Lengkap! Manfaat Daun Pepaya dan Efek Sampinya untuk Tubuh.

Simak apa saja manfaat daun pepaya.

manfaat daun pepaya untuk obat
Sumber foto : pixabay/daun pepaya.
Pohon pepaya umunya sangat mudah di jumpai di Indonesia, pasalnya tanaman satu ini banyak di budidayakan untuk di ambil buahnya, buahnya sangat baik untuk pencernaan karena mengandung tinggi nutrisi dan serat pangan. Namun yang akan kita bahas kali ini ialah tentang dari manfaat daun pepaya jika dikonsumsi.

Walau daunya mempunyai rasa yang jauh terbalik dari buahnya namun daun pohon pepaya menyimpan manfaat yang baik untuk kesehatan loh, akan tetapi tak banyak juga orang yang merasa engan memakanya terlebih lagi anak-anak, karena memang daun pepaya mempunyai rasa pahit yang luar biasa.

Nah tahukah kamu rasa pahit pada daun pohon pepaya di sebabkan oleh zat quinine (kuinina) dan enzim papain. Quinine sendiri yaitu senyawa alkaloid yang dalam bentuk murninya berwarna putih kristal mempunyai rasa pahit serta bersifat antiinflamasi, antiradang, antipiretik, antimalaria dan analgesik. Sedangkan papain juga senyawa pembentuk rasa pahit pada daun pepaya namun bersifat stomakik (menambah nafsu makan). Nah untuk itu yuk simak apa saja manfaat daun pepaya untuk kesehatan. 

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan.

1. Baik untuk pencernaan.

Daun pepaya yang mempunyai rasa pahit ternyata sangat baik untuk area pencernaan loh, selain dapat melancarkan feses karena serat daunya yang tinggi, daun pepaya juga dapat membunuh jenis bakteri jahat di dalam area usus loh, mencegah peradangan, mengurangi nyeri lambung serta dapat menjadi obat untuk masalah diare dan sakit perut.

2. Mengobati luka.

manfaat daun pepaya untuk kulit.
Sumber foto : pixabay/daun pepaya.
Manfaat daun pepaya selanjutnya yaitu dapat kamu gunakan untuk menutup luka pada kulit, baik itu luka tertusuk benda tajam, luka memar, lecet, luka bernanah, bisul, jerawat meradang hingga luka bakar.

Daun pepaya mempunyai sifat antibakteri, antiperadangan dan antiinflamasi sehingga dapat berguna untuk mencegah infeksi dan pembengkakan pada area kulit. Cara menggunakanya terbilang sangat mudah kamu hanya perlu menumbuk daun pohon pepaya muda kemudian menempelkan kearea kulit yang bermasalah dan tunggu hingga kering.

Baca juga :

3. Manfaat daun pepaya dalam menurunkan gula darah.

Mengkonsumsi daun pepaya secara rutin di percaya dapat menurunkan kadar glukosa di dalam darah yang jumlahnya berlebihan.

Terdapatnya kandungan senyawa antioksidan dan lainya seperti alkaloid, flavonoid dan saponin yang mampu menekan penyerapan gula kedalam tubuh serta merangsang hormon isulin untuk memproses gula darah menjadi energi harian.

Kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan merebus daun pepaya dengan air kemudian di minum secara rutin paling tidak 2 kali sehari hingga gula darah menjadi normal.

4. Menurunkan panas demam.

daun pepaya untuk obat demam

Demam dapat terjadi karena adanya infeksi yang sedang terjadi di tubuh, baik itu karena bakteri, virus atapun kuman, sehingga tubuh melakukan perlawanan otomatis dengan di tandainya demam atau suhu badan meningkat.

Nah salah satu cara tradisional untuk mengatasi masalah demam kamu bisa menggunakan manfaat daun pepaya untuk mengatasinya. Daun pepaya mengandung senyawa quinine yang bersifat penawar panas (antipiretik), antiinflamasi, antiradang dan antibakteri yang dapat berguna untuk membantu tubuh melawan penyebab infeksi.

Cara mengolahnya yaitu cukup ambil 4 lembar daun pepaya ukuran sedang kemudian rebus dengan 3 gelas air lalu di minum sebanyak 3 kali sehari hingga demam sembuh, atau dengan cara kedua yaitu daun pohon pepaya di haluskan kemudian airnya di saring sebanyak setengah gelas kemudian diminum.

5. Meningkatkan jumlah trombosit darah.

Manfaat daun pepaya selanjutnya yaitu meningkatkan trombosit darah. Menurut sebuah penelitian ekstrak dari daun pohon pepaya dapat berguna untuk merangsang pembentukan trombosit darah di dalam tubuh sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

Dengan meningkatnya jumlah trombosit darah maka beberapa penyakit seperti malaria dan demam berdarah dapat dilawan oleh tubuh yang sehat.

6. Manfaat daun pepaya mencegah kanker.

Kandungan senyawa antioksidan dari ekstrak daun pepaya memberikan khasiat dimana mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dan sel ubnormal lainya pada jaringan sehat di dalam tubuh.

Tak hanya itu daun pepaya juga di klaim mampu melawan zat karsinogenik yaitu zat yang mampu membuat kerusakan pada jaringan sel sehat dan pemicu tumbuhnya sel kanker. Cobalah sesekali untuk mengkonsumsi daun tanaman satu ini sebagai lalapan sayur.

Dalam hal ini mengkonsumsi daun pepaya bukan berarti dapat menghilangkan sel kanker di dalam tubuh, akan tetapi berguna untuk menghambat pertumbuhanya dan mencegah sel kanker menjangkit jaringan sel sehat lainya di dalam tubuh.

Baca juga :

7. Manfaat daun pepaya dalam mengatasi peradangan.

khasiat daun pepaya mengatasi peradangan
Sumber foto : pixabay/daun pepaya.
Mengkonsumsi daun pepaya di klaim dapat mengatasi berbagai masalah peradangan yang terjadi baik itu di luar ataupun di dalam tubuh, entah itu karena infeksi dari kuman, virus, parasit hingga zat kimia. 

Terdapatnya beberapa senyawa penting pada daun pepaya yang dapat berguna untuk menghambat kerusakan sel-sel tubuh serta merangasang pembentukan jaringan sel baru sebagai penganti.

Serta ekstrak dari sari daun pepaya juga dapat berguna untuk mencegah peradangan pada organ hati, ginjal, usus serta mempunyai kemampuan dalam menangkal radikal bebas.

8. Daun pepaya obat penyakit malaria.

Malaria dapat terjadi akibat tubuh terinfeksi parasit Plasmodium yang terbawa masuk saat nyamuk mengisap darah di kulit, parasit tersebut akan masuk ke pembuluh darah dan sampai pada organ hati. Jika di biarkan maka parasit tersebut akan berkembang biak dan membuat kerusakan dan peradangan pada organ hati.

Nah untuk itu daun pepaya yang mempunyai rasa pahit mengandung tinggi akan senyawa kuinina (quinine), seperti yang kita sebutkan diatas bahwa kuinina adalah senyawa alkaloid yang merupakan obat dari penyakit malaria itu sendiri.

Kamu bisa menggunakan manfaat daun tanaman pepaya untuk pencegahan sekaligus obat untuk mengatasi penyakit malaria secara alami. 

Baca juga :

Cara menggunakan daun tanaman pepaya untuk mengobati malaria yaitu dapat merebus daun pepaya yang kemudian di jadikan lalapan saat makan atau dengan menumbuk halus daun pepaya kemudian perasan airnya di minum hingga malaria sembuh 2x sehari setengah gelas.

9. Mengurangi nyeri saat haid.

Bagi para perempuan yang sering menjalani siklus menstruasi ada baiknya mengkonsumsi daun pepaya menjelang atau saat masa menstruasi berlangsung.

Cukup konsumsi lalapan daun pepaya rebus atau dengan meminum jamu daun pepaya yang di tambah dengan perasan kunyit dan temulawak.

10. Manfaat daun pepaya untuk rambut.

daun pepaya untuk menjaga kesehatan rambut
Kamu bisa menggunakan manfaat daun pepaya untuk merawat rambut loh, terdapatnya beberapa mineral penting seperti kalsium, vitamin E senyawa antioksidan, flavonoid dan tanin yang dapat berguna untuk memperlebat pertumbuhan rambut, menghitamkan, mencegah rambut bercabang serta menutrisi dari luar.

Cara menggunakanya cukup dengan menumbuk daun pohon pepaya hingga halus kemudian usapkan ke area rambut untuk keramasan, diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih.

11. Daun pepaya meningkatkan nafsu makan.

Beberapa para orang tua jaman dahulu sering menggunakan daun tanaman pepaya untuk meningkatkan nafsu makan baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Biasanya mereka mengolah manfaat daun pepaya menjadi jamu yang di campur dengan kunyit, temulawak dan gula merah.

12. Manfaat daun pepaya mengatur tekanan darah.

Bagi kamu yang hobi mengkonsumsi daun pepaya berarti kamu akan terlepas dari masalah seperti pusing berkunang-kunang, lelah dan lesu. 

Pasalnya daun ekstrak dari daun tanaman pepaya dapat berguna untuk kesehatan tubuh dalam menjaga keseimbangan cairan serta mampu menstabilkan tekanan darah menjadi ke batas normal.

Baca juga :

13. Daun pepaya baik untuk ibu menyusui.

Manfaat daun pepaya selanjutnya yaitu dapat meningkatkan produksi ASI saat sesudah melahirkan, sehingga ibu tak perlu khawatir lagi akan masalah air susu tidak keluar.

Ibu bisa mengolahnya dengan menjadikan lalapan rebus atau meminum jamu perasan daun pepaya.

Nah itulah beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan.

Apakah ada efek samping dari penggunaanya? Efek samping dapat terjadi apabila kamu mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan, salah satu efek samping yang akan mungkin terjadi ialah mual, muntah, gangguan pencernaan serta ganguan keseimbangan cairan di dalam tubuh.

Harap untuk tidak mengkonsumsi daun pepaya secara rutin setiap hari serta ada baiknya stop pemakaian jika masalah penyakit sudah sembuh.

Cukup sampai disini pembahasan tentang manfaat daun pepaya.

Untuk informasi tentang tanaman herbal dapat kamu cari disini.

Buka Komentar

0 Response to "Lengkap! Manfaat Daun Pepaya dan Efek Sampinya untuk Tubuh."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i