Obat Alami Untuk Mengatasi Masalah Bisul Dari Bahan Yang Mudah Didapat.

Bisul, jerawat

Bisul adalah suatu kondisi dimana adanya peradangan pada area kulit (lapisan kulit), peradangan dapat terjadi akibat dari infeksi kuman, tersumbatnya pori-pori kulit (folikel rambut kulit) serta tertusuk benda asing. Akibat dari bakteri dan benda asing tadi masuk ke dalam tubuh, sehingga otomatis tubuh langsung mengeluarkan sel darah putih ke area tersebut (tempat peradangan) untuk melawan bakteri, kuman serta benda asing yang masuk.

Nah dari reaksi imun tubuh (sel darah putih) yang memberi perlawanan serta selama bakteri tadi belum mati maka akan terjadi yang namanya penumpukan pada lapisan kulit dan membuat rongga kecil, yang mana hal tersebut membuat kulit menjadi bengkak, kemerahan serta bernanah. Jika sudah begitu bagian kulit yang terdapat bisul akan terasa sakit di karenakan terjepitnya saraf pada lapisan kulit.

Nah bagi kamu yang sedang mengalami masalah bisulan dan malas untuk berobat, mungkin beberapa bahan obat herbal dari tumbuh-tumbuham ini dapat membantu sekaligus mempercepat penyembuhanya.

Baca juga : Daftar tumbuhan obat untuk mengatasi malaria dan demam.

Berikut beberapa bahan obat herbal untuk mengatasi masalah bisul.

1. Lidah buaya.

Lidah buaya memang sudah terkenal pemanfaatanya, baik untuk bahan produk kecantikan, perawatan kulit serta memperlebat rambut. Nah,, lidah buaya di ketahui juga mampu untuk mengatasi masalah bisul loh, karena sifatnya yang anti bakteri sehingga dapat membunuh kuman penyebab bisul dan mempercepat pengempisan. 

Info nih, tahu kah kamu lidah buaya juga bisa menjadi obat untuk mengatasi kulit memar, lecet, terkena panas, mengeringkan luka dan kulit kering. Sensasi dingin yang di berikan lidah buaya mampu mengurangi rasa panas pada kulit dan sakit pada bisul.

2. Kunyit. 

Selanjutnya ada kunyit. Tak hanya di gunakan sebagai jamu dan bumbu masakan, akan tetapi kunyit bisa juga untuk mengatasi masalah peradangan pada kulit seperti bisul. Kunyit sendiri memiliki banyak kandungan dan salah satu kandungan tersebut ada yang bersifat anti bakteri, anti fungi serta mencegah infeksi, sehingga dalam hal ini dapat menjadi obat alternatif untuk mengatasi masalah bisul.

Untuk penggunaanya cukup sederhana, kamu hanya perlu memarut atau mengahaluskan kuyit kemudian tempelkan pada area kulit yang terdapat bisul.

3. Daun sirih.

Daun sirih memang telah di kenal dan banyak di gunakan dalam mengatasi masalah peradangan, infeksi, serangan fungi serta mampu membunuh kuman. Jadi tak heran lagi jika daun sirih dapat menjadi obat untuk mempercepat penyembuhan masalah bisul.

Oh ya, dalam penggunaanya cukup remas daun sirih serta pastikan di cuci terlebih dahulu agar tidak ada kuman yang ikut tercampur.

Baca juga : Manfaat dari tumbuhan sirih merah.

4. Bawang.

Baik bawang merah dan bawang putih sama saja dan dapat di gunakan untuk masalah bisul maupun peradangan. Mengapa bisa? Hal ini di karenakan bawang mengandung senyawa yang mampu membunuh bakteri dan fungi, selain itu terdapat juga mineral sulfur yang bermanfaat dalam membantu proses penyembuhan serta mempercepat pengeringan dari luka bisul.

5. Garam epsom.

Selanjutnya ada yang tahu dengan garam epsom?  Yap, garam epsom merupakan garam yang tinggi akan kandungan mineral magnesium dan sulfat, atau dengan nama lain biasa di sebut dengan garam mandi. Garam epsom di ketahui mampu mengatasi beragam masalah kulit seperti kurap, kudis, kulit mati, bisul dan masih banyak lagi. 

Cara penggunaanya sangat mudah, kamu cukup larutkan garam dengan air hangat kemudian basahkan pada handuk atau kain dengan larutan garam tadi, lalu tempelkan pada area yang terdapat bisul.

6. Daun ketepeng.

Daun ketepeng atau biasa di sebut dengan daun kaskado merupakan tumbuhan yang banyak di gunakan dalam pembuatan obat tradisional untuk mengatasi masalah kulit. Kandungan flavonoidnya yang tinggi mempunyai efek yang bersifat anti bakteri, anti alergi, anti fungi serta anti inflamasi.

Jika di daerah tempat kamu terdapat banyak tumbuhan ini maka daunya dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah peradangan pada bisul dan mempercepat penyembuhan. Untuk penggunaanya cukup remas daun ketepeng hingga halus lalu tempelkan pada area bisul.

7. Bubuk cengkeh dan kayu manis.

Tahu kah kamu bumbu dapur satu ini dapat di gunakan untuk mengatasi masalah pembengkakan, peradangan dan infeksi akibat bakteri. Kandungan minyak atsiri yang ada pada cengkeh dan kayu manis di ketahui bisa membunuh kuman dan fungi yang salah satunya penyebab bisul.

Cukup campur serbuk cengkeh dan kayu manis dengan minyak sayur kemudian oleskan pada area kulit yang terdapat bisul.

Baca juga : Daun rumput mutiara yang mempunyai khasiat pencegah kanker.

8. Tea tree oil.

Obat alami untuk mengatasi bisul yang terakhir yaitu ada Tea tree oil. Minyak satu ini mempunyai sifat anti bakteri dan anti septik sehingga dapat yang namanya mengatasi masalah infeksi kuman penyebab bisul.

Cara penggunaanya campurkan lima sendok teh minyak Tea tree oil dengan satu sendok minyak kelapa, kemudian oleskan pada area bisul secara menyeluruh, usahakan lakukan 2-3x sehari hingga sembuh hal ini berguna untuk mencegah peradangan lebih lanjut.

Itulah beberapa obat alami untuk mengatasi masalah bisul.

Selain itu di ketahui beberapa cara lain untuk mengatasi bisul berupa pemberian salep secara rutin serta bila perlu konsultasikan ke dokter spesialis kulit agar dapat di beri tidakan lanjut untuk penangananya.

Bisul memang sangat menganggu di karenakan rasa sakit yang di timbulkan, terlebih lagi posisinya yang tidak tepat seperti di bokong, bagian paha dan di ketiak. 

Sekedar tips, usahakan jangan memecahkan bisul secara sembarangan, walaupun sudah tampak bintik putih pada ujing bisul (biasa disebut matang) karena yang di takutkan masih terdapatnya bakteri pada nanah yang memungkinkan untuk menyebar ke area kulit lain dan mengakibatkan hal yang sama.

Buka Komentar

0 Response to "Obat Alami Untuk Mengatasi Masalah Bisul Dari Bahan Yang Mudah Didapat."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i