8 Manfaat Keladi Tikus yang dipercaya Dapat Mengatasi Berbagai Penyakit.

Ketahui manfaat keladi tikus
manfaat keladi tikus untuk kesehatan

Keladi tikus Typhonium flagelliforme merupakan tanaman semak dari jenis talas-talasan, umumya tanaman di tanam untuk di manfaatkan sebagai tanaman hias di depan rumah, namun mengingat manfaat yang terkandung di dalamnya, keladi tikus juga banyak digunakan sebagai bahan baku industri obat-obatan dan ramuan tradisional. Sebenarnya apa saja manfaat keladi tikus untuk kesehatan? yuk simak.

Namun sebelum kamu mengetahui manfaat keladi tikus, kamu juga harus mengetahui apa saja kandungan senyawa yang terdapat di dalam tanaman satu ini. 

Diketahui pada bagian daun dan umbi keladi tikus mengandung senyawa alkaloid, triterpenoid, serta lignan dan adapun di indentifikasi bahan-bahan kimia lainnya berupa methyl esters dari asam heksadekanoat, asam oktadekanoat, asam 9-oktadekanoat, dan asam 9,12 oktadekadienoat serta terdapat juga beberapa senyawa alifatik umum di identifikasi sebagai dodecane, nonadecane dan eicosane, tridecane, tetradecane, pentadecane, hexadecane, heptadecane, octadecane.

Melihat kandungan senyawanya yang begitu banyak lantas apa saja sih manfaat yang di berikan untuk tubuh. Berikut beberapa manfaatnya yang di kutip dari wikipedia.

Manfaat keladi tikus

1. Melancarkan saluran pencernaan.

Mengkonsumsi umbi dan daun dari tanaman keladi tikus diketahui dapat memberi manfaat yang baik tubuh salah satunya yaitu melancarkan saluran pencernaan, hal tersebut di karenakan terdapatnya kandungan serat yang cukup tinggi serta beberapa mineral penting lainya yang mampu mengatasi masalah sembelit, diare, susah buang air besar, peradangan di usus dan masih banyak lagi.

2. Mencegah penyakit kanker, tumor dan pertumbuhan sel ubnormal.

Sebuah penelitian mengemukakan hasil ekstrak metanol—Ethyl acetate fraction yang terkandung dari daun keladi tikus memiliki aktivitas antioksidan cukup tinggi yang di ketahui dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh serta melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang berasal dari lingkungan.

3. Menambahkan nafsu makan.

Keladi tikus di percaya dapat meningkatkan nasu makan seseorang. Beberapa masyarakat yang menanam tanaman keladi tikus mereka mengatakan bahawa sering menggunakan sebagai bahan baku pembuatan ramuan tradisional untuk menambah nafsu makan pada orang dewasa dan anak-anak.

Jika kamu tertarik untuk mencobanya, kamu dapat memulai dengan mengkonsumsi umbinya terlebih dahulu dengan cara merebusnya hingga matang. 

Namun dalam hal ini, kebenaran tentang manfaat keladi tikus dapat meningkatkan nafsu makan masih belum bisa dibuktikan secara medis namun akan masih terus di tindak lajuti terhadap hasilnya.

4. Manfaat keladi tikus untuk mengobati penyakit bisul.

Jika kamu sedang mengalami masalah bisul pada kulit, cobalah untuk menggunakan tanaman satu ini untuk mengatasi masalah tersebut. Gunakan daunya kemudian haluskan atau remas tempelkan pada area kulit yang terdapat bisul, lakukan berulang jika sudah mengering.

Diketahui terdapatnya senyawa antibakteri, antiperadangan serta sifat mendinginkan pada daun keladi tikus dapat mempercepat mengempisan pembengkakan bisul dan mempercepat pengeringan luka termasuk juga jerawat.

5. Mengeluarkan racun di dalam tubuh.

Pada dasarnya tubuh mempunyai sistem otomatis dalam mengeluarkan racun di dalam tubuh baik itu melalui pori-pori kulit ataupun saluran pembuangan. 

Namun penggunaan keladi tikus disini di ketahui dapat membantu tubuh untuk lebih cepat dalam melakukan pembuangan zat atau sisa-sisa metaboslime serta racun yang ada di dalam tubuh, sehingga dalam hal ini mampu menjaga keseimbagan cairan metabolisme dan meningkatkan imunitas tubuh.

Baca juga :

6. Sumber karbohidrat.

Bagian umbi dari keladi tikus dapat kamu konsumsi loh yang mana hal tersebut dapat menjadi sumber alternatif karbohidrat untuk tubuh kamu. 

Tapi perlu di ingat ya jangan terlalu banyak dalam mengkonsumsinya karena kemungkinan bisa menimbulkan efek samping nantinya.

7. Menghilangkan efek buruk kemoterapi.

Kandungan berupa alkaloid, triterpenoid, dan lignan (polifenol) pada tanaman keladi tikus di ketahui dapat mengurangi efek buruk dari kemotrapi serta dapat berfungsi sebagai antivirus dan bakteri didalam tubuh.

8. Manfaat keladi tikus untuk meredakan batuk dan mengurangi dahak.

Sebuah hasil dari peneliti Zhong Yao Cai di China terhadap tanaman keladi tikus pada tahun 2001, hampir semua ekstrak air, alkohol dan ekstrak ester keladi tikus memiliki efek meredakan batuk, menghilangkan dahak, antiasthmatic, analgesia, anti-peradangan dan obat penenang. 

Namun penggunanya tidak boleh melebihi batas pemakaian normal karena dapat menimbulkan efek masalah kesehatan lainya.

Nah itulah beberapa manfaat keladi tikus yang di ketahui dan telah di rangkum dari beberapa sumber. Lantas apakah ada efek samping dari penggunaan tanaman satu ini? Jawabnya ya, terdapat suatu efek samping jika terlalu banyak mengkonsumsi tanaman keladi tikus.

Memang keladi tikus banyak memberi manfaat yang baik untuk kesehatan di samping itu tanaman ini mengandung senyawa racun yang cukup tinggi, akan tetapi jika kamu dapat mengolahnya dengan benar maka racun tersebut dapat dikurangi dosisnya.

Pada dasarnya racun tersebutlah yang berguna untuk melawan sel-sel kanker, tumor dan sel ubnormal lainya di dalam tubuh. 

Beberapa efek samping yang akan timbul jika terlalu banyak mengkonsumsi tanaman satu ini ialah efek mual, sakit kepala, muntah, sakit perut dan kram perut. 

Jika sudah begitu hal yang harus kamu lakukan ialah perbanyak mengkonsumsi air minum dan jika dirasa efek semakin bertambah segera lakukan pertolongan dengan membawa ke pusat kesehatan. 

Cara mengurangi kadar racun pada umbi keladi tikus.

Bersihakan seluruh kulit dari umbi kemudian iris-iris tipis, lakukan perendaman semalaman agar getahnya keluar semua. Esoknya cuci umbi tersebut dengan air mengalir hingga warna air jernih dan setelah itu baru dapat dikonsumsi. Cukup sampai disi dulu pembahasan tentang manfaat keladi tikus.

Informasi tentang manfaat keladi tikus akan selalu di update dan di perbaharui, selain itu kamu dapat mencari tentang tanaman herbal lainya pada kolom pencarian healty99.com

Buka Komentar

0 Response to "8 Manfaat Keladi Tikus yang dipercaya Dapat Mengatasi Berbagai Penyakit."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i