Ketahui Manfaat Buah Cermai Belanda atau Dewandaru untuk Kesehatan.

Cermai belanda ketahui manfaat dan kandunganya.

manfaat cermai belanda untuk kesehatan
Sumber foto : pixabay/Eugenia uniflora
Cermai belanda, cermen belanda, asam selong atau dewandaru begitulah beberapa masyarakat Indonesia menyebutnya, merujuk pada pohon dengan nama ilmiah Eugenia uniflora dari family tanaman jambu-jambuan. Pohon cermai belanda sendiri tidak terlau tinggi yaitu sekitar 2 hingga 3 meter, berdaun kecil dengan warna merah untuk daun muda dan warna hijau untuk daun yang sudah tua. Untuk asalnya tanaman satu ini di perkirakan dari Amerika Latin seperti Argentina, Brasil dan Paraguay.

Tanaman satu ini menghasilkan buah yang di sebut dengan buah cermai belanda, berwarna hijau saat muda dan kuning kemerahan saat sudah matang. Buahnya berbentuk bulat dengan lekuk mirip seperti labu kuning serta memiliki rasa buah yang dominan asam segar.

Cermai belanda umunya di tanam hanya sebagai penghias perkarangan rumah karena bentuk pohonya yang bisa di jadikan bonsai serta memiliki buah yang cantik.

Baca juga :

Kandungan buah cermai belanda yang di ketahui.

Buah yang mempunyai rasa asam satu ini di ketahui mengandung kaya akan nutrisi yang salah satunya berupa antioksidan,lemak, karbohidrat, vitamin C, asam buah, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, B2 serta B3. Selain itu terdapat juga beberapa mineral seperti  serat, kalsium, tiamin, niasin, magnesium, potasium, dan myricetin. 

Sangat banyak bukan senyawa yang ada pada buah cermai belanda, berikut beberapa manfaat kesehatan dari buah satu ini.

Baca juga :

Manfaat buah cermai belanda untuk kesehatan.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

Buah dengan sebutan dewandaru satu ini di ketahui dapat bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh kamu loh. Kandungan seperti vitamin C, B dan antioksidanya berguna untuk mencegah tubuh agar tidak mudah terjangkit penyakit baik itu penyakit ringan atau jangka panjang.

Dengan meningkatnya sistem pertahanan tubuh kamu maka infeksi seperti virus, bakteri dan sumber penyakit dapat lebih mudah di hindari.

2. Menjaga kesehatan mata.

Buah cermai belanda mengandung kaya akan vitamin C yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin C berguna untuk melacarka peredaran darah ke seluruh tubuh terutama pada jaringan mata, serta di ketahui juga dapat mencegah resiko penyakit rabun.

3. Buah cermai belanda menjaga kesehatan jantung.

Buah satu ini juga dapat menjaga kesehatan jantung. Bukan tanpa sebab, pasalnya terdapat kandungan seperti vitamin C, B, antioksidan (likopen, beta-cryptoxanthin, gamma-carotene, rubixanthin) dan beberapa mineral penting yang di ketahui berguna untuk mencegah naiknya kadar kolesterol dan gula darah di dalam tubuh serta mencegah yang namanya penyumbatan pembuluh darah.

Dengan lancarnya peredaran darah maka resiko penyakit jantung dapat di hindari lebih jauh.

Baca juga : 

4. Mencegah kerusakan sel.

Mengkonsumsi buah cermai belanda di ketahui dapat mencegah yang namanya kerusakan sel lebih lanjut, baik itu kerusakan sel akibat lingkungan seperti polusi, sinar matahari, radikal bebas, zat kimia hingga asap rokok.

Peranan tersebut didasari karena sifat dari senyawa antioksidan yang berperan dalam menjaga sel-sel di tubuh agar terap sehat dan mengurangi resiko kerusakanya.

5. Buah cermai belanda mengontrol gula darah.

Manfaat buah cermai belanda selanjutya yaitu di ketahui dapat mengontrol gula darah yang berlebihan di dalam tubuh, peranan kandungan senyawa yang terdapat pada buah satu ini di ketahui mampu merangsang pembentukan sel-sel baru serta membantu hormon insulin dalam mengolah gula (glukosa) menjadi sumber energi.

6. Cermai belanda diklaim mampu melindungi organ hati.

Buah dewandaru di klaim dapat menjaga organ hati dari kerusakan oksidatif yang berasal dari zat-zat kimia dan alkohol yang masuk kedalam tubuh.

7. Mencegah pertumbuhan sel kanker.

Seperti yang telah kita sebutkan tadi bahwanya buah cermai belanda mengandung vitamin C dan antioksidan yang berperan dalam menjaga sistem pertahanan tubuh serta mencegah kerusakan sel.

Hal yang sama juga akan di dapat dari mengkonsumsi buah cermai belanda yang mana mampu melawan efek berbahaya dari zat karsinogenik, baik itu dari makanan yang kita makan ataupun berasal dari lingkungan seperti radikal bebas.

Baca juga :

8. Buah cermai belanda menurunkan kadar kolesterol.

Manfaat dari buah cermai belanda selanjutnya yaitu dapat menurunkan sekaligus mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Kadar kolesterol jahat (LDL) yang jumlahnya berlebihan mampu memicu masalah kesehatan lebih lanjut seperti penyakit jantung dan stroke.

Nah dengan mengkonsumsi buah cermai belanda secara rutin maka kandungan di dalamnya akan berfungsi untuk mengoksidasi penumpukan lemak dan plak-plak kolesterol pada saluran pembuluh darah, serta membantu memproses lemak menjadi energi harian.

9. Membantu menyembuhkan luka dari dalam tubuh.

Peranan dari kandungan buah cermai belanda selanjutnya yaitu dapat memperbaiki kerusakan sel yang terjadi di dalam tubuh dengan cara mempercepat meregenerasi pertumbuhan sel-sel baru. 

Sebagai contoh buah cermai belanda dapat mengobati masalah sariawan, peradangan, mencegah infeksi pada pencernaan dan luka di dalam tubuh.

Nah itulah beberapa manfaat dari buah cermai belanda atau dewandaru yang patut kamu ketahui. Lantas apakah ada efek samping dari mengkonsumsi buah satu ini.

Efek samping dari mengkonsumsi buah cermai belanda mungkin dapat terjadi apa bila terlalu banyak mengkonsumsinya, beberapa efeknya memungkinkan terjadi ialah sakit perut dan perih pada pencernaan akibat asam buah yang kuat.

Selain itu jika kamu menderita masalah seperti maag dan asam lambung ada baiknya mengurangi atau hindari mengkonsumsi cermai belanda secara berlebihan.

Cukup sampai disini pembahasan tentang manfaat dan kandungan dari buah dewandaru atau cermai belanda.

Buka Komentar

0 Response to "Ketahui Manfaat Buah Cermai Belanda atau Dewandaru untuk Kesehatan."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i