Manfaat Buah Rambusa dan Efek Sampingnya bagi Kesehatan Tubuh.

manfaat buah rambusa dan efek samping untuk kesehatan tubuh.

Sumber foto : istockphoto.

Healty99 - Manfaat buah rambusa dan efek sampingnya bagi kesehatan tubuh. Rambusa merujuk dari pada tanaman dengan nama latin Passiflora foetida yang dapat di temui dihutan, kebun, semak blukar dan di persawahan. Dibeberapa daerah di Indonesia tanaman satu ini biasa di kenal dengan nama blungsun, permot, rajutan, markisah mini, kaceprek, ki leuleu’eur atau timun dendang.

Rambusa merupakan tumbuhan liar yang hidup merabat pada tanaman lainya dan menyukai sinar matahari, memiliki buah kecil sekitar 1 hingga 1,5 cm berwarna hijau saat masih muda dan akan berubah menjadi kuning saat telah masak. Uniknya buah rambusa di selimuti rambut atau jaring yang sedikit lengket serta bulu-bulu halus di seluruh bagian batangnya yang merambat.

Buah satu ini tak asing lagi jika kamu suka berpetualang di hutan, karena memang sering diburu oleh anak anak.

Bagian dalam buahnya terdapat banyak biji berwarna hitam yang mirip dengan buah markisa manis, sedangkan dari segi rasa memang hampir mirip dengan markisa yaitu berciri khas manis hanya saja ukuranya yang berbeda, sehingga terkadang buah satu ini dikenal dengan markisa mini liar.

Sedangkan untuk kandungan Buah rambusa mempunyai beberap nutrisi penting seperti  kalsium, vitamin C, flavonoid, magnesium, potassium, zat besi, fitronutrien, serat dan beberapa lainya yang tentu saja baik untuk kesehatan. Nah berikut ini beberapa manfaat buah rambusa untuk kesehatan.

Manfaat buah rambusa.

1. Mencegah Anemia dan Kekurangan Zat Besi.

manfaat rambusa cegah masalah anemia dan kekurangan darah.

Beberapa kandungan zat besi dan mineral lainya pada buah rambusa di ketahui dapat merangsang pembentukan sel darah merah sehingga dapat mencegah penyakit anemia ataupun kekurangan darah. 

Selain itu kandungan zat besinya terbilang cukup tinggi sehingga dapat memungkinkan menjadi asupan alternatif lainya untuk tubuh.

Baca juga :

2. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang.

Adanya kandungan kalsium pada buah rambusa dapat berguna untuk menjaga kesehatan tulang, dan meningkatkan kepadatan tulang agar lebih kuat, sehingga hal ini dapat menghindari terjadinya resiko masalah osteoporosis.

Kamu bisa mengkonsumsinya secara rutin setiap hari namun dengan porsi yang tidak berlebihan.

Manfaat buah rambusa mencegah gangguan ginjal.

3. Mencegah Gangguan Ginjal.

Buah rambusa di ketahui mempunyai kemampuan dalam meningkatkan fungsi ginjal serta membantu lebih sempurna dalam menyaring cairan metabolisme tubuh menjadi urine. 

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

manfaat buah rambusa meningkatkan daya tahan tubuh.
Sumber foto : istockphoto.
Mengkonsumsi buah rambusa secara teratur dapat menjaga daya tahan tubuh kamu menjadi lebih kuat dan dapat bertahan dari beberapa penyakit ringan loh.

Hal ini karena buah rambusa terdapat kandungan vitamin C, flavonoid dan beberapa senyawa lainya yang bersifat antioksidan bagi tubuh.

Baca juga : 

5. Mengontrol Tekakanan Darah.

Buah rambusa di klaim mampu mengontrol tekanan darah menjadi lebih stabil sekaligus mengembalikan kebatas normal, hal ini didapati karena beberapa kandungan senyawa yang terdapat dalam buah.

Akan tetapi belum di ketahui secara pasti kebenaranya, terutama berapa banyak yang harus dikonsumsi atau dosis dari pemakaian yang aman untuk tubuh.

Manfaat buah rambusa sebagai antioksidan tubuh.

6. Mencegah Paparan Radikan Bebas.

Kemampuan buah rambusa dalam menangkal paparan radikal bebas di dasari dengan adanya kandungan senyawa yang bersifat antioksidan bagi tubuh yang cukup tinggi. Beberapa senyawa tersebut diantaranya ada alkaloid, flavonoid, fenolik, kardiak glikosida dan Vitamin C.

Antioksidan sendiri berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan jaringan sel dalam tubuh akibat dari paparan radikal bebas ataupun zat-zat kimia lainya. 

Sehingga secara tidak langsung dengan mengkonsumsi buah rambusa secara teratur dapat mencegah dari paparan radikal bebas dan resiko penyakit kanker.

7. Menjaga Kesehatan Gigi.

Manfaat buah rambusa selanjutnya yaitu bisa menjaga kesehatan gigi sekaligus memperkuat dan mempercepat pembentukan gigi baru. terutama pada masa pertumbuhan anak.

Untuk itu anak-anak boleh mengkonsumsi buah satu ini namun dengan jumlah yang tidak berlebihan, terlebih lagi pastikan konsumsi buah dalam kondisi matang sempurna.

Baca juga: 

32 Macam Buah Berry Yang Harus Kamu Ketahui

8. Menjaga Kesehatan Otot.

Buah rambusa mengandung beberapa mineral penting yang dibutuhkan untuk pembentukan jaringan otot tubuh.

Walau dalam jumlah yang tak terlalu banyak, akan tetapi jika secara rutin di konsumsi tentunya dapat memberi manfaat yang sepadan untuk kesehatan.

9. Mencegah Stres.

manfaat buah rambusa cegah masalah stres

Buah satu ini juga di klaim mampu mengendalikan mood seseorang, selain itu beberapa kandungan senyawa yang dimilikinya diketahui mampu meningkatkan pembentukan hormon rasa senang dari dalam tubuh secara alami, yang mana hal ini dapat mengurangi tekanan dan gejala stres pada seseorang.

Nah itulah beberapa manfaat buah rambusa untuk kesehantan tubuh.

Efek Samping Buah Rambusa.

Apakah ada efek samping dari buah rambusa? Buah rambusa di klaim mempunyai senyawa yang bersifat racun bagi tubuh, racun tersebut terdapat pada buahnya yang masih dalam kondisi mentah atau hijau. 

Walau tidak terlalu berbahaya, namun tetap saja kamu harus berhati-hati, beberapa kemungkinan efek samping dapat menyebabkan seseorang mengalami alergi, pusing dan gangguan pencernaan seperti mual dan sakit perut. 

Untuk itu disarankan mengkonsumsi buah rambusa dalam kondisi matang sempurna karena racun yang tekandung sudah jauh berkurang .

Cukup sampai disini pembahasan tentang manfaat buah rambusa dan efek sampingnya bagi kesehatan.

Jangan takut untuk mengkonsumsi buah satu ini karena jika di konsumsi dalam jumlah yang cukup mampu memberi manfaat yang banyak utuk tubuh.

Semoga Bermanfaat.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i