6 Minyak Urut Tradisional Yang Banyak Digunakan Dan Cara Membuatnya.

Minyak jahe

Di kesempatan kali ini saya ingin membagikan pengetahuan terhadap minyak urut tradisional yang kerap di gunakan dan dapat mengatasi masalah seperti pegal-pegal, kram otot, kejang otot, terkilir serta memar pada kulit dan cara membuatnya. Selain itu minyak urut ini juga aman karena menggunakan bahan-bahan alami yang terdapat banyak di sekitaran kita.

Tahu kah kamu terapi pijat mengunakan minyak urut merupakan metode kesehatan secara tradisional yang telah di lakukan sejak lama dan masih banyak di ajurkan hingga saat ini. Penggunaan minyak urut tradisional kebanyakan terbuat dari bahan-bahan alami berasal dari tumbuhan dan rempah-rempah yang mampu memberi manfaat dan dampak baik bagi kesehatan, salah satunya yaitu mampu menghangatkan badan, merileksasikan tubuh, sebagai aroma terapi, menghilangkan pegal-pegal dan masih banyak lagi.

Nah bagi kamu yang sedang mencari bahan-bahan apa saja yang sering di gunakan untuk membuat minyak urut tradisional, berikut daftarnya.

Daftar minyak urut tradisional yang sering di gunakan.

1. Kencur dan beras.

Untuk yang pertama ada kencur dan beras, ramuan minyak urut tradisional satu ini kerap kali di gunakan untuk mengatasi masalah seperti kaki dan tangan yang terkilir, otot kejang dan kram. 

Bagaimana cara pembuatanya? Caranya cukup sederhana, yang kamu perlukan adalah satu ruas kencur segar dan dua sendok beras. Langkahnya haluskan kencur dan beras secara terpisah (akan lebih bagus jika beras di rendam terlebih dahulu selama semalaman agar menjadi lembut), setelah itu campur jadi satu hingga rata dan siap di gunakan.

Untuk penggunaan dapat langsung kamu balurkan secara merata pada permukaan otot yang terasa kejang atau kram, sedangkan untuk terkilir balurkan minyak urut tersebut secara merata di pergelangan kemudian tutup dengan daun (bisa menggunakan daun pisang) setelah itu lapiskan kembali dengan kain atau handuk kering.

Sensasi dingin di awal kemudian akan berubah menjadi hangat, mampu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat terkilir. Oh ya kamu juga bisa menambahkan jahe jika di rasa sensasi hangatnya kurang.

Baca juga : Tanaman Herbal Dari Akar-akaran Yang Patut Kamu Ketahui.

2. Minyak kelapa murni.

Yap, minyak kelapa kerap kali di gunakan sebagai minyak urut. Penggunaan minyak kelapa juga lebih baik ketimbang minyak sawit, walau di katakan sama-sama minyak dan sama-sama licin namum keduanya memiliki kandungan yang cukup berbeda jauh. 

Selain bagus untuk kesehatan bila di cerna, minyak kelapa juga baik saat di gunakan untuk mengurut karena lebih mudah menyerap ke dalam pori-pori kulit yang mana hal tersebut mampu melemaskan otot saat memijat. 

Penggunaanya yang mudah  cocok buat kamu yang ingin menghilangkan pegal-pegal, kram otot serta terapi kulit. Oh ya, perlu kamu ketahui minyak kelapa atau coconut oil sangat bagus dalam menjaga kesehatan kulit loh, di ketahui beberapa masalah kulit seperti kapalan, kulit kering, bersisik dan kerutan dapat di atasi dengan minyak satu ini.

3. Serai. 

Selanjutnya ada serai, serai di ketahui mengandung minyak esensial alami yang dapat di jadikan obat untuk memperkuat sistem saraf tubuh. Selain itu dengan mengoleskan minyak serai pada permukaan kulit dapat memberi efek menghangatkan, merengangkan otot yang kejang dan memperlancar peredaran darah di bawah kulit.

Tak harus beli kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan dua bahan yaitu beberapa batang serai dan minyak kelapa. Caranya potong-potong halus atau geprek batang serai kemudian masukan kedalam botol 100 ml dan tuangkan minyak kelapa hingga penuh.

Letakan pada tempat yang kering dan teduh, semakin lama kamu menyimpan maka semakin bagus untuk mengeluarkan minyak esensialnya pada serai.

4. Bawang merah.

Bawang merah bisa di jadikan untuk ramuan sebagai minyak urut dalam mengatsi pegal-pegal dan kram otot. Namun penggunaan bawang merah untuk memijat akan lebih bagus jika di beri tambahan berupa minyak sayur atau minyak kelapa.

Selain itu tahukah kamu bahwa bawang merah juga ampuh dalam mengatasi demam, masuk angin, badan meriang dan flu. 

Bagaimana caranya? Cukup iris halus bawang merah sebanyak dua butir, tambahkan tiga sendok minyak kemudian oleskan pada bagian punggung, leher dan dada depan sambil di pijat lembut. 

5. Minyak jahe.

Jahe memang di kenal dapat memberi sensasi menghangatkan di tubuh, selain baik untuk kesehatan bila di konsumsi ternyata jahe juga bagus untuk mengatasi beragam masalah seperti pegal-pegal, kram, kejang otot serta terkilir.

Kandungan minyak esensial yang terdapat pada jahe sangat baik di gunakan pada permukaan kulit loh, sensasi hangat yang di timbulkanya di ketahui mampu melancarkan peredaran darah, memeperbaiki kerusakan jaringan kulit, mengatasi memar, meredakan nyeri akibat terkilir, melemaskan otot serta mencegah peradangan.

Ada beberapa cara pembuatanya, yang pertama kamu dapat menggunakanya secara langsung dengan cara memarut jahe hingga halus dan beri satu sendok makan minyak, kumudian dapat langsung di gunakan untuk memijat.

Cara kedua dengan melakukan pengeringan jahe. Jahe yang kering kemudian di masukan ke dalam botol dan di beri minyak kelapa, tunggu beberapa hari baru gunakan minyak tersebut. 

Sama seperti serai semakin lama kamu menyimpan minyak jahe maka kandungan minyak esensialnya akan keluar.

6. Rempah-rempah.

Selanjutnya bahan untuk membuat minyak urut tradisional yaitu dengan campuran bumbu rempah-rempah seperti cengkeh, kapulaga, kayu manis, bunga lawang dan pala. Beberapa rempah-rempah tersebut mengandung minyak esensial alami yang cukup tinggi dan bagus di gunakan untuk kesehatan.

Bagaimana cara membuatnya? Pembuatanya sangat mudah, yang pertama siapkan rempah-rempah yang telah di sebutkan di atas ( satu biji pala, dua bunga lawang, dua kapulaga, lima butir cengkel dan satu telunjuk kayu manis), siapkan botol ukuran 100 ml, masukan semua rempah tersebut dan tuangkan minyak kelapa hingga memenuhi botol.

Baca juga : Obat Herbal Tumbuhan Kumis Kucing Untuk Mengatasi Encok Dan Terkilir.

Simpan di tempat teduh dan kering, beberpa hari kemudian baru di gunakan. Kandungan minyak atsiri yang terdapat pada rempah-rempah mampu menciptakan rasa hangat, nyaman serta mampu merileksasikan tubuh.

Minyak urut dari bahan rempah terbukti dapat mengatasi masalah pegal-pegal, kejang otot, kram, peradangan kulit dan meredakan rasa sakit akibat terkilir.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa di gunakan untuk membuat minyak urut tradisional untuk mengatasi kejang otot, terkelir, pegal-pegal dan lainya. Pembuatanya dari bahan-bahan alami sehingga tidak memberi dampak buruk bagi tubuh.

Mungkin sampai di sini saja, jika kamu ingin menambahkan masukan terhadap tambahan bahan untuk minyak urut dapat menulisnya pada kolom komentar.

Buka Komentar

0 Response to "6 Minyak Urut Tradisional Yang Banyak Digunakan Dan Cara Membuatnya."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i