Lengkap! 16 Khasiat Daun Cocor Bebek dan Cara Menggunakanya.

Khasiat daun cocor bebek yang harus kamu tahu.

khasiat cocor bebek untuk kesehatan

Cocor bebek Kalanchoe pinnata adalah jenis tanaman sukulen yang di ketahui berasal dari kawasan Madagaskar. Jika kalian tidak tahu apa itu tanaman sukulen? Sukulen merupakan tanaman yang menyimpan cadangan air atau energi pada batang dan daunya serta dapat hidup pada dataran kering, sebagai contoh tanaman sukulen lainya yaitu kaktus. Cocor bebek umunya ditanam sebagai tanaman hias dalam pot. Sedangkan untuk penggunaanya, khasiat daun cocor bebek sudah tidak di ragukan lagi.

Hal yang unik dari tanaman hias ini ialah mudahnya tumbuh hanya dengan petikan satu tangkai daun, beberapa hari kemudian tunasnya akan muncul pada pinggiran daun. Karena sangking mudahnya tubuh sehingga di tempat asalnya sana cocor bebek di anggap gulma karena invasif pertumbuhanya.

Hampir seluruh bagian tanaman cocor bebek dapat di gunakan sebagai bahan obat tradisional. Diketahui untuk kandungan yang terdapat di dalamnya berupa zat damar, zat lendir, saponin, flavonoid magnesium malat, kalsium oksalat, antioksidan, asam formiat, vitamin C, tannin, asam lemon, asam apel, serta glucoside. 

Selain beberapa kandungan tersebut cocor bebek mempunyai karakter farmakologi yang bersifat antiradang, antibakteri, antiinflamasi, mampu mengurangi pendarahan serta masih banyak lagi. 

Dengan banyaknya kandungan di dalamnya bukan hayalan jika tidak bermanfaat untuk manusia, yuk simak apa saja khasiat daun cocor bebek.

Khasiat daun cocor bebek.

1. Mengobati luka lecet dan sayatan pada kulit.

Manfaat yang pertama dari daun cocor bebek ialah bisa menjadi pertolongan pertama saat terjadi luka, mulai dari luka tertusuk paku, lecet dan luka sayat kecil dapat di atasi dengan mudah. Selain itu kandungan yang terdapat di dalamnya di ketahui dapat mencegah yang namanya infeksi dari kuman, bakteri dan kotoran lain yang masuk. Tak sampai di situ saja mengoleskan daunya ke area luka juga bisa menghentikan pendarahan sehingga dapat membuat luka cepat kering.

Namun sebelum menggunakanya terlebih dahulu harus mencuci hingga bersih agar tidak terkontaminasi.

2. Cocor bebek mengatasi keputihan.

Beberapa budaya masyarakat Indonesia sering kali mengunakan tanaman satu ini untuk mengatasi masalah keputihan pada wanita. Jika di lihat dari sifatnya memang ada benarnya yaitu mampu membunuh kuman dan jamur.

Cara membuat ramuan obat tradisional untuk mengatasi keputihan cukup mudah yaitu hanya dengan merebus daunya mengunakan air hingga mendidih, lalu air rebusanya di gunakan sehari dua kali saat mandi untuk menghilangkan keputihan.

3. Cocor bebek obat sakit gigi.

Khasiat daun cocor bebek selanjutnya yaitu di ketaui dapat mengasti beberapa masalah pada area mulut misalnya sakit gigi, gusi bengkak, gusi berdarah serta bau mulut. Cara pengguanya cukup rebus beberapa lembar daun cocor bebek dengan air 200 ml kemudian di pakai untuk kumur-kumur, lakukan beberapa jam sekali saat rasa sakit mulai timbul.

Kandunganya yang bersifat anti bakteri dan mampu menghentikan pendarahan sehingga cukup ampuh dalam megatasi masalah satu ini.

4. Mengurangi nyeri pada area lambung.

Cocor bebek obat nyeri

Beberapa nyeri pada area lambung di ketahui dapat dikurangi dengan meminum ramuan daun cocor bebek loh, caranya ambil 5 lembar daun kemudian cuci dan haluskan, tambahkan 250 ml air setelah itu saring ampas daunya beri sedikit garam kemudian di minum.

Baca juga : 

5. Mengatasi bisul dan peradangan pada area kulit.

Mengatasi bisul dengan daun cocor bebek caranya dengan menghaluskan daun dengan di beri sedikit garam, jika sudah berbentuk pasta langsung tempelkan pada area kulit yang terdapat bisul. 

Sifatnya yang anti peradangan dan anti bakteri mampu mencegah pembekakan pada area kulit sekaligus membunuh kuman penyebab timbulnya bisul.

6. Dapat menjadi obat demam.

Khasiat daun cocor bebek selanjutnya yaitu dapat menurunkan panas demam. Terjadinya demam di dalam tubuh dapat di karenakan berbagai hal, salah satu penyebabya karena infeksi kuman, bakteri, virus dan patogen yang masuk ke dalam tubuh. Namun beberapa penyebab kecil lainya bisa di karenakan vaksin dan pengaruh obat-obatan.

Pengunaan daun cocor bebek sebagai obat demam bukan tanpa sebab, hal ini memang telah di lakukan oleh beberapa masyarakat jaman dahulu sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah tersebut. Kandungan antioksidan, antiinflamasi dan antiradang yang ada pada tanaman ini di ketahui memang dapat menurunkan demam dengan cara meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan virus, bakteri dan patogen penyebab demam.

Cara penggunaanya cukup mudah haluskan beberapa daun cocor bebek dengan air hangat 200 ml, kemudian saring ampasnya lalu minunkan ke orang yang sakit.

7. Mengatasi kulit borok, bopeng dan bernanah.

Yap, daun cocor bebek dapat mengobati beberapa masalah kulit seperti borok, bopeng dan bernanah. Cukup haluskan dan tempel pada area kulit yang bermasalah, lakukan berulang beberapa hari kedepan. 

8. Cocor bebek mengatasi sakit perut.

Jika kamu sedang mengalami sakit perut jangan buru-buru untuk mengkonsumsi obat-obatan, cobalah dengan bahan alami terlebih dahulu yaitu menggunakan air rebusan daun cocor beber. Penggunaan air rebusan cocor bebek di ketahui cukup ampuh dalam mengatasi sakit perut.

9. Cocor bebek bagus untuk rambut.

Khasiat daun cocor bebek berikutnya yaitu dapat memperlebat pertumbuhan rambut, memperkuatnya dari akar, mencegah rambut menjadi rusak dan ubanan lebih lama serta menutrisi dari luar.

Cara menggunakanya yaitu hancurkan terlebih dahulu daun cocor bebek hingga menjadi adonan pasta kemudian usapkan pada rambut hingga merata lalu tutup dengan handuk kering, tunggu beberapa menit hingga kedepan lalu bilas dengan air mengalir. 

Oh ya kamu juga bisa menambahkan daun aloevera loh sebagai tambahan nutrisi untuk rambut dan menghitamkanya secara alami.

10. Diketahui dapat mengontrol gula darah dan diabetes.

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang terkandung pada tanaman cocor bebek di ketahui dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi gula darah yang berlebih di dalam tubuh loh. 

Adapun cara membuat ramuanya cukup mudah yaitu dengan merebus daun 2 helai daun cocor bebek dengan air 250 ml, kemudian di konsumsi sehari dua kali. Dengan begitu secara perlahan kadar gula darah akan berangsur berkurang.

11. Cocor bebek untuk mengobati keseleo.

Beberapa masalah keseleo pada area pergelangan kaki dan tangan dapat di ringankan dengan memberi kompres dari daun cocor bebek, tah sampai disitu sifatnya yang mendinginkan dan anti radang dapat mencegah pembengkakan pada area sendi dan kulit. Sehingga rasa sakit dan nyeri dapat di kurangi dengan mudah.

12. Cocor bebek meredakan batuk.

Mengalami batuk atau anak kamu sedang terserang batuk? Tenang kamu dapat menggunakan daun cocor bebek untuk meredakan gatal pada area tenggorokan yang menyebabkan batuk.

Baca juga :

Cobalah untuk mengkonsumsi 1 atau dua sendok air perasan dari daun cocor bebek, maka rasa gatal dan tidak nyaman ada area tenggokan akan berangsur menghilang. Selai itu ramuan ini juga cocok untuk orang yang menderita asma loh.

13. Dapat di gunakan untuk mengompres demam si kecil.

Jika anak kamu sedang mengalami demam, berilah ramuan air daun cocor bebek untuk mengatasi deman dari dalam dan gunakan ampas daunya untuk mengompres sebagai pengobatan dari luar.

Caranya haluskan daun cocor bebek dan tinggal tempelkan pada area dahi anak, lakukan tersu secara berulang. Sensasi dingin yang di berikan daun cocor bebek dapat memberinyaman dan membantu menurunkan panas tubuh lebih cepat.

14. Di percaya dapat mencegah batu ginjal.

Daun cocor bebek di ketahui dapat menjadi obat untuk pencegahan secara alami dalam mengatasi masalah penyakit batu ginjal. Caranya denga merebus beberapa lembar daun cocor bebek dengan air 200 ml hingga mendidih, setelah itu di konsumsi sebanyak 2 kali sehari.

Tentang kebenaran atau tidaknya khasiat daun cocor bebek dalam mengatasi batu ginjal belum di ketahui pasti, namun penggunaanya sudah di lakukan sejak lama sebagai obat tradisional.

15. Cocor bebek obat sakit kepala.

cocor bebek obat sakit kepala

Beberapa orang kerap mengunakan khasiat dsri tanaman ini sabagai obat sakit kepala, caranya yaitu dengan merebus daunya kemudian di minun saat sakit kepala tiba. Tentunya kamu bisa menggunakan manfaat satu ini sebagai cara yang mudah.

16. Mengatasi radang dan gatal pada area telinga.

Tanaman cocor bebek dapat menjadi obat dalam mengatasi radang atau gatal pada area telinga loh, penggunaanya cukup dengan meneteskan air dari daun tanaman ke dalam lubang kuping yang bermasalah. 

Lakukan kembali di beberapa jam berikutnya hingga di rasa masalah mulai berkurang, jika tidak ada pengaruh, segera hentikan dan konsultasikan ke dokter spesialis THT agar dilihat penyebab masalahnya.

Itulah kumpulan dari beberapa khasiat daun cocor bebek untuk kesehatan, salah satu penggunaan obat yang baik yaitu dengan memakai bahan-bahan alami. Namun tetap saja kamu juga harus memertimbangkan dosis pemakaianya dan jangan terlalu berlebihan atau keseringan.

Walaupun beberapa dampak yang di berikan sangat bermanfaat untuk tubuh namun tanaman satu ini mempunyai efek samping loh, beberapa efek yang akan dirasakan jika terlalu berlebihan dalam pemakaianya yaitu pusing, mual, muntah dan ganguan pencernaan. Selain itu juga tidak di sarankan untuk wanita yang sedang hamil.

Cukup sampai disini dulu tentang khasiat daun cocor bebek.




Buka Komentar

0 Response to "Lengkap! 16 Khasiat Daun Cocor Bebek dan Cara Menggunakanya."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i