CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Beberapa cara alami mengatasi hernia dan pencegahanya. - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Beberapa cara alami mengatasi hernia dan pencegahanya.

 Cara alami mengatasi hernia.

cara mengatasi hernia secara alami

Hernia merupakan masalah yang terjadi pada bagian dalam tubuh dimana organ dalam tubuh menekan  jaringan otot atau jaringan ikat di sekitarnya yang lemah. Yang mana seharusnya jaringan otot tersebut dapat menjaga organ dalam agar tetap pada posisinya. Namun terkadang ada beberapa hal dapat mengakibatkan jaringan otot tersebut melemah sehingga tidak dapat menompang organ dalam.

Dalam hal ini singkatnya hernia melibatkan bagian perut atau usus, mengakibatkan tonjolan, bengkak dan kemungkinan akan terasa sakit, dalam beberapa kasus terkadang tidak terdapat gejala. 

Jika sudah begitu segera konsultasikan ke pusat kesehatan atau dokter kepercayaan kamu untuk segera di beri penanganan.

Dikutip dari Alodokter.com adapun berbagai jenis hernia berupa.

  1. Hernia inguinalis
  2. Hernia femoralis
  3. Hernia umbilikus
  4. Hernia hiatus
  5. Hernia insisional
  6. Hernia epigastrik
  7. Hernia spigelian
  8. Hernia diafragma
  9. Hernia otot

Penyebab seseorang bisa terkena hernia.

Semua orang berisko terkena masalah hernia baik itu pria dan wanita dewasa maupun para lansia. Ada pun beberapa faktor yang memicu hernia di karenakan permasalahan melemahnya otot tubuh terutama pada bagian perut antara lain

  1. Pengaruh usia.
  2. Batuk keras.
  3. Bawaan dari lahir yang mempuyai kelaian pada pusar dan diafragma.
  4. Cidera.
  5. Komplikasi setelah melakukan operasi.
  6. Terlalu banyak mengangkat beban berat.
  7. Konstipasi yang menyebabkan perut kejang saat buang air besar.
  8. Kehamilan yang disebabkan tekanan pada area perut.
  9. Terjadinya penumpukan pada area perut.
  10. Obesitas.
  11. Sering bersin secara berlebihan sehingga mempengaruhi diafragma dan otot perut.

Gejala yang timbul akibat hernia.

  1. Terdapatnya benjolan pada bagian perut dan selangkangan.
  2. Nyeri pada bagian benjolan.
  3. Konstipasi.
  4. Rasa tidak nyaman pada area perut.
  5. Sulit membungkuk seperti ada yang menganjal.
  6. Serta ukuran benjolan yang semakin membesar.

Ada beberapa tindakan yang akan diberikan dokter ialah pemberian obat untuk meredakan rasa tidak nyaman pada area perut, sedangkan untuk tidakan akhir dokter menyarankan operasi guna untuk memperbaiki posisi organ ketempat semula.

Cara alami mengatasi hernia dengan beberapa bahan.

Adapun cara alami mengatasi hernia menggunakan dari bahan-bahan herbal. Namun pengobatan menggunakan bahan herbal belum diketahui pasti kebenarnya dan seberapa jauh dampak yang di berikan ketubuh. 

Akan tetapi penggunaan bahan-bahan alami dimungkinkan dapat memperkuat jaringan otot pada tubuh sehingga dapat menjaga agar organ dalam tubuh tidak keluar dari posisinya.

Namun disini berarti bukan dapat mengatasi hernia hanya saja mencegah terjadinya hernia dengan memperkuat jaringan di dalam tubuh.

1. Tanaman dari jenis empon-empon.

Tanaman dari jenis empon-empon atau suku temu-temuan, seperti jahe, kunyit, kencur, lengkuas dan masih ada lagi. Tanaman empon telah digunakan sejak dahulu untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, baik itu pencegahan atau pengobatan.

Belum diketahui pasti kebenaran atas pemanfaatan dalam mengatasi masalah hernia, namun kamu bisa menggunakan khasiat dari rimpang tanaman tersebut untuk mengatasi kontraksi pada otot, memperbaiki susunan sel didalam tubuh, mencegah komplikasi pada area perut serta mengatasi berbagai masalah pada pencernaan.

2. Perbanyak asupan sayuran.

Perbanyak asupan sayuran disini ialah mengonsumsi sayuran yang kaya akan serat, nutrisi dan tinggi mineral. Sayuran sangat penting dalam pencernaan karena kandungan seratnya mampu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit dan mengatasi feses yang mengeras. 

Sehingga jika mengkonsumsi sayutan menghindari kontraksi yang berlebihan pada usus dan otot perut saat menekan kotoran (feses).

3. Perbanyak minum air putih.

Masalah air putih memang sepele, namun tahukah kamu dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang di butuhkan dapat berpengaruh terhadap jaringan sel di seluruh tubuh.

Hal tersebut karena air putih berguna dalam menjaga keseimbangan cairan metabolisme, mempengaruhi kinerja otot dan organ tubuh lainya.

4. Mengkonsumsi ramuan herbal.

Mengkonsumsi ramuan herbal memang tidak dapat mengatasi masalah hernia yang telah terjadi, namun kamu bisa bisa mencegahnya sebelum terjadi. Beberapa ramuan herbal dari rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, kapulaga, akar manis dan lainya dapat mencegah yang namanya keram pada area perut, mengatasi pergerakan usus yang tidak stabil, memperlancar pencernaan, mencegah perandangan serta memperbaiki kerusakan yang terjadi didalam tubuh.

5. Mengkonsumsi susu dan protein dalam jumlah cukup.

Mengkonsumsi sayuran memang penting namun kamu juga harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan berprotein. Hal tersebut karena protein berperan penting dalam pembentukan struktur sel dan jaringan didalam tubuh, menyeimbangkan cairan tubuh, bahan untuk pembentukan masa otot serta menjaga tubuh dari kerusakan yang tidak semestinya.

Itulah beberapa cara alami mengatasi hernia atau lebih tepatnya mencegah agar tidak terjadi. 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i