5 Jenis Makanan yang Dapat Mengurangi Kolesterol Jahat.

Sumber foto : sutterstock
Kacang kacangan

Kolesterol, semua orang beranggapan bahwa kolesterol selalu berbahaya bagi kesehatan, namun tahukah kamu bahwa kolesterol juga sangat di butuhkan oleh tubuh. Tubuh tetap memerlukan kolesterol dengan rata-rata setiap manusia membutuhkan 1.100 miligram perharinya untuk menjaga dinding sel dari kerusakan dan fungsi fisiologi lainya. Makanan yang dapat menurunkan kolesterol.

Kolesterol yang di katakan jahat biasa di sebut dengan kolesterol Low-density lipoprotein (LDL) yang jika jumlahnya berlebihan dari batas aman justru akan berdampak buruk bagi kesehatan, naiknya kadar kolesterol LDL dalam tubuh dapat di karenakan berbagai hal salah satunya pola hidup yang kurang sehat, banyak mengkonsumsi makanan berlemak (santan), minuman berakohol, merokok, makanan junk food dan kurangnya berolahraga.

Dengan meningkatnya kadar kolesterol maka masalah kesehatanpun akan muncul salah satunya yaitu penyempitan dan tersumbatnya pembuluh darah, memicu penyakit jantung dan stroke, berat badan berlebih serta masih banyak lagi. 

Nah,, bagi kamu yang sering mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak jahat sehingga kadar kolesterol naik, mungkin kamu harus mencoba beberapa makanan di bawah ini untuk mencegah naiknya kolesterol jahat.

Berikut 5 jenis makanan dan minuman untuk mencegah sekaligus menurunkan kadar kolesterol.

1. Kacang-kacangan.

Yang pertama ada dari jenis kacang-kacangan, yap kacang merupakan panganan yang mengandung banyak nutrisi dan mineral baik seperti vitamin A, B, C, E, K, serat, kalium, zat besi, fosfor, leutin, omega 3 dan masih banyak lagi.

Tingginya kandungan nutrisi tersebut sehingga sangat di butuhkan untuk tubuh mulai dari melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan jantung, kesehatan pencernaan, membantu meregenerasi sel tubuh yang rusak, bagus untuk sistem saraf, mengembalikan fungsi otak serta menyerap kadar kolesterol di dalam darah. 

Kandungan Omega 3 yang ada pada kacang-kacangan di ketahui dapat membasmi kolesterol jahat yang berbahaya dengan menyerapnya serta sekaligus membersihkan penumpukan plak-plak lemal pada pembuluh darah dan memanfaatkan lemak tubuh sebagai sumber energi harian.

Cocok untuk yang suka ngemil nih, dari pada ngemil gorengan di pingir jalan yang mengandung lemak jenuh, mending ngemilin kacang-kacangan. Tapi ingat kacang yang baik adalah kacang yang di olah dengan di rebus dan di panggang atau dioven, karena lebih bagus serta tidak banyak mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya.

2. Segala sayuran hijau.

Mengkonsumsi sayuran hijau memang sangat baik untuk kesehatan dan salah satu manfaat lain dari sayuran hijau yaitu dapat mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh. 

Setiap sayuran mengandung nutrisi seperti serat, antioksidan serta beberapa vitamin dan mineral lainya. 

Baca juga :
Dari beberapa kandungan sayuran tersebut di ketahui mampu berperan dalam melancarkan pencernaan, membersihkan usus besar, memperbaiki kerusakan jaringan, meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah, mencegah kanker usus serta menghambat penyerapan lemak pada usus yang bakal menjadi kolesterol nantinya.

Nah, selain itu bagi kamu yang sulit BAB alias sembelit maka rutinlah mengkonsunsi sayuran seperti bayam, brokoli, selada, pokcoy, sledri, sawi-sawian dan masih banyak lagi.

3. Buah-buahan.

Buah buahan
Foto: sutterstock
Yang ketiga buah-buahan, di ketahui buah-buahan seperti pisang, pepaya, buah naga, strawberry, jeruk, apel hijau mampu mengontrol kadar kolesterol jahat sekaligus menguranginya agar tidak berlebihan di dalam tubuh loh. 

Kandungan antioksidan yang ada pada buah-buahan di ketahui juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah terkena serangan penyakit.

Manfaat lain dari buah juga harus di perhitungkan misalnya seperti pisang, buah naga dan pepaya di ketahui mampu memperlancar pencernaan dan mencegah penyerapan lemak dalam usus. Sangat di sarankan untuk kamu yang suka mengkonsumsi makanan berlemak. 


Sedikit tips jika sehabis memakan makanan berlemak cobalah untuk mengkonsumsi pisang sekitar 1-2 jam sesudahnya, dengan begitu dapat langsung membuang lemak jenuh pada usus sehingga mengurangi penumpukan yang berlebih.

Atau dapat juga dengan buah lainya seperti jeruk, bery-beryan, anggur dan apel. Buah-buahan tersebut mengandung kaya akan vitamin C, serat dan antioksidan yang tinggi. Yang mana hal tersebut dapat berfungsi untuk melunturkan lemak jahat dalam darah, mengembalikan cairan tubuh, meningkatkan daya tahan terhadap penyakit, meregenerasi sel-sel kulit serta mencegah paparan radikal bebas penyebab penyakit kardiovaskular.

4. Oatmeal.

Makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol selanjutnya yaitu oatmeal, merupakan salah makanan sehat yang dapat menurukan kadar kolesterol tinggi dengan cepat sekaligus mencegah penyerapan kedalam tubuh. 

Oatmeal banyak di jadikan untuk sarapan pagi bersama dengan susu dan campuran beberapa kacang ataupun buah, oatmeal sangat cocok untuk orang yang menderita kolesterol, mengalami masalah pada pencernaan dan orang yang sedang dalam masa penyembuhan.

Terbuat dari beberapa bahan alami salah satunya biji-bijian seperti gandum dan kacang-kacangan yang di haluskan menjadi tepung kasar. Oatmeal sendiri mengandung akan serat yang tinggi, rendah lemak jenuh, mengandung omega 3, protein, karbohidrat, tinggi akan vitamin E dan K,  rendah gula serta beta glucan.

Nah,, tahu kah kamu? Kandungan Beta Glucan pada Oat dapat membantu dalam menurunkan tingkat kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah serta mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular salah satunya serangan jantung dan stroke.

Tunggu apa lagi? Ayo jaga pola hidupmu dengan rutin mengkonsumsi oatmeal dan beberapa sereal sehat lainya sebagai sarapan pagi agar terhindar dari yang namanya kolesterol jahat.

5. Teh hijau.

Yang terakhir ada teh hijau, siapa yang tidak mengenal teh hijau? Teh yang mengandung tinggi akan senyawa polifenol, antioksidan dan katekin, bahkan di ketahui kandunganya lebih tinggi dari pada teh biasa.


Mengkonsumis teh hijau murni baik di waktu pagi dan sore hari di ketahui bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, kandungan senyawa antioksidanya di ketahui mampu mengoksidasi penumpukan lemak di pembuluh darah dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga pencegahan terhadap penyakit berbahaya dapat di lakukan lebih awal.

Nah itulah beberapa rekomendasi makanan dan minuman yang di ketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.
Buka Komentar

0 Response to "5 Jenis Makanan yang Dapat Mengurangi Kolesterol Jahat."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i