CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cranberry, Simak apa saja khasiat Buah Beri dalam Air satu ini. - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Cranberry, Simak apa saja khasiat Buah Beri dalam Air satu ini.

ini manfaat buah cranberry untuk tubuh
Sumber foto : pixabay.
Healty99 - Cranberry merujuk dari pada tanaman dengan nama latin Vaccinium macrocarpon asal Amerika Utara yang hidup dalam air. Tanaman satu ini menghasilkan buah yang termasuk kedalam jeni beri-berian, buahnya kecil berwarna merah dan mempunyai rasa yang lebih dominan asam. Di Indonesia buah satu ini kurang populer, karena untuk mendapatkanya tidak semua toko buah ada.

Berbeda dengan tanaman beri lainya cranberry tumbuh dan dipanen dalam air, sedangkan untuk pemanfaatan buah satu ini biasa diolah menjadi jus, campuran teh atau minuman, kismis hingga selai. 

Namun dibalik rasa asam dari buah cranberry ternyata menyimpan banyak nutrisi yang baik untuk para penikmatnya, nah untuk itu sebelum kamu mengetahui manfaat buah cranberry, ada baiknya ketahui terlebih dahulu kandungan di dalamnya.

Cranbbery mengandung karbohidrat, low kalori, serat, vitamin C dan A, sodium, potasium, kalsium, magnesium, protein, kalium dan sifat antioksidan. Berikut beberapa manfaat buah cranberry untuk kesehatan.

1. Sumber Antioksidan Untuk Tubuh.

Manfaat cranberry yang pertama bisa kamu dapatkan adalah sifat antioksidanya untuk tubuh, seperti yang diketahui seluruh buah dari jenis beri-berian mengandung banyak senyawa yang bersifat antioksidan dalam tubuh sehingga baik untuk kesehatan.

Manfaat antioksidan dalam tubuh sangat banyak dan salah satunya berguna untuk melindungi jaringan sel-sel dari kerusakan baik itu dari akibat radikal bebas, polusi hingga bahan kimia.

2. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan.

Dari hasil sebuah penelitian mengemukakan bahwa terdapatnya kandungan senyawa phytochemical pada buah cranberry yang diketahui mampu mencegah pertumbuhan bakteri dari jenis H. pylori, yaitu bakteri penyebab infeksi pada saluran pencernaan usus dan lambung.

Akan tetapi hasil dari pembuktian belum terlalu signifikan terhadap efektifitasnya jika di konsumsi, namun tetap saja jika kamu memakanya maka akan baik untuk saluran pencernaan.

Baca juga :

3. Menjaga Kesehatan Jantung.

khasiat buah cranberry kering.
Manfaat buah cranberry selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung, hal tersebut di ketahui karena terdapatnya beberapa kandungan seperti vitamin C, polifenol, magnesium dan kalsium yang tentu saja baik untuk organ vital jantung.

Selain itu hasil riset dari pada sebuah penelitian pada tahun 2011 mengambil kesimpulan bahwa seseorang yang sering mengkonsumsi jus cranberry secara rutin menunjukan jumlah kadar kolesterol LDL yang jauh lebih rendah. 

Tak sampai di situ hasil lainya juga menunjukan bahwa buah satu ini baik untu kesehatan pada pengidap koroner.

4. Mencegah Pertumbuhan Kanker.

Buah cranberry mengandung banyak senyawa yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi, serta dapat berperan sebagai obat antikanker alami.

Hal ini didapat karena antioksidan mampu meningkatkan sistem pertahanan tubuh dan menangkal efek radikal bebas yang menyebabkan penyakit kronis. 

Disamping itu hasil dari penelitian pada buah satu ini memiliki ke efektivitasan dalam mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker usus, hati, prostat dan ovarium.

6. Cranberry Baik untuk Tulang dan Otot.

Khasiat buah cranberry berikutnya yaitu baik untuk menjaga kesehatan tulang dan otot kamu.

Pasalnya banyak kandungan mineral pada buah seperti vitamin C, kalsium, magnesium, protein, gula, kalium dan masih banyak lagi yang bisa menjadi penganti sumber nutrisi pada tulang dan otot yang hilang.

Sehingga jika kamu runtin mengkonsumsinya dapat berguna dalam memperkuat sekaligus menjaga kesehatan otot dan tulang, serta mencegah terjadinya cidera saat beraktivitas. 

Baca juga :

7. Mengatasi Gangguan Saluran Kencing.

Mengkonsumsi buah cranberry secara teratur di ketahui dapat menjaga kesehatan saluran kencing, terutama pada ginjal dan kandung kemih.

Hasil dari pada penelitian dari Pusat Ilmu Kesehatan A&M Texas di Houston yang meneliti ekstrak dari buah cranberry mengandung senyawa Proanthocyanidins yang mampu berperan dalam mencegah infeksi dan peradangan akibat bakteri pada saluran kencing.

Secara hasil uji klinis dengan mengkonsumsi buah satu ini mampu membunuh infeksi kuman yang menempel pada saluran kemih.

8. Melawan Paparan Radikal Bebas.

cara mengolah cranberry agar bermanfaat
Sumber foto : pixabay.
Radikal bebas adalah salah satu pemicu penyakit berbahaya seperti kanker, kerusakan sel dan penyakit  jantung, radikal bebas diketahui dapat berasal dari dalam tubuh sendiri (endogen ) dan (eksogen) dari luar tubuh.

Namun paparan radikal bebas lebih banyak berasal dari luar tubuh, lebih tepatnya berasal dari lingkungan, salah satunya yaitu polusi, asap rokok, sinar matahari, makanan, radiasi dan masih ada banyak lagi. 

Pada dasarnya tubuh sendiri mampu menetralisir efek dari radikal bebas, akan tetapi jika jumlah yang masuk lebih banyak dari kemampuan daya tahan tubuh maka lambat laun akan berdapak buruk bagi kesehatan.

Untuk itu adapun kamu harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan, dan salah satu sumbernya berasal dari buah-buahan termasuk buah dari jenis beri satu ini.

Kamu bisa menggunakan manfaat kandugan antioksidan pada buah cranberry dalam menangkal efek dari paparan radikal bebas dan mencegah beberapa penyakit berbahaya di kemudian hari.

9. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut.

Manfaat buah cranberry selanjutnya yaitu untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi. Hal ini dikarenakan adanya terdapat kandungan buah yang bersifat mengurangi pertumbuhan bakteri pada mulut penyebab aroma tak sedap dan gigi berlubang. 

Selain itu mengkonsumsi buah cranberry dapat mengembalikan ph asam dan memicu produksi air liur yang keluar, sehingga kesehatan area rongga mulut dapat lebih terjaga.

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh.

Mengkonsumsi buah cranberry sudah pasti akan meningkatkan sistem kekebalan atau daya tahan tubuh menjadi lebih kuat.

Hal tersebut di dasari berdasarkan dengan beberapa kadungan yang bersifat antioksidan dan vitamin C yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian setiap manusia.

Dengan meningkatnya imun (sistem pertahanan) tubuh maka resiko terkena penyakit menjadi lebih jarang.

Baca juga :

11. Mencegah Penuaan Dini.

Hampir seluruh dari jenis buah beri-berian mempunyai kemampuan dalam menjaga kerusakan sel-sel sehat dalam tubuh.

Kemampuan tersebut berasal dari beberapa kandungan antioksidan buah, mineral dan beberapa vitamin yang mampu mencegah kerusakan jaringan sel terutama pada bagian kulit akibat dari radikal bebas dan paparan sinar matahari.

Untuk itu kamu bisa memanfaatkan buah satu ini (cranberry) ataupun buah jenis beri lainya sama saja.

12. Menjaga Aliran Darah.

buah cranberry super
Manfaat buah cranberry selanjutnya yaitu dapat mejaga aliran darah menjadi lebih stabil dan normal. Di ketahui buah cranberry mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dan gula dalam darah, serta mampu mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

Dengan terjaganya sirkulasi darah maka kesehatan jantung, otak dan organ tubuh dapat menjadi lebih optimal dalam melakukan perananya.

13. Mencegah Berbagai Infeksi.

Kemampuan buah cranberry dalam mencegah berbagai infeksi yang terjadi pada tubuh diketahui berdasarkan penelitian pada tahun 2011.

Hasil tersebut juga mengemukakan bahwa dengan rutin mengkonsumsi buah jenis beri-berian mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan melawan berbagai serangan virus yang masuk kedalam tubuh. 

Dari hasil penelitian memang menunjukan arah yang positif akan tetapi masih perlu pemahaman lebih lanjut terhadap penggunaanya.

Itulah beberapa manfaat buah cranberry untuk kesehatan yang harus kamu ketahui.

Efek Samping Buah Cranberry.

Selain itu adapun hal yang harus kamu ketahui bahwasanya buah satu ini juga mempunyai efek samping bagi tubuh yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Buah cranberry diklaim mapu memicu pembentukan batu ginjal dan endapan lainya pada saluran kemih, akan tetapi hal ini masih belum di ketahui pasti terlebih lagi berapa banyak jumlah yang dikategorikan aman.

Namun yang pasti mengkonsumsi buah satu ini jangan terlalu berlebihan dan jangan bersamaan atau sedang dalam mengkonsumsi obat-obatan, jika kamu masih ingin ada baiknya pertanyakan terlebih dahulu ke dokter terhadap mengkonsumsi buah cranberry bersamaan dengan obat lainya.

Cukup sampai disini pembahasan tentang manfaat buah cranberry untuk tubuh.

Semoga bermanfaat.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i