CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat dan Efek Samping dari Tanaman Jarak Cina atau Tintir Gurita - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Manfaat dan Efek Samping dari Tanaman Jarak Cina atau Tintir Gurita

Manfaat dan Efek Samping dari Tanaman Jarak Cina atau Tintir Gurita
Sumber foto : Istockphoto.
Jatropha multifida merupakan tanaman dari marga Euphorbiceae, yang di ketahui berasal dari kawasan Amerika Selatan, di Indonesia biasa di sebut dengan nama tanaman jarak cina, jarak tintir, tanaman yodium, betadine batang atau pohon betadine. 

Tanaman satu ini dapat tumbuh subur pada kawasan tropis termasuk Indonesia dan dapat tumbuh tinggi sekitar 3 meter. Pada dasarnya tanaman satu ini merupakan tanaman semak yang dapat tumbuh di sembarang tempat terutama berlokasi sejuk. Akan tetapi beberapa orang kerap kali menanamnya sebagai tanaman hias, selain bentuknya yang menarik tanaman satu ini juga bisa di gunakan sebagai obat.

Sedikit berbeda dengan pohon jarak lainya yang berdaun lebar, jarak cina atau jarak tintir sendiri memiliki bentuk daun yang mirip seperti jari, serta pucuk bunga yang berwarna merah.

Pemanfaatan utama tanaman jarak satu ini terletak pada getahnya, dimana getahnya mempunyai beberapa kandungan senyawa seperti tanin, flavonoid, saponin serta beberapa senyawa fitokimia lainnya berupa, multifidone, (4E)-jatrogossidentadione acetate, labaditin, biobellein, multifidol, multifidol glucoside dan multifidin A. 

Dari beberapa kandungan tersebut diketahui tanaman jarak cina atau jarak tintir mempunyai ke efektivitas dalam mencegah infeksi, antimikroba, antiinflamasi, analgesik, antifungi dan mampu menyembuhkan luka layaknya obat betadine.

Nah simak berikut ini, apa saja manfaat dari tanaman jarak cina atau jarak tintir gurita untuk kesehatan tubuh.

Manfaat getah tanaman jarak cina atau jarak tintir.

1. Mengobati Luka.

Manfaat yang pertama ialah mampu mempercepat penyembuhan luka pada kulit, contohnya luka melepuh atau luka bakar, luka kecil bekas sayatan benda tajam, tertusuk paku serta luka memar dan lecet. 

Menggunakan getah dari tanaman jarak cina atau jarak tintir gurita pada area kulit yang terluka bisa mencegah terjadinya infeksi akibat kuman ataupun jamur, tak hanya sampai di situ saja manfaat lainya ialah mampu mengeringkan luka sehingga bisa sembuh dengan cepat.

2. Mengobati Gigitan Serangga.

manfaat daun betadin batang untuk kulit
Beberapa gigitan serangga kecil pada kulit mampu menyebabkan gatal, bengkak, ruam merah hingga alergi.

Nah apa bila kamu digigit beberapa serangga dan sedang tidak membawa perlengkapan p3k dapat menggunakan getah tanaman jarak cina atau tintir sebagai obat. 

3. Mengatasi Masalah kurap.

Kurap merupakan masalah kulit yang sering menyerang sebagian orang, dan dalam hal ini penyakit kurap akan membuat kulit menjadi kering, bersisik, gatal hingga ruam. 

Kurap sendiri disebabkan oleh adanya infeksi jamur dermatophytes pada kulit yang tentunya bisa menular atau ditularkan melalui kontak langsung terlalu lama ataupun menggunakan barang yang sama seperti baju dan handuk.

Salah satu cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah kurap pada kulit ialah dengan menggunakan tanaman satu ini, jika di sekitar rumah terdapat banyak tanaman jarak cina atau jarak tintir gurita cukup oleskan getahnya pada kulit yang bermasalah secara rutin dan teratur.

4. Mencegah Terbentuknya Keloid.

Keloid adalah salah satu bentuk bekas luka yang cukup mengganggu penampilan di karenakan membuat kulit menjadi menebal. 

Keloid terjadi akibat adanya kelebihan protein atau kolagen pada jaringan kulit selama masa penyembuhan luka. Keloid sendiri berupa tonjolan atau kulit keras dari bekas luka cedera yang sudah sembuh, ataupun bisa disebabkan bekas sayatan bedah dan jerawat. 

Untuk itu kamu bisa menggunakan manfaat getah tanaman satu ini saat luka menjelang sembuh sempurna sebagai salep dalam mencegah keloid.

5. Mencegah Luka Menghitam dan Memudarkanya.

Manfaat jarak cina atau jarak tintir gurita selanjutnya ialah mencegah bekas luka menjadi menghitam pada kulit sekaligus membantu memudarkan flek hitam.

Manfaat tanaman satu ini memang lebih banyak digunakan untuk luar tubuh itulah mengapa disebut sebagai pohon betadine.

6. Mengobati Sariawan.

jarak cina atasi masalah sariawan dan luka kulit
Sumber foto : pixabay.
Sariawan merupakan masalah yang terjadi pada area rongga mulut baik itu di gusi, lidah hingga bibir. Salah satu penyebabnya terjadinya sariawan ialah adanya luka, ataupun dapat juga dikarenakan kekurangan cairan tubuh, hal ini terkadang membuat tersiksa dikarenakan rasa sakit dan perih saat makan ataupun saat berbicara.

Nah jika kamu mempunyai masalah sariawan, cobalah untuk menggunakan getah tanaman jarak cina atau jarak tintir untuk mengobatinya. 

Harap sedikit berhati-hati saat menggunakanya karena bisa menyebabkan perih, selain itu ada baiknya untuk tidak ditelan.

7. Meningkatkan Sel Darah Merah.

Getah dari pohon betadine di klaim mampu meningkatkan hemoglobin dalam sel darah merah. Hemoglobin sendiri berguna untuk mengikat oksigen dan membawanya keseluruh tubuh. 

Akan tetapi penelitian terhadap penggunaan getah tanaman satu ini belum membuktikan hasil, terutama berapa banyak atau dosis dari pemakaian yang aman untuk kesehatan. 

Terlebih lagi, sebaiknya kamu untuk tidak mengkonsumsi getah dari pohon jarak cina atau jarak tintir terlalu banyak, hal ini di karenakan getahnya mengandung senyawa yang bersifat racun bagi tubuh.

8. Mengatasi Kudis.

Kudis merupakan masalah yang terjadi pada kulit yang ditandai dengan ruam kemerahan, ruam lingkaran, gatal dan terkadang terasa perih atau iritasi. 

Kudis disebabkan oleh adanya infeksi tungau yang memakan lapisan kulit luar, jika di biarkan lama kelamaan akan semakin melebar. Umunya penanganan masalah kudis hanya akan diberikan salep yang harus dipakai secara rutin.

Nah jika kamu tidak mempunyai salep dapat menggantinya dengan getah tanaman jarak cina atau jarak tintir, getahnya mengandung sifat anti-mikroba dan anti-bakteri sehingga memungkinkan untuk membunuh tungau penyebab kudis.

9. Mencegah Jerawat dan Bisul Bertambah Parah.

Efek Samping dari Tanaman Jarak Cina atau Tintir Gurita
Punya masalah jerawat dan bisul? Coba atasi dengan getah tanaman satu ini, jerawat dan bisul paling umum di sebabkan oleh penyumbatan pori-pori kulit ataupun infeksi bakteri dan kuman di bawah lapisan kulit.

Jika sudah membengkan sebaiknya jangan di pecahkan secara sembarangan karena bisa menyebar ke area lain.

Salah satu cara alami untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan getah daun jarak cina atau jarak tintir gurita, hal ini guna untuk membunuh kuman dan bakteri, mempercepat pengempisan serta pengeringan.

10. Mengangkat Sel Kulit Mati.

Manfaat getah pohon betadine selanjutnya yaitu mampu mengangkat sel kulit mati atau yang sudah mengelupas. Getah tanaman satu ini bersifat lengket dan cepat mengering sehingga bisa kamu manfaatkan untuk mengangkat sel kulit yang sudah mati.

Harap berhati-hati terutama kamu yang mempunyai kulit sensitif, jika dirasa pemakaian menyebabkan perih lebih baik jangan di teruskan.

Nah itulah beberapa manfaat dari tanaman betadine batang alias pohon jarak cina atau jarak tintir gurita.

Pemanfaatan tanaman satu ini memang lebih banyak digunakan untuk luar tubuh, terutama pada bagian kulit, sehingga bisa dijadikan alternatif dari obat antiseptik betadine pada kotak p3k. 

Apakah ada efek samping penggunaan dari tanaman?

Efek samping jarak cina atau jarak tintir.

Tanaman satu ini mempunyai senyawa jatropine dari golongan toxalbumin yang di ketahui bersifat racun bagi tubuh jika di konsumsi dalam jumlah berlebihan. Walau bersifat racun bagi tubuh senyawa jatropine sendiri merupakan obat alami untuk mengatasi kanker.

Selama penggunaan getah tanaman hanya untuk di luar tubuh maka dapat di katakan aman, hanya saja beberapa kemungkinan terjadi pada sebagian orang ialah bisa menyebabkan perih dan iritasi dikarenakan belum terbiasa.

Jika kamu mengkonsumsinya jalam jumlah yang cukup banyak kemungkinan bisa menyebabkan masalah sakit perut, sakit kepala, mual, muntah serta bisa menyebabkan aglutinasi dan hemolisis sel darah merah. Untuk itu harap berhati-hati jika ingin mengkonsumsinya. 

Cukup sampai disini pembahasan manfaat dan efek samping dari tanaman Jarak Cina atau Tintir Gurita.

Semoga bermanfaat.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i