Campuran Media Tanam Kaktus Yang Sesuai.

Media tanam kaktus

Media Tanam Kaktus Sukulen Yang Bagus

Healty99 - Jika di tanya "Media tanam apakah yang cocok dan bagus untuk tanaman kaktus sukulen?" Tentu saya akan menjawab, jika selagi media tersebut dapat menjaga kelembapan dan tidak berubah (dalam arti tekstur kepadatanya tidak berubah), serta memiliki humus yang bagus maka hal tersebut dapat di katakan baik.

Lantas mengapa, padahal media tanam sudah dapat di katakan bagus namun tanaman bisa rusak atau busuk? Nah, biarpun media sudah bagus namun pembusukan dapat terjadi atau tanaman tumbuh tidak sempurna itu bisa di pengaruhi beberapa faktor.

Salah satu contohnya penyiraman yang terlalu sering pada jenis tumbuhan yang memang tidak terlalu memerlukan banyak air, di mana kamu meletakan tanaman, pencahayaan, adanya infeksi fungi, kutu dan penyakit lainya serta kurangnya nutrisi (pupuk).

Selain itu penggunaan media tanam untuk kaktus sukulen yang satu macam atau cuma sejenis sebaiknya di hindari, misalnya hanya menggunakan cocopit saja, tanah bakar saja atau hanya menggunakan sekam bakar tanpa adanya campuran lain.

Tentu tidak bagus untuk perkembangan tanaman kamu loh, hal ini telah di buktikan oleh para petani tanaman hias sukulen, penggunaan cocopit memang bagus untuk merangsang pertumbuhan akar karena mampu menyimpan air sangat banyak, di satu sisi air yang banyak dapat menyebabkan pembusukan lebih mudah. Begitu juga yang hanya menggunakan tanah saja.

Nah, di sini mimin mau membagi pengalaman sendiri dalam membuat campuran media tanam sukulen sekaligus yang sering di gunakan para petani tanaman kaktus.

Baca juga :

Tanaman Hias Penangkal Gelombang Radiasi.

Campuran Media Tanam Kaktus Sukulen Yang Sesuai.

1. Pasir malang

Pasir malang ialah jenis pasir yang berasal dari lava atau magma kemudian mengeras (mendingin) secara cepat akibat perubahan suhu di sekitarya. Pasir malang dapat meresap air dengan sangat cepat, namu juga bisa cepat kering karena panas matahari.

2. Pumice

Pumice atau biasa di sebut dengan batu apung, namun pumice di sini lebih ke arah pecahan halus dari batu apung itu sendiri. Untuk asalnya sama saja yaitu hasil dari pengerasan lava berbuih yang terpadatkan secara alami.

3. Perlit

Perlit merupakan batuan vulkanik, namun sifatnya yang dapat mengembang bila dipanaskan dengan perlahan-lahan maupun secara cepat.

4. Cocopeat

Pasti sudah tau dengan cocopeat, ini adalah media tanam yang berasal dari serutan kulit kelapa kering.

5. Sekam bakar

Yang satu ini paling banyak di gunakan bahkan hampir semua tanaman hias seperti kaktus, aglonema, monstera cocok menggunakan sekam bakar, namun tentu dengan campuran bahan lainya.

6. Kompos

Kompos halus seperti dedaunan dan batang kayu yang lapuk dapat di gunakan untuk campuran media tanam kaktus sukulen juga loh.

7. Pupuk

Pupuk sangat di perlukan karena berguna untuk nutrisi pertumbuhan tanaman, pupuk untuk kaktus ada beberapa jenis mulai yang berasal dari kotoran hewan, osmocot dan pupuk cair.

Namum jika untuk campuran media tanam lebih bagus menggunakan pupuk alami yaitu berasal dari kotoran hewan kambing karena tinggi akan kandungan unsur senyawa yang penting bagi tanaman.

8. Pasir bangunan atau pasir sungai

Jenis pasir bangunan atau pasir sungai bisa juga di gunakan untuk campuran media tanaman kaktus sukulen. Namun kebanyakan para petani hanya menggunakanya sedikit dan bahkan jarang yang menggunakanya di karenakan teksturnya yang terlalu halus dan licin.

9. Media tanaman sukulen menggunakan akadama

Akadama merupakan salah satu media tanam yang terbaik, berasal dari bebatuan vulkanik yang mempunyai unsur hara. Selain itu akadama juga baik dalam penyerapan, mengikat air dan tidak terlalu basah.

Biasanya akadama banyak di gunakan untuk media atas pada tanaman bonsai dan kaktus.

10. Insektisida dan fungisida

Fungsinya sih untuk membasmi hama atau binatang kecil pada media dan mencegah pertumbuhan jamur. Selain itu jika penggunaanya untuk media lebih baik gunakan yang bertekstur bubuk.

Perbandingan Media Tanam Kaktus Sukulen

Lantas apakah semua campuran tersebut harus jadi satu dan kira-kira berapa perbandinganya?

Ya, kalo mau di pakai semua tidak jadi masalah sih asal sesuai campuranya. Namun di sini biasanya saya hanya menggunakan 5 bahan saja diantaranya pasir malang, pumice, kompos murni atau sekam bakar, pupuk kotoran kambing, insektisida dan fungisida.

Untuk perbandingan sih 4:3:2:1 (pasir malang, pumice, sekam/kompos dan pupuk) untuk obat Insektisida dan fungisida bisa secukupnya saja sih.

Jika di tanya apakah campuran itu di pakai semua petani kaktus sukulen? Jawabanya tentu tidak. Itu hanya pengalaman saya sendiri dan masih di gunakan hingga sekarang, tidak harus menjadi patokan kamu untuk jenis bahan yang di gunakan, yang terpenting yaitu takaranya sesuai pada jenis tumbuhan yang akan di tanam.

Sekian dulu pembahasan untuk campuran media tanaman kaktus sukulen yang sesuai.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i