CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Buah Rambusa dan Efek Sampingnya bagi Kesehatan Tubuh. - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Buah Rambusa dan Efek Sampingnya bagi Kesehatan Tubuh.

manfaat buah rambusa dan efek samping untuk kesehatan tubuh.

Sumber foto : istockphoto.

Healty99 - Manfaat buah rambusa dan efek sampingnya bagi kesehatan tubuh. Rambusa merujuk dari pada tanaman dengan nama latin Passiflora foetida yang dapat kamu temukan di hutan, kebun, semak blukar serta persawahan. Dibeberapa daerah di Indonesia tanaman satu ini biasa di kenal dengan nama blungsun, permot, rajutan, markisah mini, kaceprek, ki leuleu’eur atau timun dendang.

Rambusa merupakan tumbuhan liar yang hidup merabat pada tanaman lainnya karena menyukai sinar matahari. Memiliki buah kecil dengan ukuran sekitar 1 hingga 1,5 cm, berwarna hijau saat masih muda dan akan berubah menjadi kuning saat telah masak.

Uniknya buah yang dikenal permot ini di selimuti oleh rambut atau jaring yang sedikit lengket, serta bulu-bulu halus di seluruh bagian batangnya yang merambat.

Tanaman satu ini tentu tak asing lagi jika kamu adalah orang yang suka berpetualang di hutan, karena memang sering diburu oleh anak anak.

Bagian dalam buahnya terdapat banyak biji berwarna hitam yang mirip dengan buah markisa manis, sedangkan dari segi rasa memang hampir mirip yaitu berciri khas manis. Hanya saja ukuranya yang berbeda, sehingga terkadang buah satu ini dikenal dengan markisa mini liar.

Jika dilihat dari segi kandungan buah rambusa mempunyai beragam nutrisi penting seperti kalsium, vitamin C, flavonoid, magnesium, potassium, zat besi, fitronutrien, serat dan beberapa kandungan lainnya yang tentu saja baik untuk kesehatan.

Nah berikut ini beberapa manfaat buah rambusa untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui.

Manfaat buah rambusa

1. Mencegah Anemia dan Kekurangan Zat Besi

Kandungan zat besi dan mineral pada rambusa di ketahui berguna untuk merangsang pembentukan sel darah merah di dalam tubuh, sehingga hal tersebut mampu berguna untuk mencegah penyakit anemia ataupun kekurangan darah.

Karena kandungan zat besinya juga terbilang cukup tinggi yang memungkinkan rambusha bisa menjadi asupan alternatif zat besi lainnya untuk tubuh.

Baca juga :

2. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Adanya kandungan kalsium pada buah rambusa yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Kemampuan lainnya ialah berkhasiat meningkatkan kepadatan tulang agar lebih kuat, sehingga bisa mencegah terjadinya resiko masalah osteoporosis.

Kamu bisa mengkonsumsi buah secara rutin setiap hari namun dengan porsi yang tidak berlebihan.

3. Mencegah Gangguan Ginjal

Tahukah kamu bahwa rambusa di ketahui mempunyai kemampuan dalam meningkatkan fungsi ginjal loh.

Evektivitas lainnya ialah juga bisa membantu ginjal untuk lebih sempurna dalam menyaring cairan metabolisme tubuh menjadi urine.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

manfaat buah rambusa meningkatkan daya tahan tubuh.
Sumber foto : istockphoto.
Mengkonsumsi buah rambusa secara teratur bisa menjaga daya tahan tubuh kamu menjadi lebih kuat serta dapat bertahan dari beberapa penyakit ringan loh.

Hal ini karena rambusa terdapat kandungan seperti vitamin C, flavonoid dan beberapa senyawa lainnya yang bersifat antioksidan bagi tubuh.

Baca juga :

5. Mengontrol Tekakanan Darah

Buah permot di klaim mampu mengontrol masalah tekanan darah menjadi lebih stabil serta sekaligus mengembalikan ke batas normal. Kemampuan ini didapati karena adanya sejumlah senyawa yang terkandung dalam buah.

Akan tetapi belum di ketahui secara pasti akan kebenaranya, terutama berapa banyak yang harus dikonsumsi atau dosis dari pemakaian yang aman untuk tubuh.

6. Mencegah Paparan Radikan Bebas

Khasiat buah rambusa berikutnya ialah bisa menangkal radikal bebas yang berasal dari lingkungan.

Bukan tanpa sebab, semua ini berkat karena adanya kandungan senyawa antioksidan bagi tubuh yang cukup tinggi pada buah, contohnya seperti alkaloid, flavonoid, fenolik, kardiak glikosida dan vitamin C.

Seperti yang kita ketahui, antioksidan sangat berguna untuk mencegah kerusakan jaringan sel dalam tubuh, baik itu karena paparan radikal bebas maupun karena zat-zat kimia berbahaya.

Sehingga secara tidak langsung dengan kamu mengkonsumsi rambusa secara teratur, maka sudah pasti kamu membantu tubuh dalam mencegah serangan radikal bebas serta resiko penyakit berbahaya seperti kanker dan sebagainya.

7. Menjaga Kesehatan Gigi

Manfaat buah rambusa selanjutnya yaitu bisa menjaga kesehatan gigi, memperkuatnya serta mempercepat pembentukan gigi baru terutama yang sedang terjadi pada masa pertumbuhan anak.

Oleh karenanya anak-anak bisa dianjurkan untuk mengkonsumsi buah satu ini, namun tetap dengan jumlah yang terbatas alias tidak berlebihan.

Selain itu penting untuk memastikan kamu mengkonsumsi buah yang sudah dalam kondisi matang sempurna.

Baca juga:

32 Macam Buah Berry Yang Harus Kamu Ketahui

8. Menjaga Kesehatan Otot

Buah rambusa mengandung beberapa mineral penting yang memang dibutuhkan tubuh, terutama untuk pembentukan jaringan otot serta sistem metabolisme.

Walau tidak dalam jumlah yang terlalu banyak, akan tetapi jika kamu secara rutin konsumsi tentu sudah pasti bisa memberi manfaat yang sepadan untuk kesehatan tubuh.

9. Mencegah Stres.

Buah berbulu ini juga di klaim mampu mengendalikan mood pada seseorang loh.

Tidak sampai di situ saja, beberapa kandungan senyawa yang di milikinya diketahui bisa meningkatkan pembentukan hormon rasa senang dari dalam tubuh secara alami.

Kondisi seperti ini tentunya dapat mengurangi tekanan dan gejala stres pada seseorang secara tidak langsung.

Jika kamu tertarik untuk mencobanya maka tidak menjadi masalah, terlebih lagi rasa rambusa memang sangat enak.

Nah itulah beberapa manfaat buah rambutsa untuk kesehatan tubuh yang bisa kamu ketahui.

Efek Samping Buah Rambusa

Apakah ada efek samping alias bahaya buah rambusa? Perlu kamu ketahui, tanaman liar merambat satu ini ternyata mempunyai senyawa yang bersifat racun bagi tubuh. Racun tersebut terdapat pada buah yang masih dalam kondisi mentah (muda) atau hijau.

Walau tidak terlalu berbahaya bagi tubuh, namun tetap saja kamu harus berhati-hati. Karena beberapa kemungkinan efek samping dapat menyebabkan seseorang mengalami alergi, pusing dan gangguan pencernaan seperti mual dan sakit perut.

Untuk itu disarankan mengkonsumsi buah dalam kondisi matang sempurna, karena kadar racun yang tekandung sudah jauh lebih berkurang .

Cukup sampai disini pembahasan tentang manfaat buah rambusa dan efek sampingnya bagi kesehatan.

Jangan takut untuk mengkonsumsi buah satu ini, pasalnya jika dimakan dalam jumlah yang tepat bisa memberi banyak manfaat utuk tubuh.

Baca terus informasi di healty99.com tentang hal menarik lainnya.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel