Manfaat Tanaman Sirih Cina, Cara Mengolahnya dan Efek Samping

gambar tanaman sirih cina atau suruhan
Sumber gambar*
Healty99 - Sirih cina (Peperomia pellucida [L.] Kunth) atau biasa disebut juga dengan nama tumpang air, tumpang angin dan daun suruhan. Merupakan tanaman liar yang biasa tumbuh di area lembab dengan ukuran 15 sampai 45 cm, berbatang cerah dengan daun hijau.

Banyak mengira bahwa tanaman satu ini merupakan gulma, hal tersebut di karenakan mudah tumbuh dan membuat semak perkarangan, namun tahukah kamu bahwa sirih cina atau suruhan bisa menjadi obat herbal loh. 

Hal tersebut didasari dengan beberapa kandungan pada tanaman sirih cina yang mempunyai khasiat, berikut beberapa kandungan tersebut ialah :

Kandungan senyawa :

  1. Minyak atsiri berupa carotol dillapiole dan β –carophyllene
  2. Senyawa steroid
  3. Flavonoid  
  4. Karbohidrat
  5. Saponin
  6. Tanin
  7. Titerpenoid

Beberapa kandungan tersebut diketahui bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun tentu saja dengan di lakukan pengolahan terlebih dahulu agar bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. [1*]

Baca juga :

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Manfaat Sirih Cina atau Suruhan

gambar sirih cina
Sumber gambar*
Tumbuhan liar satu ini secara tradisional telah digunakan sebagai obat herbal sejak lama, terutama dalam mengatasi beberapa masalah penyakit. Namun kini penggunaanya sudah jarang, dikarenakan tergerus oleh berbagai obat-obatan instan.

Walau begitu bagi sebagian orang masih ada yang menggunakan sebagai alternatif penyembuhan, berikut beberapa manfaatnya bagi tubuh :

1. Mengatasi masalah kulit

Manfaat yang pertama bisa mengatasi beberapa masalah pada area kulit. Salah satu contoh permasalahan tersebut ialah jerawat, bisul, gatal-gatal, luka bopeng, luka nanah, luka bakar, bengkak dan memar. 

Daun sirih cina bersifat mendinginkan, anti-mikroba dan dapat meredakan peradangan. Mengolesnya pada area kulit yang bermasalah diklaim bisa mencegah infeksi dari bakteri, pembengkakan, menghentikan pendarahan dan mempercepat proses penyembuhan.

2. Mengatasi masalah pencernaan

Jika kamu sedang mengalami masalah pencernaan seperti sakit perut, kram, diare dan perut sakit karena begah, jangan terburu-buru mengkonsumsi obat instan dalam mengatasinya.

Cobalah menggunakan cara yang lebih alami atau herbal dengan memanfaatkan tanaman liar satu ini. Para orang tua jaman dahulu kerap memanfaatkan sirih cina dalam mengatasi sakit perut, terutama akibat dari salah makan.

3. Meredakan asam urat

Manfaat sirih cina berikutnya diklaim bisa mengatasi masalah asam urat yang sedang melanda.

Asam urat adalah masalah kesehatan yang di tandai dengan nyeri pada area persendian, terutama pada area jari kaki, jari tangan dan pergelangan. Jika seseorang mengalami asam urat maka akan sulit untuk melakukan segala akitivitas harian.

Terkait penelitian terhadap ekstrak kandungan dari tanaman sirih cina atau suruhan yang mengujicobakan pada hewan mamalia tikus, menunjukan bahwa adanya kemampuan dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh sebanyak 44 persen.

Ini bisa menjadi harapan yang baik untuk para penderita asam urat karena rasa nyerinya yang tak terhankan.

Walau mempunyai kemampuan dalam menurunkan kadar asam urat bagi manusia, namun harap untuk tidak menggunakan secara berlebihan.

4. Bersifat antioksidan

Aktivitas kandungan antioksidan pada daun suruhan memiliki pengaruh yang besar bagi tubuh, beberapa kandungan senyawa tersebut ialah Flavonoid, Tanin, Saponin, dan Titerpenoid.

Dalam jumlah yang cukup antioksidan sangat berguna bagi tubuh, terutama dalam mencegah kerusakan jaringan sel, menjaga daya tahan tubuh, mencegah berbagai serangan penyakit serta menangkal paparan radikal bebas.

5. Mencegah kanker

Manfaat tanaman sirih cina atau suruhan selanjutnya ialah di klaim bisa mencegah sekaligus mengurangi pertumbuhan sel ubnormal di dalam tubuh, seperti halnya kanker dan tumor.

Hal ini mungkin saja bisa terjadi, pasalnya melihat dari kandungan senyawa antioksidan pada daun yang sangat banyak dapat memberi harapan yang besar. 

Antioksidan memang berperan besar dalam mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor dengan cara meningkatkan sistem pertahanan tubuh. Walau begitu penelitian masih diharapkan lebih lanjut, terutama melihat ke efektivitasan kandungan.

6. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol LDL (jahat) telah menjadi sumber penyakit berbahaya seperti jantung, tekanan darah dan stroke. Hal tersebut memang benar karena jenis kolesterol jahat dapat menyumbat aliran pembuluh darah di dalam tubuh.

Oleh karenanya tanamah liar satu ini digadang-gadang bisa menjadi obat herbal dalam permasalahan tersebut. Terlebih lagi hal ini di dukung dengan beberapa senyawa yang bersifat antioksidan didalam daun.

Namun tetap saja, harap untuk tidak menggunakan secara serampangan, terlebih lagi penggunaan dalam jangka panjang.

7. Mengatasi masalah kandung kemih

Belum diketahui secara pasti akan kebenaran manfaat dari daun sirih cina atau suruhan dapat mengatasi masalah pada saluran kemih, namun pengobatan menggunakan tanaman satu ini telah banyak di lakukan oleh beberapa negara, terutama pada bagian Asia Tenggara.

Akan tetapi melihat dari beberapa kandungan senyawa yang dapat bersifat antibakteri, antimikroba, antijamur, antiperadangan dan antioksidan pada daun memungkinkan hal ini bisa saja menjadi salah satu obat alami.

8. Mengatur tekanan darah

Kemampuan tanaman satu ini dalam mengatur tekanan darah (hipertensi) dan masalah aliran darah lainya, masih dikaitkan dengan kemampuan dari kandungan antioksidan. 

Antioksidan di klaim bisa menghambat penggumpalan kepingan sel darah, sekaligus merangsang produksi nitrit oksida (NO) yang berguna melebarkan pembuluh darah. Efek yang akan didapat ialah masalah penyempitan pembuluh darah dan hipertensi dapat dicegah atau di atasi.

9. Meredakan demam

Demam merupakan kondisi dimana suhu tubuh meningkat dari batas normal biasanya, hal ini bisa dipicu oleh beberapa hal, namun yang paling utama ialah adanya infeksi pada tubuh.

Deman bisa diakibatakan oleh infeksi bakteri, virus, mikroba dan sejumlah patogen lainya, jika tubuh seseorang terserang maka secara langsung sistem pertahanan tubuh akan melawan dengan ditandainya suhu tubuh yang meningkat.

Nah, sifat antibakteri, antimikroba, antiinflamasi dan antiradang pada tanaman satu ini, diklaim bisa membantu tubuh dalam melawan serangan tersebut sekaligus membunuh bakteri penyebab demam.  

Cara Mengolah Sirih Cina atau Suruhan

Sumber gambar*
Setelah mengetahui manfaatnya, pastikan kamu juga tahu cara mengolah atau menggunakanya sebagai ramuan herbal. Berikut beberapa cara tersebut :

Ditumbuk hingga halus

Cara mengolah pertama yaitu dengan ditumbuk sampai halus hingga menjadi bubur. Ini biasa digunakan untuk megatasi masalah di luar tubuh seperti jerawat, bisul, korengan, luka bakar, luka bernanah, memar dan gatal-gatal.

Cukup oleskan pada kulit adonan yang telah di tumbuk tadi secara merata, dan baiknya dilakukan secara berkala agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Direbus lalu di minum

Pengolahan yang kedua yaitu dengan cara di rebus, yang kemudian airnya di konsumsi sebagai ramuan herbal untuk mengatasi beberapa masalah pada bagian dalam tubuh.

Cara membuatnya ambil tanaman sirih cina atau suruhan yang cukup muda, kemudian cuci hingga bersih dari kotoran, setelah itu rebus hingga mendidih dan tunggu air rebusan berkurang separuh.

Jika air sudah sampai separuh, angkat dan saring, tunggu dingin baru di konsumsi secara teratur. Ramuan herbal ini biasa digunakan untuk mengatasi masalah seperti hipertensi, asam urat, sakit perut, demam dan masalah pada saluran kencing.

Efek Samping Sirih Cina atau Suruhan

Meski dikenal sebagai tanaman obat, namun harap untuk tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak atau berlebihan, terlebih lagi penggunaan jangka panjang.

Jika kamu mempunyai beberapa riwayat kesehatan atau sedang mengkonsumsi obat-obatab, harap untuk memberitahukan ke pada dokter atau ahli obat-obatan terlebih dahulu agar mengetahui efek samping terhadap penggunaan secara berdampingan.

Penggunaan tanaman sirih cina atau suruhan secara berlebihan bisa menimbukan efek alergi, terutama bagi yang tidak biasa. Beberapa alergi dapat di tandai dengan gejala seperti sesak nafas.

Selain itu beberap efek sampingnya mungkin akan timbul dapat berupa sakit perut, mual, muntah dan pusing. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa seperti flavonoid, saponin, dan tanin pada daun.

Namun tenang, penggunaan secara aman dan tidak berlebihan tentu tidak akan menimbulkan efek samping yang terlalu parah. 

Perlu kamu ketahui sebaik-baiknya obat akan lebih baik jika tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak. Cukup sampai disini pembahasan tentang tanaman sirih cina atau daun suruhan.

Baca terus di healty99.com seputar tanaman herbal berkhasiat.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i