Berikut Daftar Empon-Empon yang Patut Kamu Ketahui!

Sumber foto : pixabay/jahe
Jahe

Empon-empon merupakan nama istilah dari sekelompok tanaman yang memiliki kandungan senyawa bermanfaat. Empon atau empu dalam bahas Indonesia memiliki arti yaitu tanaman rimpang (rizoma), sedangkan rimpang (rizoma) sendiri adalah modifikasi batang tumbuhan yang dapat menghasilkan tunas dan akar baru di dalam tanah. Sebagai contoh dari tanaman rimpang yaitu suku temu-temuan dan paku-pakuan. Simak apa saja tanaman empon-enpon.

Tanaman empon (temu-temuan) di kategorikan kedalam tumbuhan herbal berkhasiat, penggunaanya pun beragam mulai dari sebagai bumbu masakan, jamu dan bahan baku obat-obatan. 

Nah, bagi kamu yang penasaran apa saja sih tanaman yang tergolong dalam jenis empon-empon, berikut kumpulanya.

Macam-macam tanaman empon-empon.

1. Temulawak.

Temulawak atau dalam bahasa jawa di sebut serapan, merupakan tanaman rimpang asli Indonesia dengan nama ilmiah Curcuma Zanthorrihiza.

Sekilas temulawak emang mirip dengan kunyit, hanya saja yang membedakanya yaitu temulawak memiliki aroma yang lebih kuat ketimbang si kunyit.

Bagian rimpang dari temulawak banyak di gunakan untuk bahan pembuatan jamu dan obat tradisional, khasiatnya di ketahui mampu meningkatkan nafsu makan terutama pada anak-anak serta memperkuat daya tahan tubuh.

2. Jahe. 

Siapa yang tak tahu dengan jahe, merupakan salah satu tanaman empon yang sangat populer. Hal yang terkenal dari tanaman satu ini ialah mampu memberi rasa hangat di tubuh.

Beberapa pemanfaatan jahe pun beragam mulai dari bahan baku obat-obatan, jamu tradisional, minuman penghangat badan, campuran bumbu masakan dan di ekstrak untuk di ambil kandungan minyak atsirinya.

Di ketahui jahe sangat baik untuk tubuh salah satunya mampu mengatasi sakit tengorokan, meredakan batuk, mengatasi hidung tersumbat, menghangatkan badan saat cuaca dingin, mencegah peradangan serta masih banyak lagi.

3. Kunyit.

Sumber foto : pixabay/kunyit
Kunyit

Hayo, apa yang terkenal dengan tanaman satu ini? Yap kunyit di kenal sebagai bumbu masakan dengan warnanya yang kuning.

Tahu kah kamu, warna kuning-orange pada kunyit berasal dari zat yang bernama kurkuminoid. Kurkumin sendiri adalah senyawa yang sangat baik untuk tubuh karena salah satunya dapat mencegah beberapa penyakit mulai dari yang ringan hingga berat.

Beberapa masalah penyakit yang dapat di atasi oleh kunyit antara lain masalah peradangan baik di luar maupun di dalam tubuh, mengatasi masalah pencernaan, membantu kinerja ginjal lebih optimal, membantu tubuh dalam mengeluarkan racun, menurunkan tekanan darah tinggi sekaligus memperlancar predaran darah keseluruh tubuh.

4. Kencur.

Tanaman rimpang empon satu ini lebih banyak di gunakan dalam campuran bumbu masakan dan jamu namun ada juga beberapa masyarakat yang mengunakanya sebagai masker dan obat urut. 

Ada yang tahu cara membedakan kencur dengan tanaman empon-empon lainya? Cara membedaka rimpang kencur terbilang sangat mudah, daging rimpangnya berawarna bening pucat serta memiliki bau menyengat yang khas.

Nah, bau yang menyengat pada kencur berasal dari minyak atsiri yang terkandung di dalamnya, minyak atsiri tersebut di ketahui mampu mengatasi beberapa masalah peradangan di dalam tubuh, mengatasi penyakit kencing batu dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

5. Lengkuas.

Lengkuas atau dengan nama lain di kenal dengan laos (Alphinia Galanga). Aroma yang khas dari tanaman satu ini menjadikanya salah satu rempah atau bumbu masakan yang paling berpengaruh.

Cara umum membedakan lengkuas dengan Tanaman lainya cukup mudah bagian akar rimpangnya tergolong besar berwarna pink (merah muda) saat masih usia muda dan akan berubah menjadi kecoklataan saat sudah tua, selain itu jika di potong maka daging rimpangnya berserat.

Baca juga : 14 Tanaman herbal akar-akaran.

6. Lempunyang.

Selanjutnya ada lempunyang, tergolong dalam tanaman herbal empon-empon karena bagian rimpangya banyak di gunakan dalam pembuatan jamu dan obat tradisional oleh masyarakat Indonesia.

Di ketahui ekstrak dari sari lempunyang baik serbuk maupun olahan jamu dapat menjadi obat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, menurunkan kadar gula darah, melawan infeksi di dalam tubuh serta masih banyak lagi.

7. Kunir putih.

Ada yang tahu kunir putih? Kunir putih merupakan tanaman yang termasuk ke dalam kategori empon-empon atau tanaman rempah herbal dan masih satu spesies dari family Zingiberaceae.

Pemanfaatan kunir putih pun beragam mulai dari industri parfume, pewarna pangan, bahan baku obat-obatan serta di ekstak untuk di ambil kandungan minyaknya.

Rimpang dari tanaman ini di ketahui dapat menjadi obat dalam mengatasi masalah peradangan pada pencernaan, memperlancar peredaran darah serta membantu dalam detoksifikasi tubuh.

8. Bangle.

Selanjutnya ada bagle, merupakan salah satu tanaman rempah-rempah yang termasuk ke dalam suku temu-temuan. Kebanyakan tanaman satu ini di gunakan dalam pembuatan bahan baku obat tradisional, jamu serta bumbu dalam masakan.

Sedikit kabar baik, bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dan melangsingkan tubuh di sarankan untuk mengkonsumsi ramuan dari rimpang tanaman bangle. 

Hal tersebut di ketahui karena terdapatnya kandungan senyawa aktif di dalam rimpangnya yang berfungsi dalam melunturkan dan mencegah penyerapan lemak yang berlebihan di dalam tubuh.

Nah, itulah daftar beberapa tanaman empon-empon daru suku temu-temuan.

Jika kamu ingin menambahkan pendapat sebagai masukan dapat menulisnya pada kolom komentar.

Baca juga : 6 Minyak urut tradisional dari bahan-bahan alami.

Umunya setiap tanaman empon-empon mempunyai beberapa kandungan yang sedikit berbreda di antara lainya, akan tetapi semua senyawa yang terkandung tersebut memang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. 

Penggunaanya sebagai bahan herbal alami telah di pakai oleh orang-orang jaman dahulu sebagai obat tradisional dalam mengatasi berbagai penyakit. Sekian dahulu itulah Daftar tanaman empon-empon.

Buka Komentar

0 Response to "Berikut Daftar Empon-Empon yang Patut Kamu Ketahui!"

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i