7 Manfaat Buah Salam yang Tidak Banyak Diketahui Orang.

Buah salam

Buah salam merupakan buah yang berasal dari pohon Syzygium Polyanthum atau lebih di kenal dengan pohon salam. Umumnya pohon satu ini di manfaatkan bagian daunya untuk bumbu masakan, obat tradisional serta di extrak untuk di ambil kandungan minyak atsirinya. Tak hanya itu saja, pohon ini juga menghasilkan buah yang tentunya bisa di makan, berukuran kecil sekitar 0.5 cm dan berwarna merah saat telah matang. Manfaat buah salam untuk tubuh.

Buahnya yang berukuran kecil kerap kali di pandang sebelah mata karena mempunyai nilai harga yang murah sehingga terkadang hanya di biarkan pemiliknya hingga berjatuhan dan membusuk. Buah salam yang telah matang di pohon mempunyai rasa yang manis dengan sedikit sepet (kelat).

Namun siapa sangka di balik ukuranya yang kecil ternyata buah salam mempunyai manfaat yang tak kalah baik dari daunya, simak di bawah ini untuk mengetahui khasiat dari buah salam.

Manfaat kesehatan dari buah salam.

1. Mengobati Diabetes.

Buah salam di percaya dapat mengatasi masalah penyakit diabetes serta memperbaiki kerja insulin di dalam tubuh. Hal tersebut di ketahui karena adanya kandungan Flavonoid salah satu antioksidan yang tentunya sangat berguna untuk kesehatan.

Baca juga : Kol yang digoreng menambah resiko seseorang terkena penyakit kanker.

Namun sebaiknya kamu jangan terpaku dengan hanya mengkonsumsi dari buah salam saja, kamu juga harus mulai merobah pola hidup agar lebih sehat dengan menghindari minuman manis  dan makanan yang tinggi karbohidrat, selain itu kamu juga harus mengimbangi dengan yang namanya olahraga.

2. Mengatasi peradangan.

Di ketahui beberapa masalah peradangan seperti sakit tenggorokan, panas dalam dan radang lambung dapat di atasi dengan memakan buah salam secara segar. 

Oh ya, saat mengkonsumsinya jangan terlalu berlebihan karena kemungkinan dapat memicu reaksi sakit perut. Konsumsilah paling tidak 100 gr perhari untuk mendapatkan khasiatnya.

3. Obat maag. 

Tak hanya dapat mengatasi peradangan saja, sekali mengkonsumsinya secara bersamaan kamu juga mendapatkan manfaat lainya yaitu mencegah penyakit maag kambuh, dengan begitu kamu dapat menahan sedikit rasa perih sementara waktu hingga mendapat makanan.

4. Mencegah kolesterol.

Terdapat kandungan Vitamin C, B6, antioksidan serta serat yang dapat mencegah naiknya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Tak cukup sampai di situ saja beberapa masalah penyakit seperti serangan jantung, penyempitan pembuluh darah dan masalah pencernaan dapat mudah di cegah lebih awal sebelum terjadi.

Hal tersebut juga harus kamu imbangi dengan yang namanya mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan agar hasil yang di dapat lebih maksimal.

5. Baik untuk pencernaan.

Manfaat dari buah salam selanjutnya yaitu dapat mengatasi beberapa masalah pencernaan. Hal tersebut di ketahui dengan terdapatnya kandungan senyawa Tanin pada buah ini. 

Tanin sendiri di ketahui menpunyai khasiat yang baik untuk kesehatan karena bersifat astrigen, anti bakteri, anti diare, mampu mengatasi masalah cacing pada pencernaan serta mencegah peradangan pada area usus.

Bagaimana, sudah mulai tertarik untuk mengkonsumsi buah salam sebagai asupan nutrisi yang menyehatkan?

6. Obat mata. 

Belum di ketahui kebenaranya tentang buah salam dapat memperbaiki masalah penglihatan, namun di lihat dari beberapa kandungan yang ada di dalamnya, buah salam mengandung Vitamin A yang merupakan salah satu obat untuk memperbaiki kinerja kesehatan mata. 

Walaupun hal tersebut masih terus di teliti tapi kamu bisa menggunakan manfaatnya untuk sebagai pencegahan lebih awal terhadap masalah tersebut.

Baca juga : Olahan Infused water dari buah salam.

7. Melancarkan peredaran darah.

Manfaat yang terakhir dari buah salam yaitu di ketahui dapat melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang tidak lancar di ketahui dapat memicu beberapa masalah kesehatan lainya seperti serangan jantung dan stroke. Di ketahui beberapa penyebabnya dapat di karenakan penumpukan lemak dan kolesterol di dalam pembuluh darah sehingga terjadinya penyempitan arteri serta pengaruh dari beberapa obat-obatan.

Nah dengan terdapatnya kandungan Vitamin C, B6 serta beberapa kandungan antioksidan di dalamnya dapat mencegah masalah penyempitan pembuluh darah yang salah satunya di sebabkan oleh kolesterol atau lemak jahat di dalam tubuh.

Itulah beberapa kandungan dan manfaat yang baik dari buah salam untuk kesehatan.

Buka Komentar

0 Response to "7 Manfaat Buah Salam yang Tidak Banyak Diketahui Orang."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i