Manfaat Cakar Elang. Tanaman Langka yang Banyak Dicari Orang.

Cakar elang, tanaman yang banyak dicari.

manfaat cakar elang

Cakar elang atau biasa di sebut dengan kaik-kaik merupakan salah satu tanaman liar yang banyak di cari oleh karena manfaatnya. Biasanya tanaman ini tubuh di lokasi hutan tropis Indonesia dengan kondisi gambut dan kelembapan tanah yang cukup, bahkan jika kamu jeli mungkin tanaman ini ada di sekitar lingkungan tempat tinggal kamu. 

Ciri tanaman cakar elang ialah batangnya cukup tinggi, berdaun lebat dengan ukuran yang cukup besar, berwarna merah kecoklatan untuk daun mudanya dan warna hijau untuk daun tua. Penyebutan cakar elang di karenakan terdapatnya bentuk seperti cakar atau mata kail yang sekilas mirip dengan kaki elang, terletak pada tiap pangkal daun sebanyak dua buah. Terkadang jika kamu tanpa sengaja melewati tanaman ini di hutan biasanya akan menyangkut pada bagian baju.

Bagian tangkai batang yang terdapat cakar tersebut biasa di ambil dan di keringkan untuk bahan baku obat tradisional. beberapa orang memang masih terlalu asing dengan tanaman satu ini di karenakan tidak terlalu terkenalnya cakar elang dengan tanaman herbal lainya. Namun tetap saja masih ada juga beberapa orang yang mencari tanaman satu ini hingga ketempat habitatnya.

Untuk harga tanaman cakar elang kering biasanya di bandrol dengan harga mulai dari Rp. 30.000,-  per 100 gr (harga tersebut di ambil dari perlelangan tanaman obat dan onlie shop). Namun harga dapat berubah-ubah sewaktu-waktu tergantung dari kualitas cakar yang di dapat.

Untuk memproses cakar elang dari pengambilan hingga siap di pakai memakan waktu beberapa hari di karenakan penjemuran. Nah jika kamu menemukan tanaman tersebut di sekitaran tempat tinggal dan ingin menggunakanya sebagai obat tradisional, cukup ambil bagian cakarnya dengan memotong bagian tangkai batang sekitar 2-3cm, kemudian jemur hingga kering dan setelah itu baru dapat digunakan sebagai ramuan.

Baca juga :

Diketahui ada dua cara untuk mengkonsumsi cakar elang kering, yang pertama dapat merebusnya dengan air hingga mendidih dan air rebusanya di minum secara rutin, yang kedua dengan menumbuk atau di haluskan kemudian di campur dengan minuman teh atau di masukan kapsul obat dan ditelan. Namun cara yang paling sering di gunakan ialah dengan cara merebusnya. Simak apa saja manfaat cakar elang satu ini.

Manfaat tanaman cakar elang yang diketahui.

1. Mampu menurunkan kadar diabetes.

Khasiat tanaman cakar elang di percayai dapat mengatasi yang namanya masalah gula darah dan diabetes di dalam tubuh. Mengkonsumsi air rebusan secara rutin dua kali sehari di ketahui dapat membantu merangsang insulin di dalam tubuh untuk memproses glukosa atau gula menjadi energi dan pembentukan jaringan sel.

2. Cakar elang menstabilkan tekanan darah atau hipertensi.

Hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat diakibatkan beberapa hal, salah satunya ialah kolesterol, gula darah, penggumpalan sel darah merah, pengaruh obat-obatan serta penyempitan pembuluh darah.

Nah di ketahui dengan mengkonsumsi air rebusan cakar elang dapat menstabilkan tekanan darah sekaligus melunturkan plak-plak lemak kolesterol dan gula di dalam pembuluh darah serta sekaligus memecah penggumpalan darah yang terjadi sehingga resiko hipertensi dapat di hindari.

3. Tanaman cakar elang mengobati sakit pinggang.

Mengkonsumsi air rebusan cakar elang juga di percayai dapat mengatasi masalah sakit pinggang, cobalah untuk meminumnya sebanyak dua kali sehari.

4. Cakar elang menjadi obat asam urat.

Beberapa masyarakat yang sering memanfaatkan tanaman satu ini biasa mereka menggunakanya untuk mengatasi masalah asam urat pada area sendi lutut dan jari kaki. Untuk mendapatkan manfaatnya biasanya di lakukan pemakaian secara rutin hingga sakit mulai mereda.

Itulah beberapa manfaat tanaman cakar elang yang di ketahui dari beberapa orang yang menggunakanya sebagai obat tradisional, adapun beberapa manfaat lain dari mengkonsumsi air rebusan cakar elang yaitu berupa mencegah resiko penyakit jantung, stroke dan gangguan saluran kencing.

Untuk kandungan tanaman satu ini belum di ketahui pasti, namun di lihat dari jenisnya cakar elang mengandung senyawa antioksidan berupa flavonoid, tanin, saponin dan alkaloid.

Baca juga :

Sekedar informasi khasiat tanaman ini belum diketahui pasti, namun penggunaanya sebagai obat tradisional telah di pakai sejak lama dan untuk mengatasi beberapa penyait. Cukup sampai di sini dulu pembahasan tanaman cakar elang.

Informasi tentang perkembangan tanaman satu ini akan selalu di perbarui, untuk info tanaman lainya dapat mencarinya padaTanaman Herbal di kolom atas.

Buka Komentar

0 Response to "Manfaat Cakar Elang. Tanaman Langka yang Banyak Dicari Orang."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i