17 Manfaat Ciplukan mulai dari Akar, Daun dan Buah yang harus kamu tahu.

Ketahui Manfaat Ciplukan mulai dari Akar, Daun dan Buah.

manfaat tanaman ciplukanCiplukan, ceplukan atau cencendet siapa yang tak tahu dengan tumbuhan satu ini, mungkin masa kecil kalian ada yang di hiasi dengan berburu buahnya di semak-semak. Yap ciplukan  (Physalis) merupakan jenis tumbuhan liar yang umunya hidup di semak-semak, blukar, pesawahan, hamparan terbuka dengan intesitas cahaya yang full dan mungkin bisa saja ada di dalam perkarangan rumah kamu. Ciplukan dapat di katakan tumbuhan musiman karena biasanya tumbuh saat musim penghujan tiba setelah musim kering. Lantas apa saja manfaat ciplukan?

Tumbuhan satu ini memiliki buah berukuran kecil sekitar 1 cm yang di bungkus seperti kepompong, buahnya saat matang akan berubah warna menjadi kuning. Sedangkan untuk batangya tumbuh tidak terlalu tinggi untuk jenis yang liar, berciri-ciri mudah patah dengan kandungan air yang tinggi pada batangnya. Untuk manfaat ciplukan hampir seluruh bagian mulai dari batang, daun, buah dan akar tanaman ciplukan dapat di gunakan semuanya.

Namun sebelum kamu mengetahui manfaat ciplukan untuk kesehatan ada baiknya kamu tahu sedikit dengan kandungang nutrisi di dalamnya.

Kandungan buah ciplukan : 

  1. Karotenoid.
  2. Vitamin A, C, E dan K.
  3. Gula.
  4. Elaidic acid.
  5. Antikosidan.
  6. Chlorogenic acid.
  7. Polifenol.
  8. Asam sitrat.
  9. Fisalin.
  10. Antiinflamasi.
  11. Asam malat.
  12. Asam oleat
  13. Asam linoleat.
  14. Alkaloid.
  15. Tannin.
  16. Beberapa mineral lain sperti K, Mn, Mg, Fe dan Zn.

Kandungan batang, daun dan akar.

  1. Saponin
  2. Flavonoid.
  3. Polifenol.
  4. Asam klorogenat.
  5. Antioksidan.

Manfaat ciplukan untuk kesehatan.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

Mengkonsumsi buah segar ciplukan secara rutin paling tidaknya 10 butir perhari mampu meningkatkan daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah terserang penyakit seperti flu, batuk dan demam. 

Hal tersebut di karenakan terdapatnya kandungan antioksidan dalam buah serta beberapa vitamin C, D dan K serta gula alami yang menjaga tubuh kamu agar tetap fit dan siaga.

2. Membantu menurunkan berat badan.

Buah mungil satu ini dapat kamu jadikan sebagai asupan nutrisi saat melakukan program diet loh, tak hanya itu kandungan didalamya seperti antioksidan, vitamin C, asam oleat dan beberapa mineral lainya di ketahui mampu menurunkan berat badan dengan mencegah penyerapan lemak kedalam tubuh, menghancurkan penumpukan lemak pada lapisan kulit serta mengubah lemak menjadi energi.

Namun tetap saja kamu tidak bisa mendapatkan manfaat dari buah satu ini jika pola makan kamu masih sembarang dan jarang melakukan olahraga, karena khasiat buahnya akan jauh lebih maksimal jika di barengi dengan program diet. 

3. Manfaat ciplukan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kolesterol jahat atau LDL yang jumlanya melebihi batas normal di dalam tubuh tentu dapat menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari. Nah di ketahui dengan mengkonsumsi buah ciplukan secara rutin kadar kolesterol di dalam tubuh kamu akan berangsur-angsur berkurang loh.

Hal tersebut bukan karena tanpa sebab terdapatnya senyawa penting yaitu asam oleat serta beberapa vitamin dan mineral lainya yang berperan dalam mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh kamu. Sehingga dapat mencegah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh kolesterol di kemudian hari.

4. Sumber energi alami.

Manfaat ciplukan selanjutnya yaitu dapat menjadi asupan energi secara alami. Kandungan gula alami pada ciplukan cukup tinggi sehingga dapat mengantikan 1/4 energi harian kamu loh, selain itu gula alaminya juga baik untuk penderita diabetes.

5. Mencegah penuaan dini.

Percaya atau ngak bahwa nyatanya hal ini benar loh bahwa ciplukan dapat mencegah penuaan dini. Hal tersebut di karenakan senyawa asam malat yang terkandung didalamya.

Asam malat sendiri merupakan salah satu jenis alpha-hydroxy acids atau AHA yang berperan dalam mempercepat pengelupasan sel kulit mati pada tubuh sehingga pada akhinya dapat mengatasi maslah kerutan pada wajah, meratakan warna kulit secara merata dari dalam, menghilangkan garis halus pada wajah serta masih banyak lagi.

6. Manfaat ciplukan untuk penderita diabetes.

Bagi penderita diabetes tak perlu khawartir dengan buah satu ini, kamu bisa mendapatkan seluruh manfaat dari buah ciplukan tanpa adanya kenaikan kadar gula dara di dalam tubuh. Selain itu terdapatnya kandungan antioksidan seperti flavonoid, tanin dan alkaloid yang sebenarnya mampu mengontrol gula di dalam tubuh dan merangsang kerja insulin.

7. Menangkal radikal bebas.

Tubuh yang terkena paparan radikal bebas dalam waktu yang lama dan keseringan dapat memicu berbagai masalah kesehatan di kemudian hari. Radikal bebas sendiri di ketahui dapat berasal dari mana saja mulai dari polusi kendaraan, asap pabrik, sinar matahari, sinar x, rokok dan racun serangga.

Nah di ketahui buah kecil satu ini dapat menjadi penangkal sebagian besar dari paparan radikal bebas loh, hal tersebut di dapatnya kandungan linoleic acid, antioksidan, viramin C, E, K dan beberapa mineral seperti magnesium dan kalium yang mampu berperan dalam menjaga tubuh terhadap serangan radiasi dari luar tubuh seperti radikal bebas dan penyakit berbahaya.

8. Manfaat ciplukan mengatasi epilepsi atau ayan.

Mengkonsumsi buah ciplukan sekitar 10 butir perhari ataupun ektrak dari buahnya di ketahui dapat di percaya menurunkan resiko penyakit epilepsi kembali terjadi.

Namun dalam hal ini belum di ketahui secara pasti akan kebenarnya, hanya saja khasiatnya terhadap mengatasi masalah tersebut sudah banyak di percayai dan dan digunakan oleh banyak orang sebagai pencegahan.

9. Ciplukan mencegah penyakit berbahaya.

Beberapa penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke dapat di cegah dengan mengkonsumsi buah ciplukan segar loh, hal tersebut karena kandungan pada buah ciplukan yang dapat memperlancar peredaran darah yang mengarah ke jantung dan seluruh tubuh terutama pada bagian otak.

Sehingga fungsi organ-organ di dalam tubuh dapat berkeja secara semestinya dan menjadi sehat.

10. Baik untuk kesehatan tulang dan otot.

Manfaat ciplukan selanjutnya yaitu dapat memperkuat tulang dan otot, sangat cocok buat kamu yang suka berkatifitas di luar ruangan, sering mengangkat berat dan dan mudah mengalami sakit pada area sendi.

11. Ciplukan baik untuk saluran pencernaan.

Mengkonsumsi buah ciplukan sebanyak 100 gr di ketahui dapat melancarkan penycernan loh, dan mengatasi masalah penyebab sembelit dan susah buang air besar. 

Kamu dapat menggunakan manfaat dari buah ini untuk mengatasi masalah tersebut tanpa harus susah payah mengunakan obat pelancar pencernaan.

12. Mencegah kanker payudara.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa seseorang terutama wanita yang mengkonsumsi buah ciplukan secara rutin di ketahui dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker payudara.

Tak hanya pada perempuan saja, siapa saja yang mengkonsumsinya juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Baca juga :

13. Baik untuk masker wajah.

Sttt, kamu bisa mengunakan buah satu ini untuk masker wajah loh. Beberapa kandungan seperti asam malat, linoleic acid, vitamin C, E, kalium dan magnesiumnya di ketahui dapat mencerahkan kulit wajah secara merata, membantu meregenerasi sel-sel kulit lebih cepat, mengatasi kulir kerut, menyamarkan flek-flek hitam, mengatasi bekas luka, membuat kulit lebih kenyal dan lembut serta mampu menutrisi dari luar.

Cara penggunaanya pun cukup mudah kamu hanya perlu menghaluskan buah ciplukan menjadi adonan dan mengoleskan pada permukaan wajah, penggunaan masker buah ciplukan sangat di sarankan buat kamu yang memiliki kulit sensitif terhadap buah lain seperti lemon.

Manfaat ciplukan bagian akar, batang dan daunya.

14. Manfaat ciplukan untuk mengatasi bisul.

Yap, bagian daun ciplukan yang biasa di abaikan dapat kamu gunakan untuk mengobati masalah bisul dan jerawat meradang, caranya cukup mudah ambil beberapa lembar daun ciplukan segar kemudian cuci bersih dan haluskan hingga menjadi pasta, setelah itu tempelkan pada area kulit yang terdapat bisul, lakukan berulang hingga daun ciplukan mengering.

Kandungan antioksidan seperti saponin, tanin, alkaloidnya serta sifatnya yang anti radang dan anti bakteri di ketahui dapat menjadi permasalahan dalam mengatasi pembengkakan akibat bakteri pada kulit.

15. Ciplukan obat untuk mengatasi TBC.

Berdasarkan hasil sebuah penelitian bahwa ekstrak dari daun ciplukan kering di ketahui dapat mencegah penyakit paru-paru salah satunya yaitu TBC dengan cara memperlambat kerusakan yang di akibatkan kuman. Namun hal ini akan terus di teliti sampai di mana jauh perkembanganya terhadap dampak yang di berikan ke tubuh.

16. Manfaat ciplukan untuk obat luka dadakan.

Manfaat ciplukan selanjutnya yatiu bagian daunya dapat di gunakan sebagai obat luka atau memar dadakan, caranya cukup remas daunya lalu tempelkan pada area kulit yang terluka, hal tersebut dapat membantu dalam menghentikan keluarnya darah selain itu kandungan pada daunya juga dapat mencegah terjadinya infeksi akibat kuman dan mempercepat pengeringan luka.

17. Manfaat ciplukan mengobati demam.

Beberapa masyarakat ada yang menggunakan bagian akar dari tanaman ciplukan sebagai obat untuk mengatasi demam pada anak. Caranya dengan merebus akarnya kemudian airnya di minumkan pada orang yang sakit sehari dua kali hingga demam sembuh.

Itulah beberapa manfaat ciplukan baik dari buah, akar hingga daunya yang harus kamu ketahui. 

Baca juga :

Apakah ada efek samping dari penggunaan dari tanaman ciplukan? Yap ada beberapa efek sampinya namun tidak seberapa bahaya bagi manusia dan tentu saja dapat di hindari dengan mudah. Efek samping biasanya ada pada buah mentahnya, ada baiknya mengkonsumsi buah satu ini dalam keadaan matang sempurna dengan warna kuning, jangan mengkonsumsi buahnya yang masih berwarna hijau atau kelat karena kemungkinan dapat menyebabkan racun bagi tubuh dan menimbulkan reaksi mual, muntah dan sakit perut.

Larangan lain yang sebenarnya belum diketahui pasti akan dampaknya yaitu jangan mengkonsumsi buah ciplukan baik masak maupun mentah bersamaan dengan teh dan kopi ataupun minuman yang mengandung kafein, karna dapat memicu efek keracunan yang sama seperti di atas. Selebih dari itu kamu dapat mengambil manfaat ciplukan untuk kesehatan kamu.

Sekian dahulu pembahasan tentang manfaat ciplukan.

Info tanaman lainya dapat kamu cari pada halaman healty99.com Tanaman Herbal.

Manfaat ciplukan untuk olahan. 

Buka Komentar

0 Response to "17 Manfaat Ciplukan mulai dari Akar, Daun dan Buah yang harus kamu tahu."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i