menyebabkan gatal alergi, panu, kurap, kudis serta kutu air, dapat kamu atasi hanya dengan mengosok daun sirih secara rutin pada area kulit. 

Atau dapat dengan cara menumbuknya hingga halus kemudian di tempelkan pada area kulit yang bermasalah kemudian di tutup dengan perban. Sifat daun sirih yang antifungi dan dan antibakteri dapat di gunakan untuk obat alami mengatasi masalah kulit.

Baca juga : 

4. Mengatasi keputihan.

Keputihan yang berlebihan dapat menjadi masalah bagi para wanita, terlebih lagi hingga mengeluarkan aroma tak sedap, gatal dan warna cairan keputihan yang berubah. Walau ada banyak penyebab terjadinya keputihan pada wanita namun kamu bisa mencoba untuk membersihkan area miss V terlebih dahulu dengan menggunakan daun sirih.

Penggunaan manfaat daun sirih untuk mengatasi masalah keputihan telah di lakukan sejak jaman lama sebagai pengobatan alternatif dan hingga kini masih terus di gunakan. Caranya kamu cukup merebus beberapa lembar daun sirih kemudian air rebusanya di gunakan untuk mencuci area yang kewanitaan, lakukan secara rutin setiap saat akan mandi.

Namun jika keputihan di sertakan rasa panas, nyeri serta gatal di area kewanitaan itu menandakan adanya infeksi baik karena jamur atau bakteri dan perlu di berikan pengobatan antibiotik.

5. Manfaat daun sirih untuk menghilangkan bau badan.

Punya masalah dengan bau badan atau sudah mandi dengan rutin dan bersih tapi masih mengeluarkan bau tak sedap di ketia. Aroma tak sedap dari tubuh dapat di sebabkan oleh kuman dan jamur yang menempel pada kulit kamu loh, dengan mandi secara rutin saja belum tentu cukup untuk menghilangakan bau badan yang sering muncul, terlebih lagi kamu orang yang mudah keringatan.

Mungkin kamu bisa mencoba salah satu cara untuk mengatasi bau badan dan bau ketiak dengan mandi menggunakan air rebusan dari daun sirih. Cara menggunaknya bersihkan tubuh dengan menggunakan sabun terus bilas dengan air rebusan sirih sambil di gosok ke badan kemudian bilas dengan air besih.

Sirih terbilang cukup ampuh untuk mengatasi masalah bau badan dan rasa gatal pada area kulit.

6. Manfaat sirih untuk luka kulit.

Beberapa luka pada kulit seperti luka bakar, luka sayatan, lecet, memar dan tertusuk paku dapat kamu atasi dengan menggunakan daun sirih. Maksud di atasi disini ialah untuk mempercepat pengeringan luka, mencegah pendarahan, mencegah infeksi serta menghentikan pembengkakan yang akan terjadi nantinya.

Cara penggunaan daun sirih cukup remas hingga halus kemudian tempelkan pada kulit yang terluka, untuk luka bakar lakukan sehari 1 x.

7. Daun sirih dapat menjadi obat bronchitis.

Bronkitis merupakan peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan lebih tepatnya bagian bronkus yang biasanya di sebabkan oleh infeksi virus.

Nah kamu bisa mengguakan manfaat daun sirih untuk mempercepat penyembuhanya, cukup rebus 7-10 lembar daun sirih dengan 300 ml air masak hingga airnya tinggal separuh kemudian minum secara teratur sebanyak 3 kali sehari.

8. Obat sakit perut.

Jika kamu sering mengalami sakit perut, diare dan sembelit, coba untuk mengkonsumsi air rebusan daun sirih sebanyak 3 kali sehari. Kandungan sirih yang bersifat antbakteri di ketahui dapat membunuh kuman jahat di dalam pencernaan kamu.

9. Daun sirih untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Salah satu manfaat daun sirih selanjutnya yaitu dapat kamu jadikan untuk mengatasi masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kandungan antioksidan, minyak atsiri dan fenol akan menstabilkan permasalahan tersebut. Caranya cukup dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih di tambah dengan madu kemudian di minum sebanyak 2 kali sehari secara rutin hingga tekanan darah menurun.

10. Mencegah tumor dan kanker.

Beberapa senyawa yang terdapat pada daun sirih seperti antioksidan, flavonoid, saponin, terpenoid dan kandungan minyak atsirinya dapat berfungsi dalam menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan imunitas terhadap serangan penyakit. 

Dengan meningkatnya daya tahan tubuh maka dapat menagkal zat-zat berbahaya bersifat karsinogenik penyebab tumor dan kanker di dalam tubuh..

11. Melancarkan saluran kencing.

Mengkonsusi air rebusan daun sirih di ketahui dapat mencegah penumpukan kristal garam pada area saluran kencing, baik itu pada ginjal maupun kandung kemih, sehingga masalah penyakit batu ginjal dapat lebih terhindarkan. Tak hanya itu saja sirih juga dapat mencegah yang namanya peradangan dan infeksi saluran kemih.

12. Mencegah penyakit jantung.

Manfaat daun sirih selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung dengan cara menstabilkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol dan gula darah hingga mencegah penyempitan pembuluh darah.

Caranya cukup haluskan 3 lembar daun sirih, buah kemukus, 3 butir bawang merah dan sedikit jintan. Setelah itu rebus hingga mendidih kemudian saring dan selanjutnya diminum 2 kali sehari.

13. Manfaat daun sirih dalam mengontrol gula darah.

Terdapatnya kandungan antioksidan, terpenoid, klavikula, eugenol serta pyrene pada sirih yang akan berguna dalam meningkatkan kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah.

Sehingga gula (glukosa) dalam darah yan tinggi dapat langsung di proses menjadi energi untuk sehari-hari.

14. Mengatasi masalah tenggorokan.

Beberapa masalah tenggorokan seperti gatal hingga batuk, peradangan hingga panas dalam dapat kamu obat dengan berkumur-kumur menggunakan air rebusan daun sirih loh. Cukup merebus daun sirih dengan sedikit garam lalu gunakan saat masalah tenggorokan melanda.

15. Daun sirih untuk jerawat dan bisul.

Manfaat daun sirih selanjutnya yaitu dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah jerawat dan bisul di kulit. Penyebab terjadinya bisul dan jerawat bisa di karenakan bakteri yang masih kedalam lapisan kulit.

Nah peranan daun sirih di sini ialah meredakan rasa perih akibat pembengkakan, membunuh kuman penyebab nanah dan mempercepat pengeringan bekas luka sehingga masalah cepat terselesaikan.

16. Membersihkan area mata yang kotor.

Khasiat dari daun sirih selanjutnya yatiu dapat menjadi pembersih area mata, kandungan sirih yang bersifat antibakteri, antifungi dan antiinflamasi dapat berguna untuk membersihkan area mata dan mencegah terjadinya infeksi dari kotoran.

Itulah beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan yang pelu kamu ketahui, lantas apakah ada efek sampingya?

Walaupun manfaat daun sirih terbilang sangat banyak namun adapun beberapa efek samping lainya yaitu penggunaan terhadapat mata kemungkinan dapat menyebabkan iritasi pada lapisan selaput bola mata, selain itu memungkinkan dapat mengganggu ph miss V perempuan.

Adapun penggunaan daun sirih bersamaan dengan pinang dan kapur yang di pecaya dapat menyebabkan kanker pada area mulut karena bersifat karsinogenik. Sekian pembahasan tentang manfaat daun sirih.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i