CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 8 Jenis Haworthia Mudah Perawatan Dengan Harga Murah - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

8 Jenis Haworthia Mudah Perawatan Dengan Harga Murah

gambar sukulen haworthia
Sumber gambar : pixabay
Healty99 - Halo pencita tanaman hias. Sedang mencari tanaman hias sukulen yang cocok? Mungkin saya bisa rekomendasikan beberapa jenis haworthia buat kamu yang ingin memeliharanya dirumah. Tenang harganya juga cukup ramah dikantong kok, jadi jangan khawatir.

Tapi sebelum itu kamu harus tahu, haworthia merupakan tanaman kering yang diketahui berasal dari kawasan Afrika, khusunya Afrika bagian selatan.

Jenis sukulen satu ini pada dasarnya mudah dirawat dan dapat dikatakan bandel? Terlebih lagi ia tumbuh pada dataran yang panas serta tidak memerlukan air berlebih.

Hal inilah yang menjadi pilhan banyak orang, karena dapat bertahan lama dan tidak mudah mati jika telat disiram. Sangat cocok bagi pecinta tanaman hias yang tidak mau ribet tentunya.

Selain itu ada banyak jenis dari varietas haworthia berukuran mungil dan cantik yang bisa kamu miliki sebagai hiasan dalam rumah.

Baca juga : 

Media Tanaman Sukulen Yang Bagus

Penasaran? Berikut beberapa jenis haworthia yang murah dan mudah dirawat.

Jenis Sukulen Haworthia

1. Haworthia Zebra (Zebra Plant)

Haworthia Zebra (Zebra Plant)

Yang pertama ada jenis haworthia zebra, bentuknya mungil kuncup dan terlihat seperti kaki laba-laba. 

Hanya saja corak atau garis belang putih pada daun membuatnya disebut sebagai zebra plant, saat tumbuh subur daun akan mekar dan terlihat cantik.

Selain itu ukuranya juga tidak terlalu besar, yaitu hanya 3 sampai 7 cm. Ukuranya yang mungil sangat cocok dijadikan hiasan dalam ruangan, entah itu diatas meja, rak buku atau di depan televisi.

Untuk perawatanya kamu cukup melakukan penyiraman 4 atau 7 hari sekali dan usahan selalu terkena sinar matahari agar lebih cantik bentuknya.

Jika di tanya harga, haworthia jenis ini dijual sekitar Rp 5000 sampai Rp 15000 per tanaman. Sangat murah bukan.

Baca juga : 

Penyebab Sukulen Sering Rontok

2. Haworthia Cluster (African Pearls)

Haworthia Cluster (African Pearls)

Selanjutnya ada jenis haworthia cluster, hampir mirip dengan haworthia zebra dari segi corak putih pada daunya, hanya saja corak pada cluster ke arah bintik-binti atau totol.

Jenis ini memiliki daun pendek namun terlihat lebih padat dan berisi. Ukuranya juga mungil yaitu sekitar 15 cm.

Kamu dapat menemukan sukulen satu ini dengan harga mulai dari Rp 8000 hingga Rp 20000 tergantung ukuran dan banyak tanaman dalam satu pot.

Sedangkan untuk perwatan cukup mudah, kamu hanya perlu menyiramnya 4 atau 7 hari sekali dan harus full sun agar bisa tumbuh maksimal.

3. Haworthia Cooperi

Haworthia Cooperi

Haworthia cooperi memiliki daya tarik yang kuat untuk orang yang pertama kali melihatnya. 

Pesona ada pada daun yang pendek, padat dan terlihat seakan transparan, selain itu ukuranya juga hanya 5 sampai 7 cm, tergantung jenis.

Ukuranya yang tidak terlalu besar, membuat terlihat imut dan menarik untuk dimiliki sebagai hiasan diatas meja.

Perlu kamu ketahui jenis haworthia cooperi ada banyak, termasuk juga pada warna dan corak yang beragam, jadi kamu bisa pilih sesuka hati.

Untuk harga kamu bisa mendapatkanya mulai dari Rp 10000 hingga ratusan ribu, tergantung dari jenisnya.

4. Haworthia Window

Haworthia Window

Mungkin satu ini bisa menjadi recommended buat kamu selanjutnya, ia memiliki bentuk daun pendek dan gemuk, yang mana hal ini membuatnya terlihat cantik dan manis.

Terlebih lagi warna daunnya yang hijau muda serta sedikit transparan pada bagian ujung daun.

Sekilas haworthia window mungkin terlihat hampir sama seperti haworthia cooperi tapi nyatanya kedua tanaman tersebut berbeda.

Untuk harga tanaman hias haworthia window dapat dihargai mulai dari belasan ribu hingga puluhan ribu, tergantung ukuran dan warnanya yang menarik.

Sedangkan untuk perawatan kamu cukup menyiramnya 4 atau 7 hari sekali. Oh ya haworthia window juga harus sering dijemur agar batanya tidak memanjang.

5. Haworthia Limifolia

Haworthia Limifolia

Berikutnya ada haworthia limifolia. Jenis satu ini bisa dikatakan yang paling tangguh, mudah tumbuh serta simpel dalam perawatan.

Ciri khas haworthia limifolia adalah daunnya yang keras dengan tumbuh melingakar, bertekstur kasar dan biasa dijuluki dengan fairy washboard, karena memang permukaan mirip seperti papan cuci pakaian.

Jenis satu ini sangat cocok bagi kamu yang pemula.

Umumnya haworthia limifolia memiliki beberapa varian warna daun, mulai dari hijau, kuning dan hijau garis kuning, mungkin ada warna lain tapi yang saya hanya ada tiga warna saja.

Untuk perawatan kamu cukup menyiram seminggu sekali juga sudah cukup, yang terpenting harus full sun. 

Sedangkan harga dibandrol mulai dari Rp 5000 hingga puluhan ribu rupiah tergantung ukuran dan besarnya.

6. Haworthia Glabrata

Haworthia Glabrata

Haworthia glabrata memiliki ciri khas yaitu daunnya lebih kurus dengan ujung lancip, agak panjang, sedikit kasar, padat dan berwarna hijau.

Tidak ada corak apapun pada jenis ini, walau begitu ia mudah dirawat dan cepat beranak. Sedangkan perawatan cukup siram 4 atau 7 hari sekali dan usahakan terkena paparan sinar matahari.

Untuk harga haworthia glabrata biasa dijual dengan harga belasan ribu hingga puluhan ribu, tergantung besar dan banyak anakan.

7. Haworthia Nigra

Haworthia Nigra

Haworthia satu ini diketahui berasal dari kawasan Western, Afrika.

Ia memiliki bentuk cukup unik yaitu daunnya tumbuh berjejer rapi, tumbuh menyamping dengan tiga baris, dan melintir keatas. Tekstur daun keras dan agak sedikit kasar.

Haworthia nigra cocok buat kamu yang suka dengan bentuk tanaman yang rapi, terlebih lagi ia juga terlihat simpel.

Untuk perawatan kamu cukup menyiramnya 4 atau 7 hari sekali, dan yang paling penting ialah harus rutin terpapar sinar matahari agar warnanya dapat lebih timbul.

Sedangkan harga biasa dijual kisaran belasan ribu hingga puluhan ribu, tergantung dari panjang tanaman.

8. Haworthia Aloe

haworthia aloe

Terakhir ada haworthia aloe. Sesuai namanya jenis satu ini mirip dengan tanaman hias aloe vera yang kita kenal.

Bentuk daun pun sekilas sama persis, yang membedakanya hanya ukuran dan corak pada permukaan saja.

Jika aloe vera daunnya dapat tumbuh dapat panjang mencapai 30 cm haworthia aloe hanya mampu sekitar 3 hingga 5 cm saja, selain itu pertumbuhanya pun juga terbilang lama.

Jenis satu ini cocok untuk diletakan pada rak buku yang terang, pinggir jendela atau diatas meja teras.

Untuk perawatanya terbilang sama saja seperti Haworthia pada umunya, cukup siram 4 atau 7 hari sekali.

Jika ditanya harga ia berkisar antara belasan ribu hingga puluhan saja tergantung ukuran dan jenis.

Nah itulah beberapa jenis tanaman sukulen haworthia yang bisa kamu miliki dirumah, plus dengan harga yang murah dikantong.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel