8 JENIS HAWORTHIA YANG MUDAH PERAWATAN

Haworthia zebra
Halo pencita tanaman hias, di kesempatan kali ini saya ingin merekomendasikan 8 jenis sukulen Haworthia yang mudah dalam perawatan dan harganya tidak akan bikin kantong kamu jebol.

Tapi sebelum itu kamu harus tahu. Haworthia merupakan tanaman bandel yang diketahui berasal dari kawasan Afrika, khusunya Afrika bagian selatan. Kenapa dikatakan bandel? Karena tanaman hias satu ini dapat tumbuh pada dataran yang panas, tanah yang kering dan curah hujan yang sedikit. Serta dapat bertahan lama tanpa adanya air (penyiraman). Sangat cocok bagi pecinta tanaman hias yang tidak mau ribet tentunya. Terdapat banyak jenis dari spesies Haworthia yang dapat dibedakan berdasarkan ukuran, bentuk serta coraknya. Nah bagi kamu yang sedang ingin merawat atau menanam tanaman hias sukulen Haworthia.

Berikut 8 Jenis Haworrthia Yang Mudah Perawatan.

1. Haworthia Zebra (Zebra Plant)

Jenis Haworthia ini sangat cocok untuk penghias ruangan, hiasan meja maupun di depan tv. Bentuknya yang mini dengan rata-rata tumbuh sekitar 3-7 cm membuatnya simpel dan mudah perawatan. Sesuai dengan namanya Haworthia Zebra mempunyai bentuk corak belang putih pada daun yang mana mirip dengan hewan zebra pada umunya, serta bertekstur kasar pada bagain coraknya.

Untuk perawatanya kamu cukup melakukan penyiraman 4 atau 7 hari sekali dan usahan selalu terkena sinar matahari agar lebih cantik bentuknya. Jika di tanya harganya Haworthia jenis ini sekitar 5000-15000 per tanaman, sangat murah bukan.

2. Haworthia Cluster (African Pearls)

Yang kedua ada jenis Haworthia Cluster, hampir mirip dengan Haworthia Zebra dengan corak putih pada daunya, hanya saja corak pada Cluster lebih ke bintik-binti atau totol putih. Dari segi bentuk Haworthia Custer lebih ramping, berdaun pendek serta lebih besar pangkal daunya ketimbang daun Haworthia Zebra.

Jenis Haworthia ini dapat tumbuh tinggi hingga 15 cm dan utuk harga mulai dari 8000 hingga 20000 tergantung ukuran tanaman. Untuk perwatan cukup mudah kamu hanya perlu menyiramnya 4 atau 7 hari sekali dan harus full sun.

Baca juga :

3. Haworthia Cooperi

Selanjutnya ada Haworthia Cooperi, Cooperi memiliki memiliki banyak jenis dan varian warna, namun yang paling identik dari Haworthia Cooperi ialah pada bagian daunya seolah-olah tranparan yang mana menampakan bagian dalam dari daun tanaman. Dari keunikanya inilah membuat banyak orang menyukainya, selain itu ukuranya pun tidak besar hanya sekitar 5-7 cm sehingga membuatnya terlihat imut.

Untuk harga kamu dapat bisa mendapatkanya mulai dari 10000 hingga ratusan tergantung dari jenisnya.

4. Haworthia Window

Haworthia Window dapat menjadi recomend untuk kamu selanjutnya, memiliki bentuk daun yang pendek gemuk, yang mana membuatnya terlihat cantik dan manis, terlebih lagi warna daunya yang hijau muda serta sedikit transparan pada bagian ujung daunya. Sekilas mungkin terlihat hampir sama seperti Haworthia Cooperi tapi nyatanya berbeda.

Untuk harga tanaman hias Haworthia Window dapat dihargai mulai dari belasan ribu hingga puluhan ribu, tergantung ukuran dan warnanya yang menarik. Sedangkan untuk perawatanya kamu cukup menyiramnya 4 atau 7 hari sekali, oh iya tanaman ini juga harus sering dijemurnya agar batanya tidak memanjang.

5. Haworthia Limifolia

Selanjutnya ada Hworthia Limifolia, jenis satu ini bisa dikatakan yang paling tangguh, mudah tumbuh serta simpel dalam perawatan. Ciri khas Haworthia Limifolia adalah daunya yang keras dengan tumbuh melingakar, bertekstur kasar dan biasa dijuluki dengan Fairy Washboard karena memang permukaan daunya seperti papan cuci pakaian.

Jenis ini sangat cocok bagi kamu untuk pemula dan banyak yang menjualnya, umunya Haworthia Limifolia memiliki warna daun hijau, kuning dan hijau dengan corak kuning, mungkin ada warna lain tapi yang mimin punya cuma ada tiga warna saja. Untuk perawatan kamu cukup menyiram seminggu sekali juga sudah cukup yang terpenting harus full sun, sedangkan untuk harga mulai  dari 5000 hingga puluhan ribu tergantuk ukuran besarnya.

Baca juga :



6. Haworthia Glabrata

Yang satu ini hampir mirip dengan Haworthia Limifolia, berdaun keras dan mudah dirawat. Letak perbedaanya ada pada daunya, Haworthia Glabrata daunya lebih kurus namun berisi dan padat, lebih lancip, serta tekstur permukaan daunya tidak terlalu kasar dari Haworthia Limifolia.
Untuk perawatan cukup siram 4 atau 7 hari sekali dan lebih perbanyak paparan sinar matahari.

Baca juga :

7. Haworthia Nigra

Haworthia satu ini diketahui berasal dari kawasan Western, Afrika, bentuknya cukup unik daunya tumbuh berjejer rapi menyamping dengan tiga baris, tubuh melintir keatas, berdaun keras dan bertekstur sedikit kasar. Cocok buat kamu yang suka kerapian karena bentunya yang simpel.
Untuk perawatan kamu cukup menyiramnya 4 atau 7 hari sekali dan yang paling penting ialah harus rutin terpapar sinar matahari agar warnanya dapat lebih timbul.

8. Haworthia Aloe

Dan yang terakhir adalah Haworthia Aloe, sesuai namanya Haworthia jenis ini mirip dengan tanaman hias Aloe Vera, bentuk daunya pun sekilas sama persis yang membedakanya hanya ukuran dan corak pada permukaan daun. Jika Aloe Vera daunya dapat tumbuh mencapai 30 cm Haworthia Aloe hanya mampu sekitar 3 hingga 5 cm saja dan pertumbuhanya pun terbilang lama. Untuk perawatanya terbilang sama saja seperti Haworthia pada umunya, cukup siram 4 atau 7 hari sekali, jika ditanya harganya berkisar antara belasan ribu hingga puluhan saja tergantung ukuran dan jenis.

Itulah 8 Jenis Haworthia yang mudah perawatan. Cocok buat kamu yang pemula ingin menanam tanaman sukulen Haworthia
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i